Wisata Legendaris Madura di Pemandian Sumber Pocong Bangkalan

Sumber air yang menyembul di tengah perkampungan ini seakan menjadi sumber air abadi bagi masyarakat setempat...
Bangkalan merupakan kabupaten jawa timur yang masih memiliki wisata yang sangat cocok untuk di explore. salah satunya adalah surga tersembunyi indonesia yakni pemandian sumber pocong di madura.

Sebuah obyek wisata yang masih sangat legendaris dari tahun 90-an hingga sekarang ini masih banyak yang penasaran terhadap apa yang ada di tempat wisata tersebut.

Pemandian Sumber Pocong Wisata Warisan Belanda di Madura

Pemandian Sumber Pocong

Dahulu masih zaman penjajahan masih berlangsung di Indonesia, tempat pemandian tersebut sering digunakan para penjajah untuk memenuhi kebutuhan seharohari.

Air yang menyembur dari bawah tanah ini masih tetap hidup dan tidak pernah mati meskipun musim kemarau telah tiba.

Banyak beranggapan bahwa tempat ini menyeramkan dan angker yang di penuhi dengan hantu berkeliaran. Tenang, Pocong yang terdapat di Bangkalan ini merupakan sebuah nama perdesaan yang terdapat di kecamatan tragah yang menyimpan destinasi yang layak untuk dikunjungi. 

Sejarah dan Suasana Pemandian Sumber Pocong

Asal usul nama pocong diambil dari sebuah cerita munculnya sumber air pertama dari bawahnya pohon pucang yang mengalir dan meluas ke daerah tersebut.  yang pada akhirnya menjadi sebuah sumber mata air. 

Sehingga masyarakat sekitar menyebutnya nama pucang yang biasa menjadi sebutan pocong hingga sekarang ini. 

Selain itu, ada yang mengatakan bahwa konon dulu daerah ini memang pernah terjadi kejadian yang mistis ketika masih berhutan belantara yang berlahan kosong dimana selama 40hari berturut-turut berlangsung ada penampakan hantu yang berkeliaran setiap hari. 

Suasana Pemandian Sumber Pocong

Sumber air yang menyembul di tengah perkampungan ini seakan menjadi sumber air abadi bagi masyarakat setempat. dimana air yang terdapat disini masih alami dan bening sampai dipandang dari jarak jauh seperti kristal yang berwarna kebiruan. 

Selain itu, suasana di kawasan ini di tumbuhi berbagai macam pohon-pohon hijau yang rimbun sehingga menambah sejuk ketika beredam atau main air di Sumber Pemandian Pocong. 

Keelokan alam dan kejernihan sumber air yang ada di Desa Pocong tersebut  mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang, karena melihat panorama yang terdapat di wisata ini banyak yang tertarik untuk mengunjungi nya. 

Untuk yang ingin singgah ketempat ini usahakan menaikan kendaraan roda 2 karena masuk ke sebuah persawahan yang jalannya menyempit dan mobil hanya bisa berhenti di pinggir jalan raya. 

Lokasi Pemandian Sumber Pocong

Untuk kalian yang ingin menuju ketempat ini, letaknya cukup susah namun masih bisa di akses tepatnya di desa pocong, kecamatan tragah, kabupaten bangkalan atau tinggal klik maps dibawah ini ketika masih kebingungan.

 

Untuk rute atau jarak yang ditempauh dari titik tertentu bangkalan yakni sebagai berikut:
  • 15KM dari pusat kota bangkalan
  • 10KM dari jembatan suramadu
  • 8KM dari pertigaan tangkel burneh

Tiket Masuk Pemandian Sumber Pocong

  • Tiket Masuk : Free
  • Tiket Parkir :  Free

Fasilitas Pemandian Sumber Pocong

  • NO tempat parkir
  • NO tempat toilet
  • NO tempat ibadah
Bagi kalian yang sedang penasaran dan ingin berkunjung ketempat ini disarankan jangan sendirian. lebih bagus mengajak orang yang asli sana. karena untuk keamanan dan penjagaan masih belum tersedia. dikhawatirkan terjadi hal yang tidak di inginkan.

Karena selain tidak ada tiket masuk, di pemandian sumber pocong belum tersedia fasilitas penunjang lainnya yang membuat pengunjung betah disini.

Semoga wisata tersebut, lebih di rawat dan dijaga oleh pihak disbudpar atau wilayah sekitar. karena pemandian sumber pocong merupakan obyek wisata yang masih recomended sekali untuk di kunjungi. sangat disayangkan apabila dibiarkan begitu saja.
Penutup
Itulah wisata legendaris madura pemandian sumber pocong bangkalan yang masih memiliki nilai sejarah dan jejak para penjajahan pada zaman dahulu.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan ke website ibnujacky - semoga postingan mengenai pemandian sumber pocong bermannfaat dan bisa singgah bagi yang belum singgah.
Writing Illustration