21# Wisata Sampang Yang Populer Untuk Menjelajahi Pulau Madura

Meskipun luasnya tak seluas seperti wilayah lainnya yang ada di Madura, ternyata memiliki sejuta wisata hits di sampang. Mulai dari wisata alam, relig

Wisata Sampang di Madura kini sudah terkenal di luar berbagai wilayah daerah, mulai dari keindahan alam yang masih mempesona, wisata religi yang masih legendaris dan tettunya banyak ha lain yang masiih menarik untuk menjelalahi nya.

Sampang merupakan gerbang kedua ketika berkunjung ke pulau madura. untuk menuju ke daerah ini kalian bisa lewat jalur selatan dengan akses menuju kecamatan blega bangkalan dan lewat jalur pantura dengan akses menuju kecamatan tanjung bumi bangkalan.

Untuk tempat wisata yang ada di kabupaten sampang memiliki beragam jenis yang cocok untuk dijadikan destinasi liburan.

Tempat Wisata di Sampang Madura Terbaru

Wisata Sampang

Sampang pada masa kekuasaan Adipati Pramono di zaman kolonial Belanda dijadikan nama wilayah Kecamatan. kemudian di jadikan nama wilayah kabupaten Pulau Madura. 

Meskipun luasnya tak seluas seperti wilayah lainnya yang ada di Madura, ternyata memiliki sejuta wisata hits di sampang. Mulai dari wisata alam, religi, kuliner, edukasi dan sejarah. 

Jadi, bagi kalian yang sedang kebingungan untuk memilih tempat wisata sampang jawa timur yang bisa dijadikan pilihan untuk liburan. Berikut daftar obyek wisata sampang yang menarik untuk di explore:

Wisata Taman di Sampang

Tugu Trunojoyo

Jika diwilayah lain terkenal dengan sebuatan alun-alun, di Sampang Madura tempat ini akrab di sebut dengan sebutan tugu trunojoyo karena monumen yang berdiri tegak di tengah kota ini memili nilai historis atas kejayaan dan masih bertahan akan pesona yang disajikan.

Untuk menuju ke monumen trunojoyo, kalian tinggal mengarah langsung ke kota sampang yang menuju ke arah ke kabupaten pamekasan. dari letak geografisnya titik lokasinya ini berada di titik nol kota sampang.

 
Monumen Trunojoyo merupakan bangunan kebanggan masyarakat sampang yang memberikan peranan penting sehingga menjadi obyek bagi para wisatawan yang berkunjung ke sampang madura.

Monumen Alun-Alun Sampang

Tempat ini tak pernah sepi akan keramaian. selain berada di tengah kota, monumen trunojoyo menjadi tempat nongkrong para muda-mudi hingga orang tua yang mengajak anaknya untuk jalan-jalan di Alun-Alun Sampang.

Disini kalian akan menemukan beraneka ragam kuliner yang disajikan khsusunya khas sampang dan wahana liburan anak yang menyenangkan.

Taman Wijaya Kusuma

Jika kalian ingin menikmati wahan permainan untuk anak-anak dan ingin menghabiskan liburan bersama keluarga, taman wijaya kusuma salah satu tempat yang recomended untuk dikunjungi.

Lokasinya sangat strategis sekali. selain titiknya tak jauh dari pusat kota, di area taman ini terdapat lapangan olah raga yang besar di Sampang Madura. tepatnya di Jalan Raya KH Wahid Hasyim Sampang.


Suasana taman wijaya kusuma sangat ramai sekali, apalagi pada hari minggu tempat ini sering kali dijadikan tempat untuk obyek olahraga bersama-sama karena di tempat ini juga tersedia lapangan bulutangkis, futsal dll.

Taman Wijaya Kusuma Sampang

Selain itu, bagi kalian yang suka foto-foto dengan hasil yang bagus dan kekinian dengan berlatar belakang tanaman dan bungan yang indah, janga lupa untuk mengabdikan moment di Taman Wijaya Kusuma Sampang.

Taman Bunga Adipura Sampang

Jika kalian tak suka akan keramaian yang ada di kota sampang dan ingin menikmati suasana tengah kota sampang, Taman Bunga Adipura jadikan pilihan liburan kalian bersama keluarga untuk seru-seruan.

Letak Taman Bunga Adipura Sampang berada di pusat tengah kota, akan tetapi masih masuk di dalam gang tepatnya di Bundaran Jalan Jamaluddin Sampang.

Jika kalian masih bingung dimana lokasinya Taman Bunga Adipura Sampang, tinggal klik aja maps diatas untuk sampai di wisata tersebut.

Suasana Taman Bunga Adipura Sampang

Suasana Taman Adipura masih sangat alami dan menyegarkan sekali, karena letaknya begitu nyaman. Sehingga sangat cocok sekali untuk jadika liburan bersama keluarga di hari wekend tiba.

Wisata Pantai di Sampang

Pulau Mandangin

Berkunjung ke sampang, rasanya kurang puas dan mengesankan sekali apabila belum singgah ke salah satu tempat yang memiliki obyek wisata yang tak kalah indah dengan wilayah lainnya yakni pulau mandangin.

Sebuah pulau kecil yang memiliki sejuta keindahan alam yang disajikan. Akses jalan menuju pulau mandangi yaitu dari pusat kota langsung menuju ke barisan terminal sampang yakni ke pelabuhan tanglok.


Sejarah Pulau Mandangin dulunya hanyalah tempat yang snagat starategis untuk bertapa. hingga pada akhirnya sebagian dari mereka membawa sanak keluarganya untuk menetap dipulau yang tak berpenghuni dulu.

Ada sebagian yang mengatakan bahwa konon gili mandangin berasal dari orang narapid yang tekah dibuang oleh raja-raja jawa khususnya madura bagi yang melakukan kesalahan yang fatal.

Pulau Mandangin pada tahun 80an dikenal dengan sebutan pulau kambing karena terdapat banyak kambing yang berkeliaran dan ketika dilihat dari atas mirip seperti kambing. Jadi, sekarang disebut pulau mandangin berawal dari bahasa madura yaitu mandhang angin yang kemudian disingkat menjadi mandangin. yang memiliki arti memandang angin.

Pulau Madangin Dari Tampak Atas

Jumlah penduduk pulau mandangin kurang lebih sekitar 15ribu jiwa dan luas pulau mandangin sekitar 1.650 km2 yang bisa diakses menggunakan transportasi lokal yang ada disampang yaitu perahu para nelayan.

Kabupaten sampang  kini lebih terpesonan dengan berlian pulau mandangin. salah satunya adalah pantai candin. sebuah obyek wisata yang sangat populer dan hits di sampang madura.

Pesona keindahan wisata pulau mandangin di sampang. kini mampu menarik para wisata untuk penasaran berkunjung dengan panorama alamnya yang disajikan begitu sangat indah dan keren. Untuk biaya yang akan kalian habiskan untuk menuju pulau mandangin cukup sangat terjangkau dan murah sekali :
  • 10K untuk parkir kendaraan perhari
  • 15K untuk naiik perahu 

Pantai Camplong

Tempat rekreasi andalan di kabupaten sampang karena wisata yang satu memilik daya tarik sendiri untuk memikat para pengunjung yang sedang mencari pantai dimadura.

Lokasi pantai camplong tak cukup jauh dengan pusat kota, hanya membutuhkan perjalanan sekitar 15menit jarak yang kalian tempuh. tepatnya di Jalan Raya Camplong Sampang menuju arah Kabupaten Pamekasan.


Panorama alam yang terdapat di wisata pantai camplong begitu membentang, dengan hamparan pasir putih yang halus akan kecoklatan, air yang begitu jernih yang meyenangakan ketika beredam maupun bermain air dan beberapa pohon cemara yang berdiri tertata rapi yang rimbun.

Panorama Pantai Camplong Sampang

Pada area wisata ini juga terdapat sarana prasana yang menfasilitasi pengunjung yang datang. seperti adanya musholla yang layak untuk dijadikan ibadah, toilet umum yang bersih, taman bermain, gazebo untuk bersantai ria, tempat parkir yang luas.

Selain itu, disini juga tersedia beberapa warung kecil dan restoran yang dekat wisata pantai camplong yang menjual kuliner seperti rujak, nasi, kopi dll. Jadi, bagi kalian yang swdang berkunjung ketempat ini dijamin tak akan kecewa akan fasilitas yang telah terpenuhi.

Bagi kalian yang ingin bermalam di area wisata pantai camplong bisa mendirikan tenda diarea sekitar dan juga tersedia beberapa hotel atau tempat penginapan yang murah meriah dekat patai camplong. Untuk biaya yang akan kalian keluarkan ketika mengunjungi wisata ini adalah:
  • 10.000 tiket masuk pantai camplong
  • 03.000 tiket parkir motor
  • 05.000 tiket parkit mobil

Pantai Lon Malang

Banyak yang mengira bahwa wisata yang satu ini berada di daerah Malang, karena dari namanya saja nampak jelas bahwa ada kata malang yang mirip. Akan tetapi, wisata madura yang  populer dan sempat viral mendadak ini terletak di daerah pantura sampang tepatnya di Jalan Raya Batu Lenger Timur, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang.

       
Keindahan wisata sampang yang satu ini dahulunya merupakan pantai yang kawasan pesisir yang tak terawat, hanya di tumbuhi beberapa pohon semak dan sekarang sudah diganti dengan tanaman pohon cemara yang tertata rapi dan yang mirip dengan wisata pantai madura lainnya.

Bagi kalian yang hendak berkunjung ketempat ini, datanglah saat senja sore mulai tiba karena panorama alam yang disajikan begitu indah dan memanjakan mata dari setiap bibir pantai lon malang.

Senja Sore Pantai Lon Malang Sampang

Untuk fasilitas penunjang lainnya, yang akan membuat kalian lebih betah berlama-lama disini adalah dengan adanya sewa speed boat, banana boat dan all terrain vechile untuk mengelilingi hanparan pasir yang terdapat di pantai lon malang.

Harga tiket masuk pantai lon malang sangat murah sekali dan bisa kalian nikmati sepuasnya:
  • 05.000 untuk tiket masuk
  • 02.000 parkir moto
  • 05.000 parkir mobil
  • 25.000 main motor atau mobil

Pantai Jodoh

Sebuah obyek wisata yang mulai resmi dibuka pada tahun 2017. dari namanya saja banyak yang penasaran dan ingin cepat-cepat berkunjung ke wisata pantai jodoh sampang. ada apa dengan wisata di sampang ini sehingga namanya banyak beranggapan bahwa tempat mencari jodoh.

Di Indonesia nama pantai jodoh ada di wilayah jakarta, sulawesi, sumatera dan batang. Akan tetapi, di pulau madura wisata pantai jodoh berada di Jalan Raya Batulenger, Dusun Balanan Sokobanah, Kecamatan Ketapang.

 
Menurut masyarakat sekitar, nama pantai jodoh sampang di ambil dari sebuah cerita legenda jokotole yang ada niatan untuk meminang gadis cantik dan ditengah perjalanan bawaan atau hantaran yang dibawa oleh rombongan jatuh dengan secara tiba-tiba. dengan adanya perisitiwa tersebut area wisata itu diberi nama pantai jodoh.

Pantai Jodoh Sampang di Madura

Disini kalian tak hanya menikmati pemandangan pantai saja. melainkan juga menyediakan tempat nongkrong yang menyediakan beraneka ragam kuliner yang nyaman dan fasilitas penunjang lainnya disini juga tersedia saung-saung yang diberi nama aneh-aneh.

Untuk harga tiet masuk pantai jodoh sampang disini gratis. hanya saja bagi pengujung yang datang dikenakan parkir dan untuk cafe yang ada disekitar menu yang ditawarkan seharga mulai 10.000 untuk minuman dan 15.000 untuk makanan.
Baca Juga: Wisata Keren Sampang di Pantai Jodoh Madura

Pantai Nepa Sampang

Ingin menikmati nuansa yang berbeda ketika berkunjung ke sampang. Jangan sampai ketinggalan singgah di obyek wisata yang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri yaitu pantai nepa banyuates.

Sebuah obyek wisata mulai banyak dirilik dan menarik para wisatawan. meskipun lokasinya cukup jauh dari pusat kota sampang, akan tetapi untuk nuansanya jangan diragukan lagi. tepatnya berada di Desa Batioh, Kecamatan Banyuates.

   
Obyek wisata pantai nepa di kabupaten sampang, diam-diam menyimpan panorama alam yang begitu indah. hamparan pasir kuning yang memanjang ke bibir pantai dan air laut yang masih jernih untuk di pandang.

Pantai Nepa Sampang

Pada area wisata pantai nepa juga banyak warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman. bagi pegunjung yang ingin singgah ke obyek wisata ini, untuk biaya yang akan kalian keluarkan di pantai nepa ketapang:
  • 5.000 : tiket masuk
  • 2.000 : parkir motor
  • 3.000 : parkir mobil

Wisata Hutan, Goa dan Bukit di Sampang

Hutan Kera Nepa

Perjalanan kalian lebih sempurna dan ekstrim. jika berkunjung ke sampang menikmati obyek wisata yang letak wisatanya berada di area wisata pantai nepa. jadi titik lokasi hutan kera nepa hanya bersebelahan dengan atau berada di daerah pesisir.

 
Hutan kera nepa tak hanya wisata yang biasa-biasa aja, melainkan ketika kalian menjelajahi wisata ini, sesuai dengan namanya di area ini akan dikelilingi puluhan hingga ratusan kera kecil yang menghampirinya.

Kera di Hutan Nepa

Jadi tips dan saran agar kalian tetap aman ketika berkunjung ke hutan kera nepa jangan pernah mengganggu dan memberi makan kera, agar kera tersebut tidak lebih dekat dengan kalian. dan untuk biaya yang akan kalian keluarkan ketika berkunjung ke wisata hutan kera nepa adalah:
  • 5.000 tiket masuk
  • 2.000 tiket parkir
Baca Juga: Menikmati Destinasi Pantai da Hutan Kera Nepa Sampang

Gua Lebar Sampang

Keindahan goa lebar sampang membuat para wisatawan menarik dan penasaran akan suasana yang di berikan. di area wisat ini terdapat sejarah pangeran trunojoyo pada zamannya yaitu dijadikan tempat petilasan.

Sesuai dengan namanya, wisata goa ini memang nampak lebar apalagi kalian melihat dari atas permukaan. letak gua lebar sampang ini tak jauh dengan pusat kota, tepatnya berada di Desa Rong Tengah, Kecamatan Sampang.

 
Gua Lebar Wisata Alam Unik di Madura, suasana yang sejuk dan nyaman yang akan kalian rasakan karena diatasnya dipenuhi dengan pohon kehijauan yang rimbun. dinding berbatuan tebing yang berwarna putih akan kecoklatan membuat bangunan seperti eksotis.

Pintu Utama Wisata Gua Lebar Kabupaten Sampang

Selain itu, bagi kalian pecinta sunset atau sunrise Gua Lebar Sampang sangat cocok sekali untuk dijadikan recomended liburan kalian. ditambah dengan menikmati pemandangan nuansa kota sampang dari dataran  tinggi.

Wisata ini juga menyediakan beberapa fasilitas yang membuat pengunjung akan lebih betah berlama-lama disini. mulai dari adanya tempat parkir yang luas dan aman sehingga membuat kalian lebih tenang ketika mengelilingi obyek wisata ini, tempat toilet umum yang layak untuk digunakan.

Untuk menikmati wisata gua lebar sampang, biaya yang akan kalian keluarkan cukup membayar tiket parkir saja:
  • 2.000 untuk motor
  • 5.000 untuk mobil

Bukit Masegit

Bagi kalangan muda, obyek wisata ini sering kali dijadikan obyek liburan apalagi menjelang sore. Bukit masegit mensajikan panorama alam yang indah dan bagus untuk di pandang.

Lokasi bukit masegit sampang cukup terpencil, karena jauh dari pusat kota sampang. tepatnya berada di Temoran, Kecamatan Omben.

 
Bukit masegit merupakan salah satu obyek wisata baru disampang yang mulai hitz dan kekinian di pulau madura. Jalan-jalan lebih seru di bukit masegit bila kalian ramai-ramai ketika berkunjung ke Bukit Masegit. 

Bukit Masegit Sampang

Daya tarik yang terdapat di wisata bukit masegit sampang bukit yang menjulang ke atas dengan memberikan panorama alam yang sangat eksotis. sehingga sangat cocok sekali bagi kalian yang ingin berfoto ria.

Selain itu, kalian bisa melakukan ziarah di area bukit masegit. disini terdapat dua makam yang keramat yaitu bhujuk masegit dan bhujuk arjesah yang dikenal akan keramatnya. Untuk bisa menuju ke wisata ini biayanya cukup membayar tiket parkir saja, yang dititipkan ke warga sekitar :
  • 3.000 untuk motor
  • 5.000 untuk mobil

Wisata Air Terjun dan Pemandian di Sampang

Air Terjun Toroan

Bagi kalian yang suka nonton my trip advanture, wisata di madura sampang ini pernah di explore untuk menikmati air yang langsung megalir ke selat madura ini.

Air terjun tak cukup besar yang memiliki lebar sekitar 20 meter ini memiliki daya tarik tersendiri akan paorama alam yang disajikan. tepatnya berada di Desa Ketapang Daya di wialayah pantura Sampang.

 
Pesona Air terjun toroan ketapang nampak sejuk dengan adanya beberapa pohon yang rimbun di tempat air yang turun. Deraian air tersebut lumayan deras yang emiliki kedalaman sekitar kurang lebih 2meter.

Selain iti, dibawah air tepatnya jatuhnya kalian akan menemukan beberapa puluhan batu kerang yang berlubang dengan ditambah adanya hamparan pasir yang halus. sehingga bagi yang ingin turun di jamin aman. 

Air Terjun Toroan Sampang dari Tampak Atas

Sehingga bagi yang suka dengan foto-foto alam yang keren ala selebgram, Berfoto dengan berlatar belakan air terjun toroan sangar recomended sekali untuk di abadikan.

Pada sisi atas air terjun toroan ini terdapat warung-warung kecil yang berjualan aneka ragam kuliner, agar ketika kalian capek menikmati wisata tersebut bisa singgah. Untuk harga tiket air terjun toroan sampang:
  • 5.000 tiket masuk
  • 2.000 tiker parkir motor
  • 5.000 tiket parkir mobil

Wisata Pemandian Sumber Air Tlandung

Sebuah sumber atau sungai kecil yang mengalir dari pengunungan wilayah sampang pantura. Sungai tersebut sesuai dengan namanya berada di Dusun Tlandung, Desa Asam Jaran, Kecamatan Banyuates, Sampang


Untuk menuju ke lokasi pemandian cukup jauh dari pusat kota sampang. kalian bisa mengabil arah ke wilayah pesisir atau pantura yang ke arah banyates. Sumber air yang terdapat di Tlandung, airya begitu jernih dan bersih. sehingga sangat aman sekali apabila kalian bermain air dan beredam disini. 

Selain itu, mat air ini sering di ambil oleh masayrakat sekitar untuk di minum. bahkan ada yang dijual belikan sampai ke wilayah-wilayah lain untuk dijadikan minuman dalam kehidupan sehar-hari. 

Pemandian Tlandung Dari Sisi Selatan

Untuk menikmati pemandian tlandung biayanya gratis baik tiket masuk atau tiket parkir. hanya saja untuk keamanannya kalian haru menjaga dengan benar bagi yang sedang membawa kendaraan pribadi.

Pemandian Sumber Jokotole

Adanya sumber ini memiliki sejarah yang luar biasa, dimana konon pada perjalanan menuju sumenep tokoh terkenal pulau madura yaitu Jokotole. 

Beliau pernah berhenti untuk istirahat dalam perjalananya di daerah wilayah pantura sampang dengan menaiki kuda nya bersama dengan seorang istrinya tepatnya di Jalan Kyai H. Agus Salim, Batu Ngampar, Tambak, Kecamatan Omben, Sampang


Jokotole manaruh kudanya di pohon dengan cara mengikat menggunakan tali dan hingga sampai sekarang pohon tersebut masih dikeramatkan.

Sumber Jokotole Omben Sampang Yang Melegenda

Lalu, beliau menancapkan tongkat yang dibawanya ke tanah dan secara tiba-tiba akan karomahnya air tersebut keluar air yang mengarah ke wajah isitrinya dan penyakit lumpuh yang dialami istrinya menjadi sembuh.

Pada tancapan selanjutnya, tanah tersebut semakin deras dan keras mengeluarakan semprotan air menjadi sebuah sumber. Sehingga sumber tersebut merupakan asal mula adanya sumber mata air yang ada di desa omben dan dikeramatkan karena memiliki nila sejarah yang luar biasa untuk dikenang dalam lahirnya sumber mata air sampang.

Wisata Waduk di Sampang

Wisata Waduk Nipah Sampang

Tempat wisata yang sempat menjadi perbincangan oleh media sosial pada tahun 2016 karena Bapak Negara Indonesia yaitu Jokowi sempat turun ke pulau madua dan meresmikan Bendunga Nipah dijadikan sebagai destinasi wisata di sampang madura bagian pantura tepatnya di pakolan, mantor, banyuates.

 

Wisata Nipah Sampang menyimpan keindahan alam yang luar biasa, dengan memiliki luas sekitar kurang lebih 1.000 Hektar tanah yang dikelilingi oleh perbukitan bebatuan, pohon hijau yang rimbun dan deraian air dari arah selatan.

Obyek waduk nipah tak kalah keren dengan wisata daerah lainnya. meskipun wisata buatan akan tetapi bendungan nipah ini merupakan waduk terbesar yang ada di Madura yang masih alami dan segar. sehingga sangat recomended sekali untuk di explore ketika kalian mengunjungi pulau madura khususnya di wilayah pantura kabupaten sampang.

Suasana Bendungan Nipah Sampang dari Tampak Atas

Disini kalian akan merasakan panorama alam yang begitu indah dan keren sekali. dibalik mennikmati suasana alamnya, kalian bisa bermain atau berenang di waduk nipah sampang karena air disini masih alami. 

Bagi yang suka dengan spot foto yang kekinian ala selebgram dengan berlatar belakang obyek alam yang indah jangan lupa untuk megabadikan moment. Untuk menikmati wisata ini, kalian cukup membayar tiket masuk sebesar 5.000 perorang.

Waduk Klampis Sampang

Sebuah destinasi alam di sampang yang masih cukup tersembunyi dan mulai dikenal dari mulut ke mulut sehingga mulai banyak pengunjung yang berdatangan karena panorama alam yang disajikan begitu indah dengan sensasi yang berbeda untuk dirasakan.

Bendungan Klampis Sampang Madura cocok sangat ketika dijadikan tujuan liburan kalian ketika berkunjung ke sampang yang lokasu tak cukup jauh dengan pusat kota yang berada di Jalan Raya Kedungdung, Dalbadung, Kramat, Kedungdung, Sampang.  

     

Obyek wisata waduk klampis merupakan irigasi sawah di beberapa wilayah sampang yaitu kedungdung, torjun, jrengik dan sampang. disini kalian akan melihat aliran arus air yang lumayan dalam dengan dikelilingi pohon hijau yang rimbun di sekitar perbukitan bebatuan.

Selain itu, disini kalian akan menemukan beberapa perahu kecil yang berlayar untuk menangkap ikan dan para petani sawah yang memanen panennya.

Wisata Waduk Klampis Sampang

Fasilitas dan sarana prasana terbilang juga lengkap. adanya tempat parkir yang luas, toilet yang bersih dan nyaman, temoat ibadah yang layak digunakan dan beberapa warung yang menjual makanan. Untuk biaya yang akan kalian habiskan ketika liburan ke wisata waduk klampis sampang adalah sebagai berikut:

  • 5.000 tiket masuk
  • 2.000 parkir motor
  • 5.000 parkir mobil

Wisata Edukasi di Sampang

Tambak Garam Pangarengan Sampang

Jika kalian ingin mengelilingi pulau madura dengan penghasil terbesar, jangan lupa datang untuk mengunjungi tempat ini. sebuah obyek wilayah yang rata-rata masyarakat sekitar hidup dengan hasil tani garamnya.

Di kabupaten sampang salah satu desa yang memiliki penghasil garam terbesar dan wilayahnya dikelilingi dengan tambak yakni desa pangerangan yang letak lokasinya tak jauh dari pusat kota sekitar 30menitan.
   
Untuk menuju ke lokasi tambak garam ini, kalian tinggal mengambil arah belok kanan di perempatan lampu merah jrengik apabila dari arah blega bangkalan.

Di area tambak garam sampang ini, kalian bisa melihat langsung proses panen atau pembuatan garam oleh masyarakat sekitar yang luas dan lebar mencapai sekitar kurang lebih 50 Ha.

Tambak Garam

Bagi kalian yang suka dengan spot foto yang keren kekinian ala selebgram. jangan lupa untuk mengabadikan moment ketika berkunjung ke tempat ini. dijamin hasilnya keren dengan berlatar belakang tambak garam yang luas.

Tips dan sara ketika berkunjung kesini usahakan pagi atau sore, agar suasananya tidak panas dan gunakan kendaraan bermotor agar tempat parkirnya lebih aman dan tidak menggangu kendaraan lain yang sedang lewat di jalan raya pangeranan sampang ini.

Wisata Kolam Renang di Sampang

Kolam Renang Goa Lebar

Tak hanya menikmati wahan bermain atau beredam air saja ketika kalian berkunjung ke obyek wisata ini. di area wisata ini kalian akan merasakan nuansa alam yang sejuk dan indah karena bersebelahan dengan obye wisata goa lebar yang keren.

Kolam Renang Goa Lebar bisa kalian tempuh dengan jarak yang tak cukup jauh karena posisi nya berada di daerah Dalpenang, Kecamatan Sampang sekitar 15 menit dari pusat tengah kota sampang.

   
Obyek wisata kolam renang goa lebar salah satu obyek wisata air disampang yang  dikenal oleh warga sekitar maupun dari lokal untuk berenang maupun beredam hingga bermain air di dalam kolam.

Disini tempat wahana kolamnya antara anak kecil dan dewasa dipisah dengan kedalaman air yang berbeda. Sehingga bagi yang sedang membawa keluarga dengan bermain dengan anak-anaknya sangat seru sekali dan recomended untuk dijadikan liburan serumu.

Diarea wisata goa lebar sampang juga tersedia beberapa warung yang menjual makanan atau minuman. Jadi, jangan khawatir akan mengisi perut kalian ketika selesai capeknya berenang di wisata ini.

Kolam Renang Goa Lebar Tampak Samping Pintu Masuk

Untuk harga tiket ketika kalian berkunjung ke obyek wisata kolam renang goa lebar sampang antara hari libur sabtu minggu dengan hari biasa senin-jum'at berbeda, dan akab berubah sewaktu-waktu. Berikut untuk tiket masuknya adalah:
  • 05.000 Tiket masuk hari senin - jum'at
  • 10.000 Tiket masuk wekend
  • 02.000 Tiket parkir motor
  • 05.000 Tiket parkir mobil

Wisata Kuliner di Sampang

Bebek Songkem Pak Salim Sampang

Sebuah kuliner khas sampang yang sempat viral dan menjadi terkenal di wilayah sebelahnya yaitu Bangkalan. menu ini sangat recomended dan cocok sekali untuk dijadikan kunjungan ketika keliling kabupaten sampang.

Sebuah kuliner bebek yang berbeda sekali dengan bebek pada umumnya. dimana dari penyajiannya menggunakan daun pisang dengan cara dikukus. sehingga sangat aman sekali bagi kalian yang sedang ingin makan bebek tanpa menambanh kolesteror.

Kuliner makanan bebek songkem pak salim berada di daerah tengah pusat kota yang terletak di Jalan Raya Trunojoyo No.9A, RW. III, Rong Tengah, Kecamatan Sampang. jadi jangan khawatir akan kebingungan untuk mengexplorenya.

   
Bebek songkem pak salim memiliki sejarah yang luar biasa, dari namanya saja arti songkem apabila diartikan dalam bahasa indonesia yang mempunyai arti cium tangan dengan cara menunduk ke bawah.

Bebek Songkem Pak Salim

Keunikan yang terdapat menu bebek yang satu ini yaitu terdapat pada proses kukus dengan memakai pelapah atau bumbu dengan cara dikukus menggunakan kedebok pisang tanpa menggunkan air.

Untuk harga menu kuliner bebek songkem pak salim  yang nikmat dan lezat ini cukup terjangkau dan berkualita mulai 25.000 hingga 75.000. kalian bisa menikmati makan di tempat atau dibungkus.

Nasi Kobel Sampang

Kuliner sederhana yang banyak diburu para pecinta kuliner. aslinya makanan ini hanya menyediakan nasi campur atau nasi rames saja. seiring berjalan waktu atau berkembang, disini kalian bisa memesan menu lainnya seperti nasi cumi, nasi ikan dll.

Lokasi Warung Nasi Kobel Cb Calm tidak jauh dari wisata populer di sampang yaitu pantai camplong. sekitar 5 menit jarak yang akan kalian tempuh tepatnya berada di Jalan Raya Camplong dekat jembatan yang menuju kabupaten pamekasan.

 

Nasi Kobel Sampang memiliki menu yang khas , sehingga banyak para pengunjung yang datang untuk mencicipi menu kuliner khas sampang ini. karena citarasa yang khas ini tidak ada duanya yang mantap dan enak.

Kuliner khas sampang ini di identik ala pesisir warga camplon yang dijadikan lauk untuk bekal kepada suaminya ketika hendak berangkat melaut bagi para nelayan mencari ikan setempat.

Menu Nasi Kobel Sampang

Keunikan lainnya yang terdapat pada kuliner ini dari segi namanya namanya Kobel singkatan Korang Abhelih, apabilah di artikan dalam bahasa indonesia yakni kalau kurang, segera kembali.

Selain itu, yang menjadi ciri khas pada menu ini adalah sambal cabe yang sering di santap oleh warga sekitar Buje Cabbih, sambal cabe dan garam saja yang disatukan dengan cara di ulek dan parutan kelapa yang atau yang disebut serundeng dengan cara di sangrai.

Sehingga tidak heran apabila warung ini selalu ramai oleh para pengunjung. Untuk harga menu warung nasi kobel cb calm, cukup terjangkau dan murah meriah. mulai dari 8.000 hingga 20.000 tergantu lauk yang kalian inginkan.

Warung Asela Sampang

Ingin menikmati kuliner khas sampang sambil memandang selat madura bagian utara, tenpat ini sangat recomded sekai untuk kalian dikunjungi. yakni warung asela sampang. sebuah obyek wisata yang berkonsep kuliner yang lokasinya berada di pinggir Jalan Raya, Slabayan, Sejati, Camplong, Kabupaten Sampang.

   
Nama kuliner sampang ini bila diartikan dalam bahasa indonesia yaitu lesehan. yang menjadi menjadi menu andalan disini yaitu makanan sea food dan ikan laut yang akan memanjakan lidah kalian.

Selain itu, disini kalian bisa memesan menu makanan dengan cara makan bersama dengan perpaket yang bisa dimakan lebih dari 5 orang. sehingga membuat kunjungan kalian lebih betah berlama-lama disini dengan menikmati pemandangan alam dan angin sepoi-sepoi di pesisir sampang.

Suasana Asela Sampang

Pada Warung Asela, bagi kalian yang suka dengan foto - foto yang keren ala selebram yang kekinian tempat sangat cocok. dengan adanya spot foto yang menarik ditambah dengan saung-saung yang lucu, bijak dan romantis. 

Disini terdapat beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti tempat toilet yang bersih, tempat ibdah yang kayak untuk digunakan dan tempat parkir yang luas. Untuk harga menu di Warung Asela Sampang sebagai berikut:
  • 10.000 Minuman
  • 10.000 Cemilan
  • 25.000 Makanan Seporsi
  • 250.000 Makanan Paket

Dari beberapa wisata yang ada di Kabupaten Sampang diatas, kalian pilih dan explore dengan sesuai seleranya. agar perjalanan kalian ke Pulau Madura menjadi lebih menyerukan dan mengesankan.

Baca Juga: 37# Wisata Terbaru di Bangkalan Yang Bagus dan Cocok Untuk Destinasi Liburan di Pulau Madura

Terima kasih kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan klik komentar atau menghubungi kontak person di halaman utama dan semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Silahkan agendakan liburan kalian di kota monumen trunojoyo madura ini yang terletak di Pulau Madura.

" Mator Sekelangkong Sedejenah Tretan "

Writing Illustration