Sejarah Sunan Ampel Menyebarkan Agama Islam

Ajaran Sunan Ampel bersejarah dan terkenal hingga saat ini adalah istilah Moh Limo yang merupakan falsafah Jawa...

Banyak jejak yang bersejarah di perjalanan Sunan Ampel Raden Rahmat Dalam Menyebarkan Agama Islam yang perlu kalian ketahui.

Nama lain Sunan Ampel yang dikenal oleh seluruh masyarakat sekitar adalah Raden Muhammad Ali yang akrab di sebut dengan Raden Rahamat.

Sunan Ampel berasal dari golongan bangsawan kamboja putra dari ulama' besar sunan giri yang merupakan keponakan dari raja majapahit.

Sehingga ayah sunan ampel adalah Syek Maulana Malik Ibrahim yang sama lair di champa negara kamboja pada tahun 1401.

Sunan Ampel adalah putra tertua dari Sunan Maulana Malik Ibrahim yang merupakan sebutan Syek Maghribi.

Ibu sunan ampel bernama Dewi Candrawula yang merupakan  golongan dari keturunan bangsawan putri kedua Raja Campa

Perjalanan sunan ampel datang ke pulau jawa pada tahun 14473 bersama saudara akrabnya yaitu Ali Musada dan Raden Burere.

Dalam perjalanannya ke pulau Jawa, sunan ampel sempat singgah di kawasan wilayah Palembang dan berhasil menyebarkan agama islam ke adipati Palembang Arya Damar yang berdiam berganti nama Ario Abdillah dan lanjut singgah di Tuban untuk berlabuh ke Raja Majapahit.

Untuk sejarah sunan ampel surabaya yang berlokasi di Jl. Ampel Masjid No.53, Ampel, Kec. Semampir, Kota SBY, Jawa Timur karena tempat terkahir beliau menyebarkan agama islam di pulau jawa.

Kisah Cerita Sejarah Raden Muhammad Ali  (Rahmat) Secara Singkat 

Sejarah Sunan Ampel Raden Rahmat Dalam Menyebarkan Agama Islam

Dalam perjalanan cerita menyebarkan agama islam, beliau tak lepas dari Dewi Karimah dan Dewi Chandrawati yang merupakan istri Sunan Ampel.

Dari kedua istri tersebut, sunan ampel memiliki 2 anak yang bernama Dewi Murtasiah yang menjadi istri Raden Fatah  dan Dewi Murtasima yang menjadi permaisuri Raden Paku.

Kisah sejarah sunan ampel datang ke pulau jawa di tahun 1443 dengan tujuan untuk menemui bibinya yang bernama Dyah Dwarawati yang seorang putri Champa yang menikah dengan raja Majapahit bergelar Bhre Kertabhumi.

Sejarah dakwah sunan ampel yang untuk dalam menyampaikan agama islam dengan menggunakan metode membuat kerajinan tangan yang berupa kipas dengan bahan akar tumbuhan anyaman rotan. yang akhirnya dapat menyembuhkan demam dan batuk salah satu keisitimewaanya.

Sejarah makam sunan ampel karena berada dikawasan kampung ampel kota suarabaya dan termasuka ke deretan makam walisongo tertua.

Sejarah perjuangan sunan ampel yang banyak disampaikan kepada orang-orang dengan dasar aqidah dan ibadah yang dikenal dengan sebutan Moh Limo 

Sejarah mbah bolong sunan ampel yang merupakan salah satu abdi Masjid Ampel. Dikenal sebagai sosok yang selalu membersihkan wilayah masjid.

Dari ceritanya, Mbah Bolong diceritakan memiliki 9 nyawa karena mampu hidup berkali-kali dan berpulang karena jadi kotor.

Kemudian Mbah Ampel menebutnya andai saja Mbah Bolong masih ada pasti masjid disni akan bersih. dengan secara ajaib, Mbah Bolong muncul lagi.

Kejadian tersebut datang berulang-ulang hingga 9 kali dan ada yang menyebutnya Mbah Bolong memiliki 9 nyawa dikarenakan peristiwa hidup lagi dan membersihkan masjid.

Tiap Mbah Bolong meninggal, Sunan Ampel berharap dengan keinginan Mbah Bolong hidup lagi. Begitu terus,

Selain itu, Sejarah mbah soleh murid sunan ampel yang sangat terkenal sebagai seorang sosok menjaga hal kebersihan banyak dikenal banyak sesama santri .Hingga suatu hari ajal datang menjemput Mbah Sholeh. Jasadnya kemudian dimakamkan di samping masjid sunan ampel.

Sepeninggal Mbah Sholeh, Sunan Ampel tak juga menemukan sosok pengganti yang bisa membesihkan Mbah Sholeh. Masjid jadi kurang terurus dan kotor. Saat itulah Sunan Ampel selalu ingat dengan Mbah Sholeh dan 

Lima Ajaran Dasar Sunan Ampel

  • Moh main yang artinya tidak berjudi
  • Moh ngombe yang artinya tidak mabuk
  • Moh maling yang artinya tidak mencuri
  • Moh madat yang artinya tidak mengisap candu atau obat-obatan
  • Moh madon yang artinya tidak melakukan zina.

Karya dan Peninggalan Sunan Ampel Dalam Menyebarkan Agama Islam

  • Mendirikan pesantren Ampel Denta.
  • Aspek akidah dan ibadah.
  • Perancang kerajaan Islam Demak.
  • Mengadakan perkawinan dengan puteri Manila.
  • Molimo : Larangan berjudi, mabuk, mencuri, narkoba dan zina, moh main, ngombe, maling madat dan madon.

Sejarah Sunan Ampel Secara Singkat

Ajaran Sunan Ampel bersejarah dan terkenal hingga saat ini adalah istilah Moh Limo yang merupakan falsafah Jawa yang memiliki ajakan untuk meninggalkan lima perkara.

Dakwah Islam Sunan Ampel juga lewat dengan jalur politik sehingga pernah menjabat sebagai penguasa Surabaya menggantikan penguasa sebelumnya.

Itulah Sejarah Sunan Ampel Raden Rahmat Dalam Menyebarkan Agama Islam yang harus kalian ketahui perjuangan dan peninggalannya.

Terima kasih kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan klik komentar atau menghubungi kontak person di halaman utama dan semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Sumber : 

@wikipedia @brainly.co.id @repository.iainpare.ac.id @detik.com @jawapos.com @nasional.okezone.com @bappeko.surabaya.go.id @tirto.id

Baca Juga :

Sejarah Sunan Gresik Maulana Malik Ibrahim di Pulau Jawa