33# Wisata Pamekasan Yang Menarik Untuk Mengexplore Pulau Madura

Pamekasan memiliki beragam keunikan hingga potensi wisatanya yang populer untuk dijadikan destinasi wisata madura terbaru
Wisata Pamekasan sangat berpotensial untuk di explorer pulau madura. Tak hanya dikenal dengan pendidikan saja, banyak obyek wisata yang bisa dijadikan pilihan liburan kalian dengan berbagai macam kategori.

Pamekasan merupakan Kabupaten Jawa Timur yang masuk ke kawasan Pulau Madura. untuk menuju ke kabupaten pamekasan kalian harus melewati kabupaten bangkalan dan sampang dulu untuk bisa sampai ke Pamekasan.

Dibawah ini, penulis akan memberikan daftar wisata pamekasan yang menarik untuk di kunjungi sehingga kalian tak perlu lagi bingung ketika sedang berada di pulau madura.   

Tempat Wisata di Pamekasan Madura Terbaru

Wisata Pamekasan

Proses sejarah yang cukup panjang untuk bisa dikenal dan disebut pamekasan hingga sepertiga abad ke 16 dan akhirnya kota ini sering disebut dengan kota gerbang salam

Salain itu, Pamekasan memiliki beragam keunikan hingga potensi wisatanya yang populer untuk dijadikan destinasi wisata madura terbaru.

Jadi, bagi yang sedang berkunjung ke Kabupaten Pameksan untuk liburan bersama keluarga atau temannya dan masih kebingungan untuk mencari tempat wisata yang lagi hitz dan seru. Berikut daftar yang recomded untuk bisa kalian explore:

Wisata Taman di Pamekasan

Alun-Alun Arek Lancor Pamekasan

Di setiap wilayah akan memiliki sebuah taman yang akan dikagumi dan tak pernah sepi untuk dikunjugi. Salah satunya di kabupaten pamekasan adalah alun-alun yang sering akrab dikenal dengan sebutan Arek Lancor yang beralamt di Jalan Mesigit, RW 3, Barurambat, Pamekasan.

 
Pesona keindahan wisata alun alun kota pamekasan ini di hiasi dengan adanya tugu arek lancor yang berwarna putih dan berdiri tegak di tengah-tengah alun-alun kota pamkesan. Bangunan tersebut berbentuk lima clurit 

Sejarah mengenai adanya monumen arek lancor ini tak jauh mengenang perjuangan dan pengabdian para pahlawan yang telah mempertahankan dengan daerah penjajahan dari tangannya.

Suasana Alun Alun Pameksan Arek Lancor Pada Sore Hari

Obyek wisata alun alun pamekasan, akan terasa seru apabila berkunjung pada hari menjelang sore karena taman-taman bunga banyak dipenuhi oleh masyarakat sekitar dengan ditambah adanya orang-orang penjual kaki lima yang menjual kuliner madura.

Jika kalian berkunjung kesini, tiket masuk ke alun-alun gratis hanya saja untuk megantinya kalian cukup membayar tiker parkir saja agar kendaraan yang dibawa tetap aman dalam lokasi alun-alun pamekasan dan kalian bisa tenang ketika mengelilingi taman kota ini dengan puas.

Taman Gladak Anyar

Sebuah taman yang menjadi icon favorit dan tempat berkumpulnya masyarakat sekitar ketika ingin menimati suasana luar. berkawasan sekitar 2km dari pusat kota pamekasan yang beralamat di Jalan Sersan Mesrul, Gladak Anyar, Pamekasan.

Nama taman ini diambil dari sebuah alamatya yaitu keluarahan gladak anyar. suasana di taman ini begitu indah dan keren di penuhi dengan pepohonan hijau dan warna warni bunga yang mengelilingi dan wahan permainan untuk anak-anak.

Jadi, bila kalian yang berlibur ke kawasan pamekasan dan ingin membawa anak-anaknya untuk bermain, tempat ini recomded untuk dijadikan pilihan liburan serumu.

Suasana Taman Gladak Anyar Pada Pagi Hari

Selain itu, Taman Gladak apabila sore hingga tengah malam dipenuhi dengan orang-orang yang sedang nonngkrong karena disini banyak penjual kaki lima yang menjual makanan. apabila pada pagi hari taman ini di kelilingi oleh orang yang sedang olah raga atau sekedar joging.

Taman Asri Kowel

Obyek wisata tengah kota ini sangat dipenuhi sekali dengan pepohonan yang hijau dan bunga yang segar bertepat di jalan kowel, pamekasan.


Berkunjung ke taman ini, layaknya kalian berada di sebuah perbukitan yang tinggi karena letaknya memang ada di dataran yang cukup. sehingga masih bisa melihat ketinggian kabupaten pamekasan dari taman asri kowel.

Suasana Taman Asri Kowel Pada Siang Hari

Fasilitas penunjang lainnya, disini tempat parkir yang luas, toilet atau kamar mandi yang bersih dan gazebo yang bagus terbuat dari kayu beratap genting sehingga sangat cocok untuk berteduh di taman ini.

Vihara Avalokitesvara

Keunikah yang bersejarah menjadikan tempat ibadah ini sebagai destinasi religi dengan terdapat dua tempat ibadah umat beraagama yaitu islam di musholla dan hindu di pura. sehingga membuat tempat ini menjadi daya tarik dijadikan obyek wisata pamekasan.

Berkawasan didaerah pesisir selatan yang memiliki luas sekitar kurang lebih 3H tepatnya berada di Jalan Candi Utara, Polagan, Galis, Pamekasan.


Vihara Avalokitesvara didirikan pada abad 18 dan bertahan hingga sekarang ini. konon dulunya hanya beratap daun kelapa dan sekarang berubah menjadi sebuah bangunan yang arsitekturnya menjadi unik dengan berwarna cat merah kekuningan yang kontras.

Ditambah dengan bangunan-bangunan lainnya yang nampak keren adalah gapura yang berdesain minimalis dan ukiran-ukiran patung yang berbentu naga.

Vihara dari Tampak Luar

Vihara ini dulunya bernama klenteng kwam im kion karena terdapat patung kwam im pot alias avalokitesvara sehingga menjadi terkenal dalam kalangan hindu di Indonesia dan menjadi tri darma terbesar di madura. Jadi tak heran apabila tempat ini sering diramaikan oleh orang yang melakukan ibadah di vihara ini.

Adanya vihara ini membuktikan bahwa perjuangan yang meninggalkan kebudayaan ada zaman majapahit berkaitan ketika dahulu tenpat ini dijadikan tempat menampung beberapa patung dari kerajaan yang dikirim ke pamekasan.

Api Tak Kunjung Padam

Obyek wisata pamekasan yang memiliki cerita sejarah pulau madura menjadi cerita rakyat madura. berkawasan yang tak cukup jauh dengan pusat kota, berjarak sekitar 15menit atau 4km sebelum masuk pusat tepatnya berada di Asemmanis Satu, Larangan Tokol, Tlanakan, Pamekasan.

Asal usul api tak kunjung padam, sebelum menjadi ajaib menyeburkan api yang berasal dari bawah tanah ini tak lepas dari kisah Ki Moko yang mempunyai nama asli Raden Wignyono Kenongo .

Dahulu pada sejarahnya tahun 1600an,  memiliki kesaktian yang luar biasa dalam meyebarkan agama islam. dalam kehidupan sehari-harinya beliau tak lepas dengan aktivitasnya yang mencari ikan dilaut untuk memenuhi kebutuhannya.

Suasana Api Abadi pada Malam Hari

Hingga pada suatu hari Ki Moko kebingungan akan kedatangan tamu yang luar biasa dari luar madura. sehingga menancapkan tongkatnya ke tanah yang kemudian menjadi istana untuk menjadi rumah, air dan makanan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, perhiasan dalam menjalankan pernikahan dan yang tersisa hanyalah kobaran api pada tancapan terakhir kalinya/ 

Keunikan yang terjadi pada obyek wisata ini meskipun di guyur hujan api yang tadinya mati akan tetap hidup kembali dan akan bertambah menyala, apabila tanah yang ada pada pagar yang dibatasi warna putih di gali.

Wisata Pantai di Pamekasan

Pantai Jumiang

Sebuah obyek wisata alam pamekasan yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. tak hanya libur saja melainkan hari biasa apalagi ketika menjelang sore tiba. lokasinya yang tak jauh dari pusat kota tepatnya berada di jalan tanjung, pandemawu, pamekasan.


Obyek Wisata Pantai Jumiang memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat para pengunjung, dengan peesona alam yang memeberikan keindahan, keunikan yang terdapat pada hamparan pasir putih yang membuat berbeda dengan pantai lainnya.

Deraian ombak yang nampak indah di pandang sehingga enak merasakan sensasinya. ditambah dengan adanya tembok yang bertebing lumayan tinggi menjulang keatas.

Pantai Jumiang dari spot atas

Kalian bisa menemukan banyak spot foto yang keren untuk memeprcantik tampilan sosmednya. disini kalian menemukan beberapa kuliner yang khas madura untuk dinimati di sekitar pantai jumiyang dengan sunset yang indah apabila pada sore hari.

Untuk tiket masuk pantai jumiang antar hari libur dan hari biasa disini ada perbedaan yang membuat kalian tidak kecewa dengan spot view disajikan
  • 3.000 tiket masuk senin-jum'at
  • 5.000 tiket masuk sabtu dan minggu
  • 2.000 tiket pakir motor
  • 5.000 tiket parkir mobil

Pantai Talang Siring

Wisata alam pamekasan yang hits lagi yakni pantai talang siring, menyajikan pemandangan alam yang eksotik akan keindahan sehingga memilik daya tarik tersendiri. letak pantai ini berada di Pacanan, Montok, Larangan, Pamekasan.

Bayak aktivitas yang akan kalian lakukan ketika bekunjung ketempat ini, selain menikmati suasana alamnya, disini kalian bisa membawa anak kecil bermain di wahan yang telah tersedia seperti ayunan dan pelosotan.

Ditambah apabila air alut disini surut, kalian bisa berburu ikan-ikan dan kepiting. kalian bisa menggunkan perahu para nelayan apabila mengelilingi lebih luas lagi pada area wisata pantai jumiang.

Suasana Pantai Talang Siring pada siang hari

Adanya pepohan mangrove yang tumbuh kehijaun, terasa sejuk sekali bila anda sambil bersantai ria menikmati nuansa alami yang asri di pantai ini, sehingga sangat memanjakan mata kalian dengan pemandangan laut.

Untuk bisa menikmati pantai talang siring biaya yang akan kalian keluar cukup murah meriah:
  • 3.000 tiket masuk
  • 2.000 tiket parkir

Pantai Batu Kerbuy

Ingin menikmati wisata pantai dengan nuasna batu karang yang cantik dengan diiringi ombak dan hamparan pasir, pantai batu kerbuy sangat recomended sekali untuk kalian kunjungi.

Terletak di wilayar pantura pamekasan atau pesisir utara yang berjarak sekitar 30km jarak yang akan kalian tempuh. tepatnya berada di Jalan Raya Pasean, Pamekasan.


Obyek wisata yang ada di pantai batu kerbuy pamekasan tidak akan ada habisnya ketika kalian explore karena fasilitasnya yang menarik dan nuasa alam yang indah untuk dinikmati bersama keluarga kalian.

Menikmati pemandangan alam laut yang membuat feed sosmed kalian semakin cantik apabila diabadikan. adanya pepohonan cemara yang berdiri berjejeran yang rimbun menambah kesan asri yang tedung dan rindang.

Suasana Pantai Batu Kerbuy Menunggu Sunset

Pemadangans sekamin sembari menikmati para perahu nelayan yang menjorok ke laut selat madura dan bisa kalian naiki dengan mnyewa perahu nelayan tersebut. Untuk tiket masuk wisata pantai batu kerbuy, kalian cukup membayar tiket parkir saja kepada warga sekitar:
  • 2.000 tiket pakir motor
  • 5.000 tiket parkir mobil
Harga tiket hanya beberapa ulasan saja, apabila kalian ingin membayar lebih tidak ada salahnya, karena mengenai tiket parkir atau masuk disini belum di informasikan berapa tarif yang dikeluarkan.

Dermaga Branta Pesisir

Wilayah bagian selatan pesisir pamekasan, awalnya bukan tempat wisata dan disini hanya tempat pelelangan ikan atau tempat pemberhentian kapal nelayan yang sedang membawa ikan atau barang.

Akan tetapi, karena terdapat pemandangan dan view panorama alamnya sehingga tempat ini cocok untuk dijadikan obyek wisatnya. letaknya tidak jauh dari pusat kota tepatnya berada di Jalan Brantas Peisisir Pamekasan.

Di dermaga branta pesisir kalian akan banyak menemukan macam-macam tangkapan ikan yang dibawa pulang oleh para nelayan dan di area dermaga juga terdapat puluhan warga yang memancing di bibui pantai.

Dermaga Pada Pagi Hari

Ketika kalian berkunjung pada sore hari, akan terasa indah sekali karena sunset yang terdapat di area dermaga branta pesisir pamekasan ini begitu eksotik untuk memanjakan pemandangan alam yang disajikan.

Wisata Air Terjun dan Sungai di Pamekasan

Air Terjun Bunyato

Sebuah onyek wisata pamekasan yang menyajikan sensasi alam yang masih asri dan tampilan air yang mengalir begitu unik , air terjun bunyato adalah pilihan liburan kalian kali ini. tepantnya berada di daerah pesisir utara yaitu pasean.


Bagi warga sekitar, ai terjun ini lebih dikenal dengan sebutan air terjun pengantin karena mitos atau sejarah yang terjadi sebelum menjadi obyek wisata, tempat ini terjadi apabila sedang membawa pasangan dengan niatan baik akan menjadi abadi dalam jodohnya.

Air mengalir di air terjun Bunyato

Nuansa yang terdapat di air terjun bulangan sangat indah, dengan kondisi perairan yang begitu bagus dan air yang jernih dengan air yang tak cukup tinggi. sehingga sangat cocok sekali bila liburan yang tak mendengar kebisingan kota.

Air Terjun Ahatan

Ketika kalian berkunjung ke kawasan pesisir pamekasan yaitu pasean. jangan lupa untuk berkunjung ke obyek wisata air terjun ahatan yang terletak di Desa tlontoh rajeh, kecamatan pasean, pamekasan.


Obyek yang terdapat di air terjun ahatan begitu menyatu sekali suasan kesejukan dan aroma asri alamnya. ketinggian yang terdapat di air terjun ini sekitar 5 meter ini ditambah dengan deraian air yang tak cukup deras.

Sehingga bagi kalian yang menikamti dengan car beredam atau bermain disini sangat aman meskipun membawa anak kecil. akan tetapi teap di jaga agar tidak hal-hal yang tak diinginkan di sekitar obyek wisata alam ini.

Air Terjun Ahatan Mengalir ke bawah perairan

Untuk tiket masuk air tejun ahatan disini adalah freee, hanya tetap menjaga kesopanan dan kendaaran pribadinya agar tetap aman ketika berlama-lama di air terjun ahatan.

Air Terjun Bulangan

Berkeliling ke daerah pagentanan, jangan lupa untuk mamipr ke obyek wisata satu ini yaitu air terjun bulangan. lokasinya yang cukup jauh dari pusat sekitar 30 menit jarak yang akan kalian tempuh tepatnya berada di Dempol, Bulangan Haji, Pegantenan, Pamekasan.


Aroma alam yang terdapat di obyek wisata sangat alami dan sejuk sekali. karena berada di pertengahan antara selatan dan utara kota pamekasan.

Dengan tingginya sekitar 3meter, air terjun bulangan ini terlihat begitu keren dan cantik untuk dipandang apalgi kalian sambil menikmati sambil beredam dan bermain di air yang jatuh dari atas permukaanya.

Air Terjun bulangan yang jatuh ke perairan

Bagi kalian yang sedang berkunjung ketampat cukup membayar tiket parkir saja, dengan menitipkan ke warga sekitar untuk keamanan dalam menikmatiwisata air terjun bulangan.

Air Terjun Kertagena

Sebuah obyek wisata pamekasan yang banyak pengunjung penasaran akan mengunjungi karena sensasi yang diberikan begitu asyik dan sejuk sekali. tepantnya berada di Tobajah, kertagena daya, kadur, pamekasan.


Meskipun airnya tak sejernih akan warna kebiruan, akan tetapi airnya masih bersih dan sangat layak sekali untuk beredam hingga berenang di air terjun kertagena pamekasan ini.

Dengan ketinggian yang mencapai 5meter dari atas permukaan, air terjun kertagena lebih nikmati dengan pemandangan alamnya, ditambah adanya bebatuan besar dan pepohonan hijau yang rimbun sehingga sangat recomnded untuk kalian abadikan momentnya.

Air terjun kertagena dari tampak bawah

Obyek wisata air terjun kertagena terletak di perkampungan wilayah kadur, jadi ketika mengexplore tempat ini kalian cukup menitipkan kendaraannya saja ke warga sekitar dengan berjalan kaki menuju obyek wisata ini.

Rawa Mangunan

Ketika berkunjung ke pantai jumiang, obyek wisata alam yang satu ini jangan sampai kalian ketinggalan, karena letaknya berada bersebelahan dengan pantai tersebut tepatnya di Majungan, Pademawu, Pamekasan


Obyek wisata pandemawu pamekasan ini sangat memepesona akan keindahan alam yang disajikan. sehingga jangan heran apabila tempat ini menjadi favorit dan terkenal akan sensasi yang berbeda dirasakan.

Daya tarik lainnya yang terdapat di Rawa Mangunan ini adalah sebuah perairan laut yang mengalir ke sungai hutan bakau yang memukai wilayah sekitar. sehingga sangat terasa sekali keasrian alamnya dengan leluasa.

Rawu Mangunan yang menghadap ke laut madura

Disini kalian berkeliling dengan melewati jembatan yang telah disediakan, atau kalian lebih puasa bisa menyewa beberapa perahu nelayan yang terdapat di area rawa mangunan.

Untuk tiket masuk rawa mangunan adalah:
  • 2.000 tiket masuk
  • 2.000 tiket parkir motor
  • 3.000 tiket mobil

Wisata Kolam Renang di Pamekasan

Kolam Renang Edu Wisata Selamat Pagi

Wahana permainan air yaang satu area dekat bukit cinta, sehingga tempat wisata ini selalu ramai kunjungi tepatnya berada di jalan lawangan dayam barat satu, sentol, pandemawu, pamekasan.


Obyek kolam renang edu wisata selamat pagi madura ini bekonsep outdoor, sehingga kalian merasakan sekali kesejukan air yang terdapat dikolam renang ini.

Fasiltas yang menujang bagi para pengunjung wisata ini adanya pelosotan yang melingkar di atas ember yang keluar air ditambah adanya anak tangga yang mempermudah ketika naik ke atas setelah capeknya bermain air.

Suasana Bermain Kolam Renang Selamat Pagi

Disini, kalian juga akan merasakan suasana bukit cinta yang mempesona, jadi sembari bermain air kalian sekaligus merasakan wisata bukit cinta. untuk menikmati obyek kolam renang ini, biaya yang kalian butuhkan:
  • 10.000 tiket masuk
  • 03.000 tiket parkir motor
  • 05.000 tiket parkir mobil

Kolam Renang Palm Water Park

Obyek wisata yang menarik lainnya yang patut dikunjungi, karena ketika berwisata disini serasa berlibur disebuah hotel atau apartemen yang elit. berada di jalan purba no 16, barurambat, pamekasan.


Kolam Renang Palm Water Park wahan permainan sangat asyik dan seru sekali, dimana tempatnya berkonsep indoor tapi terasa outdoor karena atapnya hanya ditutupi plafon yang berbayang akan tetapi tidak kemasukan udara dari luar.

Disini tempat break atau kantin yang tersedia juga terdapa didalam, jadi bagi bagi pengunjung akan terasa aman tidak keluar masuk apalagi sedang membawa anak kecil.

Wahana Air Kolam Palm Water Park

Fasilitas penunjang lainnya yang akan kalian rasakan ketika berkunjung ketempat ini sangat lengkap sehingga akan lebih betah untuk berlama-lama disini seperti adanya pelosotan, ember yang keluar air dan bola besar yang keluar air. Untuk tiket masuk disini kalian mengeluarkan biaya:
  • 15.000 tiket masuk
  • 03.000 tiket parkir motor
  • 05.000 tiket parkir mobil

Kolam Renang Bhayangkara

Wisata air yang memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat para pengunjung selain nuansa yang outdoor di obyek wisata ini sangat terasa kesejukan airnya. berada di jalan bhayangkara, sekar putih, laden, pamekasan.


Sebuah obyek wisata kolam renang air yang begitu jernih dengan fasilitas wahana permainan yang banyak. sehingga banyak pengujung yang berdatanga ke kolam renang bhayangkara pamekasan.

Ember jatuh dan pelosotan kolam renang bhayangkara

Disini, kolam renang antara anak kecil dan dewasa dipisah dengan pembatas banguanan jembatan, sehingga sangat aman dan menyerukan sekali apabila kalian berlibur bersama keluraga. untuk tiket yang akan kalian keluarkan sebagai berikut:
  • 10.000 tiket masuk
  • 02.000 tiket parkir

Wisata Bukit di Pamekasan

Bukit Cinta

Sebuah obyek wisata yang memiliki daya perhatian para wisatawan. sehingga banyak yang berdatangan dari luar daerah yang ingin menikmati nuansa alamnya. letaknya berada di barat satu, sento, pademawu, pamekasan.


Nama bukit ini sesuai dengan namanya yang terdapat lambang cinta dan hati ditengahnya dengan ditumbuhi rerumputan yang hijau ketika naik di anak tangga terbuat dari kayu.

Sehigga tempat ini menjadi spot foto yang menarik dan keren ala selebgram yang membuat tampilan sosmed kalian lebih kece. selain lambang hati yang diburu oleh para wisatawan. di obyek wisata ini terdapat wahan lainnya yang bisa kalian gunakan untuk spot foto yakni hiasan kekauyuan yang ada namanya  dan fasilitas gazebo untuk bersantai ria.

Bukit Cita dari bawah 

Meskipun hanya bukit buatan dengan luasa tanah sekitar 2 hektar, akan tetapi obyek wisata ini tak pernah sepi dikunjugi oleh para wisatawan apalagi pada hari wekend tiba. untuk harga tiket masuk bukit pamekasan madura adalah:
  • 20.000 tiket masuk
  • 03.000 tiket parkir motor
  • 05.000 tiket parkir mobil

Bukit Brukoh

Liburan kalian terasa seru dan menarik dengan berkunjung ke bukit brukoh, obyek wisata yang letaknya berada di Desa Bajang, Kecamatan Pakong, Pamekasan. yang cukup jauh dari pusat kota pamekasan sekitar 1 jam lebih atau 25km.


Selain menyerukan, obyek wisata yang sering disebut dengan bukit pakong ini begitu menyejukan sekali dengan menikmati luasnya kabupaten pamekasan dengan nuansa alam yang hijau rerimbun pepohonan.

Disini kalian akan banyak menemukan beberapa spot foto yang keren ala selebgram untuk menjadi daya tarik seperti pemandanga alamnya, tulisan-tulisan kece yang keren, fasilitas ayunan, payung warna warni yang cantik dan gazebo untuk berteduh.

Bukit Brukoh dari tampak atas

Untuk menuju ke obyek wisata memang membutuhkan perjalanan yang cukup esktrim dan jalan alternatif liburan kalian yang menyerukan dengan membayar tiket:
  • 10.000 tiket masuk
  • 02.000 tiket parkir motor
  • 05.000 tiket parkir
Sangat disarankan, apabila kalian berkunjung ke obyek wisata ini usahakan menggunakan kendaran bermotor roda dua saja, karena jalannya lumayan menanjak ke atas.

Puncak Ratu

Wisata pamekasan yang lagi populer adalah puncak ratu , sebuah obyek wisata yang resmi dibuka pada 2018 ini tetap ramai dikunjungi oleh para wisatawan. letaknya berada di Dusunu monging, desa tabul barat, kecamatan pangentanan, pamekasan.


Suasana wisata puncak ratu ini menawarkan keindahan alam yang begitu mempesona dan tak kalah keren dengan wisata alam lainnya. dengan dipenuhi pepohonan sengon yang berdiri tegak sehingga cantik sekali dengan menikmati dari ketinggian permukaan alam pamekasan.

Keindahan puncak ratu semakin terasa, apabila kalian berkunjung pada sore melihat sunset dan berkunjung pada pagi hari sambil melihat sunrise. karena pemandangan alamnya sangat telihat jelas.

Suasana Wisata Puncak Ratu dari arah timur

Disini juga terdapat beraneka ragam spot foto yang keren dan kece, sehingga sangat cocok sekali bila kalia mengabdikan moment dengan mengahasilkan foto yang instagenic.  maka tak heran apabila tempat selalu ramai dikunjungi para wisatawan.

Untuk menikmati wisata puncak ratu, biaya atau tiket yang dibutuhka sebagai berikut:
  • 5.000 tiket masuk
  • 3.000 tiket parkir motor
  • 5.000 tiket parkir mobil

Toron Semalem

Sebuah  wisata yang sangat cocok sekali untuk mengahbiskan liburan panjang ketika berkunjung ke pamekasan. letaknya yang berada di Desa blumbung, kecamatan laranan, pamekasan.


Kampoeng Wisata Toron Semalem, obyeknya mirip dengan wisata yang ada di wisata raja empat hanya saja beda suasana dan lokasinya. tempat ini awalnya hanya sebuah penambangan batu yang yang sudah lama tak digunakan lagi.

Sehingga lambat laun, obyek wisata ini dikembangkan dan menjadi populer dan terkenal dengan fasilitas yang tersedia sangat menarik untuk dikunjungi.

Adanya gubuk buatan yang dipenuhi dengan daun kering seperti layaknya rumah adat, bunga sakura berwarna pink yang memepercantik suasana, dan pepohonan rimbun yang menyejukkan obyek wisata toron semalem.

Gubuk Pemukiman di Toron Semalem

Sering kali tempat ini dijadikan spot foto prewedding oleh para fotografer, karena suasana alamnya sangat menyentuh instagenic sekali dengan tema wedding outdoor yang kekinian.

Nilai estetika wisata ini sangat tumbuh sekali, dengan adanya perkembangan yang dilakukan warga sekitar dengan pemerintahan kabupaten untuk menjadi wisata yang lagi hitz dipamekasan. untuk menikmati wisata ini, pengujung mempersiapkan biaya:
  • 10.000 tiket masuk
  • 02.000 tiket parkir motor
  • 05.000 tiket parkir mobil

Bukit Kehi

Wisata alam pamekasan terbaru ini merupakan bekas dari sebuah lapangan futsal, yang disulap menjadi destinasi wisata yang seru dengan memberikan keindahan alam yang mempesoana akan alam yang disajikan.

Nama wisata ini diambil perjuangan aparat desa yang memperjuangkan lahan tak bertuan (kehi) menjadi tempat wisata. tepatnya berada di daerah moccol, kertagena daya kadur pamekasan.


Ketinggian yang akan kalain nikmati ketika berkunjung kesini akan menggoda pecinta traveller alam lainnya. suasana yang indah dan sejuk dengan pepohonan alam yang rimbun membuat wisata ini lebih menarik untuk di explore ketika ke madura.

Bukit Nehi dengan berlatar belakang perbukitan

Selain itu, tempat wisata bukit kehi pamekasan juga sering dijadikan tempat menggelar acara dengan berkemah atau mengadakan event dari atas perbukitan perdesaaan.

Bukit Kehi juga terdapat banyak spot-spot foto yang keren dengan berlatar belakang perbukitan hijau yang rindang di tambah dengan adanya fasilitas penunjang lainnya yang kece dan menarik.

Untuk menikmati obyek wisata ini, biaya yang kalian butuhkan:
  • 5.000 tiket masuk
  • 2.000 tiket parkir

Bukit Bintang

Wisata bukit lainnya yang memiliki daya tarik tersendiri di pamekasan adalah bukit bintang. letanya yang berada di jalan raya simpang tiga, bunut, plakpak, pegantenan, pamekasan.


Obyek bukit bintang begitu mengasikkan sekali, karena fasiliatas yang ada disini dipenuhi dengan lambang bintang. dan apabila berkunjung pada malam hari wisata ini sesuai dengan namanya puluhan hingga ratusan bintang diatas langit yang akan kalian rasakan untuk dipandang.

Fasilitas spot foto di bukit bintang

Suasan alam disini lebih indah sambil memesan menu yang terdapat di area wisata bukit bintang yang menjajakan makanan dan minuman yang cukup murah meriah. dengan menikmati wahana ini kalain cukup membayar tiket parkir saja:
  • 2.000 parkir motor
  • 5.000 parkir mobil

Wisata Goa di Pamekasan

Goa Blaban

Tak hanya wisata bukit dan pantai aja yang menjadi pusat perhatian wisata di pamekasa,wisata alam goa ini mampu membuat para pengujung terpesona akan suasan yang disajikan. tepatnya berada di Dusun rojing, desa blaban, kecamatan batu marmar, pamekasan.


Goa ini terdapat di sebuah perkampungan yang ditengahnya ada goa yang disebut goa blaban. awalnya dulu warga sekitar anya sekedar menggali sumur dan saat proses penggalian secara tak langsung menemuka goa yang tembus.

Obyek wisata memilik kedalama sekitar 7 meter dengan luas ruangan 50 meter persegi. disini kalian akan merasakan nuansa alam yang stalagmite atau stalaktit yang berwarna putih berkilau  ketika menyelusuri goa ini.

Perut bumi goa blaban

Goa blaban ini juga dsering disebut dengan goa mas karena lukisan cantik di perut bumi ini juga berwarna kuning keemasan yang mempesona.Untuk bisa menikmati goa blaban ini, pengunjung cukup mebayar tiket parkir saja dengan menitipakan kendaraan yang dibawa ke warga sekitar.

Tebing Waru

Obyek wisata ini sering kali disebut dengan sebutan wisata alam tebing maha waru. nama wisata ini diambil dari sebuah letaknya yang berada di wilayah waru tepatnya di desa waru, kecamatan waru, kabupaten pamekasan.


Pesona keindahan alamya sangat terasa sekali, dengan adanya bukit tebing yang melebar di tengah perbukitan tinggi. sehingga tempat ini sering diburu oleh para pecita panjat tebing untuk merasakan sensasinya ketinggian dari wilayah pamekasan.

Tebing waru dari tampak bawah

Daya tarik yang akan kalian nikmati ketika berkunjung ke obyek wisata tebing waru ini adalah pemandangan alam yang eksotik dan alami akan keasriannya. dengan cukup membayar tiket parkir saja, kalian bisa menikmati tebing waru ini.

Wisata Budaya di Pamekasan

Batik Pamekasan

Pamekasan masih mempertahan budaya indonesia yang masjid bersejarah akan mengenang leluhur yang tiada. salah satunya didaerah proppo yang memiliki ciri khas batiknya adalah kampung batik klampar. sekitar 5km jarak yang kana kalian tempuh menuju sentar batik ini.


Di wilayah ini adas sekiitar ratusan lebih pengarjin yang masih mempertahankan kesenian unuk meneruskan sebuah usaha keluarganya dalam bertahan hidup.

Yang menjadi pembeda dengan batik tradisional lainnya yang ada di Indonesia terleta di motof, warna dan cara mencelupkan hingga menjemurnya.

Macam-macam batik pamekasan

Selain menikmati produksinya kalian bisa membeli batik klampar khas pamekasan ini mulai 75.000 hingga 1,000.000 yang berbahan katun kain.

Museum Mandilaras

Berkunjung ke kota gerbang salam rasanya kurang puas, apabila tidak mengexplore tempat budaya yang bersejarah yang letaknya berada di Jalan Cokroaminoto Pamekasan.


Di museum ini kalian akan melihat benda-benda dan barang bersejarah dengan ragam jenis berbeda di pamekasan yang masih dikelola oleh pemarintah setempat agar tetap menjagan perjuangan pahlawan pada zaman penjajahan dahulu.

Salah satu benda bersejarah di museum mandilaris

Koleksinya terdapat sekitar ratusan lebih yang dimuseumkan terdiri dari perlartan rumah tangga, fosil, filogika, numismatika, dlat transportasi, diaroma, dan lukisan-lukisan yang masih real layaknya nyata ketika dilihat.

Tanean Lanjheng

Konsep wisata ini, sebuah pemukiman suku madura yang tradisional dan tetap dianggap sebagai citra rasa yang kehidupan sosila bermayarakat masih menggunanakan.

Di kabupaten pamekasan ada salah wialyah yang masih mempertahankan kawasan tersebut tepatnya di Wilayah Larangan yang lokasinya tak cukup jauh dengan pusat kota.


Sejarah Taneyan Lanjheng ini dari raja-raja madura menghubungkan para kerabat keluargnya untuk tetepa menyatu disebuah pemukiman kekerabatan atau yang lebih dikenal dengan halam rumah yang luas dengan dikelilingi rumah-rumah.

Desain taneyan lanjheng madura

Dengan adanya budaya tersebut, tanean lanjheng sangat membantu ikatan kekeluargaan dalam sistem bermasayrakat lebih khsusunya ke perihal sosial.

Wisata Edukasi di Pamekasan

Eduwisata Garam Madura

Madura memang dikenal dengan sebuatan pulau garamnya, karena penghasil garam terbesar di Indonesia terletak di madura. apabila di sampang terdapat di wilayah pangarengan di pamekasan kini dijadikan obyek wisata edukasi tepatya di Area Tambak, Pandan, Galis, Pamekasan.


Ketika berkunjung ke eduwisata garam madura, selain melihat petani garam dalam proses pembuatannya, disini kalian bisa belajar bagaiman sejarah, produksi dan pemasaranya.

Nuasan obyek eduwisata garam pamekasan

Bagi kalian yang ingin mengabdikan moment di tempat ini jangan dilewatkan, karena berfoto ria dengan berlatar belakang obyek garam yang bertaburan akan nampak keren dengan hasil foto jepretannya.

Wisata Kuliner di Pamekasan

Sae Salera

Berkeliling ke pamekasan akan terasa capek apabila di habiskan dalam waktu cepat, karena terdapat banyak tempat yang menarik dan hits dapat membuat liburan klain menjadi seru.

Ditengah pusat kota pamekasan ada wilayah ketika sore hingga tengah malam mulai banyak Penjual kaki lima mendirikan bangunannya yang menjual makanan dan minuman untuk mengisi perut kosongnya tepatnya berada di Jalan Niaga.


Sae Salera terdapat puluhan hingga ratusan pedadang kaki lima yang menjajakannya mulai dari lalapan, nasi goreng, ayam bakar, sate madura, soto madura dan lai sebagainya.

Gapura jalan niaga

Dengan harga yang cukup murah meriah dan berkualiatas kalain bisa memcicipi menu masakan ini mulai 10.000 hingga 50.000 tergantu menu yang kalian pesan.

Nase Jhejen

Sebuah kuliner khas pamekasan yang sangat legandaris, di pamekasan kalian akan menemukan menu ini. akan tetapi lapak yang sangat terkenal hingga sekarang ini berada di jalan segara pamekasan.


Nase jhejen diaryikan dalam bahsa indonesi adalah nasi jajan. karena dahulu hany sebuah makanan tradisional saja karena saking legendarisnya menjadi sebuah kuliner internasional.

Nasi jhejen pamekasan

Kuliner yang berisi nasi putih sederhana dengan lauk telur petis, sambel goreng kentang, semur daging, tahu tempe dan mie. ditambh dengan rasa nimat nasi kuliner ini di bungkus dengan menggunakan daun pisang yang harganya mulai dari 8.000 - 10.000 tergantung lauk yang kalian pilih.

Lesehan Jukok Tonoh

Menikmati kuliner yang hangat-hangat di kabupaten pamekasan tempat ini sangat recomended sekali dan cocok untuk dicicipi, letaknya berada di kawasan daerah tapsiun pamekasan tepatnya di jalan raya trunojoyo No.253, Patemon, Pamekasan.


Menu favorit dan andalan yang terdapat di lesehan jukok tonoh ini yakni ikan bakar dengan ciri khas bumbu yag kental madura banget, disini juga terdapat menu lainnya kalian bisa pesan seperti seafood, kepiting dan sejenis ikan laut lainnya.

Salah satu menu lesehan jukok tonoh

Selain itu, ketika hari sudah gelap bertanda malam hari, disekeliling tapsiun pameksan selalu ramai dikunjungi oleh warga sekitar dan para mahasiswa pamekaan unira dan iain madura untuk berkumpul biasa bahan dijadikan tempat lokasu ngopi dan rapat.

Untuk menu yang terdapat di lesehan jukok tonoh cukup murah meriah mulai dari 15.000 hingga 50.000 bisa kalian rasakan menu cita rasa khas pamekasan madura ini

Kapal Jodoh

Sebuah bangunan kayu yang berdiri tegak di hamparan pesisir laut utara pamekasan ini, dibangkalan ada namnya lesehan singgasana yang menjadi wisata kuliner bangkalan terkenal. di pamekasan tak kalah keren dan lezat yaitu kapal jodoh berada di jalan raya tamberu, batu bintang, batu marmar, pamekasan.


Obyek wisata kapal jodoh, berkonsep kuliner mampu menarik para pengunjung yang berdatangan karenan bangunan yang di desain sangat unik berada di pinggir laut dan pinggir jalan raya.

Disini kalian bisa mencicipi masakan khas madura sembari menikmati view keindahan pemandangan alam lautan lepas selat madura yang begitu mempesona.

Foto suasan kapal jodoh dari jalan raya

Selain itu, Kapl jodoh juga terdapat spot foto yang keren . sehingga membuat para pengujung yang datang inginnterus berlama-lama nongkrong disini.

Untuk menu yang tawarkan atau yang disediakan disini beraneka ragam yang jelas masakan ikan laut seperti ikan bakar, ikan goreng, nasi goreng dengan harga yang cukup terjangkau:
  • 20.000 - 50.000 Makanan
  • 12.000 - 25.000 Minuman
Obyek Wisata di Kabupaten Pamekasan Madura Yang Populer di atas, dapat kalian pilih ketika sedang liburan di pulau madura.

Terima kasih kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan klik komentar atau menghubungi kontak person di halaman utama dan semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Nah dari beberapa wisata pamekasan yang ada diatas, bisa kalian pilih untuk mengexplore pulau madura. baik wisata alam, budaya, sejarah, religi hingga kuliner.  Jadi, kapan kalian agendakan libura serumu di Pulau Garam ini.

" Mator Sekelangkong Sedejeh Tretan "
Writing Illustration