9+ Cara Mengatasi Microsoft PowerPoint Not Responding Terbaru

masalah Microsoft PowerPoint Not Responding yang terjadi ketika hendak membuat persentasi, dokument pertemuan dan sejenis lainnya..

Mengatasi Microsoft PowerPoint Not Responding dapat diperbaiki dengan cepat dan mudah sekali tanpa harus menghapus software yang sudah terpasang di perangkat laptop ataupun komputer.

PowerPoint Not Responding adalah pesan kesalahan yang muncul saat aplikasi Microsoft PowerPoint tidak merespons atau menjadi tidak responsif ketika kalian mencoba menggunakannya.

Ketika PowerPoint mengalami masalah Note Responding, kalian mungkin tidak dapat mengklik, mengetik, atau melakukan tindakan lain di dalam aplikasi tersebut. Pesan ini muncul untuk memberi tahu pengguna bahwa PowerPoint tidak berfungsi seperti seharusnya.

Sehingga masalah Microsoft PowerPoint Not Responding yang terjadi ketika hendak membuat persentasi, dokument pertemuan dan sejenis lainnya menjadi tidak dilanjutkan lagi.

Trik Mengatasi Microsoft PowerPoint Not Responding Yang Ampuh

Cara Mengatasi Microsoft PowerPoint Not Responding Terbaru

Microsoft PowerPoint Not Responding yang terjadi di perangkat laptop atau komputer kalian bisa terjadi kapan atau dimana saja ketika software mengalami masalah seperti error.

PowerPoint sanat mudah untuk dikalianlkan sebagai alat pembuat file presentasi dari pada software lainnya. Apalagi mayoritas pengguna di negara ini banyak yang menggunakan sistem operasi Windows dibandingkan MacOS.

Berikut beberapa penyebab Microsoft PowerPoint Not Responding sehingga kalian tidak dapat menjalankan software seperti pada umumnya. diantaranya sebagai berikut :

  • Jika PowerPoint harus menangani terlalu banyak proses atau tugas sekaligus, aplikasi tersebut mungkin menjadi tidak responsif.
  • Jika komputer kalian memiliki kapasitas RAM atau daya pemrosesan terbatas, PowerPoint mungkin mengalami kesulitan dalam menangani tugas yang kompleks.
  • Jika file presentasi yang kalian buka rusak atau korup, PowerPoint mungkin tidak dapat merespons dengan baik.
  • Beberapa add-in atau plugin yang diinstal pada PowerPoint mungkin tidak kompatibel atau bermasalah, menyebabkan aplikasi menjadi tidak responsif.
  • Masalah saat instalasi atau perangkat lunak PowerPoint itu sendiri dapat menyebabkan aplikasi menjadi tidak responsif.
  • Terkadang, program lain yang berjalan di latar belakang dapat menyebabkan konflik dengan PowerPoint dan menyebabkan masalah Not Responding.

Jika kalian mengalami masalah error Microsoft PowerPoint Not Responding yang terjadi di perangkat dengan beberapa penyebab yang penulis berikan diatas, silahka ikuti beberapa langkah dibawah ini :

Trik dan Tips  Mengatasi Microsoft PowerPoint Not Responding Terbaru

1. Cek Secara Berkala

Pertama, Microsoft PowerPoint Not Responding tanpa harus hapus software yaitu dengan cek secara berkala sekitar kurang lebih 10 menit sambil mencari informasi di browser maupun sosmed.

Terkadang, PowerPoint hanya membutuhkan waktu untuk menyelesaikan tugas tertentu. Biarkan aplikasi berjalan selama beberapa saat untuk melihat apakah itu akan merespons lagi.

Jangan mengklik atau melakukan tindakan berulang saat PowerPoint tampak tidak merespons, karena hal ini dapat membuat aplikasi menjadi lebih lambat ketika dijalankan.

2. Restart Software

Selanjutnya, Microsoft PowerPoint Not Responding yaitu dengan melakukan proses restart software dan buka kembali seperti pada umumnya sehingga menjadi normal kembali.

Hal ini mungkin dapat mengatasi masalah sementara dan membersihkan cache yang mungkin menyebabkan masalah seperti Microsoft PowerPoint Not Responding yang muncul dihalaman software.

3. Periksa Sumber Daya Perangkat

Microsoft PowerPoint Not Responding bisa disebabkan dengan sumber daya perangkat yang tidak normal atau sudah memenuhi kapasitas maximun yang telah ditetapkan.

Pastikan perangkat laptop atau komputer kalian memiliki cukup sumber daya, seperti RAM dan ruang penyimpanan yang cukup, untuk menjalankan PowerPoint dengan lancar. Tutup aplikasi atau proses lain yang mungkin mempengaruhi kinerja PowerPoint.

4. Nonaktifkan Add-in atau Plugin

Jika kalian menginstal add-in atau plugin pada PowerPoint, cobalah untuk menonaktifkan atau menghapusnya untuk melihat apakah masalahnya hilang. Beberapa add-in mungkin tidak kompatibel dengan versi PowerPoint tertentu atau menyebabkan masalah.

Dengan menonaktifkan Add IN atau Plugin, maka Microsoft PowerPoint Not Responding yang tadinya error ketika dijalankan bisa kembali pulih dengan normal tanpa adanya gangguan.

5. Perbarui PowerPoint

Pastikan kalian menggunakan versi PowerPoint yang terbaru dan perbarui perangkat lunak jika diperlukan. Perbarui juga Microsoft Office secara keseluruhan jika perlu.

Perbarui powerpoint atau update software dapat membuat Microsoft PowerPoint Not Responding bisa kembali pulih dengan normal tanpa adanya gangguan yang muncul.

6. Buka File Presentasi Lain

Jika masalah terjadi saat membuka file presentasi tertentu, coba buka file presentasi lain untuk melihat apakah masalahnya terbatas pada file tertentu. File presentasi yang rusak atau korup mungkin menyebabkan PowerPoint menjadi tidak responsif.

Trik yang satu ini masih jarang diketahui oleh pengguna lain ketika mengalami Microsoft PowerPoint Not Responding yang muncul dihalaman aplikasi dengan menggunakan file tersebut.

7. Gunakan Mode Aman

Cobalah jalankan PowerPoint dalam "Mode Aman" dengan memulai PowerPoint dengan parameter /safe. Ini akan memulai aplikasi tanpa add-in atau plugin pihak ketiga, sehingga membantu kalian mengidentifikasi masalah yang disebabkan oleh add-in.

Mode aman di laptop ataupun komputer memikiki banyak fungsi atau kegunaan seperti Mendeteksi dan Mengatasi Masalah di bagian Microsofot PowerPoint Net Responding.

Tak hanya itu saja, mode aman merupakan suatu mode operasi yang memungkinkan sistem operasi untuk berjalan hanya dengan pengaturan dasar dan sejumlah fitur terbatas. Mode aman biasanya digunakan untuk tujuan diagnostik, perbaikan, dan penyelesaian masalah pada sistem. 

8. Pindahkan File Presentasi

Jika PowerPoint terbuka, coba pindahkan file presentasi yang menyebabkan masalah ke lokasi lain atau buka file presentasi dari lokasi yang berbeda sehingga nantinya bisa dijalankan tanpa adanya Microsofot PowerPoint Net Responding.

9. Periksa Masalah Hardware

Terakhir, Mengatasi Microsofot PowerPoint Net Responding d laptop atau komputer kalian yang paling ampuh yaitu dengan periksa masalah hardware diperangkat.

Beberapa masalah pada hardware komputer kalian dapat menyebabkan masalah pada aplikasi. Pastikan tidak ada masalah fisik, seperti kerusakan RAM atau disk, yang mempengaruhi kinerja PowerPoint.

Jika masalah Microsoft PowerPoint Not Responding tetap berlanjut setelah mencoba langkah-langkah di atas, kalian mungkin perlu mencari bantuan dari dukungan teknis Microsoft atau mencari solusi lebih lanjut melalui sumber daya online atau forum komunitas pengguna PowerPoint.

Baca Juga : Situs Jurnal Internasional dan Nasional di Indonesia

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website ibnujacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini atau menghubungi langsung ke halaman kontak. semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Writing Illustration