6# Wisata Religi Sumenep Madura Yang Banyak Dikunjungi

Perjalanan para raja pada zaman dahulu kala memang banyak berhenti untuk bertapa atau menyebarkan agama islam di wilayah paling timur pulau madura...

Wisata Religi di Sumenep memang banyak untuk di singgah, karena disini salah satu wilayah yang banyak di tinggalkan jejak para tokoh-tokoh besar madura hingga luar daerah.

Selain memiliki destinasi wisata alam yang keren dengan nuansa yang menakjubkan, Sumenep masih menyimpan tempat keramat yang banyak di kunjungi oleh banyak rombongan hingga luar daerah untuk mengharap barokah.

Perjalanan para raja pada zaman dahulu kala memang banyak berhenti untuk bertapa atau menyebarkan agama islam di wilayah paling timur pulau madura ini.

Sehingga ada sebagian yang menyebutnya kota kerajaan dengan berbagai macama cerita rakyat yang legendaris pada zaman dahulu kala.

Wisata Religi di Sumenep Yang Ramai Untuk Berizarah

Wisata Religi Sumenep

Wisata Religi Sumenep di Madura tak hanya berada di kawasan kota saja, namun di perdesaan atau pelosok hingga beberapa pulau kecil  masih ada komplek pemakaman yang di penuhi kerajaan bangsawan.

Untuk itu, dibawah ini penulis akan memberikan beberapa tempat wisata religi yang ada di sumenep yang perlu atau wajib kalian kunjungi. di antaranya sebagai berikut :

Pesarean Jokotole

Wisata reigi sumenep yang memiliki keturunan dengan raja madura yakni antara pasangan adipoday dengan sang istri yakni potre koneng. tempat makam ini berada di Kampung sa'as, desa lanjuk, kecamatan manding, sumenep.

Lokasi dari pusat kota sekitar 20 menit, jarak yang kalian tempuh dengan kendaraan. makam ini sangat di keramatkan oleh warga sekitar bahkan sampai diluar daerah karenan memiliki legenda yang bersejarah atas perjuangannya di pulau madura.

Pintu Utama Asta Jokotole

Ario Kudopanule nama asli beliau yang sekarang ini dikenal dengan sebutan jokotole alias pangeran cakraningrat III yang berkedudukan di wilayah sumenep.

Asta Tinggi

Arsitekur bangunan yang terdapat dikawasan ini beragam yang menonjol seperti arab, belanda, china dan jawa. karenan pengaruh kebudayaan dahulu sangat kental sekali. tempat makam asta tinggi sumenep ini berada di Jalan asta tinggi, temor lorong, kebunagung, sumenep

Seluruh kompleks ini memiliki ukuran sekitar 100 meter lebih antara luas dan lebarnya. disini salah satu tempat istirahat terakhir para raja-raja dulu yang berjuang kabupaten sumenep.

Disini terdapat ratusan makam yang akan kalian temukan, akan tetapi makam pertama kali yang ada disini adalah Adipati Masa Pangeran Anggadipa dan istrinya yakni Ayu Mas Ireng yang disemayamkan di suatu kubah yang bagian barat.

Kubah Asta Tinggi

Komplek tersebut awalnya sudah berada pada abad ke 16 dan terlihat jelas pada tahun 1600an pada masa penembahan sumala dan sulta pakuningrat.

Lokasi tempat asta tinggi sumenep ini berada di daerah ketinggian perbukitan, sehingga orang warga sekitar menyebutnya asta rajeh atau dalam bahasa indonesia adalah asta tinggi.

Asta Yusuf

Makam waliyullah yang bernama asli Sayyid Bin Yusuf Bin Alin Bin Abdullah Bin Al Hasani, beliau disembahyangkan di tengah laut tepatnya di Pulau Poteran, Talango, Sumenep.

Bagi kalian yang ingin berziarah ke komplek makam asta ini pengunjung harus melewati perahu yang terdapat di Kalianget dengan menyebarang.

Madura memang sangat menyakini sekali terhadap tempat-tempat keramat. sehingga tempat ini selalu ramai dukunjungi untuk berziarah hingga tamu dari luar daerah yang berdatangan demi mengaharp barokah dari makam waliyullah asta yusuf ini.

Tampak Luar Asta Yusuf

Beliau sangat dikenal sekali akan perjuangan menyebarkan agama islam hingga disenut mursyid tarekat khalwatiyah. penemuan makam tersebut yakni sultan abdurrahman seorang raja sumenep.

Penemuan yang berawal ketika beliau sedang istirahat dan dikejutkan dengan adanya sinar cahaya dilangit ketika malam hari dan kemudian datang sebuah lembaran daun yang jatuh dari pohon dengan memberikan petunjuk bahwa disamping pohon tersebut terdapat makam keramat yakni sayyid yusuf.

Meskipun lokasinya harus melewati laut, akan tetapi para penziarah tetap datang dengan cara memarkir kendaraan bawaanya di terminal kalinget.

Masjid Jamik Sumenep

Bangunan yang masih mempertahankan arsitektur jaman dahulu, dimana dari tampak luar bangunan ini sangat terlihat sekali seperti halnya rumah atau istana para raja pada abad tahun silam.

Masjid ini dibangun pada tahun1700 an yang dikenal dengan sebutan masjid agung. akan tetapi dahlunya dikenal dengan sebutan masjid jamik. lokasinya berada di Dalam anyar, bangselok, sumenep

Disini kalian tak hanya datang untuk melakukan ibadah saja, melainkan kalian juga mengenal tentang sejarah-sejarah yang terdapat di are masjid agung sumenep.

Ditambah dengan halaman masjid yang begitu besar dengan ditumbuhi pepohonan yang tinggi yaitu pohon sawo. sehingga sangat nyaman akan keteduhan apabila bersantai ria disini. di dalam masjid, masjid ini sangat kental sekali seperti layaknya keraton yang berwarna kuning keemasan.

Masjid Jamik Sumenep Dari Tampak Atas

Banyak para pengunjung yang mengabadikan moment di masjid agung sumenep ini apalagi dengan background gapura yang memadukan beragam budaya.

Asta Gumuk

Silsilah makam waliyullah ini memiliki banyak keturunan salah satunya dari sunan kudus yang terdapat dijawa tengah, nama asli beliau yakni Ki Ali Brambang yang dikenal dengan penyebar ilmu agama ilmu tashawwuf. beliau meninggal pada tahun 1292.

Makam asta gumuk terletak didaerah bandara internasional trunojoy sumenep di sebelah timurnya tepatny di Dusun brambang 009/003, desa kalimook, sawah, kalianget, sumenep

Asta Gumuk selalu didatangi para peziarah hingga dari luar daerah, semasa hidupnya beliau juga dikenal dengan ulam' tersohor pada raja-raja sumenep dengan dibuktikannya seorang ekor kera yang bisa mengaji.

Pintu Utama Asta Gumuk

Pembuktian tersebut dilakukan pada saat ada pertemuang seluruh raja sumenep di kerajaan keraton. kemudian sang raja menyuruh Ki Ali untuk sang kera mengaji dikediamannya. Akhirnya disaksikan seluruh sang raja apa yang terjadi suara yang mengaji tersebut begitu indah dan merdu.

Buju' Panaongan

Ditemukan makam buju' penaongan ini berawal dari panggilan jurukuncinya yaitu Bapak Imam Syafi'i dengan saudaranya yaitu Bapak H.Amiruddin bersama rombonngannya sekitar puluhan lebih. tepatnya berada di Benteng utara, penanongan, pasongsongan

Asta tersebut dipanggil dengan adanya sebelah barat daya pohon siwalan ada cahaya turun dari pasir hamil lewat mimpi atau bahaasa maduranya "beddih sengandung". asta tersebut ditemukan pada saat pemggalian ke 6 tepatnya jam 02:30 tengah malam.

Tamapak Luar Buju' Penaongan

Sehingga mendengar informasi tersebut seluruh warga dan para takmir masjid ikut serta dalam penggalian tanah untuk asta penaongan tersebut.Asta penaongan ditemukan pada abad 18 tahun lalu, pada saat kepemimpinan presiden gusdur.

Dari beberapa wisata religi sumenep di atas, kalian lebih mudah untuk mencari tempat-tempat yang cocok untuk di explore.

Baca Juga: Wisata Religi Pamekasan Yang Keramat dan Bersejarah 

Itulah wisata religi sumenep di madura yang cocok untuk di kunjungi oleh kalian untuk mengharap barokah para wali-wali.

Terima kasih kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan klik komentar atau menghubungi kontak person di halaman utama dan semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.