Obyek Wisata Madura di Gunung Geger Bangkalan

Bangkalan merupakan kabupaten di jawa timur yang merupakan gerbang utama pulau madura. wilayak yang dikenal dengan sebutan kota dzikir dan sholawat ini memiliki wisata alam yang bercampur dengan wisata sejarah dan religi yakni gunung geger.

Disini, kalian tak hanya menikamti pemandangan alam saja yang menakjubkan. namun di bukit geger terdapat sejarah adipoday dan makam potre koneng (putri kuning) madura yang sudah terkenal di berbagai wilayah

Pesona Keindahan Gunung Geger di Bangkalan

Gunung Geger

Untuk kalian yang masih penasaran dengan peristiwa dan sejarah mengenai gunung geger ini, bisa kalian kunjungi kapanpun.

Dengan ketinggian yang mecapai kurang lebih 300 meter ini, suasana alam dan area sekitar bukit geger sering menjadi impian untuk mengambil landscape bagus dan keren di pulau madura tepatnya wilayah bangakalan.

Sejarah dan Asal Usul Gunung Geger Bangkalan

Gunung geger bangkalan madura ini banyak beragam atau pendapat yang berbeda. namun dengan satu akar yakni historis yang menjadi kunci adanya pulau madura.

Suasana di Atas Gunung Geger

Kelahiran nama Madura berkaitan erat dengan tempat bersejarah ini yaitu Gunung Geger yang terletak di Bangkalan. dari tempat inilah awal perjalanan sejarah Madura bermuara hingga mengalir ke seluruh belahan dunia. 

Jejak sejarah lahirnya Madura bukan saja mengandung legenda yang unik, Akan tetapi juga mengarah pada cerita kepahlawanan dan hingga kini peninggalan-peninggalan tersebut dikeramatkan. 

Konon ceritanya, pada zaman purbakala di Gunung Geger menyimpan cerita misteri dari masa lalu. Sehingga dipercaya sebagai dalah satu tempat keramat di Madura.

Suasana Dekat Makam Potre Koneng

Gunung geger sebuah daerah Bangkalan yang memiliki ketinggian sekitar 250 mdpl. untuk sampai ke puncak, pengunjung harus jalan kaki dengan melewati atau mendaki anak tangga yang berjumlah sekitar ratusan yang sudah aman di lalui. karena di sampingnya sudah terdapat penyanggah untuk keamanan pengunjung.

Tempat itu sesungguhnya adalah sebuah perbukitan dan dari kebiasaan warga sekitar yang menyebutnya “bukit” menjadi “gunung” hingga terkenal sekarang ini. 

Gunung Geger menyimpan destinasi wisata yang sangat indah dengan panorama yang mempesona dari atas ketinggian perbukitan ini. Keindahan ini yang mampu menepis cerita horor di Gunung Geger. 

Dimana terdapat Cekungan Pangelean yang berwujud seperti hamparan batu oniks yang bisa melihat keindahan keelokan sawah yang berwarna hijau.

Selain itu, pada sisi tebing yang terjal berdiri tegak lurus amat ideal untuk dijadikan sebuah objek wisata olahraga panjat tebing yang cocok untuk para hiking. 

Suasana di Tengah Gunung Geger

Suasana Dekat Goa Gunung Geger

Di balik keindahan Gunung Geger terdapat  destinasi lain  yang bisa dikunjungi yaitu makam dan goa keramat yang legndaris, kerap dijadikan sebagai tempat ziarah, tempat nyepi (tirakat) yang ingin memperoleh atau mendapatkan berkah berupa wangsit atau benda-benda pusaka dunia di antaranya adalah sebagai berikut :
  • Makam Potre Koneng (Putri Kuning)
  • Makam Sayyid Ali Abu Nuhas (adi poddai)
  • Situs Pelanggiran
  • Goa Petapan
  • Gua Potre
  • Gua Ular
  • Gua Pancong Pote
Selain keindahan alam dan tempat keramat yang ada di Gunung gegern terdapat hutan jati, mahogany, akasia yang memiliki luas sekitar 40 Hektar yang masih alami dan terawat. Di tengah hutan ini banyak kera berkiaran yang tidak membahayakan para pengunjung.

Lokasi Gunung Geger Bangkalan

Bagi kalian yang ingin menuju ke wisata gunung geger jarak yang ditempuh sekitar kurang lebih 30KM dari pusat kota bangkalan. tepatnya di dusun laok gunong, desa geger, kecamatan geger, kabupaten bangkalan. atau tingga klik saja maps di bawah ini ketika masih kebingungan.

 
Untuk rute atau titik tertentu menuju bangkalan yakni sebagai berikut:
  • 30KM dari kota bangakalan
  • 15KM dari pasar tanah merah
  • 5 Menit dari kecamatan geger
  • 2 Menit dari puskesmas geger

Tiket Masuk Gunung Geger Bangkalan

  • Tiket Masuk : 2.000 - 5.000 perorang
  • Tiket Parkir : 2.000 untuk motor dan 5.000 untuk mobil

Fasilitas :Gunung Geger Bangkalan

  • Tempat parkir
  • Tempat Ibadah
  • Toilet
  • Tempat ziarah
  • Tempat camping
Gunung geger bangkalan merupakan salah satu obyek wisata di madura yang memiliki tiga kategori yakni wisata alam yang mempesona, wisata sejarah yang legendaris dan wisata religi yang keramat hingga sekarang ini.

Jika kalian belum mengetahui dan masih awal berkunjung ke sini. jangan kaget di sekitar gunung terdapat ratusan kera atau monyet kecil yang berkeliaran tapi tidak ganas koq.

Dengan catatan kalian jangan bermain masalah atau memberi makan agar tetap nyaman dan aman ketika sedang mengexplore gunug geger.
Penutup
Itulah postigan mengenai obyek wisata madura di gunung geger bangkalan. dimana pengunjung yang datang akan memiliki kesa yang menarik dan mengesankan sekali.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan ke website ibnujacky - semoga postingan mengenai gunung atau bukit geger bermanfaat dan bagi yang belum singgah semoga cepat singgah ke wisata bangkalan yang legendaris dan trending ini.
Writing Illustration