31# Wisata Sumenep Yang Keren Untuk Berpetualang di Pulau Madura

Wilayah ini memiliki beragam wisata yang menjadi sasaran para wisatawan ketika berkunjung ke pulau madura

Wisata Sumenep sudah banyak menjadi impian seluruh para traveller untuk mengelilingi surga dunia Pulau Madura.

Selain itu, wisata sumenep sering kali dijadikan incaran oleh para wisatawan hingga luar negeri untuk berpetualang mencari view dan panorama alam yang terkesan.

Sumenep adalah sebuah kabupaten di Pulau Madura, yang terletak di paling ujung timur. untuk menuju ke wilayah ini kalain harus mengakses tiga kabupaten dahulu yaitu Bangkalan, Sampang dan Pamekasan dan bisa melalui pesawat yang turun di Bandara Trunojoyo Sumenep, serta naik kapal melalu pelabuhan perak.

Kota keris di madura ini, tak hanya dikenal dengan wisata sejarah dan tempat-tempat keramat saja. akan tetapi, banyak distenasi yang cocok untuk di explore bersama keluarga, teman hingga sendirian.

Rekomendasi Tempat Wisata Sumenep Terbaru 2022

Kabupaten Sumenep sering dikenal dengan Sumekar dan baru-baru ini julukan sumenep yang terkenal juga adalah kota keris. wilayah ini memiliki beragam wisata yang menjadi sasaran para wisatawan ketika berkunjung ke pulau madura. 

Bisa dikatakan surganya travel di kabupaten sumenep, apalagi berbicara panorama pantai, sumenep terdapat puluhan pulau kecil yang memiliki pemandangan alam yang luar biasa.

Bagi kalian yang sedang bingung tempat mana yang akan dituju ketika berkunjung ke sumenep, Berikut tempat wisata di sumenep terbaru dan terhits untuk dikunjungi, yang akan membuat liburan kalian lebih menakjubkan ke pulau madura:

Wisata Taman di Sumenep

Taman Bunga

Di setiap wilayah akan memiliki taman yang menjadi icon dan tempat favorit berada di pusat kota. sumenep memiliki taman bunga yang sering dikenal dengan sebutan alun-alun yang berlokasi di Jalan raya veteran, lingkungan delama, pejagalan, sumenep

Taman Bunga sumenep, suasananya begitu indah dan bersih sehingga memeberikan sensasi nilai yang plus bagi yang datang apalagi yang dari luar daerah.

Bagi kalian yang sedang ingin dipusat kota sumenep, tempat ini sangat cocok untuk mengisi liburan kalian sedang ingin menikmati panorama tengah kota sumenep.

Taman Bunga Dari Arah Timur

Selain itu, di alun-alun sumenep terdapat bebrapa fasilitas yang akan membuat pengunjung yang datang lebih lama disini. adanya wahana bermain mulai dari pelosotan, ayunan, naik-naik dan lain sebagainya. terdapat pula beberapa warung pedagang kaki lima yang menjual makanan maupun minuman serta disini difaslitasi kamar mandi umum.

Untuk menikmati tempat ini, kalian cukup memebayar tiket parkir saja agar moment kalian di taman bunga sumenep ini bisa dinikmati dengan puas dan aman.

Taman Tajamara

Sebuah taman yang baru diresmikan pada tahun 2019 lalu, yang dibangun oleh Dinas Rakyat kawasan pemukiman dan cipta karya kabupaten sumenep diresmika langsung oleh wakil bupati yang berlokasi di Labangseng, kolor, sumenep

Adanya taman ini tak hanya dijadikan obyek wisata saja, melainkan bisa dijadikan rest para pedagang kaki lima yang menjual makanan tradisonal.

Suasana Taman Tajmara

Taman Tajamara terdapat beberapa wahanan permainan yang sangat untuk dijadikan liburan bersama keluarga yang sedang membawa anaknya.selain itu di area taman ini banyak di penuhi pepohonan hijau yang menyejukkan dan fasilitas bersantai ria di sebuah gazebo.

Taman Siding Puri

Bersantai ria untuk mengisi waktu di tengah ramai suasana kota, taman ini snagat recomended sekali untuk di kunjungi yang berlokasi di jalan lingkar utara sumenep tepatnya di labangseng, kolo, sumenep

Disini banyak area tempat pkl yang sedang berjualan, ditambah dengan adanya fasilitas penunjang lainnya yakni tempat pakir, kamar mandi dan wahana permainan anak.

Taman Siding Puri di Pagi Hari

Bagunan taman ini apabila di lihat dari atas berbentuk semacam lingkaran yang dipenuhi dengan rerumputan dan beberapa macam bunga yang menghiasi taman ini.

Wisata Pantai di Sumenep

Gili Labak

Obyek wisata yang tak asing lagi di kabupaten sumenep, banyak yang mengatakan bahwa ini adalah surga tersembunyi yang ada di pulau madura. untuk menuju ke Gili lawak kalian harus menyebrang melwati perahu di pelabuhan kalianget karena lokasinya berada di kepulauan yang cukup kecil.

Perjalanan sekitar kurang lebih 2jam lebih yang akan kalian lewati, untuk harga perahu disini tidak hitung perorang. akan tetapi dibayar sekali jalan mulai dari 500-850 tergantung jenis perahu yang kalain naiki.

Pulau Gili labak menjadi incaran para wisatwan hingga ke manca negara karena panorama memberikan keindahan yang luar biasa untuk dinikmati. Air yang begitu jernih hingga batu karamg yang aa dibbawahnya masih sangat jelas terlihat. ditambahan hamparan pasir yang begitu bersih yang berwarna putih kecoklatan.

Dahulunya pulau ini di sebut pulau tikus karena diarea pulau dipenuhi sarang tikus yang berkeliaran. dikarenakan memiliki keindahan yang mempesona akhrnya disulap menjadi obyek wisata yang eksotisme.

Suasana Snorkling Gili Lawak

Disini terdapat beberapa penghuni yang bisa dihitung dengan jari. selain sebagai penghuni juga menyediakan penginapa dan menjual beberapa makanan untuk para wisatawan yang berkunjung. Bagi kalian yang sedang ingin bermalam dengan membawa tenda disini juga dipersilahkan.

Selain itu, untuk yang suka snorkling dibawah laut untuk melihat surga gili labak disini juga sangat recomende. untuk alatnya bisa kalian sewa dengan para pengantar perahu atau menyewa ke para penghuni pulau ini.

Untuk tiket masuk gili labak sudah include dengan biaya transport penyewaan perahu. jadi yang membayar tiket masuknya oleh sang pemilik perahu tersebut. kalian tinggal menikmati saja pulau yang indah dan keren ini.

Gili Genting

Rasanya kurang puas dan leluasa bila kalian berkunjung ke pulau sumenep tidak mengexplore pulau ini. ada yang sebagian menyebutnya pantai sembilan dan ada sebagian menyebutnya gili genting terhadap pulau ini.

Lokasi pulau ini lebih dekat dekat gili labak, sekitar kurang lebih 45menit perjalanan yang akan ditempuh dari pelabuhan kalianget. Gili genting masuk ke kawasan desa bringsang sumenep.

Sebelum pulau ini terkenal menjadi sebuah obyek wisata, dulunya dikenal dengan sebutan pulau kuburan. karena di area pulau penuh dengan kompleks pemakaman. lambat laut akhirnya pulau ini dikelola dengan menjadi sebuah obyek wisata.

Nama sembilan yang menjadi julukan pulau ini, karena kalau dilihat dari atas mirip dengan angka sembilan dan ada yang menyebutnya karena genangan airnya berbentuk angka sembilan juga.

Panorama alam yang terdapat dipulau ini sangat indah dengan hamparan pasir yang luas. air laut yang jernih sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat berenang.

Suasana Siang Hari Pantai Sembilan

Selain itu, pantai sembilan juga terdapat banyak fasilitas penunjang lainnya seperti adanya spot-spot foto yang bags dan keren, tempat pengiapan yang berkonsep tradisional, dan para pedadang yang mendirikan warungnya dibibir pantai.

Untuk menuju kepulau ini kalian bisa menaiki kapal dengan membayar 10.000  dan tiket masuk 5.000. jika membawa kendaaran bermotor menambah lagi biayanya sekitar kurang lebig 15.000.

Gili Iyang

Ingin merasakan oksigen terbaik untuk menghirupnya, datanglah ke pulau ini karena kadar gula yang terdapat disini dinobatkan masuk kederetan terbaik nomor dua di dunia. Pulau ini memliki luas sekitar 9km2 dengan dua desa yaitu banraas dan bancamara di kecamatan dungkeng sumenep.

Udara yang terdapat di gili iyang ini mengandung aerosol garam yang merupakan berasal dari lautyang memeberikan manfaat besar bagi kesehatan dan kesegaran tubuh.

Bagi kalian yang ingin menikmati nuansa alam gili iyang harus naik perahu lewat pelabuhan dungkeng dengan perjalanan yang ditempuh sekitar 45menit di perairan tergantung cuasa kondisi pada area laut.

Suasana Gili Iyang

Banyak yang mengatakan pulau ini juga disebut sebuah pulau awet muda, karena banyak yang tua-tua masih keliatan muda meskipun berumur puluhan hingga ratusan yang akan kalian temukan dipulau ini.

Selain menikmati udara oksigen yang bersih dan menyegarkan, disini kalian bisa leluasa bermain air dengan lautan yang jernih, menikmati hamparan pasir yang halus dan menyelam kedalam laut. panorama sunsrise yang terdapat disini sangat indah dengan keluarnya matahari yang berwarna keorengan menambah suasan di bibir pantai sangat eksotis untuk dipandang.

Pulau Masalembu

Sebuah perjalanan yang sangat jauh, akan tetapi setibanya disana kalian akan tidak kecewa dengan apa yang ada di pulau tersembunyi ini. pulau masalembu merupakan pulau paling ujung di kabupaten sumenep yang berbatas langsung dengan perairan kalimantan dan sulawesi.

Untuk menuju kepulau ini ada dua jalur yang bisa kalian pilih yakni lewat pelabuhan kalianget sumenep dengan perjalanan yang ditempuh sekitar 15 jam dan lewat pelabuhan jamrud surabaya perjalanan yang ditempuh sekitar 20jam dengan biaya transportasi 30.000 - 50.000 perorang.

Masalembu memiliki arti dalam bahasa indonesia yaitu masa sapi. karena apabila dilihat dari atas, pulau ini mirip dengan sapi. luas pulau ini bisa kalian kelilingi dengan memakan waktu sekitar 30menitan.

Hamparan Pasir Pulau Masalembu

Suasana pulau sangat indah sekali karena jarang disentuh oleh para wisatawan dengan lokasi yang cukup. air disini sangat jernih dan bening sekali sehingga sangat cocok untuk bermain air. adanya puluhan pohon kelapa yang bisa kalian minum di area pulau ini.

Penduduk disini terdapat beberapa suku yakni madura, bugis dan mandar. jadi jangan heran apabila rumah-rumah yang ada disini kebanyakan berbentuk rumah panggung layaknya seperti sedang berada di sulawesi.

Pulau Kangean

Sebuah pulau yang memeberiakan suasana alam yang indah dan bagus untuk dikujungi, utuk menuju ke pulau ini jarak yang akan kalian tempuh sekitar 4jam lebih dengan kendaraan kapal ferry dari kalianget. Secara administrasi letak pulau in berada di Desa buddi, kecamatan arjasa, kabupaten sumenep.

Di pulau ini banyak sekali tempat yang bisa kalian explore mulai dari suasan pantai yang indah dan mempesona akan keasrian alamnya. air laut yang masih jernih dengan menyaksikan pada alam yang menakjubkan.

Sunset Pulau Kangean

Tak hanya pantai saja yang bisa kalian nikamti ketika berkunjung ke pulau kangean, melainkan tempat lain bisa kalian kunjungi seperti tempat pemandian dan goa yang menyuguhkan liburan kalian lebiih menyerukan di pulau  ini

Pantai E Kasoghi

Pesona alam yang ada di obyek wisata ini membuat pantai menjadi hits dan menakjubkan di wisata sumenep, lokasinya cukup dengan kota sekitar jarak 4km tepatanya berada di daerah desa tajung, kecamatan saronggi, kabuapaten sumenep.

Dipantai ini banyak sekali tumbuhan mangrove yang melingkar di sebuah hamparan pasir bibir pantai dengan iringan angin sepoi-sepoi dan deburan ombak yang mengundang dari kebisingan kota.

Suasana Malam Hari Pantai E Kasogi

Meskipun baru dilanunching pada tahun kemarin, akan tetapi dari segi fasilitas dipantai ini sangat disayangkan sekali bila kalian lewatkan ketika liburan di Sumenep. ditambah dengan adanya fasilitas track jogging sehingga pada pagi hari pantai ini sangat di kunjungi oleh warga sekitar untuk olahraga dia area pantai.

Pantai Lombang

Sebuah obyek wisata pesisir utara sumenep, sekitar 25km jarak yang kalian tempuh dari pusat kota tepatnya di Desa lombang, kecamatan batang, kabupaten sumenep

Daya tarik wisata pantai lombang ini terdapat sehingga selalu ramai dikunjungi adalah nuansa yang terdapat diarea ini begitu indah dan keren seklai untuk dinikmati.

Pantai ini sangat cocok sekali untuk mengisi liburan panjang kalian ketika mengexplore pulau madura. denga fasilitas yang banyak kalian temukan di pantai lombang mulai adanya wahaa permaianan, puluha pohon kelapa yang membuat rindang dan sejuk. ditambah dengan beberapa penjual kuliner diarea ini.

Hamparan Pasir Pantai Lombang

Hamparan apasi yang meluas hingga 12km ini memanjang ke arah timur. sehingga jangan heran ketika banyak pengujung yang banyak bermain pasir di pinggir pantai ini. untuk biaya yang akan keluarkan di pantai lombang adalah:

  • 5.000 tiket masuk
  • 2.000 tiket parkir

Pantai Slopeng

Kawasan yang dipenuhi dengan hamparan pasir yang sangat luas dengan memanjang di pesisir laut slopeng. nama pantai ini diambil dari nama wilayahya yaitu slopeng tepatnya berada di desa slopeng, kecamatan slopeng, kabupaten sumenep.

Pantai slopeng berbatasan langsung dengan kecamatan ambunten yang lokasi pantainya berada di daerah pantura sumenep. untuk menuju ke pantai slopeng jarak yang kalian tempuh sekitar kurang lebih 30km dari pusat kota sumenep.

Bermain pasir dan air di pantai slopeng hal yang paling wajib untuk kaian lakukan, Juga bisa mengelilingi luasnya pantai ini dengan menaik kuda yang disewakan oleh warga setempat. Selain itu, di area kawasan ini banyak pohon cemara dan kelapa berdiri tegak sehingga membuat liburan kalian di wisata ini semakin seru.

Panorama Ombak Pantai Slopeng

Fasilitas lain yang ada disini tempat parkir yang luas, kamar mandi yang bersih, wahan bermain untuk anak-anak yang free untuk dimainkan dan beberapa warung kecil yang menjual makan khas sumenep mulai dari ruja, sate, soto dan ikan laut. 

Harga atau biaya yang akan kalian habiskan di wisata ini cukup murah meriah yakni:

  • 5.000 tiket masuk
  • 2.000 tiket pakir motor
  • 5.000 tiket parkir mobil

Baca Juga: Hamparan Gurun Pasir di Pantai Slopeng Mempesona Pulau Madura

Pantai Badur

Memiliki keistimewaan sendiri terhadap suasana yang ada dipantai ini. meskipun letaknya berada ditengah pantai terkenal sumenep yaitu slopeng dan lombang. akan tetapi pantai badur ini tak kalah keren akan panorama alam yang disajikan. teletak di Desa badur, kecamatan batuputih, kabupaten sumenep.

Daya tarik yang terdapat dipantai ini selain hamparan pasir gurun yang melebar dan puluhan pohon cemara yang berdiri subur. di sisi barat pantai ini terdapat perairan yang menghubungkan sungai dengan air laut selat madura. Sehingga air yang terdapat di area ini sedikit asin dan tawar.

Untuk yang suka dengan spot-spot foto eksotis, di pantai badur terdapat sebuah batu-batu yang lumayan besar tapi tidak kecil semacam goa bentuknya. Jadi jangan sampai lewatkan hunting di kawasan pantai badur ini.

Suasana Dari Arah Timur Pantai Badur

Yang menjadi istimewa ketika berkunjung ke pantai badur ini, kalian bisa melihat langsung dari jarak jauh suasan pantai slopeng dan pantai lombang. Selain itu, pantai badur dpat memoles sebagai destinasi pendapatan ali daerah (PAD) sumenep karena tampak asri suasana yang mempesona terhadap pantai ini.

Untuk menikmati nuansa pantai badur, biaya yang akan kalian keluarkan adalah:

  • 5.000 tiket masuk
  • 2.000 tiket parkir

Pantai Keris

Tak hanya sebagai senjata budaya dan icon wilayah sumenep, Akan tetapi keris juga merupkan nama pantai yang ada di sumenep tepatnya di dea gersik puti, kecamatan gapura, kabupaten sumenep.

Nama pantai diambil dari sebuah panorama terhadap pantai yang menyerupai bentuk keris. sehingga warga sekitar mempunya inisiatif memberi nama pantai ini dengan sebutan pantai keris dengan alam yang disajikan.

Pantai keris dikelola oleh swadya masyarakat setempat. sehingga sangat cepat sekali populer dan terkenal untuk dijadikan sebuah obyek wisata yang lagi hits di sumenep madura.

Pantai Keris Dari Tampak Atas

Selain itu, lokasinya pantai keris ini dipenuhi beberapa pepohan mangrove di pinggir laut dan tentunya menjadi nilai plus dengan suasana yang instagenic panorama yang terdapat di area ini. ditambah adanya properti tambahan seperti tempat duduk yang bertuliskan kata-kata romantis dan lucu yang mepercantik moment kalian untuk diabadikan.

Adanya pantai keris, menambah destinasi wisata di sumenep semakin terlihat dan berkembang. Untuk biaya pantai keris yaitu cukup membayar tikrt parkir saja, kalian bisa menikmati hamparan pasir yang eksortis menakjubkan.

Wisata Air Terjun dan Telaga di Sumenep

Air Terjun Basoka

Pesona alam yang memberikan senasi gemercik akan air yang mengalir dengan ketinggan sekitar 6meter. terletak di Dusun lenteng, desa basoka, kecamtan rubaru, kabupaten sumenep.

Untuk askes jalan menuju obyek wisata disini sudah bagus dan aman, sehingga sangat mempermudahkan para wisatawan yang datang untuk menikmati beningnya air yang segar dalam keasrian.

Pemkab dengan Bumndes sudah merencanakan terkait apa yang akan difasilitasi untuk wisaat ini seperti wahana permaina, fluing fox, outbondan sejenis lainnya. sehigga menjadi sebuah obyek wisata yang banyak diminati para traveller.

Perairan Air Terjun Basoka

Untuk pengujung yang datang ke air terjun basoka ini cukup menjadi tiket parir saja engan menitipkan kendaraan ke masyarakat sekitar.

Telaga Kermata

Keberadaan wisata ini, semakin membuat destinasi di kota sumekar lebih dan keren instagramble. karena telaga yang ada disini tak seperti telaga yang pada umumnya. lokasinya berada di jalan raya sumenep, desa tanah merah, kecamatan saronggi, sumenep.

Telaga kermata banyak sekali untuk kalian yang suka dengan spot foto-foto yang bagus dan kekinian diantaranya hiasan kayu yang di cat warna warni, adanya gazebo gubuk untuk bersantai ria dan pengunjung bisa naik perahu untuk mengelilingi telaga kermata lebih luas.

Telaga Kermata Dari Arah Barat

Suasana yang terdapat disini dingin baik pagi atau siang hari, ditambah lagi dengan banyaknya tumbuhan pohon yanh hijaun untuk menambahkan kesejukan diarea.sehingga sangat cocok sekali untuk dijadikan pilihan liburan kalian yang menyerukan.

Harga tiket masuk ke telaga kermata sumenep, sangat murah dengan fasilitas yang ditawarkan :

  • 2.000 tiket masuk
  • 2.000 tiket pakir

Wisata Kolam Renang di Sumenep

Waterpark Sumekar

Taman rekreasi kota yang memberika sensai yang sangat menyerukan untuk liburan apalagi bersama keluarganya karenan berhubungan dengan wahana permainan air.

Akses lokasi wisata ini cukup strategis sekali dengan jarak skeitar 15 menit dari pusat kota sumenep yang berada di jalan asta tinggi, desa kasengan, kecamatan manding, kabupaten sumenep.

Wahan permainan air ini sering dikenal dengan sebutan WPS, terdapat beragam macam fasilitas yang ada di kawasan wisata ini. diantaranya ember besar yang emjatuhkan air, pelosotan yang berwarna warni, penyewaan ban dan penyewaan motor-motoran.

Suasana Waterpark Sumekar

Air yang terdapat dikolam ini jernih kebiruan dan bening. jadi sangat nyman seklai untuk bermain atau berenang hingga beredam di kolam renang WPS. ditambah dengan banyaknya tumbuhan yang tumbuh disekelilingnya yang akan terasa seju.

Untuk harga tiket masuk waterpark sumekar dibilang cukup murah dan terjangkau yakni:

  • 15.000 tiket masuk
  • 3.000 tiket parkir motor
  • 5.000 tikrt parkir mobil

Kolam Renang Prestasi Mutiara Tirta

Obyek wisata dengan memiliki dya tarik tersendiri untuk memikat para pengunjung yang datang, letaknya berada di jalan dr. wahidin, lingkungan dhalem, pajagalan, sumenep.

Meskipun lokasinya tak luas, akan tetapi obyek wisata sangat enak dan nyaman untuk di explore ketika berada di sumenep yang letaknya tak jauh dari pusat kota.

Suasana Kolam Renang Mutiara Tirta

Air yang terdapat dikolam bersih dan kebiruan. sering kali dijadikan tempat perlombaan swimming pool karena modelnya memanjang tempat kolamnya. disini juga terdapat beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti pelosotan dan ayunan air.

Untuk harha tiketnya disini sangat murah meriah sekali yakni:

  • 5.000 tiket masuk
  • 3.000 tiket parkir

Wisata Bukit di Sumenep

Bukit Tinggi Daramista

Rasanya kurang asyik dan puas apabila berkunjung ke sumnep tak singha ke destinasi wisata alam yang keren dengan suasana alamnya. tepatnya berada di daramista, lenteng, sumenep

Meskipun tempatnya lumayan terpencil dan jauh dari pusat kota, akan tetapi bila kalian berkunjung kesini tidak ada ruginya dengan apa yang didapatkan.

Suasana Tampak Samping Bukit Tinggi Daramista

Banyak wahana untuk dijadikan spot yang keren ala selebgram di boeit tinggi sumenep diantaranya pernak pernik kayu yang dijadikan gaebo, dan tulisan-tulisan romantis lucu.Untuk tiket masuk ke bukit tinggi yakni 5.000.

Bukit Kapur Kombang

Keindahan alam yang terdapat di wisata ini sangat menkjubkan sekali, dimana bukit yang lumayan tinggi seperti layaknya goa karena bukitnya berlubang hingga ke belakang.

Obyek wisata ini sering di datangi oleh para pengunjung yang ingin destinasi alam yang elok. berada diantar dua kecamatan yakni dasuk dengan batu putih kawasan pesisir utara sumenep.

Daya tarik yang menjadi terpesona dengan bukit ini adalah bentuk bukit yang dari buatan bekas penambangan kapur yang di desain dengan bentuk interior dengan pahatan keputihan. 

Hamparan Kapur Kapur

untuk menikmati destinasi ini, kalian cukup bayar tiket parkir saja yakni 2.000 dengan menitipkan ke warga sekitar di area bukit kapur sumenep.

Bukit Kapur Kalompek

Meskipun masih baru, destinasi wisata sangat memanjakan mata ketika menikmati pada pagi atau sore hari karena nuansa alam disini serasa dingin dan sejuk dari atas ketinggian perkampungan sumenep.

Tempat disini sangat alami akan keasrian alamnya tepatnya berada di Buddi, lapa laok, dungkeke, sumenep

Keindahan yang memukau disini dibuktikan dengan pesona alamnya yang memberikan sensasi waw untuk dipandang. adanya gazebo di area wisata menambah pengujung lebih puas menikmati.

Icon Bukit Kalompek

Bagi kalian yang sedang bekunjung kesini janga lupa untuk mengabdikan momentnya, karena sangat keren dan kekinian. untuk tiket masuk di wisata ini free karena masih belum resmi dibuka oleh bumdes setempat.

Bukit Grungungan

Brerbalut alam yang akan kalian rasakan ketika berkunjung ke bukit grunggungan yang letaknya berada di Desa Rombiya timur, kecamatan ganding, sumenep.

Spot yang keren dengan pemandangan alam yang mempesona, membuat tempat ini menjadi incaran ketik berlibur ke kota sumenep.

Menyuguhkan suasan yang sejuk, karena pepohonan yang hijau menjadi rindang terhadap nuasan di area bukit grunggungan sumenep madura.

Spot Foto Bukit Grunggungan

Terdapat beberapa spot foto yang keren di wisata ini, diantaranya gazebo yang berlatar belakang ketinggian, tulisan love yang romantis dan properti kayu lainnya. untuk harga tiket masuk di bukit grunggungan adalah free karena masih belum tersentuh oleh para pengunjung.

Teras Langit

Obyek wisata yang masih tersembunyi, sehingga ketika kalian berkunjung tak menyangka bahwa wilayah yang dikenal dengan wisata alam pantai ini memiliki destinasi perbukita yang bagus dan keren untuk di explore. tepatnya berada di Desa Gadu timur, kecamatan gandig sumenep.

Untuk akses jalan disini lumayan bagus dengan perjalanan yang kalian tepuh sekitar 45 menit dari pusat kota sumenep dengan  menaiki kendaraan

Panorama alam dan keindahan yang terdapat di teras langit layaknya berada di sebuh surga dunia. lembaha alam yang menghijau membuat nuansa disini terasa sejuk untuk dirasakan.

Panorama Teras Langit

Selain itu, dia area teras langit terdapat spot foto yang membuat kalian lebih nyaman untuk berlama-lama di wisata teras langit. untuk biaya menikmati keindahan wisata ini adalah:

  • 2.000 tiket masuk
  • 2.000 tiket parkir

Wisata Goa di Sumenep

Goa Soekarno

Sebuah obyek wisata yang mulai banyak diperbicangkan di media sosial selainya namanya yang menggunkan nama presiden RI pertama yaitu Soekarno. tempat ini merupaka destinasi wisata keren yang berada di dalam goa. tepatya berada di Desa penaongan, kecamatan pasongsongan, kabupaten sumenep.

Nama soekarno diambil dari atas kegamumam para warga sekitar akan perjuangan beliau kepada negara republik indonesi dengan cara melukis pada setiap goa-goa di area ini.

Keindahan goa soekarno nampak keren dan alami untuk di explore ketika berkunjung ke sumenep. tak hanya itu saja suasana disini sangat sejuk dan lembab sekali karena penuh dengan bebatuan putih yang bercorak.

Suasana Goa Soekarno Dari Tampak Dalam

Ketika masuk kedalam goa soekarno, kalian akan merasakan seperti masuk ke istanana karena sinar matahari yang masuk kecelah-celah lubang goa ini kontras dengan warna lampu kelap kelip di dalamnya.

Didalam goa, kalian bisa menikmati dengan puas dan bisa memesan beberapa warung yang menjual menu makanan dan minuman khas sumenep. untuk tiket masuk ke wisat goa soekano yakni:

  • 5.000 tiket masuk
  • 2.000 tiket parkir

Goa Jeruk Paradise

Asal usul terhadap goa yang alami ini terdapat cerita sejarah yag luar biasa, dimana pada masa penambahan sumolo, dijadikan tempat mediasi sultan abdurrahman beliau merupak raja sumenep pada tahun 1800an.

Sehingga keaslian yang terdapat di goa jeruk ini masih dijaga oleh warga sekitar bahkan oleh pemkab. tepatnya berada di

Berkunjung ke obyekwisata ini mengesankan dan mengasikkan sekali, karena selain menikmati suasana alam goa, disini kalian belajar sejarah pada raja sumenep di masa lampau lalu. kalain akan merasakan keadaan yang damai, tentram dan segar.

Goa Jeruk Paradise Dari Luar

Selain itu, diarea goa jeruk ini terdapat sungai kecil yang bisa kalian buat untuk cuci muka, air yang jernih dan segar membuat perjalanan kalian lebih puas dalam mengexplorenya. untuk tiket masuk ke obyek wisat ini cukup membyar tiket parkir saja dengan menitipkan kendaraan bawaanya ke masyarakat sekitar.

Goa Payudan

Dahulu sebelum menjadi viral, tempat ini merupakan sebuah tempat pertpaan para raja-raja sumenep pada tahun 1700 an. disini tak hanya wisata alamnya saja yang akan dinikmati, akan tetapi sejarah dan religi juga kalian temukan. tepatnya berada di Desa payudan daleman, kecamatan guluk-guluk, kabupaten sumenep.

Adanya goa payudan ini ditemukan oleh K.Sulaiman yang ahli tapa ketika sedang mecari tempat pertapaan setelah dari batu ampar. yang sering dibuat tepat pertapaan potre koneng.

Pintu Utama Goa Payudan

Obyek wisata bangunan ini sangat rindang sehingga sangat cocok sekali yang menikmati destinasi yang akan interior sejarah dan religi.

Wisata Edukasi di Sumenep

Wisata Mangrove Kadatim

Selau ramain dikunjugi,  karena obyek wisata ini memberikan sensasi alam yang memukau. keberadaan wisata ini atas dasar usaha prakarsa pemuda desa setempat tepatnya berada di Jalan pelabuhan dusun ro'soro, kebundadap timur, saronggi, sumenep

Sesuai dengan namanya, obyek yang terdapat disini penuh dengan pohon mangrove yang mengelilingi ditambah dengan juga tumbuhan pohon lainnya seperti cemara dan bakau.

Wisata Mangrove Kadatim, merupakan destinasi wisata edukasi sumenep dengan luas lahan sekitar kurang lebih 20 hektar. hamparan jembatan yang panjang membuat kalian leluasa mengelilingi mangrove kadatim ini.

Jembatan Mangrove Kadatim

Para pengunjung yang suka degan foto-foto yang keren, jangan khawatir, karena di are wisata mangrove kadatim ini banyak sekali spot yang digunakan untuk mengabadikan moment yang bagus, keren dan instagramable ala selebgram.

Untuk biaya wisata mangrove kadatim sebagai berikut:

  • 5.000 tiket masuk
  • 2.000 tiket parkir

Wisata Sejarah di Sumenep

Keris

Sebuah benda pusaka madura yang masih di jaga akan kelestarian leluhur akan warisan duniawinya. sehingga tak heran apabila kota ini dikenal dengan kota keris. salah satunya terdapat di Desa aeng tong tong, kecamatan sumenep.

Bentuk dari benda ini begitu tajam dari kedua sisinya dengan berbetnuk seperti ular. ada banyak macam jenis keris - keris madura yang terkenal salah satunya adalah jenis keris kerambit.

Contoh Keris Sumenep 

Di Indonesia, banyak sekali wilayah yang memeproduksi senjata tajam ini, akan tetapi tak kalah terkenal dengan produksi maduta yang terkenal hingg ke luar negeri. dengan harga mulai dari 100.000 hingga jutaan rupiah.

Museum Keraton

Berkunjung rasamya kurang bersejarah dengan tidak mengexplore tempat sejarah yang berada di Jl. Dr. Soetomo no.6, lingkungan delama, pejagalan, sumenep

Museum keraton, merupakan destinasi yang masih menyimpan beberapa barang-barang perjuangan para raja-raja dahulu kala buku, benda, lukisan dan senjata pada zaman dahulu yang digunakan saat peperangan.

Suasana Museum Keraton Dekat Pemandian

Disini kalian tak hanya melihat itu saja, karena didalam museum ini terdapat sebuah pemandian yang yakini awet muda dan mendekatkan dengan perihal jodoh yakni pemandian ataman sare.

Kampung Pasir Sumenep

Tak nyangka dan tak heran apabila kalian belum melihat secara langsung terhadap kampung pasir ini. dimana rumah yang biasa alasnya menggunakan keramik . di wilayah sumenep kini hanya menggunakan pasir hingga sampai dibuat tidur salah satunya di wilayah Desa legung, kecamatan batang-batang, kabupaten sumenep.

Unik sekali kehidupan disini, karena keprcayaan sejak ada dari turun menurun sapmpai mengeliling rumah dan halamannya karena ada sejarah yang mengatakan sebuah tradisi alam yang menyangkut religiusitas.

Kamar Pasir

Pasir yang ada didalam rumah ini di desai layaknya seperti kasur, dan seluruh halaman rumah juga dipenuhi dengan hamparan pasir yang halus berwarna kuning keputihan.

Wisata Kuliner di Sumenep

Rujak Selingkuh

Tak hanya menggoda dari namanya saja, kuliner yang satu ini smepet viral karena salah satu daripenjual model rujak ini mirip dengan artis indonesia yaitu syahrini. tepatnya di Jl. dr. wahidin, lingkungan delama, pejagalan, sumenep

Kuliner khas ini merupakan makanan rujak yang diberi kaldu soto sehingga berkuah. rasanya sangat menggoyang lidah sekali dengan nasi diganti ketupat ditambah lauk yang berisi daging dan sejinis buah-buahan.

Menu Rujak Soto

Untuk harga dari kuliner yang lezat ini cukup murah meriah sekali mulai dari 10.000 hingga 20.000 tergantung porsi dan lauk yang kalian pesan.

Nasi Romi

Sebuah kuliner unik khas sumenep ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga banyak para pengunjung luar daerah penasaran akan cita rasa nasi romi ini.

Di sumenep banyak seklai warung-warung dan pedagang kaki lima yang menjual kuliner yang nikmat dan enak ini salah satunya yang cukup terkenal berada di area perkotaan pada pagi hari hingga jam 09:00 pagi.

Aslinya nasi ini merupakan seperti nasi uduk yang ada rasanya dengan ditambah adanya lauk irisan telur dan abon sehingga lebih nikmat untuk dinikmati.

Menu Nasi Romi

Untuk harga nasi romi ini yang siap dihidangkan untuk pengunjung mulai dari harga 6.000 hingga 10.000 tergantung porsi yang kalian pesan.

Dari beberapa tempat wisata diatas, bisa kalian explore di daerah sumenep yang membuat liburan sesuai minat dan selera kalian sendiri. karena madura tak hanya dikenal dengan istilah pulau garam dan carok saja. Akan tetapi, banyak tempat wisata yang mempesona dan keren untuk berpetualang.

Baca Juga: Wisata Pamekasan Yang Menarik Untuk Mengexplore Pulau Madura

Silahkan kalian pilih yang sesuai dengan keinginan atau tujuan wisata-wisata sumenep di atas sehingga lebih terkesan ketika liburan.

Terima kasih kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan klik komentar atau menghubungi kontak person di halaman utama dan semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

" Mator Sekelangkong Sedejeh Tretan "

Writing Illustration