4# Wisata Religi Pamekasan Madura Yang Keramat dan Bersejarah

Tak hanya dikenal dengan kota pendidikan saja dengan fasilitas yang terkstruktur, Kabupaten pamekasan masih menjaga makam para waliyullah...

Wisata Religi Pamekasan yang ada di Pulau Madura masih banyak yang keramat dan bersejarah untuk di kunjungi oleh kalian baik bersama rombongan maupun sendirian.

Tak hanya dikenal dengan kota pendidikan saja dengan pemerintahan yang terkstruktur, Kabupaten pamekasan masih menjaga makam para waliyullah untuk mengharap barokah.

Jadi, ketika kalian sedang berada di pameksan sangat di sayangkan sekalian jika tidak berhenti ke salah satu wisata religi yang memiliki karomah yang luar biasa.

Wisata Religi terkadang ada yang ramai setiap tahun sekali, setiap bula sekalia, setiap seminggu sekali bahkan ada yang sampi setiap harinya di datangi para peziarah.

Wisata Religi di Pamekasan Yang Ramai Dikunjungi

Wisata Pamekasan

Wisata Religi Pamekasan masih menjadi incara para jamaah rombongan apalagi ketika mengelilingi pulau madura.

Untuk itu, dibawah ini penulis akan memberikan tempat wisata religi pamekasan madura yang keramat dan berseajarah untuk dikunjungi. di antaranya sebagai berikut :

Masjid Agung

Masjid yang berdiri tegak dan mewah di tengah pusat kota pamekasan yaitu bernama Masjid Agung Asy-Syuhada. masjid ini berwarna ijo dan putih pada kubahnya tepatnya beramalat di Jalan Mesigit No.23, Gladak Anyar, Barurambat, Pamekasan.

Tak hanya di pamekasan saja yang memiliki masjid kebanggaan, melainkan di setiap wilayah indonesia memiliki masjid yang menjadi icon atas perjuangan para pejuang islami pada zaman penjajahan.

Sesuai dengan namanya yaitu masegit, masjid dibangun oleh para raja-raja dalam kelompok adikara dalam keturunan ronggosukowati. Pada pintu utama sebelum masuk kedalam masjid ini kalian akan menemukan monumen perjuangan para pasuakan hizbullah san sabillillah yang melambangkan pertempuran 5 jam.

Foto Masjid Agung dari Alun-Alun


Dari segi bangunan ini didesain dengan menggunakan beberapa kayu dan beratapkan rumbia yang membuat tampilan bangunan nampak seperti pada zaman dahulu kala.

Batu Ampar Makam Waiyullah

Hampir setiap wilayah apalagi di pulau madura pasti akan patuh akan sosok kentalnya para pemuka agama. sehingga di jadikan tempat yang bersuasana religi dan sakral untuk dikunjungi dan berziarah. salah satunya di pamekasan adalah makam batu ampar.

Tempat ini tak pernah sepi di kunjugi oleh para pengunjung yang berdatangan dari lokal maupun dari luar daerah untuk menghrap barokah. letaknya makam ini berada di tompeng, tattangoh, proppo, pamekasan

Nama Bato Ampar ini yang sangat bagus, apabila diartikan dalam bahasa indonesia adalah batu yang berhampar yang teratur seperti permadani.

Pada area komplek pemakaman ini terdapat makam-makam wali allah yang sangat di percaya oleh masyarakat sekitar hingga sekarang ini diantarnya Syekh Abdul Mannan (Bujuk Kosambi), Syekh Basyaniyah, Syekh Abu Syamsuddin, Syekh Husen, Syekh Moh Damanhuri dan Syekh Romli.

Pintu Masuk Batu Ampar

Asal Usul asta batu ampar ini memiliki sejarah atas keberadaannya dengan dibuktikan atau di ambil dari kisah yang berada di makam zimat bangkalan  yakni sayyid husein assegaf yang berkaitan dengan bujuk kosambi yang terdapat di Batu Ampar.

Baca Juga: Sejarah Makam Zimat Bangkalan

Untuk menuju ke pesarean batu ampar, sebaiknya kalian menggunakan kendaraan pribadi karena apabila pada hari menjelang sore kendaraan yang melintas cukup susah dan tidak beroperasi.

Makam Ronggosukowati

Salah satu makam raja pamekasan yang memilik sejarah untuk mengenal panembahan. makam ronggosukowati berkawasan di daerah pasar kolpajung sekitar kurang lebih 2KM dari pusar kota tepatnya berada di jalan ronggosukowati kolpajung pamkesan

Beliau dikenal yang menggatikan sosok ayanhya yaitu pangeran bonorogo atau nugroho dengan lewat legenda maupun cerita kehebatan dalam riwayat hidupnya. Kedudukan ronggosukowati lebih bertambah kuat dan terkenal dimadura dengan ditambah adanya bukti ketika diserang para rombongan orang pada dahulu kala.


Papan Nama Makam Ronggosukowati

Selain itu, dibalik peristiwa itu terjadi disebut dengan kerajaan yang menghiasi bumi khususnya di pulau madura oleh pangeran suhra dan pangeran nurogo yang mulai meneruskan memegang kekuasaan.

Makam Joko Tarub

Sebuah makam yang berasal dari banten atau leluhur mataram yang bernama ki ageng tarub bersama ayahnya yaitu syekh maulana maulidi yang menyebarkan islam ke madura. sehingga memiliki keunikan tersendiri dalam cerita menjadi sebuah pesarean di pamekasan.

Untuk berkunjung ke lokasi religi ini sangat tidak sulit dan cukup terjangkau yang titiknya berada di daerah wisata talang siring tepatnya di Talang, Montok, Larangan, Pamekasan;

Tempat pesarean joko tarub ini berada di sebuah atap genteng yang melancip disusun keatas dengan tingkata tiga dalam sebuah pondokan. di tambah dengan adanya pepohonan kehijauan yang rimbun mengelilingi hingga menjadi peneduh dalam asta ki ageng tarub. 

Pesarean Joko Tarub

Selain itu, diarea makam ini juga terdapat pemandian yang dikenal dengan sebutan bidadari karena yang memiliki sejarah dalam menjalankan misinya untuk menyebarkan agama islam.

Ki Ageng Tarub ini dalam naskah memiliki legenda yang menaskkah sejak abad 17 di babat tanah jawi sehingga popular dalam sastra.

Silahkan kalian coba datang di beberapa tempat wisata religi pamekasan diatas dengan lokasi atau wilayah yang berbeda-beda.

Baca Juga: Wisata Religi Sampang Madura Yang Cocok Untuk Dikunjungi

Itulah wisata religi pamekasan di madura yang cocok untuk di kunjungi oleh kalian untuk mengharap barokah para wali-wali.

Terima kasih kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan klik komentar atau menghubungi kontak person di halaman utama dan semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.