Jejak Madura di Kompleks Makam Ratu Ibu Sampang

Madura merupakan pulau jawa timur yang dikenal dengan sebutan pulau garam. karena kekayaan alamnya yang masih subur hingga sekarang ini. tak jauh dari pusat kota sampang, terdapat tempat yang bersejarah dengan aroma-aroma religi yakni kompleks makam ratu ibu sampang.

Jika di bangkalan terdapat aer mata ibu yang mencerita cerita rakyat dengan penuh perjuangan. di wilayah jiran nya terdapat komplek yang masih dikeramatkan.

Makam Keramat di Sampang Yang Masih Bersejarah

Komplek Makam Ratu Ibu Sampang

Di kabupaten sampang memang terdapat banyak wisata religi, bujuk yang keramat hingga tempat yang masih sakral dengan ceritanya.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan postingan mengenai komplek pemakaman ratu ibu yang meninggalkan beberapa situs dan benda-benda sejarah madura.

Sejarah dan Suasana Kompleks Makam Ratu Ibu Sampang

Ketika sudah sampai dilokasi ini, kalian akan bertemu dengan gapura besar yang terbuat dari batu yang warna nya masih alami layaknya seperti zaman dahulu kala. 

Pada bagian depan setelah memasuki pintu masuk, terdapat tempat seperti aula yang lumayan besar bernama congkop menampung hingga 50-70 orang yang di kelilingi ratusan makam yang berbatu nisan, ribuan pohon hijau dan puluhan bunga yang cantik yang masih segar.

Kompleks makam ratu ibu tak hanya sebagai bukti adanya pulau madura. namun jejak dikawasan tersebut merupakan awal mulanya adanya kerajaan di kabupaten sampang.

Suasana Congkop di Kompleks Makam Ratu Ibu

Sebuah kerajaan pertama kali yang berdiri di Pulau Madura. dari cerita rakyat tempat ini masih sakral hingga sekarang ini karena menyimpan beberapa sejarah yang unik dan luar biasa. 

Dikawasan ini, terdapat beberapa macam tempat yang masih keramat diantaranya :
  • Makam asta rato ebuh yang banyak dikunjungi untuk berziarah. kar

  • Masjiq kuno yang unik karena berbeda dengan masjid lain. karena masjid ini bentuk tiangnya miring berpenyangga empat dan kelihatan mau roboh. akan tetapi, tiang tersebut bertahan dari zaman dahulu kala hingga sekarang ini. baik posisi dan jenis bahannya.

  • Pohon sawo yang di gunakan untuk tempat sumpah pocong bagi masyarakat yang melakukan sengketa permasalaahan antara kedua belah pihak yang sedang mengalami sengketa pada zaman dahulu.
Tugu Komplek Makam Ratu Ibu

Musemu Kompleks Makam Ratu Ibu

Selain berziarah untuk mengharap barokah, pengunjung sekalian berwisata sejarah di tempat ini. karena area wisata ini masih menyimpan aroma-aroma peradaban zaman dahulu.

Tak hanya itu saja, di area sekitar situs komplek makam ratu ibu terdapat museum peninggalan pada zaman dahulu seperti kitab-kitab, keris, clurit, gamelan dll.

Semua benda-benda itu masih dirawat, dibersihkan hingga menjadi museum yang masih dijaga oleh pemerintahan kabupaten sampang.

Lokasi Komplek Makam Ratu Ibu Sampang

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke tempat keramat tersebut silahkan mengambil ke arah atau perkampungan madegan tepatnya di kelurahan polagan, kecamatan sampang, kabupaten sampang. atau tinggal klik saja maps dibawah ini.

Letaknya wisata religi tersebut tak jauh dari pusat kota sampang. jarak yang di tempuh sekitar kurang lebih 10 menit perjalanan.

Tiket Masuk Komplek Makam Ratu Ibu

  • Tiket Masuk : Free
  • Tiket Parkir : 2.000 untuk motor dan 5.000 untuk mobil

Fasilitas Kompleks Makam Ratu Ibu

  • Tempat Parkir
  • Tempat Ziarah
  • Masjid
  • Toilet

Tips Berkunjung Ke Kompleks Makam Ratu Ibu

  • Memakai pakaian yang sopan
  • Menjaga perkataan dan sikap
  • Menjaga kebersihan
Tempat keramat di komplek makam ratu harus tetap mematuhi peraturan dari pihak pengelola atau yang dikenal dengan sebutan juru kunci. dikarenakan pada tempat ini banyak sekali cerita-cerita rakyat yang masih bersejarah.

Jika menjelang malam jum'at dan hari wekend tiba, tempat ini tak pernah sepi dikunjungi oleh para pengunjung lokar hingga luar daerah.
Penutup
Itulah jejak madura di kompleks makam ratu ibu sampang. sebuah situs kerajaan yang masih menyimpan tempat keramat, masjid keramat dan benda-benda yang masih bersejarah.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan ke website ibnujacky - semoga postingan mengenai kompleks makam ratu ibu bermanfaat bagi para pembaca.
Writing Illustration