30# Wisata Bangkalan Yang Cocok Untuk Liburan di Pulau Madura

Kota yang kelap di sebut dengan Kota Dzikir dan Sholawat ini memiliki puluhan destinasi wisata yang tak kalah menyenangkan untuk di jelajahi.

Beragam jenis destinasi Wisata Bangkalan yang akan membuat liburan ke madura kalian lebih  mengesankan dan mengasikkan. wialayah di sisi barat ini akrab di sebut dengan kota dikir dan sholawat ini, memiliki potensi wisata yang tak kalah keren dengan wilayah lainnya.

Bangkalan merupakan pintu gerbang utama ketika berkunjung ke pulau madura. untuk menuju ke daerah ini para wisatawan bisa akses melalui Pelabuhan Ujung Kamal menggunakan kapal fery dengan perjalanan yang ditempuh sekitar 30menit atau melalui jalan tol Jembatan Suramadu sekitar 10 menitan.

Perihal wisata, di bangkalan sudah di katakan lengkap dari berbagai kategori dengan suasan dan view yang tak di ragukan lagi.

Tempat Wisata di Bangkalan Madura yang Sedang Populer dan Hits di Tahun 2022


Kabupaten Bangkalan terletak di paling barat Pulau Madura, Bangkalan bisa dijadikan pilihan untuk liburan bersama keluarga, teman, sahabat maupun kerabat ketika wekend. Mulai dari keindahan pantai, pesona perbukitan atau gunung dan wisata bahari yang begitu indah dan menawan untuk di explore.

Bagi kalian yang sedang kebingungan untuk memilih tempat wisata bangkalan yang bisa jadi rekomendasi liburan serumu. Berikut daftar lokasi, biaya, suasana dan obyek tempat wisata Bangkalan yang  lagi hits dan menyimpan sejuta pesona alam yang menarik untuk liburan di tahun 2022 :

Wisata Taman di Bangkalan

Taman Rekreasi Kota Bangkalan

Obyek wisata ini sering dikenal dengan julukan TRK (Taman Rekreasi Kota) yang kelap menjadi wisata andalan bersama keluarga apalagi membawa keluarga kecil kalian untuk berliburan dengan waktu yang terbatas dijamin menarik dan memuaskan.

Lokasi Taman Rekreasi Kota Bangkalan ini terletak di tengah kota tepatnya di Belakang Stadion Gelora Bangkalan di Jalan Soekarno Hatta, Mlajah, Bangkalan.


Taman Rekreasi Kota Bangkalan ini  merupakan salah satu obyek wisata yang di kelola langsung oleh pemerintah kabupaten Bangkalan yang resmi dibuka pada tahun 2010 pada masa kepemimpinan RKH. Fuad Amin Imron. meskipun telah lama berdiri wisata ini tetap menjadi wisata andalan masyarakat bangkalan hingga luar daerah.

Taman Rekreasi Kota

Sangatlah menyenangkan dan seru karena terdapat beberapa macam fasilitas destinasi wisata mulai dari wahana taman bermain anak-anak mulai dari ayunan, pelosotan, jungkat jungkit, komidi putar kontrol, besi panjat dan lain sebagainya dengan tarif yang gratis atau free.

Bagi yang suka bermain air di sebah kolam, di TRK juga terdapat tempat berenang yang cukup besar yang bisa menampung puluhan pengujung dengan tiket sebesar 5K perorang dan Taman Rekreasi Kota juga terdapat sebuah  danau yang tak cukup besar berkonsep  sebagai bermain dengan mengelilingi danau naik perahu 10K selama 15menit.

Biaya yang harus di persiapkan ketika berkunjung ke Taman Rekreasi Kota di pintu masuk pengunjung harus membayar karcis sebesar 5K kalian sudah menikmati obyek wisata ini.

Suasana TRK begitu rindang dan nyaman dengan adanya pepohan kehijauan yang terdapat ditaman sambil menunggu anak-anak sedang bermain perahu atau wahana permainan kalian bisa bersantai ria di area kawasan taman ini karena memang sengaja di desain untuk para pengunjung.

Jika kalian sedang berkunjung ke TRK ini apabila tidak bawa membawa makanan atau minuman dari rumah, Jangan khawatir karena disini sudah tersedia beberapa tempat warung kaki lima yang berjualan beberapa macam kuliner bangkalan yang akan mengisi perut kosong kalian.

Taman Paseban Bangkalan

Setiap daerah pasti memiliki sebuah alun- alun atau taman kebanggan yang dijadikan sebuah icon daerah tersebut dengan sejarah yang sangat panjang salah satunya di Kabupaten Bangkalan atau yang sekarang dikenal dengan sebutan Taman Paseban.

Taman Paseban sering kali dijadikan tempat favorit masyarakat Bangkalan yang sering kali dijadikan titik kumpul di tengah kota dan tempat persinggahan ketika setelah keluar dari Masjid Agung Bangkalan dengan luas taman kurang lebih sekitar 1 hektar lebih.

Lokasi Taman Paseban berada di tengah kota tepatnya di depan Masjid Agung Bangkalan yang berhadapan langsung ke arah barat daya di Jalan Jendral Ahmad Yani, Demangan Barat Bangkalan.

Dengan lokasi yang sangat strategis dan sangat mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi hingga angkutan umum Bangkalan, sering kali tempat ini dijadikan 

Taman Paseban ini masih merawat dan menjaga dengan dibuktikannya penuh dengan dominasi perpaduan warna merah dan kuning yang senada seperti Logo Bangkalan yang berjargon Bangkalan Ceria.

Suasana Taman Paseban ini begitu rindang, sejuk dan adem dengan banyaknya pepohan hijau yang berjejeran tertata rapi, bermacam variasi bunga yang cantik untuk menghiasi taman ini untuk menenangkan waktu liburan kalian. 

Suasana Taman Paseban

Setelah mengalami beberapa macam renovasi dari tahun ketahun Taman Paseban terdapat beberapa macam fasilitas penunjang  umum lainnya para pengunjung semakin betah ketika sedang liburan atau menikmati wisata tengah kota bangkalan ini mulai dari wahana permainan anak-anak yang tersedia playground, kolam buatan yang tak cukup besar tapi begitu mengasikkan karena apabila pada malam hari di penuhi dengan warna warni lampu yang mengiasi munculnya air.

Selain itu, Taman paseban juga terdapat gazebo kecil yang berpayung teduh kekayuan, aula yang kelap dijadikan tempat berkumpul dan tempat istrirahat setelah penatnya mengelilingi taman wisata ini dan disini juga terdapat toilet umum.

Untuk menikmati obyek keindahan dari wisata Taman Paseban atau Alun-Alun Bangkalan kalian cukup membayar biaya tiket parkir saja sebesar 2K untuk motor dan 5K untuk kendaraan mobil karena untuk tiket masuk ke taman ini free.

Bagi kalian yang suka foto-foto, di Taman Paseban bisa kalian jadikan spot foto yang keren dan menarik karena selain taman ini memiliki warna warni yang sangat cocok untuk obyek pemotretan. Jadi sangat disayangkan apabila berkunjung ke tempat tidak mengabadikan moment atau berselfie ria.

Jika kalian ingin menghasilkan foto lebih keren dan bagus dan tidak membawa kamera bagus seperti DSLR, Mirrorlles atau GoPro. Jangan khawatir di Taman Paseban sudah ada Fotografer yang sudah stand by dengan cukup membayar mulai 10K dengan 1-2 kali jepretan.

Disini juga tersedia tempat nongkrong di area taman yang menjual kuliner bangkalan mulai dari nasi, rujak, kopi, jus dan lain sebagainya.

Mulai dari pagi hingga tengah malam Taman Paseban tetap ramai  bahkan tak pernah sepi di kunjungi  oleh pengujung dari lokal maupun luar daerah untuk menikmati keindahan taman di Kota Dzikir dan Sholawat ini.

Wisata Bukit, Gunung dan Hutan di Bangkalan

Bukit Jaddih Socah

Tak lengkap dan kurang mengesankan jika kalian berlibur ke Bangkalan tidak singgah di sebuah perbukitan yang akrab disebut dengan juluka wisata goa pote karena selain mirip dengan wisata yang ada di turki wisata sangat eksotis bangat untuk di kunjungi.

Wisata yang satu sering kali bikin penasaran banyak orang hingga artis terkenal indonesia yang jauh-jauh datang dari Ibu Kota Indonesia ke Pulau Madura karena panorama alamnya bikin gregetan tuturnya hehehhe.

Sebelum tempat ini dikelola secara baik oleh pemerintahan Bangkalan, awalnya hanya sebuah bekas penambangan batu bata yang di jadikan obyek wisata yang keren di wisata bangkalan socah.

Untuk mengunjungi wisata bukit jaddih ini jika kalian dari arah jawa atau surabaya cukup dekat baik lewat Jembatan Suramadu maupun Pelabuhan Kamal dengan perjalanan yang ditempuh sekitar 30 menitan dan Apabila dari Pusat Kota Bangkalan atau terminal sekitar 15 menitan. 

Lebih tepatnya Lokasi Bukit Jaddih berada di Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan. agar tidak kebigungan atau kesusahan di aplikasi google maps sudah akurat untuk menuju ke wisata ini karena tinggal klik atau voice sudah diantar.

Obyek Wisata Bukit Jaddih sangat di rekomendasikan sekali untuk dikunjungi apabila bagi para wisatawan luar daerah karena selain memanjakan mata karena keindahan panorama alam dengan hamparan kapur putih yang layaknya seperti putihnya salju di luar negeri di tambah dengan beberapa batuan lukisan yang akan kalian temukan di sini.

Bukit Jaddih Bangkalan

Bukit jaddih juga menyuguhkan pemandangan kota bangkalan dai arah selatan daya dengan naik di perbukitan apalagi kalian datang ketika senja mau turun karena view yang akan kalian temukan begitu indah sekali.

Tak hanya itu saja yang akan kalian temukan karena disini terdapat banyak obyek Keindahan yang sangat layak dan  harus di explore lebih luas mulai dari kolam renang renang yang cukup luas lebar dan sudah siap untuk dijadikan tempat mandi dan berenang dengan membayar 5K perorang dan bagi kalian yang lupa tidak membawa baju basah atau berenag disini juga menyediakan penjualan dan penyewaan bagi pengujung. 

Di bukit jaddih juga terdapat beberepa wisata lainya yang dikenal dengan sebutan Danau Kumbolo. Sepetak danau buatan yang digali yang tak terlalu dalam sehingga air tak bisa mengalir dan warnanya yang begitu kehijauan pekat yang keren karena kealamiann sehingga ditambah fasilitas perahu kayu dan itik yang disewakan untuk naik dengan mengeluarkan 5K-10K perorang

Bagi yang suka mengambil foto-foto yang keren dan vintage di Bukit Jaddih sangat recomended sekali dengan nuansa alam yang begitu sangat alami sehingga membuat tampilan postingan atau story di sosmded kalian bikin kece baik anak photography, gunung hingga travelling. 

Bukit Jaddih sering kali di jadikan tempat obyek photo prewedding session di Bangkalan yang sangat bagus dan bernostagia di beberapa tempat yang dapat kalian kelilingi baik di perbukitan, danau, hingga hamparan batu yang berada di area sekitar wisata bukit jaddih.

Jadi sangat disayangkan sekali bila kalian melewatkan wisata keren di Bangkalan ini di Bukit Jaddih memberikan warna kehidupan liburan kalian sangat mengesankan dan bikin penasaran bagi yang belum singgah.

Untuk urusan perut setelah capeknya naik di perbukitan, mengelilingi danay dan hamparan batu dan lelahnya berenang. Jangan khawatir karena disini sudah mulai banyak warga sekitar menjual makanan berat dan ringan yang disuguhkan.

Untuk bahan persiapan atau tips untuk para wisatawan yang dari luar daerah yang ingin berkunjung ketempat ini sangat disarankan agar tidak minus atau cacat dalam perjalanan berangkat ke tempat ini tetap aman kalian diharuskan bahkan wajib datang jangan sendirian minimal 3-5 orang dan kalau bisa mebawa orang asli wilayah tersebut karena di Wisata Bukit Jaddih Madura Bangkalan banyak informasi yang mulai tersebar akan kerawanan dengan istilah begal.

Selain itu, sangat disarankan juga ketika bekunjung ketennpat datanglah sekitar jam 8 pagi dan pulang sebelum terbenam matahari dan jangan terlalu banyak tanya ke warga sekitar dalam proses pemberangkatan agar tidak di tandai atau di tunggu setelah pulangnya.

Bukit Pelalangan Arosbaya

Sebuah wisata alam gemilang yang awal mulanya merupakan sisa pertambangankerikil kapur yang dikelola dan dirawat dengan bagus sehingga menjadi suatu wisata yang keren dan menakjubkan untuk di explore yaitu Bukit Kapur Arosbaya yang di sebut dengan Bukit Pelalangan.

Mengunjungi Bukit Pelalangan Arosbaya, kalian akan merasakan seperti  berada di sebuat balairung didalam deretan benteng yang bakala liburan kalian lebih seru karena pahatan kapur yang bercorak kemerahan berbentuk tebing beraturan yang tertata dan indah.

Beberapa wisata di Madura khususnya di Bangkalan ini memiliki berberapa macam destinasi wisata yang begitu unik dan bikin penasaran untuk di singgah.

Bukit Pelalangan Arosbaya berada di daerah wisata religi Bangkalan yaitu di are Aer Mata Ibu tepatnya di Desa Buduran, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. 

Untuk menuju ke tempat ini jarak yang ditempuh dari pusat Kota Bangkalan sekitar 20KM atau 15 menitan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Obyek Wisata Bukit Pelalangan Arosabaya sangat sejuk sekali dan sangat recomended untuk di kunjungi karena suhu di Pulau Madura lumayan panas, banyak sekali yang rela datang jauh-jauh untuk menikmati keindahan proses penambangan yang berbentuk goa pahitan dinding tebing kapur dari hasil pembentukan yang lumayan berukuran kecil.

Bukit Pelalangan Arosbaya

Suasanan di Bukit Pelalangan Arosbaya begitu instagenic karenaa dinding kapur di tempat sini begitu lembab sekali dan basah sehingga sangat dingin di bagian dalamnya. bentuk kapur yang dipahat di tempat ada sebagian yang tercipta sendirinya dan ada pula yang di pahat atau di bentuk sendiri agar terlihat lebih ekstrim.

Untuk kalian yang suka dengan foto instagramable yang bertema instagenic yang keren dan vintage layaknya berada di luar negeri datanglah ke tempat ini, kalian akan merasakan sensasi yang begitu menkajukban ketika berada di tengah kumparan bebatuan yang bertebing ini.

Meskipun tempat ini telah resmi dijadikan sebagaia obyek wisata. Akan tetapi disini kalian akan masih menemukan beberapa aktivitas warga sekitar yang masih bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya.

Untuk menuju ketempat ini kalian akan dikenakan tiket karcis sebesar 5K perorang dan ditambah dengan biaya tiket parkir 2K untuk motor dan 5K untuk mobil.

Ketika kalian sedang berkunjung tempat ini bisa sekalian wisata religi di aer mata ibu yang dikenal dengan akan keramatannya dan jangan lupa mencoba beberapa macam kuliner dan oleh-oleh khas bangkalan.

Bukit Lampion Beramah

Ingin lebih kece dan kekinian untuk destinasi liburan kalian, Jangan khawatir di Bangkalan bagian timur terdapat wisata yang sangat untuk cocok untuk liburan kalian lebih menyenangka dan sangat mengasikkan yaitu Bukit Lampion Beramah.

Bukit Lampion Beramah merupakan wisata yang berada di tengah perdesaan perbukitan di dataran tinggi yang akrab dikenal dengan sebutan Wisata BLB tepatnya di Desa Daleman, Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan dengan jarak yang ditempuh sekitar 30KM atau 30menitan dari pusat Kota Bangkalan.

 

Meskipun lokasi yang cukup jauh dengan pusat kota Bangkalan, Bukit Lampion Beramah sangat terawat dan dijaga betul, karena melihat wisata di Bangkalan mulai menigkat apalagi wisata yang masuk dalam kategori Bukit/Gunung.

Keindahan Bukit Lampion Beramah memberikan panorama alam yang indah dan memukau dengan hiasan lampu lampion warna warni yang bergantungan yang sesuai dengan nama wisata ini. sehingga  obyek wisata ini menjadi sorotan publik dan banyak para wisatawan yang datang untuk menikmati suasana alam yang unik untuk di kunjungi.

Pemandangan Bukit Lampion Beramah

Selain itu, di area Wisata Bukit Lampion Beramah terdapat beberapa macam fasilitas penunjang lainnya yang mempercantik moment kalian di setiap jepretannya, agar bagi pengunjung yang datang ke tempat ini semakin lebih betah dan menyenangkan mulai hiasan gardu, panggung dan gazebo yang terbuat dari kayu, tulisan-tulisan lucuk, bijak, dan humor yang berlatar langsung dengan view background suasana alamnya.

Mengabadikan moment di wisata hitz Bangkalan ini sangat di haruskan karena selain menikmati pemandangan alamnya yang sejuk dan rindang dengan suasana kehijauan, disini kalian akan merasakan udara yang segar sekali karena memang terasa banget keasriannya.

Untuk biaya yang dipersiapkan ketika berkunjung ke Wisata Bukit Lampion Beramah sangatlah terjangkau dan murah. cukup hanya bayar 

  • Tiket masuk : 5K  
  • Tiket parkir : 2K untuk motor dan 5K untuk mobil.

Gunung Geger

Berlibur ke bukit tapi bernuansa gunung disinilah tempat yang sangat cocok untuk kalian kunjungi, karena wisata Bangkalan yang satu ini memberikan sensasi berbeda untuk mengisi waktu libura kalian. apalagi di waktu liburan panjang telah tiba dijamin akan puas dan mengesankan yaitu Wisata Gunung Geger.

Gunung Geger merupakan awal perjalanan sejarah Kelahiran atau berdirinya pulau madura yang masih erat karena disinilah jejak legendaris perjuangan kepahlawanan yang hingga saat ini masih meninggalkan destinasi masih di keramatkan. 

Dahulu kala, konon ceritanta ketika zaman purbakala terdapat beberapa cerita masa lalu yang hingga saat ini dipercaya mengandung banyak unsur yang di keramatkan pada bangkalan.

Gunung Geger terletak di tengah perdesaan kabupaten Bangkalan tepatnya di Dusun Laok Gunong, Desa Geger, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Untuk menuju ke Gunung banyak akses yang bisa kalian tempuh bisa lewat arah selatan menuju Kecamatan Tanah Merah dan dari arah utara menuju Kecamatan Arosbaya dan Sepulu. 

Keindahan Wisata Gunung Geger Bangkalan sangat indah dan menakjubkan dengan pesona alam yang memukau sehingga memberikan daya tarik tersendiri untuk memikat para pengunjung yang berlomba datang jauh-jauh untuk mengexplore obyek wisata yang satu ini.

Panorama Gunung Geger

Disini kalian akan merasakan zona perhutanan yang berada di atas dataran tinggi karena lokasi yang memiliki sekitar 42hektar lebih ini terdapat beraneka ragam pepohanan mulai dari Hutan mahogany, akasia, jati,.

Daya Tarik lainnya yang bisa kalian temukan yaitu puluhan ekor kera yang berkulit abu-abu dan hewan burung yang berterbangan di puncak perbukitan yang lembab ini, terdapat beberapa patung kuno yang masih dikeramatkan, lembah Palenggiyen yang nampak langsung ke jejerah sawah kehijaun yang rapi, kejrnihan danau yang menjernihkan.

Gunung Geger juga terdapat Goa legendari dan bersejarah yang bernama Goa Potre, Petapan, Olar, Planangan dan Pote yang memiliki sejarah purbakala yang sangat melegendaris dan disini pula terdapat makam keramat Madura yang masih ramai dikunjungi untuk berziarah mengaharap barokah yakni Makam Potre Koneng dan Sayyid Ali Abu Nuhas.

Wisata Gunung Geger Bangkalan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Bangkalan juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. 

Bagi kalian yang ingin berlibur ke Gunung Geger ketika bingung menggunakan pribadi, kalian bisa menggunakan transportasi untuk menuju ke tempat wisata ini. setibanya disana kalian harus naik puluhan anak tangga yang sudah aman untuk dipijak karena sudah terbuat dari batu dan semen yang kuat.

Untuk tiket masuk ke area kawasan Gunung Geger free hanya dengan cukup membayar tiker parkir saja yang sudah disediakan oleh warga sekitar sebesar 2K untuk motor dan 5K untuk mobil. di Area Gunung Geger juga sudah tersedia warung pedagang kaki lima yang siap memanjakan lidah kalian setelah capeknya mengexplore perbukitan Gunung Geger yang memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 250.mdpl

Wisata Edukasi di Bangkalan

Hutan Mangrove Labuhan

Tak ingin kalah degan wilayah sebelahnya yaitu Surabaya yang memiliki mangrove di daerah timur tepatnya daerah Rungkut, di Bangkalan kini pemerintahan daerahnya sudah meresmikan wisata education tersebut yang terdapat di daerah pesisir utara yakni bernama Hutan Mangrove Labuhan.

Wisata mangrove labuhan  ini awalnya hanyalah sebatas tambak  yang berfungsi untuk menjaga kelestarian bumi. Akan tetapi destinasi tersebut sering kali digunakan sebagai wahana edukasi yang dikembangkan menjadi Konservasi Hutan Mangrove yang menjadi pilihan untuk berlibur.

Hutan Mangrove Labuhan ini berada di Desa Labuhan, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur yang berhadapan langsung dengan selat pulau madura yang menjorok sekitar 2m dari bibir pantai wisata ini.  

  

Obyek wisata yang satu ini pastinya akan banyak kegiatan atau aktivitas yang bisa dilakukan di area sekitarnya mulai dari hal yang berhubungan langsung dengan mangrove dan ekosistem.

Menjelajahi konservasi puluhan pepohonan mangrove yang ditanam dan tumbuh secara tertata rapi dengan ditambah fasilitas jembatan yang terbuat dari kayu untuk mempermudah kalian ketika sedang mengexplorenya.

Hutan Mangrove Bangkalan

Suasana selanjutnya yang bikin kalian akan betah dan kerasan bersantai ria di Hutang Mangrove Labuhan yakni melihat view pantai yang memberikan panorama alam begitu indah dengan bunyi ombak yang tenang dan tentram.

Selain itu, biasanya tempat ini sering kali dijadikan venue untuk berkumpul atau mengadakan acara seperti event organisasi karena disini sudah tersedia tempat peristirahatan semacam gazebo yang bisa memnampung puluhan orang ditambah fasilitas kamar mandi yang bersih dan terjaga. Jangan lupa melakukan reservasi terlebih dahulu ketika ingin bermalam disini ketika membawa rombongan atau kelompok yang banyak.

Eiits, Bagi kalian yang suka mengambil spot foto dengan angle yang bisa kalian sesuka hati, Jangan khawatir karena disini kalian dijamin puas dengan fasilitas yang tersedia karena free heheheheh.

Akan tetapi, untuk tiket masuk disini kalian akan dikenankan biaya sebesar 5K perorang dan biaya parkir 2K untuk motor dan 5K untuk mobil.

Hutang Mangrove Labuhan sering kali di jadikan spot photography hunting dan prewedding bangkalan yang akan menghasilkan photo yang keren dengan nuasa perhutani.

Jika kalian sedang kelaparan setelah capeknya mengeliingi hutan mangrove dan jalan-jalan di pantai karena disini terdapat warung yang menjual kuliner yang bikin capek kalian cepat sembuh dan ingin mengexplore lagi wahana wisata yang sangat mengasikkan ini. Jadi, kuy diagendakan liburan kalian ke wisata yang satu ini agar tidak penasaran.

Jadi, jangan heran akan keramaian yang terdapat di Mangrove Labuhan ini di tambah akhir-akhir ini sering di jadikan tempat acara oleh organisasi atau komunitas baik untuk event atau upgrading dan sering kali dijadikan tempat spot photography bangkalan untuk mengambil moment

Mangrove Bancaran Bangkalan

Pada awal tahun 2021, bangkalan memulai lagi terkait prospek pembangunan wisata karena melihat pendapatan masyarakat sekitar semakin menipis kebutuhan hidup dikala pandemi menyerang. 

Sejak  Januari 2021 Kelurahan Bancaran mulai resmi membuka obyek wisata yakni bernama wisata harapan mangrove bancaran. yang nantinya bisa meningkatkan pemasukan masyarakat maupun pemerintah kabupaten bangkalan.

Pada pertengahan malam pergantian tahun Bupati Bangkalan bersama Bancaran melaksanakan sebuah tasyakuran berupa pembacaan doa, dzikir dan sholawat yang bertempat di Dinas Perternakan Rumah Potong Hewan (RPH).

Lokasi wisata ini terletak di kawasan Kota Bangkalan sekitar jarak yang ditempuh 100meter. tepatnya di Jalan Raya Bancaran, Panjian, Kecamatan Bangkalan, Jawa Timur.


Wisata bancaran ini di bangun oleh warga sekitar yang bekerja sama dengan POKDARWIS Bancaran. pada awal pembangunan belum selesai, wisata mangrove bancaran ini mulai banyak dikunjungi masyarakat.

Pengunjung bisa menikmati laut lepas yang langsung mengalir ke sungai bancaran dengan mengeliligi kayu yang membentang ke arah laut dengan panjang sekitar 500meter. 

Nuansa Jembatan Mangrove Bancaran

Panorama alam yang terdpat diwisata ini begitu segar dan sejuk sekali dengan adanya pepohonan yang rimbun dan berjejeran. Selain itu, penngunjung bisa mengelilingi obyek wisata ini dengan menggunakan perahu para nelayan sekitar. 

Untuk biaya yang akan dikeluarkan selama berkunjung ke obyek wisata ini adalah:

  • Tiket masuk 2K perorang
  • Parkir motor 2K dan mobil 3K
  • Naik perahu 5K perorang

Agro Edu Wisata Kebun Bang Jani

Meskipun masih baru dan lahir pada april 2021 wisata ini langsung ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang datang dari lokal hingga luar daerah karena Agro Edu Wisata Kebun Bang Jani memiliki daya tarik tersendiri sehingga resmi dan launching oleh pemerintahan kabupaten yakni Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Horikultura dan Perkebunan (Dispertapahorbun).

Geliat memajukan kota bangkalan, bidang pariwisata mengupayakan untuk membangun dan membenakan beberapa macam wisata yang akan nantinya menjadi hal positif untuk perkembangan wilayah sekitar dengan mengidupkan perekonomian masyarakat dan pemerintahan sendiri.

Agro Edu Wisata Kebun Bang Jani ini lokasinya sangat strategis dan tidak cukup jauh dengan pusat kota bangkalan hanya menempuh jarak sekitar 11km atau 20 menit perjalanan tepatnya di Kampung Du'ur, Desa Langkap, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan.

Di bangunnya obyek wisata ini sebagai rasa cinta dan kepedulian terhadap pertumbuhan dalam sektor pertanian agar tetap tetap terjaga khususnya bagi para petani bangkalan karena luas tanah yang terdapat disini lumayan besar sekitar 5hekar dan masih 2hektar yang masih di gunakan atau dilakukan penanaman.

Agro Edu Wisata Kebun Bang Jani

Agro Edu Wisata Kebun Bang Jani ini merupakan obyek wisata pertama di Pulau Madura yang berbasis pertanian dan tanaman sehingga memiliki nilai tersendiri dalam proses dan pembangunannya.

Suasana wisata ini sangatlah rindang dan menyejukkan sekali karena disini kalian meneukan beragam macam tanaman. Selain itu untuk konsep lain yang terdapat di kebun ini terdapat taman bermain anak-anak, permainan tradisional, tempatb outbond, tempat nongkrong atau cafe yang minimalis.

Jadi, disini kalian akan puas dengan fasilitas yang telah di sediakan oleh pengelola kebun bang jani ini yang memang sengaja untuk kepuasan pengunjung yang akan datang.

Bagi yang suka dengan spot foto-foto instagramble yang bernuansa alam kekinian, tempat wisata ini sangat sayang di lewatkan ketika tidak dikunjugi karena disini terdapat puluhan fasilitas untuk mengambil yang bagus. 

Untuk biaya yang akan kalian keluarkan di Wisata Agro Edu Wisata Kebun Bang Jani masih belum di terapkan sehingga kalian cukup mebayar biaya parkir saja 2K untuk motor dan 5K untuk mobil.

Wisata Pantai di Bangkalan

Pantai Siring Kemuning

Salah satu obyek wisata andalan Bangkalan yang masuk dalam kategori wisata pantai. karena keindahan yang ditawarkan begitu menawan dan masih banyak orang yang mengetahuinya yaitu Pantai Siring Kemuning.

Pantai Siring Kemuning lokasinya cukup jauh dari pusat Kota Bangkalan karena berjarak sekitar 40KM dengan perjalanan yang harus ditempuh 1jam lebih tepatnya di Desa Macajah, Kecamatan Tajungbumi, Kabupaten Bangkalan.

 

Untuk menuju ke Pantai Siring Kemuning dari Pusat Kota Bangkalan langsung menuju ke arah Pantai Utara Bangkalan. Apabila masih kebingungan tinggal klik aja di Google Maps. kalian akan tetap sampai karena lokasinya cukup strategis dari jalan raya utama Bangkalan.

Pantai Siring Kemuning lumayan ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun luar kota hingga mancanegara. Apalagi di hari libur tepatnya di saat pergantian tahun. obyek wisata yang satu ini begitu dijadikan sasaran sebagai destinasi liburan di Bangkalan. 

Pesona Pantai Siring Kemunig

Pantai yang memiliki panjang sekitar 25meter dari bibir pantai ini mensajika suasana pantai disini memilik daya tersendiri. karena sesuai dari namanya yaitu kemuning. air pantai disini ketika dari jauh seakan seperti warna kekukinangan sehingga selain dijadikan nama pada wisata ini. Pantai Siring kemuning salah satu obyek wisata pantai yang berbeda dengan wilayah lainnya di Pulau Madura.

Panorama alamnya kini mengundang banyak orang untuk berwisata. selain menjadi magnet obyek wisata menawan di Bangkalan. disini kalian akan menemukan beragam aktivitas yang akan dilakukan seperti bermain air, bermain pasir, bermain volly dan sepak bola atau hanya sekedar duduk santai ria menikamati view pantai yang indah.

Ditambah dengan desaran ombak yang begitu tenang. Jika kalian ingin menikmati suasana pantai ini lebih indah dan keren datanglah pada sore hari. karena sunset yang disajikan disini sering dijadikan obyek sasaran para photography senja alam yang begitu menakjubkan dan keren.

Untuk kalian yang ingin berlama-lama di pantai siring kemuning, disini sudah ada tempat pengiapan di rumah warga sekitar yang memang disewakan. Akan tetapi, ketika kalian ingin mendirikan tenda atau duduk bersantai ria sebaiknya membawa tikar atau tenda sendiri. karena disini masih belum menyediakan tempat persewaan.

Jam Operasional pantai siring kemuning dibuka setiap hari mulai dari jam 07:00 - 16:00 dengan membayar tiket sebesar 5K perorang ditambah dengan biaya parkir 2K untuk motor dan 5K untuk mobil.

Pantai Biru Tanjungbumi

Selain Pantai Siring Kemuning, wilayah yang dikenal dengan budaya batiknya ini masih memiliki destinasi yang hitz dan populer yang terletak tidak jauh dari kawasan kecamatannya yakni Pantai Biru namanya.

Untuk sampai ke Wisata Pantai Biru, kalian tinggal menuju ke daerah pesisir Tanjung Bumi dengan jarak yang ditempuh sekitar 3KM dari Pantai Siring Kemuning tepatnya di desa Telaga Biru.

   

Nama pantai ini diambil dari kebiasaan orang Madura yang menyebutnya warna hijau dengan sebutan biru. karena air dari lubang buatan yang terdapat di wisata warna agak kehijauan dan posisinya berada di bibir pantai Desa Telaga Biru sehingga dinamakan Pantai Biru.

Obyek wisata ini memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat para pengunjung, Pasalnya di area sekitar ini unik dan keren sekali, terdapat berbagai macam wahana permainan dan puluhan hiasan yang dijadikan spot foto yang keren dan kece seperti tanaman dan bunga buatan yang cantik, gazebo yang terbuat dari kayu dan perahu itik yang dapat kalian bisa naiki untuk mengelilingi wisata ini. 

Pantai Biru Tanjungbumi

Awalnya wisata ini dulunya tempat pembuangan sampah yang kemudian di sulap atau direnovasi menjadi destinasi yang keren.

Sehingga dalam peresmiannya, yang diresmikan oleh Bupati Bangkalan sangat mengaspirasi sekali kepada kepala desa Telaga Biru, karena dengan adanya wisata baru, Bangkalan lebih berkembang dan maju dalam sektor pariwisata.

Pengembangan wisata ini tujuannya untuk hiburan dan meningkatkan perekenomian masyarakat sekitar, karena pengelolaan pada wisata ini di kelola langsung oleh BumDes setempat.

Untuk menikmati wisata biaya yang kalian butuhkan kurang lebih sekitar 20K apabila ingin menikmati lebih puas, yang dirincikan :

  • Tiket masuk 5K perorang, 
  • Biaya parkir 2K untuk motor dan 5K untuk mobil
  • Biaya naik perahu 5K perorang
Di sekeliling wisata ini, juga banyak warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman untuk pengunjung yang sedang liburan.

Pantai Rongkang Kwanyar

Pada sisi selatan pesisir bangkalan kini tak kalah indah suasanan pantainya, ditambah dengan view yang berlatar belakang Jembatan Suramadu membuat wisata yang satu ini menjadi lebih menarik untuk dikunjungi.

Dari jalan tol jembatan suramadu, jarak yang ditenpuh sekitar 3KM untuk bisa sampai di wisata ini tepatnya di daearah Kwanyar di Jalan Raya Kejawan, Kwanyar Bar., Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69163.

 

Keindahan pantai rongkang ini nampak indah dengan ketika kalian berkunjung saat pagi dan sore hari, karena nuansa alamnya begitu eksotik sekali untuk dinikmati dengan melihat langsung gedung-gedung tingggi surabaya dari selat Madura.

Pantai Rongkang Obyek Jembatan Suramadu

Suasana pantai ini sering kalai dijadikan pilihan untuk liburan, pantainya yang masih alami, adanya pepohanan yang rindang dan bebatuan krikil yang kecil bertebaran di tepi bibir pantai.

Untuk tiket masuk ke pantai kalian cukup membayar biaya parkir saja sebagai gantinya, karena untuk tiket masukya free alias gratis.

Pantai Sembilangan Mercusuar

Tak jauh dengan pusat kota bangkalan, obyek wisata yang satu selain mensajikan keindahan pantainya, kalian bisa sekalian berwisata sejarah bangkalan ketika berkunjung kesini. karena terdapat bangunan yang memiliki sejarah pada zaman dahulu.

Untuk bisa sampai di obyek wisata ini, dari Pusat Kota Bangkalan jarak yang ditempuh sekitar 8KM tepatnya di Jalan Raya Jalan Sembilangan, Socah, Slempit, Pernajuh, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69161.

 

Suasana pantai akan lebih eksotis dan lebih sempurna, ketika kalian berkunjung dan menikmati dari atas ketinggian puncak mercusuar dengan ketinggian yang dimiliki sekitar 65meter dari 17lantai.

Jadi, sembari menikmati keindahan pantai yang masih alami, laut yang indah dan hembusan angin yang masih segar dan sejuk karena diarea wisata ini masih banyak kalian temukan pepohonan hijau yang berdiri tegak.

Suasana Pantai Sembilangan

Untuk tiket masuk pantai disini free, hanya saja kalian menitipkan kendaraan ke warga sekitar atau kalian datang ke bangunan mercusuarnya dengan membayar tiket sebesar 5K perorang.

Wisata Air Terjun dan Pemandian di Bangkalan

Air Terjun Batu Raja Manitan Galis

Meskipun tak setinggi seperti layaknya air terjun lainnya. Akan tetapi, obyek wisata ini sangat keren dan cocok sekali untuk disinggah. Aliran air yang mengalir deras, membuat kalian ingin selalu menjejakan kaki dikawasan ini.

Untuk ingin menikmati suasana ini kalian membutuhkan perjalanan sekitar 1jam lebih dari pusat kota Bangkalan, letaknya yaitu di Dusun Runggarung, Desa Banyubunih, Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Air Terjun Batu Raja Manitan Galis ini memiliki pesona yang keren dan sangat mempesona untuk di nikmati, Apalagi berendam dan bermain air disini jangan sampai ketinggalan karena terasa sejuk dan menyegarkan sekali. 

Yang menjadi unik di wisata ini adalah adanya Batu Besar, dimana batu tersebut tempat aliran air yang mengalir dan cukup aman sekali untuk dipijak karena tidak licin yang aliran airnya mengalir hingga ke bebatuan.

Air Terjun Batu Raja Manitan Galis

Dikawasan ini banyak pepohonan hijau yang ridang, sehingga jangan khawatir akan kepanasan ketika menikmati air terjun ini.

Untuk menikmati panorama air terjun ini, kalian cukup membayar tiket parkir saja yang sudah ada penjaganya agar tetap aman ketika sedang berada dikawasan ini yaitu 2K dan bagi kalian yang membawa kendaraan pribadi bisa dititipkan ke warga sekitar karena untuk akses menuju ke wisata belum bisa dilewati roda 4.

Baca Juga: Wisata Alam Bangkalan Yang Menawan

Pemandian Sumber Pocong

Dari namanya saja banyak beranggapan bahwa tempat ini horor dan penuh dengan pocong yang berkeriaran, tapi tenang saja obyek wisata ini tidak seseram namanya yang bisa dinikmati untuk liburan kalian.

Tempat pemandian disini cukup tersembunyi karena berada di tengah sawah perdesaan yang cukup jauh dari pusat Kota Bangkalan tepatnya di Karang Anyar, Pocong, Tragah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur

 

Baca Juga: Wisata Legendaris Madura

Pemandian Sumber Pocong ini memiliki daya tarik tersendiri, sehingga banyak yang penasaran akan obyek wisatanya. disini kalian bisa berendam di sebuah sungai yang cukup luas dan lebar dengan air yang sangat jernih sekali. Bahkan pasir, bebatuan dan lumut yang terdapat di sungai ini nampak terlihat jelas sekali ketika dilihat dari atas.

Pemandian Sumber Pocong

Suasana di tempat ini sangat alami sekali, ditambah dengan adanya pepohonan yang banyak dan rindang dan tumbuhan yang rimbun mengelilingi sumber ini. membuat tempat ini sangat nampak segar sekali untuk dinikmati.

Jadi, ketika kalian berkunjung ke tempat ini diusahakan jangan sampai sendirian, agar liburan kalian tetap aman dan tentram saja baik ketika dalam perjalanan maupun ketika menikmati sumber ini.

Untuk biaya yang akan kalian habiskan disini tidak mengeluarkan uang sepersen pun cukup menjaga kendaraanya yang bisa ditaruh dekat sumber pemandiannya.

Wisata Kolam Renang di Bangkalan

Kolam Renang Tretan

Liburan yang mengasikkan di tengah Kota Bangkalan, kini hadir dengan berbagai macam ragam wisata yang tak akan membuat liburan kalian kecewa yaitu Kolam Renang Tretan.

Obyek wisata ini berada di daerah pusat kota di Stadion Gelora Bangkalan tepatnya di dalam wisata Taman Rekreasi Kota (TRK) yang terletak dipaling ujung. di Jalan Area Sawah, Mlajah, Kecamatan Bagkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Kolam renang ini memiliki daya tarik tersendiri yang memikat para pengunjung, selain tempatnya yang sangat strategis disini banyak aktivitas yang akan dilakukakn selain bermain air yang memuaskan liburan kalian. 

Bangunan yang terdapat di wisata ini meskipun tak cukup luas, Akan tetapi dari segi desainnya sangat simple dan tertata dan sangat menunjang pengunjung ang berdatangan, di lantai 1 atau dasar tempat bermain air atau kolam renang, dimana ada pembagiannya antara dewasa dan anak-anak, sehingga jangan khawatir akan kedalaman airnya. di Untuk lantai 2 digunakan sebagai tempat bersantai yang terdapat warung agau kantin yang menjual anek ragam kuliner khas bangkalan.

Kolam Renang Tretan

Selain itu, disini terdapat berbagai fasilitas penunjang lainnya seperti toilet umum yang sudah terbagai dari kamar mandi dan kamar ganti, penyewaan ban atau pelampung untuk wahana bermain, tempat ibadah atau musholla yang layak untuk digunakan dan tempat parkir yang sangat mewadahi.

Untuk tiket atau biaya Kolam Renang Bangkalan:

  • Tiket masuk: 5.000/ perorang
  • Tiket parkir : Gratis

Kolam Renang Banyu Biru

Bangkalan tak hanya memiliki wisata alam saja yang cukup populer untuk dikunjungi, wilayah yang terdapat di paling ujung barat Pulau Madura ini memiliki wisata air atau water boom yang mengasikkan dan menyenangkan yaitu Banyu Biru namanya.

Kesegaran air yang yang terdapat di wisata ini membuat kalian semakin betah untuk berlama-lam main air disini. Sensasi yang akan kalian rasakan terdapat berbagai macam spot yang memfasilitasi wisata ini. 

Untuk menuju ketempat ini dari pusat kota bangkalan perjalanan yang kalian tempuh sekitar 5KM menuju kecamtan burneh dan apabila dari pintu keluar Jembatan Suramadu sekitar kurang lebih 8KM tepatnya di daerah perumahan burneh di Jalan Perumnas Tonjung, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

 

Wahana lain yang terdapat disini bermain prosotan, jungkat jungkit, terowongan, bermain bebek dan penyewaan ban.  membuat kalian akan  ketagihan lagi untuk bermain disini Kolam Renang Banyu Biru. 

Selain itu, masih terdapat fasilitas pendukung lainnya yang masih tersedia di area ini seperti Toilet dan kamar ganti yang cukup besar, tempat ibadah, tempat parkir dan wisata kuliner khas bangkalan yang akan menggoyangkan lidah kalian. 

Kolam Renang Banyubiru

Ditambah dengan adanya wahan pendidikan yang berupa taman, dimana taman tersebut dipenuhi dengan fauna agar bagi pengujung khusus nya anak-anak tidak hanya bermain air saja ketika berkunjung kesini. 

Harga tiket untuk bisa menikmati wahana permainan ini adalah sebagai berikut :

  • Tiket masuk : 10.000 / Orang
  • Tiket parkir : 2.000 (Motor) dan 5.000 (Mobil)
  • Sewa Ban : 5.000 

Kolam Renang Bmc

Ingin bermain air di tempat indoor yang tidak akan kehujanan atau kepanasan, kalian bisa datang ke wisata kolam renang satu ini yang memiliki daya tarik tersendiri untuk dinikmati dan menjadi pilihan liburan kalian apalagi bersama keluarga yaitu Kolam Renang Banyu Mulya Chadia atau yang dikenal dengan sebutan Kolam Renang BMC.

Lokasi yang cukup strategis karena terletak di pinggir jalan raya dan tak jauh dengan pusat kota Bangkalan. Sekitar 3KM jarak yang akan kalian tempuh. Tepatnya di Jalan Raya Kelyean, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur atau sekitar 200 meter sebelum embong cangka (persimpangan jalan tiga).

Wahana yang akan kalian nikmati selain bermain air di Kolam Renang BMC Kelyan Bangkalan seperti kolam renang untuk dewasa dan anak kecil dipisah dengan kedalam yang sudah disesuaikan, terdapat seluncuran dan perosotan bagi kalian yang suka wahana keseruan, ember tumpah yang mengeluarkan air ditengah perkumpulan bermain air, dan disini kalian dapat bermain bola dan ban yang dapat sewa. 

Fasilitas penunjang lainnya yang terdapat di Kolam Renang BMC ini adalah toilet dengan kamar bilas dan kamar ganti dipisah agar tidak campur-campur. Bagi yang sedang lapar dan haus jangan khawatir karena disini sudah terdapat kantin yang menjual menu aneka jajanan atau minuman, untuk yang tidak ingin bermain air disini terdapat tempat duduk yang sudah disediakan dan terdapat tempat parkir yang cukup luas dan aman karena sudah ada pagarnya.

Suasana Kolam Renang BMC Keleyan

Jadi, Liburan kalian bakal membuat liburan lebih  mengasikkan terutaman bagi anak-anak karena Air kolam disini bersih sekali, dikarenakan kotoran dari alam tidak akan masuk  dan mencemari ke area ini karena tempatnya sudah tertutup dan lebih nyaman untuk berenang dan lebih fleksibel karena cuaca yang akan tidak berpengaruh.

Untuk bisa menikmati liburan yang mengasikkan disini biaya yang akan kalian keluarkan adalah

  • Tiket Masuk : 15.000 / Orang
  • Tiket Parkir : 2.000 / Kendaraan
  • Sewa Ban : 5.000

Kolam Renang Kwanyar

Dibagian pesisir selatan, kini tak kalah ingin mengembangkan sebuah obyek wisata juga. Dimana wisata yang di bangun oleh seorang saudagar kaya daerah kecamatan kwanyar yang merantau ke negara Malaysia. Sehingga nama wisata ini bernama Wisata Water Boom Impian Maya.

Kolam renang ini tak jauh dari jalan raya, yang berdekatan dengan tambak garam dan pantai. dengan jarak ynag ditempuh dari psat kta bangkalan sekitar kurang lebih 20KM atau 30menitan tepatnya di Jl. Modung - Kwanyar, Prompong, Pesanggrahan, Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Wisata Impian Maya ini memiliki daya tarik untuk memikat para wisata yang ingin liburan bersama keluarga apalagi sedang membawa anak kecil

Kolam Renang Kwanyar lokasinya cukup luas sehingga mampu menampung puluhan pengunjung yang berdatangan dengan dibagi menjadi dua bagian kolam. Ada wahana bagi anak kecil dan khusus dewasa, sehingga pengunjung yang bermain air bisa teratur dan aman. 

Kolam Renang Kwanyar Wisata Impian Maya

Air yang terdapat didalam Kolam Renang Kwanyar ini bersih dengan warna yang kebiruan, Sehingga sangat bagus dan aman ketika digunakan untuk bermain air sampai sepuasanya.

Selain itu, terdapat fasilitas penunjang lainnya yang membuat pengunjung semakin asyik bermain air diantaranya naik ban udara di air  yang mengambang diatas, bermain wahan perosotan dan loncatan dan tong tumpah yang mengeluarkan air. sehingga akan membuat kalian berlama-lama dan betah.

Beragam macam aktivitas yang akan kalian lakukan di Wisata Kolam Renang Kwanyar ini selain berendam dan berenang di dalam Kolam Renang dengan sepuasanya, disini juga terdapat wahan permaianan yang cukup banyak dan pastinnya mengasikan sekali. 

Bagi pengujung yang sedang membawa anak kecil untuk bermain di wahana luar kolam renang yang terdapat di sebuah ruangan yang indoor dan terdapat tempat duduk bersantai ria sambil menunggu anak-anak yang sedang bermain air.

Setelah lelah bermain dan berenang di dalam kolam renang. di area wisata ini kolam rennag kwanyar sudah tersedia warung-warung kecil yang siap melayani para pengunjung dengan beraneka ragam kuliner yang ditawarkan kepada pengujung seperti nasi campur, mie goreng, mie kuah, pop mie, rujak dan sejenis minuman lainnya.  

Untuk biaya dan tiket Kolam Renang Kwanyar:

  • Tiket Masuk : 5.000/perorang
  • Tiket Parkir : 2.000 motor dan 5.000 mobil
  • Sewa Ban : 10.000

Baca Juga: Wisata Impian Maya Water Boom Bangkalan 

Kolam Renang Goa Pote

Wisata Bangkalan yang satu ini memilik daya tarik tersendiri untuk memikat para pengunjung. wisata yang memiliki luas lahan yang begitur luas dan lebar sekitar 500 meter yang mencapai kedalaman mencapai 7meter dari permukaan tanah yang digali oleh masayrakat sekitar. yang letak lokasi berada di kawasan bukit jaddih bangkalan.


Sehingga ketika kalian berkunung ketempat ini sangat elluasa banget dengan mengelilingi dari setiap sudut-sudut area pemandian kolam renang goa pote bangkalan.

Suasana Kolam Renang Goa Pote Bangkalan

Ketika berkunjung ketempat ini, selain berenang atau beredam dikolam yang sangat jernih berwarna kebiruan, kalian bisa menikmati hamparan pasir goa pote yang pepohonan yang rimbun kehijauan merindang di panorma obyek wisata bukit jaddih yang memukau.

Untuk bisa bermain yang non stop di kolam renang goa pote biaya yang kalian butuhkan adalah:
  • 10.000 tiket masuk area wisata
  • 10.000 tiket kolam renang

Wisata Sejarah Bangkalan

Museum Cakraningrat Bangkalan

Ketika kalian ingin mengetahui sejarah yang ada di bangkalan baik dari peninggalan dan cerita kisah yang memiliki nilai historis yang luar biasa, datanglah di alamat museum cakraningrat yang terletak di Jalan Raya Soekarno Hatta No.35, Wr 8, Mlajah, Bangkalan.


Museum Cakraningrat ini resmi di buka pada tahun 2008 oleh Gubernur Jawa Timur yaitu Imam Utomo. dimana pada dalam museum kalian akan menemukan sekitar kurang lebih 2.000 benda yang bersejarah.

Museum cakraningrat ini didirikan atas gagasan para sesepuh bangkalan seperti R.A Roeslan, R.A Salehadiningrat dan R.P Machfud pada tahun 1900an dan namanya diambil dari sebuah  gelar para raja-raja bangkalan yang memerintah pada tahun 1600 an oleh utusan bupati bangkalan yaitu Fuad Amin Imron.

Benda Musik Yang Bersejarah

Mulai dari alat musik, senjata perang, perlaratan rumah tangga dan alat-alat sejenis lainnya yang digunakan oleh para tokoh yang memperjuangkan bangkalan dan berhasil dikoleksi oleh Pemkab Bangkalan.

Mercusuar Bangkalan

Obyek wisata peninggalan ini mulai ada sejak zaman pemerintahan Z.M Willem III sekitar tahun 1800an yang ditinggal jejak oleh para kolonial belanda. sejarah mercusuar bangkalan ini berfungsi untuk membantu navigasi kapal yang masuk ke selat pulau madura yang berlokasi di Desa Tanjung Piring, Kecamatan Socah. Bangkalan.

 
Untuk menuju ke lokasi mercusuar bangkalan dari pusat kota, perjalanan yang kalia tempuh sekitar kurang lebih 15km menuju kawasan ujung piring.
 
Bagi kalian yang ingin mendapatkan spot fotogenik di bangkalan naiklah ke tangga yang paling tinggi karena kalian akan disuguhkan pesona pantai yang begitu indah dan eksotis. sehingga akan membayar lelah kalian ketika naik ke anak tangga yang terdapat 16 lantai.

Landmark Mercusuar Bangkalan

Selain itu, pada sisi bawah bangunan mercusuar ini tak kalah keren dengan melihat bangunan menara kaki landarmark yang mengarah ke atas dan tempat ini sering kali dijadikan view untuk mendapat foto yang instagramble di Bangkalan. 

Untuk biaya yang akan kalian keluarkan ketika berkunjung ketempat ini adalah:
  • 3.000 tiket masuk
  • 2.000 tiket parkir 

Wisata Kuliner Bangkalan

Bebek Sinjay Madura

Siapa yang tak kenal dengan kuliner khas Bangkalan ini yang sudah mulai kalian temukan di berbagai kota besar Indonesia seperti jakarta, surabaya, gresik, pandaan, jember, jogja hingga di pulau jawa.

Tempat makan yang dulunya hanya warung kecil yang berjuakan di pinggir jalan sekitar tahun 2000, kini sudah mulai menjadi makanan favorit yang bikin ketagihan. di Bangkala sendiri sudah ada 4 outlet makanan bebek sinjay dan warung pertama dibuka yang resmi berada di jalan raya ketengan yang lokasinya tak jauh dari pusat kota bangkalan.


Sinjay diambil dari sebuah nama arab yang memiliki arti makna luar biasa yaitu " Ilham". dan alhamdulilah sesuai dengan namanya, kuliner khas bangkalan ini mangilhami beberapa daerah indonesia untuk doyan makanan ini.

Menu Bebek Sinjay

Menu makanan ini selain bebek juga tersedia ayam goreng yang dibadrol seporsi 25.000 udah lengkap dengan minumannya.

Amboina

Nasi campur amboina bangklan merupakan salah satu kuliner bangkalan yang sudah mulai lama buka dan tidak buka cabang dimanapun apalagi di Bangkalan Madura. lokasi warung makan ini berada di tengah kota tepatnya di pinggir Masjid Agung Bangkalan.
 

Warung makan amboinan masih tetap mempertahankan cita rasa meskipun sudah bertahun-tahun berdiri menu yang tersedia adalah nasi campur, nasi keringan, nasi petis dan nasi rawon. Resep yang terdapat disini tidak ada resep khusus akan tetapi yang isitimewa adalah dari resep yang diwarisi secara turun menurun.

Menu Nasi Campur Amboina

Untuk harga menu yang terdapat di Amboina, cukup murah dengan membayar 20K kalian bisa membawa pulang atau makan ditempat. dan ketika kalian ingin berkunjung ketempat ini jangan hari jum'at karena tempat ini tutup.

Rumah Makan Budi Luhur

Bagi kalian yang ingin merasakan menu khas bangkalan yang terkenai dengan gerai seanteonya datanglah ke rumah makam budi luhur yang berlokasi di daerah sanggan bangkalan tepatanya berada perempatan kantor pos bangkalan.

 
Rumah makan budi luhur ini dikenal dengan sebuatan nasi Nya Lete. menu yang disediakan disini hanya nasi campur dan nasi rawon dengan satu porsi seharga 20K. 

Menu Nasi Campur Nyalete

Jika kalian memesan makanan dan makan ditempat, kalian akan merasakan makan di zaman dahulu karena bangunannya masih mengikuti konsep kuno yang legendaris. 

Nasi Serpang Bangkalan

Kuliner Bangkalan yang satu ini memiliki nilai yang cukup legendaris, karena cita rasa yang disajikan masih mengikuti konsep turun menurun masih melegenda meskipun masakan dari kampung.

Bagi kalian yang ingin mencicipi menu makan ini bisa ditemukan di pinggir jalan raya Bangkalan dari pagi hari hingga menjelang siang hari. Salah satunya di gerai yang satu ini.

 

Menu makanan yang terdapat disini, tak jauh berbeda dengan nasi campur lainnya. Hanya saja yang menjadi pemneda dari bungkusan nasinya yang berupa daun pisang yang menjadi ciri khas khusus kuliner bangkalan ini.

Nasi Serpang

Nasi serpang aslinya berasal dari daerah bangkalan yang tak jauh dari pusat kota yaitu Desa Sabiyan Kecamatan Arosbaya. sekitar perjalanan yang ditepuh kurang lebih 10menitan. Untuk harga makanan nasi serpang adalah 15K seporsi.

Rumah Makan Tera' Bulan

Rumah makan yang satu ini merupakan makanan yang menyediakan khas pulau madura yang rasanya begitu memanjakan lidah bagi yang menyantapnya.

Salah Satu Menu Bebek Gurami Tera' Bulan

Nama dari rumah makan ini memilik arti yang begitu indah dan bagus apabila diartikan dalam bahasa Indonesia yakni Bulan Purnama. Lokasi tempat makan ini berada di Jalan Raya Ketengan No. 69 Kecamatan Burneh.
 

Untuk mencicipi menu masakan yang ada disini, harganya cukup mahal akan tetapi soal rasa, fasilitas dan pelayanannya jangan diragukan lagi karena mengundang lidah. Untuk menu makanan disini mulai diatas 20K dan apabila makan berkonsep prasmanan diatas 250K.

Lesehan Singgasana

Ingin mencicipi menu masakan khas pesisir bangkalan sambil menikmati pemandangan lautan lepas pulau madura yang bigitu indah datanglah ke kawasan pantura bangkalan yaitu Kecamatan Tanjungbumi tepatnya di Desa Bumi Anyar yang berada di jalan raya yakni salah satunya adalah Lesehan Singgasana.

 

Kawasan yang terkenal dengan budaya batiknya memiliki wisata kuliner yang rekomended sekali untuk dikunjungi apalagi kalian yang suka dengan nuasa yang kekinian dan instagramable. 

Properti Spot Foto Lesehan Singgasan

Konsep yang terdapat di lesehan singgasana disini memilik daya tarik tersendiri untuk memikat para pengujung dengan bangunan kayu yang beridir tegak ini kalian akan lebih seru beramai-ramai ketika nongkrong.

Untuk menu yang terdapat disini beragam macama yang akan kalian temukan. dengan harga yang cukup murah mulai 10K-30K. kalian bisa menikmati hidangan dan pemandagan di are sini.

Selain itu, disini kalian akan menemukan tempat kece-kece lainnya yang seperti lesehan singgasana seperti warung apung, rumah eskrim, almadani dan lain-lain.

Dermaga Rindu

Tak kalah keren dengan wisata pantura bangkalan, di daerah laut utara bangkalan, kini mulai ramai diserbu pengujung dari berbagai daerah kareha panorama alam yang disajikan begitu indah. . 

Jadi bagi kalian yang sedang liburan ke madura dari arah surabaya akan menemukan wisata yang populer di Bangkalan yakni Dermaga Rindu yang berlokasi di gerbang utama madura tepatnya di Jalan Raya Kesek, Kecamatan Labang. 


Dermaga Rindu sebuah wisata nongkrong bangkalan yang konsep bangunannya tak jauh berbeda beda dengan lesehan singgasana. dimana para pengunjung nongkrong di atas kayu yang berdiri tegak di pesisir laut selat madura.

Pintu Utama Pantai Rindu

Tak hanya sekedar nongkrong biasa, disini yang menjadi tempat favoritnya melihat bangunan Jembatan Suramadu sambil mencicipi hidangan menu yang disediakan dan bagi kalian yang suka dengan foto yang keren dan kekinian ala insatgram jangan lupa untuk mengabadikan moment disini.

Untuk menu yang terdapat di Dermaga Rindu 
  • 10.000 - 15.000 untuk minuman 
  • 15.000 - 20.000 untuk cemilan
  • 20.000 - 40.000 untuk makanan

Kutai Sukbar Bangkalan

Berdirinya wisata ini bermula dari wisata yang ada di Malang yaitu Pujon yang menginspirasi dan pada akhirnya para masyarakat dan BUMDES memanfaaatkan lahan menjadi sebuah destinasi wisata. tepatnya di Dusun Jarat Lajang, Desa Sukolilo Barat, Kecamatan Labang.

 

Nama wisata diambil dari sebuah singkatan kuliner pantai sukolilo barat yang disingkat menjadi Kutai Sukbar. Tempat ini memilik pemandangan alam yang indah dan mempesona. Pengunjung bisa nongkrong sambil menikmati lautan selatan madura yang ke arah surabaya dan panorama Jembatan Suramadu yang lebih nampak jelas dari Selat Madura.

Bagi kalian yang ingin mengabadikan moment dengan hasil foto yang keren dan manakjubkan, jangan lupa ambil view yang berlatar Jembatan Suramadu dan tulisan Kutai Sukbar.

Nuansa Malam Kutai Sukbar

Untuk tiket masuk ke Kutai Sukbar Suramadu cukup membayar 2.000 dan tiket parkir 2.000. bagi kalian yang ingin nongkrong dan mencicipi menu yang terdapat disini harga mulai: 
  • 05.000 - 10.000 untuk minuman
  • 10.000 - 40.000 untuk makanan

Dengan beragam macam pilihan wisata yang terdapat di Kabupaten Bangkalan diatas, kalian bisa memilih dengan sesuka hati, agar perjalanan liburan kalian tetap menyenangkan dan mengasikkan baik bersama keluarga, sahabat, teman hingga pasangan kalian karena wisata madura yang lagi hits akan membuat liburan menjadi seru. 

Baca Juga: Menikamati Sunset di Cafe Rooftop Bima N Zain Bangkalan

Terima kasih kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan klik komentar atau menghubungi kontak person di halaman utama dan semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Jadi, kapan nich untuk melakukan perjalanan ke wilayah wisata Jawa Timur yang terletak di paling ujung Pulau Madura ini ?

" Mator Sekelangkong Sedejenah Tretan "