Kisah Sejarah Sunan Giri Tentang Perjuangan Dakwah Islam

Dalam perjalannya, Hikayat Banjar menyebutkan bahwa Sunan Giri masih punya garis keturunan dari Kesultanan Samudera Pasai, Kerajaan Majapahit...

Sejarah Sunan Giri memiliki cerita tersendiri yang memiliki sejarah dan kehidupan yang unik dalam menyebarkan agama islam khususnya di pulau jawa bagian timur.

Asal Usul sunan giri yang disebut raden paku tak lepas dari ayahandanya Syekh Maulana Ishaq dan Ibunya yang bernama Dewi Sekardadu.

Ssejarah kehidupan sunan giri yang lahir dari Ibu Dewi Sekardadu merupakan putri bangsawan Menak Sembuyu yang berasal dari wilayah Kerajaan Blambangan atau Banyuwangi.

Beliau merukan anak dari ayah yang bernama  Maulana Ishak yang merupakan seorang mubalig terkenal di Asia Tengah.

Dalam perjalannya, Hikayat Banjar menyebutkan bahwa Sunan Giri  masih punya garis keturunan dari Kesultanan Samudera Pasai, Kerajaan Majapahit, dan Kerajaan tekenal di Bali.

Selain itu, ada beberapa yang mengatakan dari sumber mengeani nasab Sunan Giri sampai ke Nabi Muhammad SAW dari jalur Husain bin Ali RA, Ali Zainal Abidin.

Catatan nasab Sunan Giri ini diterapkan oleh Saadah Baalawi dari Hadramaut dan sangat di percaya sebagai sumber sahih di beberapa pesantren pulau Jawa Timur.

Sunan Giri kecil dipanggil dengans sebutan nama Raden Paku atau Joko Samudro dengan memiliki nama asli Sunan Giri Muhammad Ainul Yakin

Untuk sejarah makam sunan giri yang wafat sekitar tahun 1506 M, beliau dimakamkan di daerah atas bukit dengan bentuk cungkup berarsitektur khas Jawa yang sangat unik.

Makam Sunan Giri (Raden Paku) terletak di Dusun Giri Gajah Desa Giri Kecamatan Kebomas yang memiliki jarak sekitar 4KM dari pusat kota.

Sejarah hidup sunan giri sebeleum memiliki nama Raden Paku, Beliau  (Nyai Gede Pinatih) memberi nama Joko Samudro karena Sunan Giri ditemukan di daerah lautan lepas atau samudra.

Sejarah Raden Paku Sunan Giri Yang Lengkap

Sejarah Sunan Giri
Kisah Sejarah Sunan Giri Tentang Perjuangan Dakwah Islam

Sejarah Raden Paku Sunan Giri memang banyak pendapat yang memberikan ulasan karena proses dkwahnya memiliki sejarah dan nilai sendiri yang unik untuk kalian ketahui.

Sejarah Sunan Giri sebagai seorang Walisongo setelah mendirikan kerajaan Giri Kedaton yang berkedudukan di wilayah Gresik, Jawa Timur.

Sunan Giri membangun Giri Kedaton sebagai pusat penyebaran agama Islam di Pulau Jawa yang pengaruhnya hingga sampai ke Madura, Lombok, Kalimantan, Sulawesi, dan yang terakhir Maluku.

Untuk strategi dakwah sunan giri melalui permainan anak-anak dengan menciptakan jelungan, jamuran, gendir gerit, dan cublak-cublak suweng.

Hingga akhirnya menjadi sangat terkenal sebagai permainan tradisional dari Jawa yang masih di mainkan oleh seluruh wilayah sekitar.

Peninggalan dan  Bukti Sejarah Sunan Giri

  • Masjid Malik Ibrahim
  • Masjid sunan giri.
  • Giri Kedaton.
  • Telaga pegat.

Ciri keturunan sunan giri bermula dari Sunan Prapen atau Syekh Maulana Fatikhal yang merupakan putra dari Sunan Dalem (Syekh Maulana Zainal Abidin) dan cucu dari Sunan Giri (Raden Ainul Yaqin)

Perjuangan dan dakwah sunan giri dalam menyebarkan agama Islam menggunakan metode kesenian yang tak jauh dari saudranya (sunan bonang) namun dengantembang dan kawih.

Selain itu, Lagu yang dijadikan alunan dalam musiknaya banyak mengandung ajaran Islam seperti tembang Macapat, Pucung, dan Asmarandana.

Sejarah tentang sunan giri yang dikenal sebagai pendakwah melalui permainan anak-anak menjadi sejarah yang tak pernah di lupakan oleh seluruh warga sekitar hingga di luar pulau.

Kisah Sejarah Sunan Giri Secara Singkat

Sunan giri adalah putra dari syekh Syekh Maulana Ishaq dan Dewi Sekardadu yang Lahir di Blambangan pada tahun 1442 M.

Sunan Giri adalah nama salah seorang Walisongo yang merupakan pendiri kerajaan Giri Kedaton dengan tujuan sebagai pusat penyebaran agama Islam di Pulau Jawa hingga pengaruhnya sampai ke berbagai wilayah.

Itulah Kisah Sejarah Sunan Giri Tentang Perjuangan Dakwah Islam yang bisa penulis berikan dari berbagai macam sumber di penelusuran google.

Terima kasih kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan klik komentar atau menghubungi kontak person di halaman utama, semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Sumber :

@brainly @wikipedia @ruanggur.com @liputan.com @tirt0.id @orami.co.id

Baca Juga :

Sejarah Sunan Ampel Raden Rahmat Dalam Menyebarkan Agama Islam

Sejarah Sunan Gresik Maulana Malik Ibrahim di Pulau Jawa

Asal Usul Sunan Bonang Yang Berdakwah Agama Islam

Sejarah Cerita Sunan Drajat di Perjalanan Dakwah Islam