Sejarah Sunan Gresik Dalam Penyebaran Islam di Jawa

Sehingga ada yang menyebutnya Maulana Malik Ibrahim dengan Syekh Mahgribi atau Makhdum Ibrahim Al-Samaqandi...

Sejarah Sunan Gresik Maulana Malik Ibrahim tak akan lepas dengan penyebaran islam di Indonesia di bagian jawa timur.

Penyebaran islam yang masuk kederetan walinsongo pertama kalinya oleh sunan gresik yang mempunyai nama asli Maulana Malik Ibrahim.

Sunan gresik merupakan keturunan no 22 Nabi Muhammad SAW sehingga memiliki koontribusi besar terhadap perkembangan agama islam khusunya di pulau jawa.

Maulana Malik Ibrahim dari silsilah keturunan yang mendekati dengan Rasulullah dengannjalur Husain bin Ali, Ali Zainal Abidin, Muhammad al Baqir, Ja’far al Shadiq, Ali al Uraidhi, Muhammad al-Naqib, Isa al-Rumi, Jamaluddin Akbar al-Husain dan Maulana Malik Ibrahim. 

Maulana malik ibrahim dimakamkan di Jl. Malik Ibrahim No.52-62, Gapuro Sukolilo, Bedilan, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur yang tak pernah sepi dari pengujung setiap harinya apalagi menjelang malam jum'at

Maulana malik ibrahim berasal dari samrkand asia tengah karena dahulunya beliau lahir di kawasan tersebut pada paruh awal abad ke 14

Keturunan sunan gresik masuk ke sebutan Syekh Maghribi yang berada di maroko afrika utara yang pernah mengobati istri raja majapahit hingg masuk islam.

Sunan gresik maulanan malik ibrahim lahir di cempaka negara kamboja dengan ayahanda bernama Barakat Zainul Alam, beliau seorang ulam' besar Maghrib.

Sehingga ada yang menyebutnya Maulana Malik Ibrahim dengan Syekh Mahgribi atau Makhdum Ibrahim Al-Samaqandi.

Kisah dan Keturunan Maulana Malik Ibrahim di Gresik

Sejarah Sunan Gresik
Sejarah Sunan Gresik Dalam Penyebaran Islam di Jawa

Untuk sejarah maulana malik ibrahim gresik dikutip dari Sir Thomas Standford Raffles da- lam Atlas Wali Songo yang mengatakan bahwa beliau dalah seorang panditha termasyhur asal Arabia, keturunan Zainal Abidin dan sepupu Raja Chermen.

Sedangkan Menurut J.P Moquette dalam tulisan prasasti makam syaikh Maulana Malik Ibrahim, beliay wafat pada hari Senin, 12 Rabiul Awal 882 H dan berasal dari Kashan Persia Iran sehingga menjadi bukti sejarah maulana malik ibrahim.

Sejarah perjuangan sunan maulana malik ibrahim pertama kali saat mendarat di Jawa ialah Desa Sembalo, di dekat Desa Leran Keca-matan Manyar Kabupaten Gresik yang berjarak 9 kilometer di arah utara kota Gresik yang tidak jauh dengan makam kompleks makam Fatimah bin Maimun.

Dengan bersama rombongannya, beliay berlayar ke Jawa pada 1371 untuk menghadap ke Raja Majapahit Brawijaya dalam melanjutkan proses dakwah Islam.

Dengan mendirikan masjid pertama di Desa Pasucian, Manyar, Syeikh Malik Ibrahim mulai menyebarkan agama Islam.

Awal aktivitasnya ialah berdagang di Desa Rumo. Setelah dakwahnya berhasil di Sembalo, Maulana Malik Ibrahim kemudian pindah ke Gresik sehingga sejarah makam maulana malik ibrahim terjadi pada saat itu.

Hingga sekitar tahun 1419 Malik Ibrahim wafat dan dimakamkan di desa Gapura Wetan, Gresik, Jawa Timur. 

Sebenarnya, sebelum Maulana Malik Ibrahim datang ke kawasan pulau jawa sudah ada beberapa masyarakat islam di daerah pantai utara salah satunya termasuk di desa Leran.

Beberapa Bukti-Bukti Sejarah Sunan Maulana Malik Ibrahim

  • Batu nisan yang ada di makam meupakan sejarah maulana malik ibrahim
  • Masjid Maulana Malik Ibrahim yang didirikan
  • Inskripsi batu nisan makam Maulana Malik Ibrahim yang mengartikan seorang tokoh terhormat
  • Membangun taman pendidikan berupa Pondok Pesantren
  • Mengembangkan Islam Melalui Jalur Perdagangan

Sejarah Perjuangan Maulana Malik Ibrahim

Dalam sejarah singkat syekh maulana malik ibrahim yang banyak di temukan oleh seluruh kalangan yaitu melalui tanah yang diberikan oleh raja kepada Sunan Gresik dengan membangun pesantren yang tujuannya untuk mendidik kader dalam menyebarkan agama islam.

Selain itu, beliau tak hanya lewat jalur perdagangan saja , namun menempuh dengan cara berpolitik dalam proses mendakwahkannya.

Sehingga sunan maulana malik ibrahim sebagai pionir penyebaran agama islam rahmatan lil 'alamin di tanah jawa yang terabadikan dalam golongan wali songo.

Itulah Sejarah Sunan Gresik Dalam Penyebaran Islam di Jawa yang bisa penulis berikan dari berbagai macam sumber di penelusuran google.

Terima kasih kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan klik komentar atau menghubungi kontak person di halaman utama, semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Sumber : 

@inews.id @portaljember.pikiran @tirto.id @brainly.co.id @asc.ukm.um.ac.id

Baca Juga :

Menjelajahi Pesona Wisata Pasir Putih Gresik di Pantai Delegan

Tiket, Tips dan Lokasi Obyek Wisata Bukit Jamur Gresik Yang Unik di Jawa Timur

Tempat Ngopi Keren Bernuasa Alam Gresik di Giri Hills Coffee House

Cara Membuat Kopi Kasar Khas Gresik dan Harganya