Sejarah Sunan Kudus Dalam Menjalankan Dakwah Islam

Sunan Kudus bernama asali Syeh Ja'far Shodiq atau Ja'far Shadiq Azmatkhan dengan Ayah bernama Usman Haji bin Ali Murtadha...

Sejarah Sunan Kudus ada banyak perjalanan yang banyak menjadi pelajaran semua orang dalam menjalankan dakwah islam.

Cerita sejarah Sunan Kudus yang lahir sekitar tahun1500 Masehi merupakan putra dari Raden Usman Haji (Sunan Ngudung) dengan ibu bernama Syarifah Ruhil (Dewi Ruhil).

Sunan Kudus salah satu keluarga yang berbangsawan dari Kerajaan Demak. beliau salah satu wali  masuk dalam keturunan dari Nabi Muhammad SAW lewat nasab Husain.

Sehingga Biografi dan sejarah Sunan Kudus banyak menjadi panutan oleh para pengikutnya hingga sekarang ini.

Istri sunan kudus bernama Dewi Ruhil (Putri Sunan Bonang) yang merupakan Putri Pangeran Pecat Tandha Terung.

Sunan Kudus bernama asali Syeh Ja'far Shodiq atau Ja'far Shadiq Azmatkhan dengan Ayah bernama Usman Haji bin Ali Murtadha yang saudara kandung dengan Sunan Ampel Husen bin Fatimah binti Rasulullah SAW.

Strategi dakwah Sunan Kudus dalam menyebarkan agama Islam menggunakan pendekatan kultural dengan membuat beberapa tembang dan permainan untuk anak-anak. Salah satu yang banyak dikenal adalah cublak-cublak suweng. 

Untuk tempat tanggal lahir Sunan Kudus pada 9 September 1400 Masehi atau 808 Hijriyah di Al-Quds (Palestina). 

Syeh Ja'far Shadiq menjadi Sunan Kudus berasal dari nama wilayah yang ditempati yaitu kawasan Kudus yang berada di Jawa Tengah

Sejarah Makam Sunan Kudus yang berada di belakang Masjid Menara selain berizarah ke Syeh Ja'far Shodiq, di area pemakaman terdapat makam beberapa orang yang sebagian besar keluarga sang sunan sendiri.

Untuk sejarah wafatnya sunan kudus berkahir ketika beliau sedang melakukan ibadah sholat subuh dalam keadaan bersujud kepada Allah. S.WT pada 1550.

Sejarah Syeh Ja'far Shadiq (Sunan Kudus) Yang lengkap

Sejarah Sunan Kudus
Sejarah Sunan Kudus Dalam Menjalankan Dakwah Islam

Sejarah tentang Sunan Kudus adalah anak dari Habib Utsman Haji atau yang akrab disebut dengan nama Sunan Ngudung yang merupakan seorang menantu dari Sunan Ampel.

Kepribadian Sunan Kudus sangat dikenal dengan orang yang gagah berani untuk menegakkan kebanaran khusunya agama islam. sehingga ketika beliau di sebut denga kharismatik, di segani dan di hormati sudah tak asing bagi semua orang termasuk pengikutnya.

Sunan Kudus juga dikenal dengan sebutan seniman yang soleh dengan sistem dakwahnya yang mengembangkan arsitektur bangunan hingga sekarang ini menjadi Masjid Menara Kudus.

Sejarah perjuangan Sunan Kudus dalam menyebarkan Islam juga dengan strategi pendekatan sosial dari hati ke hati untuk lebih mudah dalam prosesnya.

Sejarah Sunan Kudus dan sunan muria memiliki hubungan kekerabatan karena saudara ipar nya adalah kakak Dewi Sujinah yang merupakan istri Sunan Muria. 

Selain itu, ada beberapa yang berpendapat dan mengatakan bahwa Sunan Muria adalah putra Sunan Ngudung dari istrinya bernama Dewi Sarifah.

Sejarah Sunan Kudus dan karomahnya bermula dengan kesaktian dan keistimewaannya dengan menjadi panglima (senapati) di waktu kerajaan demak bintoro yang mampu memberikan  kepiawaiannya pada saat medan perang.

Untuk Sejarah Sunan Kudus dan arya penangsang sebagai murid kinasih (anak didik yang sangat dikasih) dengan tujuan atau keinginananya supaya nantinya Arya Penangsang menjadi penerus pemimpin Demak pada keturunan selanjutnya.

Dalam perjalananya, Sejarah Ratu Kalinyamat dan Sunan Kudus ada hubungannya dengan perkawinan Pangeran Hadiri karena disebabkan adanya kesamaan kepentingan politis antara Kesultanan Demak Bintara dengan Kesultanan Aceh Darussalam yang kedua kerajaan tersebut menentang imperalisme Portugis yang bercokol di Malaka.

Sekalipun lebih berdasarkan kepentingan politik, rasa cinta Ratu Kalinyamat pada Pangeran Hadiri sangat besar. Terbukti ketika Pangeran Hadiri yang menyertainya menghadap Sunan Kudus untuk meminta pertanggungjawaban atas pembunuhan Sunan Prawata oleh Rangkut hingga mengalami kematian di tangan Arya Penangsang itu, Ratu Kalinyamat bertekat untuk berbalas dendam. Ratu Kalinyamat tidak akan menghentikan tapa wuda asinjang rikma-nya sebelun Arya Penangsang tewas. 

Karya dan Peninggalan Sejarah Sunan Kudus

  • Masjid Menara Kudus yang berbentuk empat persegi panjang dengan desain bangunan menggabungkan Budaya Hindu dan Budaya Islam. 
  • Dalam bidang kesenian terdapat Asmaradana yang merupakan lagu Jawa Kuno dan ada yang menyebutnya istilah Tembang yang didalamnya berisi tentang percintaan
  • Benda Pusaka Peninggalan Sunan Kudus seperti keris yang bernama Kyai Cinthaka dengan  bentuk yang mirip dapur penimbal pada zaman Majapahit akhir yang memiliki makna kekuasaan (kebijaksanaa).
  • Dua tombak Sunan Kudus.
  • Tembang Asmarandana.

Sejarah Singkat Sunan Kudus

Syeh Sayyid Ja'far Shadiq lahir di Kudus pada tahun 1400 Masehi dan Sunan Kudus adalah anak dari Habib Utsman Haji atau yang lebih dikenal dengan seutan Sunan Ngudung yang merupakan ayah seorang menantu dari Sunan Ampel.

Beliau salah satu keluarga bangsawan dari Kerajaan Demak yang masuk dalam keturunan dari Nabi Muhammad SAW lewat nasab Husain.

Itulah Sejarah Sunan Kudus Dalam Menjalankan Dakwah Islam yang bisa penulis berikan dari berbagai macam sumber di penelusuran google.

Terima kasih kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan klik komentar atau menghubungi kontak person di halaman utama, semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Sumber :

@wikipedia @tribun.news @liputan6.com @p2k.unkris.ac.id @nasional.okezone @alhuda14.net @inews.id @orami @akurat @kompasiana

Baca Juga Cerita Walisongo:

Sejarah Sunan Ampel Menyebarkan Agama Islam

Sejarah Sunan Gresik Dalam Penyebaran Islam di Jawa

Asal Usul Sunan Bonang Yang Berdakwah Agama Islam

Sejarah Cerita Sunan Drajat di Perjalanan Dakwah Islam

Kisah Sejarah Sunan Giri Tentang Perjuangan Dakwah Islam

Cerita Sejarah Sunan Kalijaga Dalam Menyebarkan Agama Islam