Tips Membeli Kamera DSLR dan Mirrorless Bekas Yang Terbaik

kamera bekas atau baru memiliki perbedaan yang cukup kecil dalam setiap penggunaanya. tergantung dari kalian sendiri yang tujuannya untuk apa membeli

Membeli Kamera DSLR dan Mirrorless Bekas menjadi pertanyaan ketika ingin bergelut di dunia seni fotografi karena jika salah memilih menjadi masalah dalam penggunaannya.

Dunia fotografi di era digital seperti sekarang ini menjadi pekerjaan atau bisnis freelance yang sangat menguntungkan karena bisa mendapatkan omset hingga jutaan lebih ketika ada job.

Sehingga membeli kamera bekas yang terbaik, bagus dan berkualitas banyak di cari orang agar tetap aman dalam menggunakan alat tersebut ketika sedang mengambil gambar.

Sebenarnya, kamera bekas atau baru memiliki perbedaan yang cukup kecil dalam setiap penggunaanya. tergantung dari kalian sendiri yang tujuannya untuk apa membeli alat tersebut.

Cara Mengecek Kamera Second Canon, Nikon, Sony dan Fuji

Tips Membeli Kamera DSLR dan Mirrorless Bekas Yang Terbaik

Mengecek kamera bekas atau second merupakan hal simple, namun kalian harus lebih teliti karena namanya barang akan memiliki minus tersendiri ketika dilempar dari tangan pertamanya.

Lalu apa yang harus diperhatikan saat membeli kamera second?

Berikut dibawah ini penulis akan memberikan trik dan tips yang bagus untuk mengecek kamera bekas dslr dan mirrorless agar kalian tetap aman ketika menggunakan alat tersebut. diantaranya sebagai berikut :

Cek Kondisi Fisik atau Body

Cek Kondisi Fisik atau Body

Tips membeli kamera dslr dan mirrorless bekas yang pertama yaitu dengan cek kondisi fisik atau body dengan sangat teliti.

Cara pertama ini, kalian bisa mengecek di mulai pada bagian tombol menu, lensa, tempat memory, baterai, port usb atau speaker, blur, lampu flash nyala atau tidak dan lain sebagainya.

Supaya tak hanya terlihat bagus diluar saja, namun dibagian dalam nya bisa terkoneksi dengan baik saat menekah tombol di bagian fungsinya.

Cek Bagian Internal

Cek Bagian Internal

Setelah mengetahui kondisi fisik atau bodynya, tahap selanjutnya untuk cek kamera bekas yaitu dengan cek bagian internal pada layar body.

Apabila dibagian eksternal bagus belum dibagian internal baik juga, untuk itu silahkan cek bagian internal mulai dari layar vignet (ada hitam dipinggir), pengaturan penyimpanan, menu shutter speed, iso, diafragma, effeks dan lain sebagainya.

Supaya pembelian kamera bekas atau second kalian tidak bisa digunakan selamanya tanpa ada gangguan pada saat digunakan memotret. 

Cek Shutter Count

Cek Shutter Count

Cara shutter count adalah hal yang terpenting ketika ingin membeli kamera bekas supaya kalian bisa mengetahui usia pada kamera atau tinggal berapa jepretan untuk di lakukan pada tombol shutter.

Jika usia SC yang terdapat dikamera masih mencapai angka yang normal sekitar kurang lebih 20.000, maka kamera masih dalam keadaan aman untuk kalian beli meskipun bekas.

Shutter Count atau SC ini memiliki jumlah maksimun tersendiri, tergantung dari jenis kamera yang akan kalian beli mulai dari 50.000 hingga 500.000.

Baca Juga : Cara Cek Shutter Count di Kamera Canon Terbaru (Semua Type)

Cek Jamur di Lensa

Cek Jamur di Lensa

Sekanjutnya, cara mengecek kamera bekas yaitu dengan melihat atau cek jamur di lensa yang terpasang di body. Dengan mengecek pada bagian lensa atau tempat pemasang di body, maka jamur akan ketahuan dan usahakan lampu dalam proses pengecekan lensa ini supaya kelihatan dengan jelas.

Jika lensa terdapat jamur, usahkan jangan kalian beli jika mau digunakan dengan jangka waktu yang panjang. Biasanya kamera yang berjamur ini disebabkan karena penempatan yang lembab atau tidak aman oleh pengguna.

Ditambah, biaya atau harga membersihkan jamur dilensa ini lumayan mahal sekitar kurang lebih 200.000 atau bahkan lebih tergantung dari banyaknya jamur yang terdapat dilensa tersebut.

Cek Auto Fokus

Cek Auto Fokus

Yang diperhatikan saat membeli kamera second atau bekas yaitu dengan cek auto fokus yang terdapat dilensa apakah normal atau tidak pada saat digunakan memotret oleh pengguna.

Biasanya, tempat ini berada di daerah body pemasangan lensa yang bertulis AF (AUTO FOKUS) dan MF (MANUAL FOKUS) secara berkali-kali. Dengan mengecek bagian auto fokus, maka lensa yang terdapat dikamera bisa ketahuan untuk kondisiya.

Baca Juga : Cara Membuat Foto Blur di HP Android Tanpa Aplikasi

Cek Riwayat Penggunaan

Cek Riwayat Penggunaan

Mengecek kamera bekas yang akan kalian beli yaitu dengan cara cek riwayat penggunaan mulai dari kamera udah ditangan ke berapa, sudah berapa lama pegang, pernah jatuh apa belum, baterai tahan berapa jam, pernah ganti shutter count apa tidak dan lain sebagainya.

Riwayat penggunaan sangat berarti apalagi untuk kalian yang ingin membeli kamera bekas atau second yang sudah lama bergelut di dunia fotografi ataupun di tempat jual beli umum.

Cek Kelengkapan Kamera

Cek Kelengkapan Kamera

Tips membeli kamera mirrorless dan dslr bekas yang terakhir yaitu cek kelengkapan kamera mulai dari charger, tali starf, baterai, memory, lensa yang akan digunakan dan lain sebagainya.

Mengetahui kelengkapan kamera bekas yang akan kalian beli, maka bisa antisipasi atau mempersiapkan untuk membeli keperluan lainnya yang sekiranya sangat dibutuhakn dalam memulai motret.

Dengan melakukan cek kondisi fisik body, shutter count, jamur di lensa, auto fokus, kelengkapan dan riwayat penggunaan maka pembelian kamera dslr atau mirrorless kalian akan tidak ragu bahkan berkualitas.

Sebelum menutup postingan kali ini, penulis akan memberikan beberapa trik dan tips cara menyimpan kamera dslr dan mirrorless yang benar semoga bisa membantu kamera kalian awet dan tahan lama. diantaranya sebagai berikut :

Simpan di Tempat Dry Box

Supaya kamera kalian tetap aman dan awet dengan jangka panjang, silahkan simpan di tempat dry box atau laci yang terbuat dari plastik, kayu, stainless, aluminium atau sejenis lainnya.

Dengan begitu, kamera yang kalian beli meskipun bekas masih tetap aman dari hal-hal yang tidak sengaja seperti jatuh, diinjak, kena benturan keras hingga yang bersifat kerusakan.

Menggunakan Silical Gel

Sebuah butiran yang mampu menyerap lembab hingga yang sudah berpori di bagian kamera, silical gel menjadi alat yang sangat membantu bagi kalain yang ingin membeli kamera bekas.

Tak hanya itu saja, silica gel juga sering digunakan oleh seseorang dalam menyimpan makanan, obat-obatan, ataupun yang bersifat sensitif karena sudah tidak asing lagi dari segi manfaatnya.

Jauhkan Dari Tempat Lembab

Meskipun kalian sudah menaruh di dry box dan dipasang silica gel, jauhkan dari tempat lembab juga menjadi hal yang harus diperahatikan agar kamera tidak kemasukan cairan air yang merusaknya.

Lembab di lokasi sekitar akan membuat kamera cepat muncul jamur yang nantinya akan masuk kedalam sistem yang ada di bagian eksternal dan internal sehingga menjadi error ketika digunakan.

Jangan Terlalu Lama Didiamkan

Jika kalian sering sibuk dan jarang menggunakan kamera, hal yang harus ingat yaitu jangan terlalu lama didiamkan apalagi hingga berbulan-bulan supaya tidak menjadi rusak.

Untuk itu, silahkan gunakan kamera kalian pakai untuk memotret apa saja setidaknya satu minggu atau sebula sekali. supaya kamera kalian tetap ada aktvitas di program.

Lepas Baterai dan Memory

Selanjutnya, menyimpan kamera yang benar yaitu dengan lepas baterai dan memory apalagi tidak digunakan dalam jangka waktu sekejap atau lama. supaya dalam penggunaan tetap aman.

Lepas baterai dan memory yang terdapat dikamera kalian sangat perlu sekali untuk dilakukan. selain menjaga kedua alat tersebut agar tidak rusak, penggunaan kamera kalian bisa terkntrol dengan mudah.

Membersihkan Secara Berkala

Cara menjaga dan menyimpan kamera bekas yang terakhir yaitu dengan cara membersihkan secara berkala pada bagian body dan lensa meskipun alat tersebut jarang digunakan.

Kalian tak perlu membawa ketempat service yang akan menghabiskan biaya yang cukup besar, gunakan alat seadanya saja seperti kuas berukuran, tisu, kain atau sejenis lainnya. 

Meskipun kamera yang kalian beli bekas atau second, namun merawat dan menjaga menjadi hal yang penting supaya dalam penggunaannya tetap aman selalu hingga jangka waktu panjang.

Baca Juga : Cara Memasang Efek di Kamera Canon

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini. semoga postingan diatas bermafaat bagi para pembaca.

Writing Illustration