Wisata Religi Jawa Tengah di Makam Sayyid Ja'far Shodiq (Sunan Kudus)

tempat ziarah bersejarah di provinsi jawa tengah. tempat ini merupakan makam sunan kudus yang masuk ke golongan walisongo...
Makam Sayyid Ja'far Shodiq - sebuah tempat ziarah bersejarah di provinsi jawa tengah. tempat ini merupakan makam sunan kudus yang masuk ke golongan walisongo.

Kudus merupakan nama kabupaten di provinsi jawa tengah yang berjarak sekitar 50 kilometer dari kota semarang atau sekitar jam lebih perjalanan yang ditempuh menggunakan kendaraan.

Makam Sunan Kudus di Jawa Tengah Beserta Jasa-Jasa

Sunan kudus yang ada di kabupaten kudus ini terdapat kompleks masjid menara yang begitu mewah dan keren sekali. sehingga banyak pengunjung yang datang rombongan. selain ingin mendapatkan barokah, kalian bisa sekalian wisata kota kudus yang begitus ramai sekali

Kawasan sering di kenal dengan Kota Santri karena dulunya merupakan pusat perkembangan agama Islam dari abad pertengahan hingga sekarang mulai banyak nya tempat pesantren dan makam-makam islam yang keramat. 

Selain itu, Kudus juga sering disebut Kota Kretek karena terdapat pabrik atau rokok terbesar di Jawa Tengah hingga memproduksi ke wilayah Indonesia lainnya terutama di Pulau Jawa. 

Sejarah Sayyid Ja'far Shodiq Sunan Kudus 

Dahulu kala, Kudus merupakan Kota Tajug dengan bangunan arsitektur batu tradisional yang kuno yang dijadikan tempat sembahyang orang Hindu. 

Setelah kedatangan Syeikh Ja'far Shodiq yang menghilangkan makna keramat menjadi suci sehingga kawasan ini menjadi terkenal dengan sebutan Kota Kudus dan Makam Sunan Kudus hingga sekarang ini karena terdapat jejak sejarah perjuangan yang menjadi kenangan warga sekitar pada Syeikh Ja'far Shodiq. 

Perjalanan Menuju Makam Sunan Kudus

Berbagai macam destinasi yang terdapat di Kabupaten Kudus yang tak kalah keren dengan wilayah lainnya mulai dari Wisata alam, religi, sejarah, kuliner dan edukasi yang menarik untuk dikunjungi. 

Salah satunya wisata religi yang terdapat di tengah pusat kota ini yaitu Berziarah ke Makam Sunan Kudus. Berjarak sekitar 2Km dari pusat kota Kudus. 

Makam Sunan Kudus Jawa Tengah

Sunan Kudus merupakan salah satu wali penyebar agama Islam di Jawa Tengah yang tergolong di deretan Walisongo di Indonesia. 

Nama Aslinya beliau adalah Sayyid Ja'far Shodiq yang lahir sekitar 1500 SM dan sekarang dikenal dengan sebutan Sunan Kudus karena peranan jejak nya yang menjadi penyebaran Islam di kawasan ini. 

Dahulunya Sunan Kudus memiliki cara yang sangat bijaksana dan ramah dalam dakwahnya untuk memeluk agama Islam. 

Ada riwayat sejarah lain mengatakan bahwa konon Sunan Kudus merupakan Seorang Pujangga yang mengarang cerita pendek berisi filsafat AgamaAgama seperti Mijil dan Gending Maskumambang. 

Sehingga di akhir khayatnya Sayyid Ja'far Shodiq di makamkan di Kota Kudus karena kemasyhuran beliau dalam menyebarkan agama Islam penuh dengan jejak yang menginspirasi warga sekitar untuk memeluk agama Islam. 

Suasana Makam Sunan Kudus

Makam Keramat ini tidak pernah sepi dan selalu ramai akan pengunjung yang datang dari lokar maupun luar daerah untuk berziarah mengharap barokah beliau. Apalagi malam jumat dan hari peringatan lainnya banyak yang datang dengan rombongan. 

Suasana Komplek Makam Sunan Kudus

Ketika berkunjung ke Makam Sunan Kudus perjalanan menuju Makam serasa seperti berada di Luar Negeri Arab. karena kawasan disini berdempetan layaknya berada di negara barat.

Bangunan arsitektur berdesain macam-macam tumpukan batu bata berwarna orange kemerahan yang tertata rapi. Hingga sampai ke Menara masjid yang terdapat diarea Makam ini tidak lepas dari gaya bangunan tersebut. 

Suasana di Luar Makam Sunan Kudus

Bagi pengujung yang dari luar daerah yang ingin membeli pusat Oleh-Oleh khas Kudus di area wisata religi ini terdapat puluhan orang yang berjejeran di toko-toko dan pedagang kaki lima dengan harga yang murah meriah dan berkualitas. 

Lokasi Sunan Kudus

Untuk menuju ke makam sunan kudus, kalian tinggal mengambil arah langsung ke Jalan Kauman, Kecamatan Pejanten, Kaputen Kudus.


Jika masih kebingungan, kalian bisa tinggal klik saja maps diatas. Insyallah akan tiba dilokasi dengan tepat dan tidak kesasar.


Penutup
Itulah wisata religi jawa tengah di makam sayyid ja'far shodiq atau sunan kudus yang bersejarah dan ramai sekali pengunjung.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan ke website ibnujacky - semoga postingan mengenai makam sayyid ja'far shodiq atau sunan kudus bermanfaat bagi para pembaca.
Writing Illustration