RAR Rusak? Berikut Cara Mengatasi Yang Mudah

Cara Mengatasi RAR Rusak Tanpa Hapus File ada beberapa trik yang jarang diketahui oleh masyarakat khsusunya yang bagi pemula ...

RAR Rusak? tenang dan jangan khawatir berikut cara mengatasi yang mudah tanpa harus menghapus file yang sudah ada diperangkat laptop maupun komputer sehingga nantinya bisa dibuka kembali pada umumnya.

RAR adalah format file arsip berpemilik yang mendukung kompresi data, pemulihan kesalahan dan rentang file yang nantinya menjadi satu dalam folder.

File RAR ini dikembangkan pada tahun 1993 oleh salah satu insinyur perangkat lunak asal Rusia Eugene Roshal dan perangkat lunak ini dilisensikan oleh win.rar GmbH dengan Nama singkatan RAR yang memiliki kepanjangan dari Arsip Roshal (Roshal Archive).

Penyebab RAR Tidak Bisa di Buka atau di Ekstrak seperti tidak sempurna, bisa jadi di sebabkan karena kurangnya part tertentu, antivirus yang terdapat di laptop atau kompyter kalian dan beberapa faktor lainnya.

Sebenarnya, Cara Mengatasi RAR Rusak Tanpa Hapus File ada beberapa trik yang jarang diketahui oleh masyarakat khsusunya yang bagi pemula sehingga nantinya file bisa terbuka.

Memperbaiki File Rar yang Corrupt Agar Bisa Dibuka di Windows atau Mac tak perlu membawa ke tempat servis agar bisa diperbaiki, namun pengguna bisa mencoba pada perangkat sendiri karena penulis sendiri telah mencobanya.

Cara Mengatasi RAR Rusak Tanpa Hapus File

RAR Rusak? Berikut Cara Mengatasi Yang Mudah

Cara Mengatasi Ekstrak File RAR Yang Corrupt harus kalian ketahui supaya nantinya jika terjadi masalah tidak perlu meminta file kembali kepada pengirim apalagi isinya berisi data penting.

Untuk Cara Mengatasi RAR Rusak Tanpa Hapus File memang menjadi jalan alternatif yang bisa dicoba pada perangkat PC kalian baik berupa laptop ataupun komputer yang digunakan.

Sebenarnya, File RAR ini sangat membantu banyak orang karena kelebihannya bisa membuat pengirim lebih komplek apabila file lebih dari satu karena menjadi 1 dalam satu folder.

Apa Itu File RAR?

Pengertian RAR

Sebelum lanjut, disini penulis akan memberikan beberapa penjelasan mengenai apa itu File RAR yang menjadi penyebab pada dokumen yang ingin kalian buka namun sayangnya terjadi masalah.

Untuk nama RAR sendiri merupakan singkatan dari Arsip Roshal (Roshal Archive) yang dikembangakan oleh insinyur perangkat lunak Rusia Eugene Roshal dan perangkat lunak ini dilisensikan oleh win.rar GmbH pada tahun 1993 lalu.

File RAR adalah format file yang digunakan untuk mengompresi atau mengekstrak data digital. Ini adalah jenis arsip yang sering digunakan untuk mengompresi banyak file menjadi satu, sehingga memudahkan pengguna untuk mengirim atau menyimpan sejumlah besar data.

File RAR menggunakan algoritma kompresi yang kuat untuk mengurangi ukuran file, yang memungkinkan pengguna untuk menghemat ruang penyimpanan dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mentransfer file melalui internet.

Untuk mengakses atau mengekstrak file dari format RAR, pengguna memerlukan perangkat lunak khusus seperti WinRAR atau 7-Zip sehingga nantinya dokumen yang bermasalah bisa dibuka.

Baca Juga : Laptop Windows Lemot, Begini 14 Cara Mengatasinya !\

Cara Mengatasi RAR Rusak Terbaru

Cara Mengatasi RAR Rusak

Dibawah ini cara mengatasi RAR Rusak, Corrupt, Tidak Bisa di Ekstrak dan sejenis lainnya yang bisa kalian coba. Berikut langkah-langkahnya :

1. Update Software

Update Software

Langkah pertama untuk Cara Mengatasi RAR Rusak Tanpa Hapus File yaitu dengan melakukan proses update software yang kalian gunakan dengan versi terbaru.

File RAR tidak bisa dibuka atau corruput biasanya dikarenakan software atau aplikasi yang digunakan menggunakan versi yang lama sehingga tidak bisa support pada perangkat yang kalian gunakan.

Disini, penulis akan memberikan link download update software winrar yang nantinya bisa kalian install di perangkat :

file-document Apk RAR
Versi Terbaru
Terabox
Link Download

Silahkan kalian klik saja link download winrar terbaru 2024 yang penulis berikan diatas secara gratis tanpa dikenakana biaya atau sejenis apapun.

Yang perlu dijadikan catatan, langkah baiknya silahkan kalian uinstall atau hapus aplikasi RAR yang ada sebelumnya di perangkat supaya nantinya tidak terjadi masalah pada saat pemasangan di perangkat laptop atau komputer kalian.

2. Extract Online

Extract Online

Selanjutnya trik yang bisa kalian coba untuk Cara Mengatasi RAR Rusak Tanpa Hapus File dan Aplikasi Tambahan yaitu dengan menggunakan situs atau extract online yang bisa kalian akses secara gratis, diantaranya sebagai berikut :

  • Pertama, silahkan kalian siapkan file RAR yang rusak tadi.
  • Selanjutnya, buka web browser yang kalian gunakan di perangkat salah satu google chrome yang sangat rekomended.
  • Silahkan kalian tulis UNRAR ONLINE atau langsung ke situs https://unrar.online/id/ pada halaman penelusuran.
  • Pada halaman utama, silahkan kalian klik untuk memilih file atau seret kesini pada kotak garis putih.
  • Halaman Utama Situs
  • Jika sudah, silahkan tunggu converting sampai selesai dan jangan keluar dari situs tersebut.
  • Proses Uploading RAR Rusak
  • Nantinya akan muncul halaman unduh.
  • Silahkan klik saja simpan agar nantinya bisa masuk ke perangkat PC kalian.
  • Selesai.

Itulah Cara Mengatasi RAR Tidak Bisa Dibuka / Extrak (Corrupt) yang bisa kalian coba, sehingga tidak perlu lagi datang ke tempat service atau meminta kembali kepada pengirim dokumen tersebut.

Aplikasi apa untuk membuka RAR?

Berikut beberapa aplikasi yang banyak digunakan, diantaranya seperti RAR, ZArchiver, Easy Unrar, Unzip & Zip, B1 Archiver zip rar unzip, Simple Unrar, AZIP Master, Extractor ZIP RAR, WinZip – Zip UnZip Tool, Zipify dan lain sebagainya.

Apakah file RAR bisa di buka di hp?

File jenis ini RAR ini sangat populer di perangkat PC. Selain itu, file dengan format RAR juga bisa kalian unduh dan dibuka di smartphone Android maupun iPhone. namun pengguna harus terlebih dulu memiliki aplikasi RAR yang bisa didapatkan lewat google playstore atau appstore.

Kenapa file RAR rusak?

Untuk penyebab RAR tidak bisa di buka atau di ekstrak bisa di sebabkan kurangnya part tertentu, antivirus yang terdapat di laptop, dan beberapa masalah lainnya yang terjadi kerusakan.

Baca Juga : Cara Upgrade Windows 10 Ke Windows 11 Tanpa Install Ulang

Sekian dan Terima kasih kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan klik komentar atau menghubungi kontak person di halaman utama, semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Writing Illustration