6+ Panduan Belajar Desain Grafis Secara Ototodidak Untuk Pemula

Belajar Desain Grafis hingga menjadi profesional memang bisa di katakan gampang-gampang mudah sich apalagi secara otodidak. Lalu bagaimana caranya?

Hayyy para designer ? mungkin pertanyaan Belajar Desain Grafis Secara Otodidak sering kali muncul bagi seseorang yang masih baru atau bisa dikatakan pemula.

Jika dulunya untuk Belajar Desain Grafis atau menjadi desainer harus kursus, ikut pelatihan dan bahakan ada sekolahnya, untuk sekarang ini tak perlu khawatir akan hal semua itu.

Di perkembangan dunia digital seperti sekarang ini banyak pelajar, mahasiswa hingga sekelas perusahaan sudah memanfaatkan dunia sosial media dalam Belajar Desain Grafis karena banyak sekali materi dan eksperimen yang keren.

Belajar Desain Grafis hingga menjadi profesional memang bisa di katakan gampang-gampang mudah sich apalagi secara otodidak. Lalu bagaimana caranya?

Silahkan kalian simak postingan dibawah ini karena penulis sendiri Belajar Desain Grafis Secara Otodidak sejak tahun 2017 hingga sekarang ini 😬😁😬

Trik dan Tips Belajar Desain Grafis Tanpa Kursus

Panduan Belajar Desain Grafis Secara Ototodidak Untuk Pemula

Belajar Desain Grafis ada banyakn cara yang harus kalian ketahui dan janga pernah berhenti untuk berkarya meskipun hasilnya menurut pribadi belum bagus.

Dari hal itulah, ketika kalian sudah memperlihatkan hasil gambar yang dibuat, nantinya banyak menghadirkan komentar dan masukkan untuk lebih baik kedepannya dari orang lain khususnya designer pro.

Trik dan Tips Belajar Desain Grafis yang wajib kalian miliki yaitu harus memiliki ilmu dalam berkarya terlebih dahulu dan beberapa cara lainnya.

Baca Juga : Cara Menggunakan Pixallab Yang Terbaru Untuk Pemula

Berikut dibawah ini Tips Belajar Desain Grafis Bagi Pemula yang bisa di coba secara otodidak tanpa harus sekolah dan ikut kursus. diantaranya sebagai berikut :

1. Niat dan Semangat

Niat
Pertama, Cara Belajar Desain Grafis hingga nantinya menjadi profesional dengan menghasilkan uang pendapatan jutaan rupiah yaitu dengan menata niat dan semangat tanpa menyerah.

Trik ini memang menjadi cara yang paling rekomended untuk kalian persiapkan apalagi ingin desainer sekelas pro internasional.

Niat dan Semangat merupakan kedua kata kunci yang harus kalian miliki bagi pemula secara otodidak karena belajar desain grafis banyak hal yang harus dilakukan.

2. Target atau Planning

Target dan Planning
Selanjutnya, Trik dan Tips Belajar Desain Grafis Untuk Pemula Sampai Profesional yaitu membuat rancangn target dan planning sebaik mungkin supaya nantinya bisa sesuai eskpetasi.

Seperti hal contoh begini, minggu ini harus bisa memahami jenis desain, minggu depan fungsi halaman aplikasi hingga selanjutnya.

Dengan membuat target atau planning, impian kalian ingin menjadi desainer dengan hasil karya desain grafis yang keren terwujudkan.

3. Bergabung Komunitas

Bergabung Komunitas
Tips Belajar Desain Grafis yang mudah dan gratis yaitu dengan cara bergabung ke komunitas atau grup di daerah domili kalian.

Sekarang ini, sudah banyak grup Desain Grafis di halaman facebook, instagram, tiktok, whatsapp, telegram dan twitter. sehingga kalian bisa ikut yang tujuannya menambah relasi persaudaraan.

Sehingga nantinya kalian bisa lebih mudah ketika meminta masukkan kepada yang lebih ahli atau pro karena sudah ahilnya dalam dunia designer.

4. Jangan Berhenti Membaca, Menonton dan Berkarya

Jangan Berhenti Membaca, Menonton dan Berkarya
Tutorial Belajar Desain Grafis yang bisa kalian coba yaitu dengan jangan berhenti membaca menonton dan berkarya dunia designer yang terupdate.

Dikarenakan, banyak sekali jenis atau model desain grafis yang mulai muncul di era digital seperti sekarang ini dengan hasil yang lebih estetik.

Membaca dalam artian, kalian harus memahami arti dan fungsi setiap tools supaya natinya tinggal action. 

Untuk menonton, silahkan kalian manfaatkan platform sosial media seperti YouTube, Instagram, Facebook dan sejenis lainnya untuk melihat hasil desain para designer profesional.

Terakhir yaitu berkarya, kalian praktikan dengan membuat gambar desain grafis sebanyak mungkin supaya nantinya dapat melakukan koreksi sendiri mana yang harus di perbaiki, pertahankan dan tidak dilanjutkan.

Baca Juga : Jenis Desain Grafis Yang Lengkap Dengan Penjelasan dan Contohnya

5. Memahami Aplikasi

Memahami Aplikasi
Materi Desain Grafis Lengkap Untuk Pemula memang bisa kalian baca lewat halaman buku atau tutorial seperti youtube, tiktok, FB, IG dan sejenis lainnya.

Sehingga memahami aplikasi sebaik mungkin dapat membantu kalian lebih mudah dalam Belajar Desain Grafis secara otodidak dan bahka. gratis.

Untuk jenis apliksasi yang tersedia atau memang khusus desain grafis bisa kalian gunakan dengan mudah baik di HP maupun PC.

Seperti coreldraw, photoshop, canva, picsart, pixellab dan lainnya dengan dilakukan proses pengunduhan terlebih dahulu.

Dari beberapa aplikasi diatas, untuk segi fitur dan tolls yang terdapat dihalaman editing berbeda. sehingga sangat penting untuk pahami agar proses belajar desain grafis bisa lebih cepat.

Baca Juga : Aplikasi Desain Grafis di HP Android dan iPhone Yang Gratis

6. Jangan Malu

Jangan Malu
Terakhir Tips Belajar Desain Grafis Untuk Para Desainer Pemula yang sangat rekomended untuk kalia coba yaitu dengan jangan malu dari hasil karyanya setiap selesai ngedesain.

Dikarenakan, jika kalian malu mengepost atau mengunggah hasil karya desain grafis yang kalian buat nantinya tidak ada masukkan untuk gambar terbaru.

Yang perlu dijadikan catatan, setiap gambar desain grafis yang kalian buat tidak semua orang menyukai karena setiap padangan memiliki berbeda baik dari font, warna ataupun layout.

Meskipun nantinya mengambil layout atau bingkai orang jangan lupa untuk menyertakan sumbernya atau di olah kembali sekiranya tidak sama.

Dari keenam trik dan tips Panduan Belajar Desain Grafis Secara Ototodidak diatas dapat kalian lakukan dengan mudah khususnya Untuk Pemula supaya hasil karya nantinya lebih aesthetic.

Baca Juga : Cara Membuat Mockup di HP Android dan iPhone Yang Gratis Tanpa Aplikasi

Apakah desain grafis termasuk IT?
Dalam bidang IT tanpa Coding mengatakan bahwa desain grafis karena metodenya menggunakan perangkat lunak desain khusus dalam membuat gambar dan jenis visual lainnya.

Apa situs belajar desain grafis online?
Dihalaman penelusuran gogle, sudah banyak website atau situs yang menyediakan belajar desain grafis online seperti Canva, Creativelive, Coursera, Udemi dan lain sebagainya secara otodidak gratis.

Apa saja yg harus dipelajari dalam desain grafis?
Untuk menjadi seorang desain grafis harus bisa mempelajari perihal prinsip dasar yaitu seperti komposisi, keseimbangan, kontras, proporsi, serta memahami tipografi yang baik dalam memilih font yang tepat, ukuran, dan settingan huruf.

Berapa gaji seorang desainer grafis?
Untuk gaji graphic designer sebesar kurang lebih Rp. 2.000.000 – 7.000.000 tergantung karya yang dihasilkan. apabila bagus akan lebih mahal lagi untuk pendapatannya.

Aplikasi desain grafis apa saja?
Untuk aplikasi yang banyak digunakan oleh para desainer dalam membuat karya desain grafi di laptop yaitu yaitu corel draw dan photoshop. untuk pengguna perangkat HP hampir sebagian besar yaitu PicsArt dan Canva.

Skill apa saja yang harus dimiliki seorang desainer?
Typography, menguasai prinsip desain, belajar dari halaman aplikasi, time management, kemampuan presentasi, bahasa pemrograman, komunikasi, kreatif dan selalu update.

Baca Juga : Cara Menggunakan PicsArt Untuk Pemula

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website ibnujacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini atau menghubungi langsung ke halaman kontak. semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Writing Illustration