Tipografi Dalam Desain Yang Perlu Diketahui

Tipografi Dalam Desain mungkin kebanyakan menjadi pertanyaan ketika membuat desain grafis karena memiliki peran penting dalam menghasilkan karya ...

Bagi pemula khususnya, Tipografi Dalam Desain mungkin kebanyakan menjadi pertanyaan ketika membuat desain grafis karena memiliki peran penting dalam menghasilkan karya yang keren.

Namun, ketika kalian sudah memutuskan untuk terjun ke dunia creative yang mulai banyak diminati banyak orang harus megetahui Tipografi Dalam Desain lebih mendalam.

Lalu apa penjelasan dan pengertian Tipografi di Desain Grafis ini supaya nantinya para designer bisa memahami dalam menjelaskan ketika selesai membuat karya.

Untuk itu, silahkan simak postingan dibawah ini karena akan menemukan Pengertian, Jenis, Element, Manfaat dan Pentingnya Tipografi Dalam Desain sebelum membuat gambar pamflet, banner, majalah dan lainnya sehingga memiliki nilai desainer yang estetik kepada orang lain.

Element, Manfaat, dan Jenis Tipografi Di Desain Grafis 

Tipografi Dalam Desain Yang Perlu Diketahui

Menurut penulis sendiri, Tipografi Dalam Desain ini merupakan proses yang menyatukan antara gambar, warna, layout, bingkai dengan gambar desain sehingga menjadi sebuah karya.

Dalam dunia desain grafis, tipografi adalah salah satu aspek yang dapat mempengaruhi cara pesan yang akan disampaikan nantinya dan diterima oleh banyak orang dengan mudah.

Sehingga hal ini harus kalian miliki atau ketahui khususnya para designer yang masih baru atau pemula dalam berkarya supaya bisa membuati kreasi sekreatif mungkin.

Apa Itu Tipografi Pada Desain?

Apa Itu Tipografi Desain

Tipografi sebuah hal penting yang sering ditemui  yang berhubungan dengan desain karena merujuk pada peran pengantar komunikasi dari setiap ide kepada para audience atau pembaca nantinya.

Untuk kunci utama menciptakan sebuah karya gambat yang efektif dan menarik memerlukan Tipografi Dalam Desain sehingga bisa digunakan dengan hal yang bijak, meningkatkan pesan, komunikasi merek, dan pengalaman visual secara menyeluruh.

Tipografi dalam desain adalah seni dan ilmu memilih, mengatur, dan mengatur teks dalam visual yang estetis dan efektif. Ini adalah salah satu aspek penting dalam desain grafis, desain web, desain cetak, dan banyak bidang desain lainnya yang melibatkan teks.

Sehingga untuk membuat teks mudah dibaca dan memberikan pesan dengan jelas sambil memperhatikan elemen-elemen estetis yang menjadikan tujuan utama.

Element dan Konsep Penting Tipografi di Desain

Element dan Konsep Tipografi Desain 

Berikut beberapa element dan konsep penting dalam tipografi desain yang perlu kalian ketahui dalam membuar desainan. diantaranya sebagai berikut :

  • Jenis huruf atau font adalah karakter dan gaya teks yang digunakan dalam desain seperti jenis huruf serif times new roman, arial, skrip, dan lainnya sehingga dalam pemilihan harus mempertimbangkan segi karakter proyek, audiens dan pesan yang ingin disampaikan.
  • Ukuran huruf menjadi faktor penting dalam tipografi dalam desain karena dengan posisi yang tepat harus dipilih agar teks dapat dibaca dengan nyaman oleh banyak orang baik judul, subjudul, judul kecil, paragraf dan lainnya.
  • Kerning atau Spasi Antar Huruf adalah proses mengatur jarak antara huruf- dalam kata atau kalimat karena membantu menjaga keseimbangan visual dan membaca dengan lebih mudah.
  • Leading atau Spasi Antar Baris merupakan jarak vertikal antara baris teks dengan menyesuaikan yang bagus dapat mempengaruhi keterbacaan dan tampilan keseluruhan paragraf.
  • Tracking atau Spasi Antar Kata merupakan pengaturan jarak antara setiap kata-kata dalam teks karena konsep ini memengaruhi legibilitas dan estetika dalam desain.
  • All Caps atau Small Caps harus kalian ketahui karena penggunaan huruf kapital (all caps) dan huruf kapital kecil (small caps) dapat memberikan sebuah efek yang berbeda pada teks didalam desain.
  • Warna teks yang harus dipilih harus hati-hati karena untuk memastikannya harus sesuai dengan kontras yang cukup dengan latar belakang sehingga nantinya bisa mudah terbaca.
  • Perataan Teks wajib diatur secara kiri (left-aligned), tengah (center-aligned), kanan (right-aligned) dan rata kiri-kanan (justified) karena setiap jenis perataan memiliki dampak yang berbeda untuk proses Alignment ini.
  • Menentukan hirarki dalam desain merupkan tipografi dengan menggunakan berbagai ukuran, jenis huruf, dan teks karena nantinya bisa mengidentifikasi informasi yang penting.
  • Dalam konsep tipografi desain haru melihat dalam penggunaan gaya teks seperti italic, bold, underline dan lainnya karena dapat memberikan penekanan atau menggambarkan jenis informasi didalam desain grafis.
  • Dalam membuat latar belakang teks dan warna teks, hal yang harus kalian dipilih dengan bijak dan keren namun harus tetap bisa terbaca dengan jelas.

Dari beberapa diatas merupkan Element dan Konsep penting yang harus ada Tipografi didalam desain grafis sehingga bisa memadukan dengan cermat dalam menciptakan desain yang efektif, estetis, dan mudah dibaca. 

Baca Juga : Panduan Belajar Desain Grafis Secara Ototodidak Untuk Pemula

Jenis Tipografi di Dalam Desain Grafis

Jenis Tipografi Desain

Ada banyak jenis tipografi yang digunakan dalam desain grafis karena  memiliki dampak besar pada estetika dan komunikasi visual suatu proyek karya yang kalian buat. Berikut diantaranya sebagai berikut :

1. Tipografi Serif

Pertama, serif merupakan Jenis Tipografi di desain karena memiliki penambahan dekoratif kecil atau "serif" di bagian ujung hurufnya.  biasanya digunakan dalam desain yang bersifat formal dan tradisional seperti contoh Times New Roman, Georgia, Baskerville, Curlz dan lain sebagainya.

2. Tipografi Sans Serif

Selanjutnya, jenis Jenis Tipografi dengan huruf sans-serif yang memiliki model serif pada ujung hurufnya dengan tampilan yang lebih bersih dan modern sehingga sering kali digunakan dalam desain yang bersifat kontemporer dan digital seperti termasuk Arial, Helvetic, Futura dan lainnya.

3. Tipografi Skrip

Jenis huruf skrip atau Script seperti tulisan tangan manusia yang memiliki karakteristik kaligrafi dan cenderung memberikan sentuhan yang lebih personal dan elegan pada desain seperti Brush Script, Lucida Calligraphy, dan Pacifico. sehingga Jenis Tipografi yang satu ini lebih estetik dengan gambar subjudul.

4. Tipografi Slab Serif

Jenis huruf slab serif memiliki keunggulan yang lebih besar dan tebal daripada huruf konvensional lainnya karena digunakan dalam desain yang ingin memancarkan kekuatan dan keberanian seperti Rockwell, Courier, dan Clarendon.

5. Tipografi  Handwriting

Jenis tipogragis hardwriting atau tulis tangan ini dirancang untuk meniru sebuah tulisan tangan manusia yang memberikan sebuah sentuhan yang lebih personal dan informal pada desain seperti halnya Kristen ITC, Comic Sans, dan Handwriting-Dakota.

6. Tipografi Monospace

Jenis huruf monospace merupkan tipografi yang memiliki lebar karakter sama dengan huruf, angka, dan simbol. sehingga sering digunakan dalam kode komputer dan dokumen teknis monospace seperti Courier New, Consolas, dan Inconsolata.

7. Tipografi Display

Jenis Tipografi display adalah jenis huruf yang dirancang khusus bagi pengguna dalam tajuk, judul atau desain yang menonjol karena memiliki karakteristik yang unik dan ekspresif seperti Impact, Lobster, Bebas Neue dan lain sebagainya.

8. Tipografi Dingbats

Dingbats merupakan Jenis Tipografi dalam desain yang berisi karakter grafis atau simbol alih-alih huruf atau angka dengan menambahkan ikon atau simbol khusus dalam desain seperti Wingdings, Webdings, FontAwesome, Lovely dan lain sebagainya.

9. Tipografi Variabel

Jenis Tipografi variabel salah jenis huruf yang memungkinkan kalian dalam desain grafis menyesuaikan berbagai properti seperti ukuran, ketebalan dan posisi garis dasar dalam satu jenis  tunggal yang memberikan fleksibilitas besar dalam gambar.

10. Tipografi Blackletter

Terakhir, Jenis Tipografi yang banyak digunakan dalam desain grafis yaitu Blackletter yang dikenal dengan sebutan gothic atau Fraktur karena memiliki sebuah ampilan yang khas dengan elemen dekoratif dan kompleks, sehingga nantinya menciptakan tampilan yang bersejarah atau tradisional.

Dari beberapa Jenis Tipografi Dalam desain diatas sangat penting untuk kalian ketahui karena dapat memengaruhi pesan, suasana dan kesan visual dari proyek tersebut.

Sehingga kombinasi dari jenis huruf yang kalian pilih bisa lebih cerdas yang dapat menciptakan komunikasi yang kuat dan estetika yang menarik dalam karyanya.

Baca Juga : Cara Membuat Infografis di Canva Lewat HP Yang Menarik Tanpa Aplikasi

Manfaat Tipografi di Desain Grafis

Manfaat Tipografi Desain

Tipografi dalam desain grafis dan visual secara pada umum memiliki peran penting yang perlu kalian miliki. Berikut adalah beberapa manfaat  dari penggunaan, diantaranya sebagai berikut :

  • Pertama, manfaat paling mendasar dari tipografi yang baik adalah dapat meningkatkan keterbacaan teks karena setiap Jenis huruf yang tepat, ukuran huruf yang sesuai dan beberapa pengaturan spasi yang benar dapat membuat teks lebih mudah dibaca.
  • Tipografi desain dapat digunakan untuk mengkomunikasikan sebuah mood atau perasaan yang akan disampaikan nantinya dalam desain karena setiap jenis huruf memiliki gaya  tipografi dalam menciptakan suasana atau nuansa baik serius, formal, santai, dramatic dan kreatif.
  • Menciptakan elemen penting dalam identitas merek yang biasanya digunakan dalam jenis  logo dan materi merek lainnya karena hal ini dapat membantu mengidentifikasi merek tersebut dan menciptakan citra yang bersifat konsisten.
  • Dalam menggunakan tipografi yang baik, tepat dan bijak dapat membantu dalam memandu mata orang lain dengan melalui gambar desain. sehingga nantinya bisa mengarahkan perhatian mereka pada elemen penting seperti judul, subjudul, atau informasi kunci.
  • Tipografi juga dapat berperan dalam membentuk estetika visual dalam setiap desain karena pemilihan jenis huruf, ukuran, warna, dan perataan mampu menciptakan gambar yang unik dan menarik ketika dilihat.
  • Tipografi yang kuat dapat membuat gambar memiliki pesan atau teks menjadi lebih kuat dan berkesan untuk dibaca karena penggunaan huruf tebal, italic atau gaya lainnya bisa memberikan penekanan pada kata kunci atau frase yang ingin di utarakan.
  • Dukungan pada Hierarki Informas menjadi sebuah Tipografi dalam desain karena dapat membantu dalam menentukan atau membedakan antara judul, subjudul dan teks isi dalam menggunakan jenis huruf, ukuran dan gaya yang berbeda.
  • Membuat para desainer untuk menjadi kreatif, inovasi dan inovatif karena dapat menciptakan desain yang unik dan eksperimental dengan menyatukan jenis huruf dan pengaturan tipografi dalam desain yang dibuat.
  • Manfaat dalam tipografi yang konsisten dapat membantu untuk menciptakan sebuah kesatuan dalam desain karena setiap jenis huruf dan pengaturan yang sama dapat digunakan secara konsisten dalam seluruh proyek sehingga menjadi lebih terorganisir dan profesional.
  • Terakhir, manfaat yang akan kalian dapatkan ketika menggunakan tipografi dalam desain yaitu dapat digunakan untuk memandu mata melalui desain sehingga menjelajahi konten dan menarik perhatian pada elemen yang penting.

Itulah beberapa keuntungan, kelebihan dan manfaat yang akan kalian dapatkan ketika memahami Tipografi Dalam Desain Grafis dengan baik.

Baca Juga : Aplikasi Desain Grafis di HP Android dan iPhone Yang Gratis

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website ibnujacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini atau menghubungi langsung ke halaman kontak. semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Writing Illustration