Sejarah Walisongo Lengkap dan Singkat Dalam Menyebarkan Agama Islam

Kisah Awal mula Walisongo muncul sekitar abad 14 di Tanah Jawa yang mampu menjatuhkan beberapa Kerajaan...

Sejarah Walisongo memiliki banyak cerita di setiap perjalanannya, sehingga sangat perlu untuk kalian keatahui dalam Menyebarkan Agama Islam di Indonesia.

Kisah Awal mula Walisongo di Nusantara muncul sekitar abad 14 di Tanah Jawa yang mampu menjatuhkan beberapa Kerajaan di Pulau Jawa dengan beragama macam metode yang digunakan.

Bukti sejarah Walisongo yang masih dikeramatkan mulai dari kesaktian, karomah, ilmu laduni hingga akhirnya meninggalkan banyak peninggalan dan karya seperti musik, bangunan untuk tempat ibadah, senjata dan lain sebagainya.

Dakwah dengan cara yang tidak memaksa untuk masuk Islam, membuat seluruh pengikut atau santrinya tetap bertahan untuk berguru kepada ke sembilan wali tersebut (Walisongo).

Sehingga Sejarah Walisongo dan gambar di catat hingga sekarang ini dengan menjadikan Wisata Religi di Indonesia yang bekonsep ziarah ke makam para wali.

Hadirnya Walisongo, membuat Negara Indonesia memiliki banyak perubahan di seluruh Nusantara khususnya di Pulau Jawa.

Indonesia merupakan wilayah yang sebagai besar umat Muslim  mulai dari jawa, madura, sumatra, kalimantan, sulawesi, nusa tenggara barat, maluku utara dan lain sebagainya. sehingga tidak lepas dengan jejak perjalanan dakwah Walisongo yang bersejarah.

Dikutip dari beberapa sejarah, bahwa penyebar Agama Islam pertama di Indonesia bermula pada abad ke 2 Sebelum Masehi dengan lewat perdagangan orang ceylon hingga menuju abad ke 7.

Latar belakang walisongo dalam menyebarkan agama islam dengan melihat keadaaan ilmu yang masih belum digunakan sesuai dengan syariat.

Kisah Sejarah Walisongo Dalam Berdakwah Agama Islam di Indonesia

Sejarah Walisongo
Sejarah Walisongo Dalam Menyebarkan Agama Islam Yang Lengkap

Sebelum lanjut mengenai Sejarah Walisongo yang ada di Indonesia khusunya di Pulau Jawa mulai dari Timur, Tengah dan Barat, disini penulis akan memberikan deskripsi mengenai ulama kesembilan tersebut.

Apa Itu Walisongo ?

Walisongo merupakan nama dari sembilan wali yang menyebarkan Agama Islam di Nusantara sejak tahun 1404 yang bermula dari Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim) sehingga beliau di sebuat Sunan tertua dari kesembilan wali tersebut.

Untuk Sunan termuda yang terdapat di Walisongo adalah Raden Umar Said atau Sunan Muria yang berdakwah ke kawasan Jawa Tengah.

Cerita Sejarah Walisongo mampu memberikan dampak negatif untuk kaum muslim dalam menuntut Agama Islam bail lewat ilmu pendidikan, berdagang, berocok tanam, bermain musik dan permainan anak-anak.

Daftar Urutan Biografi dan Nama Nama Walisongo di Nusantara

9 Nama Wali songo dan Nama Asli
Nama Sunan Nama Asli
Sunan Gresik Maulana Malik Ibrahim
Sunan Ampel Raden Muhammad Ali
Sunan Bonang Raden Maulana Makhdum
Sunan Drajat Raden Qosim
Sunan Giri Raden Paku
Sunan Kalijaga Raden Said
Sunan Kudus Syeh Ja'far Shadiq
Sunan Muria Raden Prawoto
Sunan Gunung Jati Syarif Hidayatullah

Untuk Sejarah Walisongo Lengkap dan Singkat Dalam Menyebarkan Agama Islam, silahkan kalian baca pada postingan dibawah ini  :

Sunan Gresik

Sejarah Sunan Gresik

Sunan Gresik

Maulana Malik Ibrahim dari silsilah keturunan yang mendekati dengan Rasulullah dengannjalur Husain bin Ali, Ali Zainal Abidin, Muhammad al Baqir, Ja’far al Shadiq, Ali al Uraidhi, Muhammad al-Naqib, Isa al-Rumi, Jamaluddin Akbar al-Husain dan Maulana Malik Ibrahim. Maulana malik ibrahim dimakamkan di Jl. Malik Ibrahim No.52-62, Gapuro Sukolilo, Bedilan, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur yang tak pernah sepi dari pengujung setiap harinya apalagi menjelang malam jum'at. 

Maulana malik ibrahim berasal dari samrkand asia tengah karena dahulunya beliau lahir di kawasan tersebut pada paruh awal abad ke 14. Keturunan sunan gresik masuk ke sebutan Syekh Maghribi yang berada di maroko afrika utara yang pernah mengobati istri raja majapahit hingg masuk islam. Sunan gresik maulanan malik ibrahim lahir di cempaka negara kamboja dengan ayahanda bernama Barakat Zainul Alam, beliau seorang ulam' besar Maghrib.

Baca Selengkapnya : Sejarah Sunan Gresik Dalam Penyebaran Islam di Jawa

Sunan Ampel

Sejarah Sunan Ampel

Sunan Ampel

Banyak jejak yang bersejarah di perjalanan Sunan Ampel Raden Rahmat Dalam Menyebarkan Agama Islam yang perlu kalian ketahui. Nama lain Sunan Ampel yang dikenal oleh seluruh masyarakat sekitar adalah Raden Muhammad Ali yang akrab di sebut dengan Raden Rahamat. Sunan Ampel berasal dari golongan bangsawan kamboja putra dari ulama' besar sunan giri yang merupakan keponakan dari raja majapahit.

Sehingga ayah sunan ampel adalah Syek Maulana Malik Ibrahim yang sama lair di champa negara kamboja pada tahun 1401. Sunan Ampel adalah putra tertua dari Sunan Maulana Malik Ibrahim yang merupakan sebutan Syek Maghribi.

Ibu sunan ampel bernama Dewi Candrawula yang merupakan golongan dari keturunan bangsawan putri kedua Raja Campa. Perjalanan sunan ampel datang ke pulau jawa pada tahun 14473 bersama saudara akrabnya yaitu Ali Musada dan Raden Burere. 

Baca Selengkapnya : Sejarah Sunan Ampel Menyebarkan Agama Islam

Sunan Bonang

Sejarah Sunan Bonang

Sunan Bonang

Ada banyak peninggalan sunan bonang mulai dari masjid demak, gamelan , tembang, wayang kulit dan lain sebagainya. Metode dakwah sunan bonang dengan memanfaatkan beragam seni dan sastra dengan cara pertunjukan wayang, suluk, lagu dan juga alat musik yang dimainkan kepada pengikutnya. 

Sehingga karya sunan bonang banyak dijadikan sejarah oleh warga sekitar dan para pengikutnya sepert karya sastra yang berjudul sulu wuji yang sudah terkenal di seluruh belahan dunia khusunya di Indonesia sendiri.

Untuk kelebihan yang ditunjukkan oleh sunan bonang kepada masyarakat ketika berdakwah adalah cara menyebarkan agama islam yang dipadukan dengan alat musik gamelan dan mudah menemukan sumber mata air yang dibutuhkan seluru masyarakat. Sunan bonang wafat pada tahun 1525 M yang sebelumnya pernah diceritakan ada dua makam yaitu di pulau bawean dan kabupaten tuban.

Baca Selengkapnya : Asal Usul Sunan Bonang Yang Berdakwah Agama Islam

Sunan Drajat

Sejarah Sunan Drajat

Sunan Drajat

Makam sunan drajat terdapat di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Lamongan dengan tanah yang ditempati merupakan hibah dari Sultan Demak. Bagi kalian yang ingin berziarah ke Makam Sunan Drajat, jarak yang ditempuh dari kota lamongan sekitar kurang lebih 30 menit

Tempat tersebut tak pernah sepi dari pengunjung yang datang apalagi di bulan ramadhan tahun 2022 ini. Selain itu, makam Sunan Drajat dijadikan sebagai cagar budaya berdasarkan SK Menteri NoPM.56/PW.007/MKP/2010.

Sunan Drajat lahir sekitar1470 masehi. beliau merupakan Walisongo yang memiliki nama banyak mulai dari Raden Qosim (semesa kecil),Sunan Mahmud, Sunan Mayang Madu, Sunan Muryapada, Raden Imam hingga Maulana Hasyim. Hingga tahun 1484, beliau diiberi gelar oleh Raden Patah yang berasal Demak dengan sebutan Sunan Mayang Madu. Raden Qosim menikahi tiga wanita dalam hidupnya. Istri sunan drajat pertama yang dinikahi yaitu puteri dari Sunan Gunung Jati yaitu Sufiyah.

Baca Selengkapnya : Sejarah Cerita Sunan Drajat di Perjalanan Dakwah Islam

Sunan Giri

Sejarah Sunan Giri

Sunan Giri

Sejarah kehidupan sunan giri yang lahir dari Ibu Dewi Sekardadu merupakan putri bangsawan Menak Sembuyu yang berasal dari wilayah Kerajaan Blambangan atau Banyuwangi. Beliau merupakan anak dari ayah yang bernama Maulana Ishak yang merupakan seorang mubalig terkenal di Asia Tengah. 

Dalam perjalannya, Hikayat Banjar menyebutkan bahwa Sunan Giri masih punya garis keturunan dari Kesultanan Samudera Pasai, Kerajaan Majapahit, dan Kerajaan tekenal di Bali.

Selain itu, ada beberapa yang mengatakan dari sumber mengeani nasab Sunan Giri sampai ke Nabi Muhammad SAW dari jalur Husain bin Ali RA, Ali Zainal Abidin. Catatan nasab Sunan Giri ini diterapkan oleh Saadah Baalawi dari Hadramaut dan sangat di percaya sebagai sumber sahih di beberapa pesantren pulau Jawa Timur.

Baca Selengkapnya : Kisah Sejarah Sunan Giri Tentang Perjuangan Dakwah Islam

Sunan Kalijaga

Sejarah Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga

TSunan Kalijaga lahir tahun 1450 yang memiliki Nama asli adalah Raden Mas Said yang sudah banyak dikenal di wilayah sekitar. Metode dakwah yang digunakan mulai dari bentukseni ukir, wayang, gamelan hingga berbentuk lantunan suara suluk sebagai sarana dakwah.

Sehingga dari beberapa lagu ciptaannya Sunan Kalijaga menjadi terkenal hingga sekarang ini mulai dari Ilir-ilir dan Gundul-gundul Pacul yang menggagas baju takwa, perayaan sekatenan, garebeg maulud, lakon carangan Layang Kalimasada dan Petruk Dadi Ratu ("Petruk Jadi Ratu").

Untuk Karya Sunan Kalijaga yang masih bersejarah hingga sekarang ini adalah Baju takwa, perayaan sekatenan, grebeg maulud, Layang Kalimasada, lakon wayang Petruk Jadi Raja. Asal Mula nama Sunan Kalijaga memiliki arti yang bersejarah dalam perjalananya yaitu “kali” artinya “sungai” dan “jaga” artinya "menjaga". jadi, ketika di simpulkan Kalijaga artinya menjaga sungai.

Baca Selengkapnya : Cerita Sejarah Sunan Kalijaga Dalam Menyebarkan Agama Islam

Sunan Kudus

Sejarah Sunan Kudus

Sunan Kudus

Sunan Kudus salah satu keluarga yang berbangsawan dari Kerajaan Demak. beliau salah satu wali masuk dalam keturunan dari Nabi Muhammad SAW lewat nasab Husain. Sehingga Biografi dan sejarah Sunan Kudus banyak menjadi panutan oleh para pengikutnya hingga sekarang ini.

Istri sunan kudus bernama Dewi Ruhil (Putri Sunan Bonang) yang merupakan Putri Pangeran Pecat Tandha Terung. Sunan Kudus bernama asali Syeh Ja'far Shodiq atau Ja'far Shadiq Azmatkhan dengan Ayah bernama Usman Haji bin Ali Murtadha yang saudara kandung dengan Sunan Ampel Husen bin Fatimah binti Rasulullah SAW.

Strategi dakwah Sunan Kudus dalam menyebarkan agama Islam menggunakan pendekatan kultural dengan membuat beberapa tembang dan permainan untuk anak-anak. Salah satu yang banyak dikenal adalah cublak-cublak suweng.

Baca Selengkapnya : Sejarah Sunan Kudus Dalam Menjalankan Dakwah Islam

Sunan Muria

Sejarah Sunan Muria

Sunan Muria

Sunan Muria lahir sekitar tahun 1450 Masehi yang memiliki nama asli Raden Said atau Raden Umar Syahid. Namun, nama kecil dari Sunan Muria adalah Raden Prawoto. Sunan Muria berdakwah mulai dari di daerah yang penuh dengan kesunyian salah satunya di Puncak Gunung Muria yang berada di wilayah Kudus.

Akan tetapi, ada yang mengatakan bahwa Sunan Muria dalam berdakwah memiliki lokasi di Desa Kalijaga yang sebagian besar merupakan orang Indramayu dan Pamanukan Jawa Barat.

Istri Sunan Muria bernama Dewi Roro Noyorono yang merupakn putri dari Ki Ageng Ngerang dan ada pula yang mengatakan bawa istri beliau bernama Dewi Sujinah yang puteri Sunan Ngudung (Raden Usman Haji). Jadi, ketika di simpulkan beberapa pendapat bahwa Sunan Muria menjadi bagian dari keluarga Sunan Kudus karena Dewi Sujinah itu kakaknya Sunan Kudus (Iparnya).

Baca Selengkapnya : Kisah Sejarah Sunan Muria Yang Berdakwah di Gunung

Sunan Gunung Jati

Sejarah Sunan Gunung Jati Dalam Perjuangan Syiar Islam

Sunan Gunung Jati

Banyak sejarah dakwah Sunan Gunung Jati yang dilakukan dalam menyebarkan agama islam. selain politik, beliau tak lepas dari cara sosialnya yang melakukan hubungan dengan para tokoh besar di cirebon (yang berpengaruh) dengan cara menikah para putrinya.

Dari beberapa kutipan, Sunan Gunung Jati lahir di Mesir pada tahun 1402 Masehi yang merupakan anak dari Sultan Hud dan Dewi Rara Santang. Ayahnya merupakan pemimpin Banisrail (Mesir-Palestina) dan untuk Ibundanya merupakan puteri Prabu siliwangi yang keturunan Raja dari Sunda Jawa Barat.

Perjalanan dakwah islam berakhirnya Sunan Gunung Jati wafat pada tahun 1569 Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Untuk nama asli Sunan Gunung Jati yaitu Syarif Hidayatullah, beliau di kenal dengan Sultan Cirebon tahun 1479-1568 yang memiliki gelar pada saat menjalankan syar dakwah nya.

Baca Selengkapnya : Sejarah Sunan Gunung Jati Dalam Perjuangan Syiar Islam

Itulah postingan mengenai Sejarah Walisongo Dalam Menyebarkan Agama Islam Yang Lengkap di Nusantara lewat beberapa penelusuran google yang berada di halaman page one.

Terima kasih kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan klik komentar atau menghubungi kontak person di halaman utama, semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.