Laptop Windows Lemot, Begini 14 Cara Mengatasinya !

Cara bersihkan laptop lemot windows ada yang menggunakan aplikasi dan ada pula menggunakan pengaturan bawaan windows sendiri yang dapat diatur...

Jika kalian mengalami Laptop Windows Lemot sebenarnya bisa diatasi dengan cara yang gampang dan mudah sekali tanpa harus install ulang OS.

Namanya juga barang elektronik,  apabila terjadi permasalahan seperti laptop windows lemot sudah menjadi hal biasa karena ada beberapa penyebab.

Yang menjadi kesel dan menjengkelkan ketika laptop yang kalian gunakan masih baru dan belum sampai 1 bulan pemakaian ternyata menjadi lemot ataupun eror.

Nah, pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan trik dan tips untuk mengatasi laptop windows lemot yang paling mudah dan dijamin sukses.

Perkembangan windows dari masa ke masa memang megalami perubahan yang cukup pesat yang jauh berbeda dengan jenis lainnya.

Karena selain menu atau fitur yang mudah digunakan, windows dari tampilannya juga menarik para pengguna paa anak teknologi yang kekinian.

Sistem operasi windows ini diciptakan oleh microsoft pada tahun 1985 yang fungsinya dapat membantu kebutuhan pengguna awam. sehingga jenis atau versi yang diluncurkan memiliki sejarah yang panjang perjalanannya.

Dengan banyaknya eksprimen grafis graphic user interface atau yang dikenal dengan sebutan GUI ini menjadi kontrovesi atas kemunculan OS windows.

Keunggulan dari laptop windows sendiri selain mudah digunakan yaitu jenis kompatibel dengan banyaknya perangkat dan plug play mudah dapat ditemukan di berbagai outlet komputer di negara Indonesia.

Trik dan Tips Untuk Mengatasi Laptop Lemot Windows 7/8/10/11 Tanpa Install Ulang OS

Laptop Windows Lemot

Sebenarnya PC lemot windows 7/8/10 dan +r  itu terjadi karena disebabkan beberapa penyebab atau kesalah yang harus di atasi untuk bisa berjalan dengan normal kembali.

Jika laptop windows lemot banget kalian tak perlu bingung dan menginstall ulang OS windows kembali karena ada beberapa trik yang dapat menyembuhkan laptop yang lemot. 

Cara bersihkan laptop lemot windows ada yang menggunakan aplikasi dan ada pula menggunakan pengaturan bawaan windows sendiri yang dapat diatur secara manual.

Windows 7/8/10/11 lemot di laptop menjadi masalah yang serius karena tidak dapat menjalankan sistem perangat secara normla kembali seperti biasanya.

Laptop windows lemot dan laptop menjadi lambat biasanya muncul karena penyimpanan ataupunn RAM yang sudah full dari kapasitasnya. sehingga laptop lambat saat di nyalakan akan sering terjadi.

Selain itu, penyebab lain yang terjadi karena banyaknya software atau tab menu yang dibuka dan akhirya laptop windows lemot dan lambat saat dinyalakan layar hitam.

Ketika laptop tua lemot dan lambat sudah menjadi hal yang biasanya karena udah usianya. namun jika laptop yang kalian pegang masih baru, maka harus dilakukan lebih cepat supaya tidak menyebar keseluruh perangkat sistem yang nantinya bisa mati total.

Cara mempercepat laptop windows 10 yang lemot sebenarya juga sama proses atau teknik dengan jenis windows lainnya.

Untuk itu, windows lemot banget dapat dibersihkan atau diperbaiki dengan beragam macam metode yang secara manual.

Dibutuhkan performa yang maskimal mungkin untuk membuat laptop windows kalian tidak menjadi lambat ataupun lemot.

Penyebab Laptop Windows Lemot dan Lambat

Sebelum Lanjut, kalian harus ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab sehingga laptop windows lemot dan lambat ketika sedang dinyalakan atau dijalankan. diantaranya sebagai berikut:

  • Laptop Overheat
  • Konektor yang bermasalah
  • Usia hardisk
  • RAM full
  • Penyimpanan drive sudah penuh
  • Banyak aplikasi yang di install
  • Terdeteksi virus
  • Sering gonta ganti flasdisk
  • Tidak melakukan update
  • Terlalu banyak buka browser
  • Tab menu banyak di tampilkan
  • Keyboard ada yang kotor
  • Banyak membuka startup program
  • Laptop sering lowbet
Dari beberapa penyebab diatas, kalian harus menjaga agar laptop tidak menjadi lemot dan lambat serta bisa bertahan hingga bertahun-tahun.

Sehingga windows lemot bisa sembuh dengan mudah dan gampang jika kalian menghindari atau menjadi dari penyebab kesalahan diatas.

Penyebab laptop lemot banget dan laptop jadi lamat loading disebabkan oleh adanya sistem yang eror terdeteksi di perangkat.

Maka dari itu, atasi lemot windows 10, 8, 7 dan jenis lainnya sesuai dengan kesalahan yang pernah terjadi sebelumnya sehingga laptop tiba2 lemot tidak terjadi lagi.

Tak hanya itu saja, tanda-tanda laptop windows lemot lainnya seperti laptop lama loading dan laptop tiba tiba lemot parah.

Cara Mengatasi Laptop Windows Lemot dan Lambat

Untuk caranya mengatasi laptop windows lemot yang tidak sulit dan mudah untuk mempercepat kembali. silahkan simak postingan dibawah ini agar laptop windows 10 - 7 tidak lemot:

Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bermanfaat

Dalam menjalankan laptop ketika sedang internetan terkadang tanpa sengaja ataupun sengaja menginstall aplikasi yang tidak bermanfaat di sistem windows karena adanya iklan yang muncul di situs website. sehingga membuat sistem laptop menjadi lemot ketika sedang membukanya. 

Menu Aplikasi

Sebenaranya pengahpusan aplikasi di windows ini merupakan cara yang bisa dikatakan untuk mempercepat booting di laptop windows.

Tak hanya itu saja, ketika selesai melakukan install ulang OS windows dan driver pack terkadang ada beberapa aplikasi yang terinstal secara otomatis dan membuat penyimpanan RAM dan Drive menjadi full.

Untuk caranya, klik control panel di kolom pencarian windows > klik uninstall a program > setelah klik kanan pada aplikasi yang ingin di hapus > pilih uninstall > selesai.

Dengan begitu laptop windows akan menjadi lemot. untuk itu, silahkan kalian cek aplikasi apa saja yang tak pernah digunakan lewat penagturan windows di menu control panel.

Mengubah Pegaturan Daya

Cara mengatasi laptop windows lemot bisa mengubah pengaturan daya yang terdapat di laptop atau komputer yang kalian gunakan.

Pengaturan Daya

Daya baterai yang terdapat di laptop windows bisa kalian ubah pegaturannya. untuk caranya klik control panel pada meu start > pilih system and security > klik power options pada menu yang muncul > geser toogle pada opsi high performance menjadi additional plans > selesai. pengaturan ini bisa kalian ubah dengan cara manual.

Dengan menggunakan cara ini. maka solusi laptop lemot windows 10 bisa berubah dengan rencana tambahan baterai di menu power options.

Update OS Windows

Untuk kalian pengguna laptop windows dan mengalami masalah lambat juga terjadi karena tidak memeriksa apakah windows yang digunakan butuh update atau tidak.

Biasanya pemberitahun update windows ini muncul lewat menu bagian kanan pojok kiri bawah. jika masih belum ada bisa mengecek lewat pengaturan laptop di menu settings.

Update Windows

Untuk melakukan updtae windows kalian bisa melakukan pembahruan jaringan internet dengan mengunduh filenya atau bisa menggunakan aktivasi windows yang terdiri dari sekitar 20 angka dan huruf berkapital.

Dengan melakukan update os windows, maka laptop windows lemot bisa menjadi normal dan kembali awal dengan tampilan yang baru.

Membersihkan File Recyle Bin

Cara mengatasi laptop windows lemot selanjutnya yaitu dengan membersihkan file recycle bin atau yang dikenal dengan sebutan tempat sampah.

Karena file yang kalian hapus di penyimpanan drive C atau drive D masih berada di Recycle Bin bila ukurannya belum mencapai 1000MB.

Menu Recyclen Bin

Sehingga membuat laptop windows lemot dan lambat karena penyimpanannya yang full dari berkas-berkasa yang kurang penting.

Untuk cara menghapusnya, kalian tinggal kembali ke halaman utama yang terdapat di pojok kanan atas atau buka menu recycle bin di pencarian windows.

Membersihkan File Prefetch

Cara ini memang masih jarang pengguna windows yang menggunakan. Akan tetapi, file prefech yang terdapat di windows menjadi hal yang berpengaruh dalam perjalanan sistem.

Sehingga perlu dilakukan penghapusa atau membersihkan fie prefech secara berkala sekitar 7 hari sekali karena file ini memang tak terlalu besar.

File Prefetch

Namun, efek atau dampak yang terjadi dapat membuat laptop windows lemot dan lambat dengan cepat ketika tidak di hapus.

Untuk menggunakannya, klik windows + r (menu run) > tulis prefetch > klik OK atau enter > pada jendela admininstrator yang muncul klik OK > hapus file yang ada di menu tersebut > selesai. kalian bisa menghapus seluruh data yang ada di menu file prefetch.

Maka dari itu, file yang kurang penting atau tidak berguna ini bisa membuat laptop windows 10 terasa lemot ketika hendak digunakan.

Restart PC

Jika sudah melakukan penghapusan aplikasi yang tidak berguna, mengubah pengaturan daya, update os windows, membersihkan file recycle bin , membersihkan file prefetch dan laptop masih lemot di windows?

Restart PC

Langkah selanjutnya yaitu dengan melakuka restat PC dengan manual atau menggunakan tombol keyboard CTRL + ALT + DEL secaa bersamaan.

Jika sudah, kalian jangan langsung menghidupkannya langsung tapi diamkan terlebih dahulu sekitar 30-60 menit dan ketika menghidupkannya kembali jangan langsung membuka jenis aplikasi apapun ataupu  menu tab.

Supaya program yang baru di restart bisa melakukan refresh secara otomatis. kalian bisa menggunakan fitur klik kanan dan pilih refresh dan bisa menekan tombol F5 secara berkala.

Menambahkan RAM

Random Acces Memory atau yang lebih dikenal dengan sebutan RAM ini bisa kalian lakukan update atau menambahkan RAM dengan kapasitas yang lebih besar dari bawaanya.

Menambah RAM

Jika awalnya RAM yang terdapat di laptop hanya 2GB, kalian bisa menambhakan sekitar 2 atau 4GB dengan secara manual atau mengganti yang baru.

Dengan menambahkan RAM, laptop windows lemot dan lambat akan berubah menjadi normal dan mudah digunakan lagi.

Menambahkan SSD

Solid State Drive atau yang dikenal dengan sebutan SSD ini mampu membuat kinerja laptop windows lebih cepat dan tidak lemot.

Karena apabila dibandingkan dengan Harddisk drive atau HDD, proses sistem kerjanya lebih efisien SSD karena fitur ini menggunakan memory flash dengan kases yang disk magnetized.

Menambahkan SSD

Untuk dapat lebih maksimal dalam penggunaanya, kalian bisa menggunakan jenis SSD yang berukuran sekitar 250-500GB supaya lod filenya lebih besar dalam penyimpananya.

Jika laptop lemot saat masuk windows dengan menambahkan SSD bisa kembali pulih dengan cepat dan pesat pada sistem perangkat.

Ketika windows 7 jadi lemot dan windows 10 terasa lemot yang tak dapat begerak layar dengan melakukan upgrade ssd bisa segera pulih.

Mengaktifkan Windows Defender

Menggunakan aplikasi tambahan memang lebih mudah dan gampang. namun cara ini dapat mengurangi sistem penyimpanan pada windows.

Untuk itu, silahkan kalian gunakan pengaturan dengan mengaktifkan windows defender untuk mengatasi laptop lemot windows 7 yang paling ampuh.

Windows Defender

Dikarenakan cara ini bisa mengahapus atau mengecek virus, malware dan spyware yang masuk ke laptop atau komputer kalian.

Menghapus Virus

Banyak yang mengalami laptop windows lemot karena adanya virus yang terdeteksi pada sistem kinerja laptop.

Masalah virus atau malware yang masuk ke laptop kalian, harus dibersihkan dengan cepat supaya tidak menyebabkan software atau hardware eror.

Aplikasi Antivirus

Untuk cara membersihkan dan menghapus virus di laptop windows sebenarnya terdiri beragam macam cara karena jenis virus saja terdiri sekitar 22 macam dan penyebabnya pun muncul secara tak sengaja oleh para pengguna.

Kalian bisa menggunakan metode menu temp, command prompt, windows security dan menggunakan aplikasi antivirus seperti smadav, avira, avast, mc afee, symantec, f secure, kaspersky dan sejenis lainnya.

Menghapus Backup Windows

Ketika kalian melakukan update atau install ulang OS, biasanya file windows sebelumnya masih tersimpan di menu pengaturan windows.

Menu Backup Windows

Untuk menghapusnya, klik disk cleanup pada kolom pencarian > kemudian pilih jenis penyimpanan drive > klik OK > selesai. setelah itu, kalian tinggal tunggu saja prosesnya hingga muncul checklist pada file tersebut.

Menghapus backup windows memang memiliki fungsi laptop windows tidak menjadi lemot kembali dengan cepat dan salah satu cara mengatasi laptop windows 8.1 lebih mudah.

Mematikan Visual Effects

Cara ini  memang lebih cepat dan sangat mudah untuk menambahkan performa laptop windows normal karena mematikan visual effect mengoptimalkan kinerja softaware yang dijalankan.

Fitur visual effect di windows ini bisa kalian gunakan untuk membuat tampilan lebih keren, namun yang perlu diperhatikan lihat dulu penyimpanan atau RAM yang digunakan.

Menu Visual Effect

Untuk caranya, klik menu control panel > pilih system > lalu pilih menu advanced system setting > pada halaman tersebut kalian klik advanced > klik opsi kinerja dan setting > pada bagian adjust for best performance centang > selesai. sehingga tab visual effects bisa off.

Animasi laptop dengan menggunakan visual effects dapat memperlambat laptop ketika sedang dinyalakan ataupun di jalankan.

Menggunakan Cooling Pad

Untuk mempermudah laptop yang cepat panas atau overheat yaitu menggunakan alat bantu kipas yang memiliki nama cooling pad. kalian bisa membeli lewat online shop atau datang langsug ke tempat komputer terdekat yang harganya mulai dari 30.000 tergantung spesifikasi dan mereknya.

Alat Cooling Pad

Mengatasi laptop lemot windows 10 bisa kalian gunakan menu  alat cooling pad yang dapat membantu laptop windows lemot menjadi normal kembali dengan cara bertahap-tahap.

Mematikan Laptop Saat Panas

Langkah terakhir yang paling ampuh dan dijamin sukses untuk mengatasi laptop windows lemot yaitu mematikan atau break sebentar sekitar 30-60 menit.

Mematikan Laptop

Jika kalian masih menghidupkan laptop dalam keadaan panas (overheat) akan menyebabkan masalah yang lebih dalam baik di hardaware ataupun software. untuk itu, kalian bisa mematikan laptop secara berkala hingga akhirnya bisa dingin

Faq Cara Mengatasi Laptop Windows Lemot

Berikut dibawah ini akan penulis simpulkan beberapa pertanyaan mengenai laptop windows yang muncul pada penelusuran google di bagian orang juga bertanya ditengah dan dibagian bawah layar:

Gimana caranya mengatasi laptop lemot?
Kalian bisa menggunakan beberapa trik diatas yang terdiri dari 14 cara untuk mengatasi laptop windows lemot.

Karena laptop windows lemot ataupun lambat memiliki beragam macam kesalahan yang terjadi di sistem perangkat yang kalian gunakan.

Untuk cara yang lebih gampang dan mudah mengatasi laptop lemot yaitu menghapus aplikasi yang tidak bermanfaat dan mematikan laptop saat panas.

Kenapa laptop jadi lemot?
Hal yang paling  sering terjadi karena terkena virus, penyimpanan drive sudah full dan ukuran RAM yang digunakan berukuran kecil.

Sehingga laptop yang kalian gunakan menjadi lemot dan tidak bisa berjalan dengan normal seperti pada umumnya.

Kenapa laptop jadi lemot setelah install ulang?
Jika kalian sudah menggunakan beberapa cara diatas dan masih mengalami lemot setelah install ulang, hal seperti bisa terjadi karena kesalahan pada penginstallan aplikasi yang akan digunakan pada sistem perangkat.

Untuk itu, silahkan kalian periksa atau cek terlebih dahulu apakah aplikasi yang di install sudah diketahui sumber atau bajakan dan cara mudah yaitu dengan menambhakan aplikasi antivirus supaya kinerja laptop bisa ringan dalam menjalankan.

Bagaimana cara agar windows 10 tidak lemot?
Untuk cara ini sebenarnya tak hanya fokus di jenis laptop windows 10 saja, melainkan di versi 7,8 dan yang terbaru 11 bisa kalian lakukan.

Kalian bisa mencoba satu persatu dari trik dan tips yang diatas seperti menghapus aplikasi, mengahpus virus, menghapus file recyclen bin dan berbagai jenis lainnya untuk bisa menormalkan kembai windows yang sedang digunakan.

Kenapa windows 8 lemot?
Dari beberapa cara diatas, trik dan tips yang paling ampuh yaitu dengan melakukan penghapusan virus menggunakan pengaturan bawaan windows atau menggunakan aplikasi tambahan antivirus.

Dikarenakan cara ini lebih mudah untuk menghilangkan windows 8 lemot yang terjadi ketika sedang dinyalakan atau startup.

Mengapa windows 7 jadi lambat?
Jenis windows 7 atau yang dikenal dengan sebuta seven ini sebenarnya sudah lama liris sekitar tahun 2009 yang lalu.

Sehingga metode update atau mengatasi lambat menjadi normal kembali sedikit berbeda dengan versi 10 dan 11 ini.

Akan tetapi, kalian tak perlu khawatir dan bingung lagi karena dengan mempercepat sebuah kinerja windows 7 bisa menggunakan beberapa trik dan tips yang sudah penulis berikan diatas.

Laptop windows + r juga sering terjadi para pengguna karena adanya kesalahan sistem perangkat saat digunakan.

Terkadang ada beberapa pengguna sering mengalami laptop lemot setelah update windows 10 karena kode atau aktivasi yang didapatkan salah memasukkan pada menu update & security.

Sehingga menyebabkan laptop lemot karena belum update windows sudah menjadi hal biasa terjadi bagi para pengguna yang mengabaikan nontifikasi yang ada di menu bar bagian layar desktop windows.

Jadi membersikan laptop lemot windows banyak beragam cara yang dapat kalian coba untuk bisa menetraisirkan kembali.
Penutup
Itulah cara mengatasi laptop windows lemot tanpa harus menginstall ulang os windows yang akan menghabiskan waktu dan proses yang lama.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan ke website ibnujacky - semoga postingan mengenai mengatasi laptop windows lemot bermanfaat bagi para pembaca.
Desain Seadanya