8# Wisata Religi Bangkalan Madura Yang Rekomended Untuk Dikunjungi

Bangkalan memang wilayah yang banyak meninggalkan jejak sejarah, sehingga tempat keramat atau makam perjuangan masih menjadi persinggahan...

Wisata Religi Bangkalan tak hanya di bulan tertentu saja yang ramai di kunjungi, akan tetapi setipa harinya tidak peranh sepi dengan kendaraan yang datang untuk mengharap barokah.

Selain itu, di bulan sya'ban, rajab dan ramadhan ini wisata religi bangkalan sudah menjadi incaran oleh warga luar madura salah satunya ke makam ulama' besar yaitu Mbah Kholil yang berada di sisi barat pulau madura.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan daftar wisata religi yang rekomended dan cockok untuk di kunjungi.

Wisata Religi di Bangkalan Madura Yang Cocok Untuk Dikunjungi

Wisata Religi Bangkalan

Bangkalan memang wilayah yang banyak meninggalkan jejak sejarah, sehingga tempat keramat atau makam perjuangan masih menjadi persinggahan yang wajib untuk di kunjungi.

Selain mengharap barokah dengan di sambung doa' doa' nya, kalian dapat belajar sejarah secara singkat di setiap wilayah keramat yang di telusuri.

Lalu apa saja sich, tempat wisata religi di bangkalan madura yang cocok untuk di kunjungi baik sendiri maupun bersama rombomgan? Berikut dibawah ini :

Makam Syaikhona Kholil Bangkalan

Berkunjung ke Bangkalan tak sempatkan hadir ke makam sangat disayangkan sekali, karena wisata religi yang satu ini tak pernah sepi di datangi oleh para peziarah dari lokal maupun luar daerah.

Mbah Kholil Bangkalan merupakan guru besar Indonesia dan guru para ulama dengan segala bentuk perjuangan dalam menyebarkan Islam salah satunya melalui kedua muridnya dalam mendirikan Nahdlatul Ulama'.

Untuk menuju ke tempat wisata religi ini, dari pusat kota Bangkalan jarak yang ditenpuh sekitar kurang lebih 10menit atau 2KM tepatnya di daerah Martajazah, Bangkalan



Untuk berkunjung kesini tergantung kalian, karena terbuka selama 24jam. apabila pada malam jum'at area wisata ini sampai berada di luar masjid untuk berziarah mengharap barokah.

Selain memiliki karomah yang luar biasa, beliau tak pernah lepas dari doa sang ayahnya yaitu KH. Abdul Latif.


Masjid Syaichona Kholil dari Tampak Atas

Tempat ziarah mbah kholi bangkalan terletak di depan masjid di sebelah mimbar tempat pengimaman masjid. Selain itu, masjid disini begitu indah dan megah sekali. sehingga bagi kalian yang melakukan ibadah sangat layak dan merasa nyaman sekali.

Makam Air Mata Ibu

Wisata Religi Bangkalan yang paling bersejarah dan cocok untuk di kunjungi yaitu Makam Air Mata Ibu yang berada di Buduran Arosbaya di daerah pesisir utara.

Untuk bisa singgah atau ziarah ke tempat ini, kalian di butuhkan perjalanan sekitar 12KM dari pusat kota bangkalana atau tinggal klik saja maps dibawah ini.

Pesarean disana dahulunya tempat pertapaan Syarifah Ambami untuk mengisi waktu senggangya ketika suaminya atau sang Raden Praseno pergi ke kerajaan mataram. sehingga beliau sering di kenal dengan sebutan istri yang selalu patuh dan taat terhadap suaminya.

Pintu Gerbang Aer Mata

Selain itu, di area pesarean ini terhadap ratusan makam bangsawan madura yang termasuk salah satu pengikut Syarifah Ambami.

Untuk bangunan yang terdapat di komplek Makam Ratu Ibu masih kental dengan jenis atau konsep lama yang berwarna putih dan kuning susu. sehingga ketika kalian singgah ketempat ini serasa berada di zaman kerajaan

Makam Sultan Kadirun

Pada masa pemerintahan 1815, kota bangkalan penyebara islam mulai berkembang dan menjadi dominan. di Bangkalan ada salah satu Raja yang besar bernama Raden Maulana Abdul Kadir.

Ketika pada akhir khayatnya dalam perjuangannya, beliau dikenal dengan sebutan Sultan Abdul Kadirun karena  atas sosoknya terhadap tak tik dalam perang dan ahli agama yang khusuk. Sehingga dimakamkan di berada di belakang atau barat masjid agung bangkalan.

Sultan Abdul Kadirun merupakan kunci utama atas berdirinya sebuah Masjid yang megah di tengah-tengah pusat Kota Bangkalan. Jadi ketika kalian sedang melaksanakan ibadah di Masjid Agung Bangkalan datanglah untuk berziarah.

Makam Sultan Abduk Kadirun dan Kerajaan Bangkalan Lainnya

Tepatnya berada di belakang masjid ini terdapat beberapa makam lain dan raja-raja bangkalan bersama prajurit dalam memperjuangkan bangkalan.

Aer Mata Ibu Arosbaya

Madura memiliki sebuah kisah seorang Ratu Ibu yang kerap di kenal denga pribadi baik dan penuh kasih sayang yang merindu. Beliau bernama Syarifah Ambami istri dari sang Raja Bangkalan yakni Cakraningrat I. 

Ketika pada suatu saat konon beliau pernah melakukan pertapaan dan berdoa agar suaminya diberi kesehatan dan semoga menjadi penguasa Madura untuk keturunan kelaknya hingga menangis dan air matanya terus mengalir deras di area tersebut sehingga beliau wafat ditempat tersebut di daerah Arosbaya. 

 

Sehingga tempat tersebut menjadi tempat keramat dan bersejarah. tempat makam syarifah ambami berada di sebuah joglo terbuka yang paling atas. di Area makam ini gaya bangunannya berkonsep arsitektur kuno yang mengingatkan kalian pada zaman dahulu kala.

Gerbang Menuju Makam Syarifah Ambami

Disini kalian bisa mengambil air yang memiliki khasiat karena penuh barokah dan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan membayar seikhlasnya, kalian dapat membawa air tersebut.

Pada area makam air mata ibu ini tak hanya satu makam saja, melainkan banyak makam yang akan kalian temukan ketika menuju Asta Bangkalan ini. 

Potre Koneng Bangkalan

Adanya pulau Madura tak lepas dari sebuah perjuangan potre koneng, dimana dahulu kala beliau melakukan pertapaan di sebuah goa yang mana dalam sejarahnya beliau melakukan perjalanan dan mencari sebuah perbukitan tinggi di Pulau Madura. 

Sehingga dalam perjalanannya menemukannya di daerah geger yang sekarang dijadikan sebuah destinasi. untuk menuju ketempat keramat ini, dari pusat kota bangkalan perjalanan yang kalian tempuh sekitar kurang lebih 40menit.

 

Setiap hari tempat itu sering diramaikan oleh masyrakat sekitar untuk melakukan takziyah dan tirakat mengaharapkan barokah. ketika berkunjung ketempat ini kalian akan menemukan beberapa makam lainnya di atas perbukitan dan sekaligus menikmati hawa segar akan kerimbunan di atas bukit.


Suasana Dekat Makam Putri Kuning

Dikutip dalam buku Babad Songennep yang mengilustrasikan bahwa Sang Potre Koneng (Dewi Saini) bertemu Pangeran Adipoday (Anak Penembahan Blingi)  di sebuah alam ghaib. lalu menikah keduanya dan lahirlah sebuah putra yag bernama Jokotole.

Makam Zimat Bangkalan

Sayyid Husein Assegaf nama asli beliau sebelum wafat. Dahulu beliau sering melakukan penyebaran islam di salah satu kawasan pesisir Bangkalan. Hingga pasa suati hari ada seorag yang iri terhadap beliau yang menfitnahnya melaporkan kepada sang raja bahwa akan menggulingkan Raja Bangkalan dari kekuasaanya.

Sehingga berita tersebut sampai ke pada sang Raja Bangkalan. lalu mengutus ke para prajurit dan pasukannya untuk membunuh Sayyid Hosen di kediamannya.

Ketika wafat, Ibu Syarifah adalah ibu dari Sayyid Hosen meminta kepada warga untuk melakukan penggalian untuk memakamkannya. Akan tetapi dalam setiap galian pertama di desa jaddih, tanah yang digali selalu keluar hal yang aneh seperti air, batu dan darah.

Hingga pada galian, datangalah salah satu murid beliau dan berkata bahwa dulu kalau beliau ketika wafat dimakamkan disebuah pesisir bangkalan. Lalu, para rombongan jenazah melakukan galian di setiap kawasan pesisir akan tetapi hal sama tetap muncul pada galian yang pertama dan hingga pada akhirnya perjalanan berakhir disebuah desa Banyusangka yang terdapat di kecamatan Tanjungbumi.

4

Nama Makam Zimat diambil dari sebuah tangisan dari seorang ibunya yang menyebutnya sayyid husein dalam akhir khayatya dengan sebutan Zimat Hosen dan tempat galian yang dibuat sayyid husein tidak digali, melainkan sudah ada yang menggali sebelum para rombogan tiba.

Makam Sayyid Hosen & Nyai R.A Siti Romlah

Pada area makam zimat ini ada tiang empat yang berdiri tegak, dimana tiang tersebut yang memasang adalah waliyullah bangkalan syaichona moh kholil.

Sunan Cendana Kwanyar

Sunan Ampel salah satu wali allah yang tak pernah berhenti melakukan penyebaran islam di Indonesia khususnya di Pulau Madura.

Pada suatu hari beliau megutus salah satu muridnya untuk menyebarkan ajaran islam di salah satu kawasan pulau madura yakni Syekh Zainal Abidin yang sekarang dikenal dengan sebutan Sunan Cendana.

Gapura Menuju Makam Sunan Cendana

Mendengar amanah tersebut, lalu sunan cendana melakukan perjalanan dan ditengah perjalanan menuju pulau madura tiba-tiba datanglah seekor hiu besar dan menghampiri sunan cendana untuk mengantarkannya dengan naik pada ikan hi tersebut.

Pada akhir khayatnya beliau dimakamkan dikawasan tersebut, tepatnya di daerah Kwanyar Bangkalan yang berada di Masjid dekat pasar kwanyar.

 

Selain itu, kisah Sunan Cendana Kwanyar tak lepas dari tempat istirahat terakhirnya yaitu di masjid kwanyar, konon ceritanya pada saat mengambil wudhu', beliau susah mencari air dan pada akhirnya menancapkan tongkatnya ke daerah pinggir masjid.

Bujuk Seleret Galis

Selain memiliki pesona keindahan alamnya, pepohonan yang hijau merimbun dan birunya langit, disalah satu kawasan bangkalan bagian timur tepatnya di kecamatan galis desa pakaan terdapat bukit yang memiliki cerita mistik yang menyeret bukit tersebut sehingga bernama bukit seleret.

 

Nama tokoh tersebut adalah Syeh Abdurrohman Alqodri, beliau merupakan tokoh besar yang terdapat di Madura. Sehingga pada akhir wafatnya beliau dimakamkan di atas perbukitan yang tinggi tersebut.


Rute Menuju Bujuk Sleret Galis

Jadi, ketika kalian ingin berziarah ke makam ini harus melakukan perjalanan yang lumayan ekstrim karena melewati perjalanan dengan dataran yang begitu tinggi di kawasan galis bangkalan.

Dari beberapa tempat ziarah bangakalan di atas, kalian dapat memilih sesuai dengan keinginan dan niat tersendiri.

Baca Juga: Cafe Paling Keren Cerita Kopi Xotus di Kampus Unijoyo Bangkalan

Itulah wisata religi bangkalan di madura yang rekomended untuk di kunjungi oleh kalian untuk mengharap barokah

Terima kasih kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan klik komentar atau menghubungi kontak person di halaman utama dan semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.