6# Wisata Religi Sampang Madura Yang Cocok Untuk Dikunjungi

Jejak madura yang masih tersimpan dan banyak di kunjungi oleh para jamaah rombongan masih di rawat..

Wisata Religi di Sampang sudah mulai banyak di incar oleh para wisatawan untuk datang berzirah untuk mengharap barokah para sesepuh.

Meskipun wilayah ini tak seluas dengan kabupatan lainnya di Madura, namun untuk wisata religi sampang tak kalah bersejarah dan keramat untuk d explore.

Jejak madura yang masih tersimpan dan banyak di kunjungi oleh para jamaah rombongan masih di rawat dan di jaga oleh pemerintahan kabupaten sampang.

Wisata Religi di Sampang Yang Bersejarah

Wisata Sampang

Jika kalian sedang melewati kawasan ini ketika liburan ke madura, jangan lupa untuk berhenti dan berziarah ke beberapa komplek yang masih keramat.

Untuk itu, dibawah ini penulis akan memberikan daftar wisata religi sampang di madura yang cocok untuk di kunjungi oleh kalian. di antaranya sebagai berikut:

Bujuk Nepa

Kawasan wisata yang cukup populer dan terkenal disampang ini memiliki tempat misteri pada zaman dahulu. sehingga di area yang di huni puluhan hingga ratusan kera terdapat tempat petilasan atau bhujuk sampang yang keramat. tepatnya berada di tengah-tengah hutan nepa sampang.

 

Untuk menuju ke sini, kalian cukup mengikuti jalan menuju pantai atau hutan kera nepa. yang letaknya posisi nya satu garis geografis. Sehingga memmbantu kalian dalam perjalanan menuju bhujuk nepa. 

Suasana Menuju Ke Bujuk Nepa

Dahulu, cerita dari warga sekitar terdapat jejak raden segora pada babad madura yang menapaki kakinya karena pada masa sebelumnya menjadi tenpat persembuyian ibunya yaitu Dewi Ratna Rorogung.

Tempat bujuk tersebut, sering kali di buru oleh para musafir dan warga sekitar untuk mengaji atau ziarah mengharapkan barokah. aplagi kamis sore menuju malam jumat, bujuk nepa sampang ramai dikunjungi.

Komplek Makam Ratu Ibu

Sebuah tempat yang tak asing lagi bagi pecinta wisata religi atau sejarah Pulau Madura. keunikan makam ratu ibu sampang banyak pengujung yang datang beramai-ramai karena memiliki cerita mistis yang dikenal dengan arena sumpah pocong untuk menyelesaikan sebuah masalah yang sulit untuk diselesaikan.

Disini juga salah satu tempat pemakaman para keluarga raja besar madura yaitu cakraningrat. lokasinya tak cukup jauh dari pusat kota sampang. kalian tinggal mengarah ke timur tepatnya diKampung Madegan, Keluraha Polagan, Kecamatan Sampang. sekitar 10menit jarak yang kalian temmpuh.

Komplek Makam Ratu Ibu Sampang dahulunya tempat pengangkatan Raja Praseno yang diangkat sebagai Raja Pertama di Pulau Madura. anak daru Ratu Ibu dengan Pangeran Tengah.

Suasana Tampak Dari Luar Komplek Makam Ratu Ibu

Selain itu, disini juga terdapat masjid yang keramat dibuktikan dengan adanya 4 penyangga kayu jati yang berposisi miring ke arah utara. meskipun masjid ini terlihat bagus dan keren dari luarnya tapi didalam masjid tersebut are penyangga masih seperti semula.

Pada Komplek Makam Ratu Ibu juga terdapat sebuah museum kecil yang bersejarah, didalam museum tersebut ada puluhan benda-benda atau senjata yang masih disimpan karena memiliki sejarah dalam peperangan zaman dahulu.

Baca Juga: Komplek Makam Ratu Ibu Sampang, Wisata Religi Yang Masih Bersejarah

Masjid Agung Sampang

Setiap wilayah di Indonesia, akan terdapat sebuah masjid besar yang menjadi kebanggan dari warga masyarakat sekitar atau yang dikenal oleh orang madura masjid jamik. di Sampang kini terletak di Jalan Pahlawan Rong Tengah Sampang.

   

Bagunan yang megah bermanara warna hijau ini bisa menampung kapasitas orang atau jamaah didalamnya. Ukiran dan desain yang terdapat di Masjid Agung Sampang ini nampak sederhan tapi mempesona apabila kalian mengujunginya.

Suasana di dalam Masjid Agung Sampang 

Masjid Agung sampang ini mulai didirikan pada tahun 1800an karena pada tahun 1900an ada salah satu jamaah masjid yang menemukan angka tersebut pada sisi bangunan Masjid Agung Sampang.

Makam Bujuk Aji Sampang

Raden Qobul, nama asli dari tempat makam tersebut. beliau dikenal dengan memilki kemampuan akan keilmuan agama. Aji merupakan kata yang sering disebutkan dalam bahasa madura adalah mengaji.

Dahulu, Raden Qobul memiliki banyak pengikut atau santri yang mengaji ke beliau. sehingga nama beliau mulai didengar dan harum sehingga pada wafatnya di beri nama Bhujuk Aji. letak makam tersebut berada di Gunung Sekar.

 

Makam Aji Gunung Sampang berbagai daerah yang datang untuk berziarah selain untuk mengharap barokah. area makam tersebut dijadikan tempat religi yang bersejarah di Kabupaten Sampang. 

Suasana Makam Buyut Aji Gunung Sampang

Di area makam teresebut terdapat langgar atau yang dikenal dengan sebuatan musholla di luar madura dan terdapat sumur yang dahulunya berdekatan dengah sebuah batu pusaka.

Pesarean Raden Abdul Jabbar

Makam keramat di sampang yang sejarah ceritanya merupakan murid dari Bujuk Aji Gunung Sampang. beliau dikenal dengan sebutan bujuk napo yang terdapat di daerah kawasan yang tak jauh dari pesisir yaitu omben sampang.

 

Napo diambil dari nama sebutan Tanapo, lalu oleh warga sekitar disingkat menjadi Napo. konon gurunya menyuruh raden abdul jabbar mengambil batu yang dilemparnya yang jatuh di area omben sampang.

Pintu Masuk Pesarean Raden Abdu Jabbar

Raden Abdul Jabbar dikenal dengan sebutan Raja Barat Pulau Madura karena ilmu agama yang tinggi sehingga bisa menguasai wilayah tersebut tepatnya pada masa cakraningrat II.

Dengan pengaruh tersebut sehingga Kia Jabbar dijadikan kepala desa pertama desa napo dan hingga sekarang berturut-turut diganti oleh keturunannya.

Diare makam tersebut, juga terdapat tempat makam raja lainnya salah satunya adalah Raja Tapa. makam yang bersebelahan dengan bujuk napo sampang.

Makam Syekh Ahmad Sirojuddin

Beliau dikenal dengan sebutan karomah murabbi karena memiliki banyak murid pada tahun 1900an. selain itu beliau juga dikenal dengan kia berdarah madura, karean tirakat perjalannya ada historinya dengan Kerajaan Ngroto Gubung.

Untuk menuju ke makam ini kalian tinggal megarah ke pusat kota sampang. lokasinya berada di Jalan Semeru, Rong Tengah, Kecamatan Sampang.

   

Dulu, cerita dari warga sekitar mengungkapkan bahwa Syekh Ahmad Sirojuddin pernah memimpin PPTI atau yang disingkat dengan Persatuan Pengamal Tarekat Islam dan para puluhan jamaah menangis akan dzikir yang meraung - raung sehingga lokasi tersebut disebut lautan tangis yang khusu' dalam berdzikir.

Makam Syekh Ahmad Sirojuddin 

Dengan kejadian tesebut, beliau lebih sering dikenal akan perjuangan perjalanan dalam menyebarkan agama islam di pulau jawa dan disebut kiai berdarah pulau madura atas perjalannya.

Baca Juga: Wisata Religi Bangkalan Yang Rekomended Untuk Dikunjungi

Itulah wisata religi sampang di madura yang cocok untuk di kunjungi oleh kalian untuk mengharap barokah para wali-wali.

Terima kasih kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan klik komentar atau menghubungi kontak person di halaman utama dan semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Desain Seadanya