Sejarah Pulau Masalembu di Sumenep Madura (Segitiga Bermuda Indonesia)

Tak hanya sejarah dan peristiwa saja yang menjadi pebincangan publik, masalembu memiliki panorama alam yang begitu menakjubkan untuk dikunjungi.

Masalembu sebuah kepulauan kecil di Sumenep Madura yang cukup terkenal dan populer dengan beragam ceritanya. Mulai dari keindahan alamnya, panorama laut yang memukau dan Sejarah Pulau Masalembu yang masih legendaris hingga sekarang ini.

Sumenep Memang memiliki pulau yang kecil dengan dibagi 9 kecamatan salah satunya adalah kepulauan masalembu yang terletak paling ujung kabupaten sumenep pulau madura.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan beberapa point penting atau cerita selama berada di pulau masalembu sekitar kurang lebih 2 bulan tinggal disana.

Dari beberapa informasi dan penelusuran digoogle, pulau masalembu dikenal dengan sebutan segitiga bermuda di Indonesia yang memiliki cerita legendaris.

Asal Usul Kepulauan Masalembu di Sumenep Madura

Sejarah Pulau Masalembu
Sejarah Pulau Masalembu di Sumenep Madura

Kepulauan yang terdapat di tengah laut jawa antara pulau madura, sulawesi dan kalimantan. tepatnya berada di kabupaten sumenep pulau madura yang masuk ke provinsi jatim.

Jika dilihat dalam peta, aslinya pulau ini lebih dekat dengan wilayah kalimantan. akan tetapi, masalembu masih masuk ke kawasan pulau madura dengan beragam sejarah yang unik.

Posisi pulau ini berbatasan langsung dengan perairan besar (laut epas). luas puau masalembu sekitar kurang lebih 40km dengan kedalam air mencapai 112 mil dari daratan sumenep yaitu pelabuhan kalianget.

Pulau Masamlebu Dari Sisi Timur

Ada apa dengan kepulauan masalembu selain keindahan alam yang disajikan?...

Dalam postingan ini, penulis akan memberikan sedikit sejarah yang berhasil ditangkap sekitar 1bulan lebih berada di pulau masalembu dan panorama alam dan lingkungan sekitar.

Sejarah Pulau Masalembu di Sumenep Madura

Sekitar tahun 1967, pulau ini diresmikan dengan sejumlah penduduk yang mencapi sekitar kurang lebih 15rb. potensi yang ada di pulau masalembu yakni 75% sebagai nelayan, 15% seoarang petani dan 10% seorang ternak seperti sapi, kambing dan ayam.

Sumber yang saya tangkap dari salah salah satu sesepuh pulau masalembu yakni H.Rasuli. sejarah pulau ini memiliki keunikan tersendiri dengan pulau-pulau lainnya yang ada di sumenep.

Wawancara Dengan H Rasuli

Dahulu kala ada salah satu warga dari pulau ra'asa yang sedang berlayar yang memang berniat untuk pindah tempat kehidupan barunya. beliau adalah Bunajib bin mayang atau yang dikenal dengan sebutan Datuk Kaidani.

Ditengah perjalanan menuju pulua kalimantan beliau menemukan yang dilihat dari jarak jauh berbentuk seperti lembu (sapi) dan tak lama kemudian menghapirinya.

Setelah tiba dipulau, beliau tidak menemukan orang satu pun dan hanyalah menemukan hutan dengan ribuan pohon yang masih hidup dan puluhan hewan sapi.

Lalu, hutan tersebut dibersihkan dan kembali ke pulau ra'as untuk mengajak segenap keluarganya untuk tingga disana. Setelah berlama-alam tingga disana, maka pulau tersebut diberi pulau masalembu.

Rumah Kampung Bugis Masalembu

Sumber lain yang saya tangkap dahulu sekitar abad XVII ada salah satu seorang bugis yang melakukan perjalanan ke surabaya yang tujuannya untuk berdagang pohon kelapa.

Pada saat perjalanan, perahu yang mereka naiki tidak mendapatkan banyak angin sehingga menemukan pulau yang berada dikawasan tersebut dan kemudian menghampirinya di bagian perairan timurnya.

Beliau juga menemukan puluhan sapi dan pepohonan hutan yang masih rimbun tak berpenghuni sama sekali dan berinisiatif memberi nama nusa lembu ".

Pulau dihuni oleh suku madura dan suku bugis yang masih satu pendapat akan ketentraman di pulau masalembu.

Pada tahu 1900-an, pulau masalembo sempat dikuasai oleh negara asing yakni belanda dan jepang yang dijadikan sebagai medan perang untuk bertempur. Tak hanya itu saja, rest area ini dijadikan basecamp atau tempat pangkalan perang.

Peristiwa dan Misteri Pulau Masalembu di Sumenep

Pulau masalembo yang berada di paling ujung pulau madura ini merupakan pulau yang sering disebut dengan segitiga bermuda indonesia dengan cerita atau historis yang misterius yang terjadi di rest area pulau ini. diiantaranya fenomena yang terjadi yakni :

  • Tenggelam dan terbakarnya  kapal thampo mas II pada tahun 1981 di daerah perairan masalembu yang menuju ke arah sulawesi.
  • Kapal roro senopati nusantara yang mengalami hujan derasa dan angin yang dahsyat pada tahun 2006 silam ketika mengarah ke teluk kumai, kalimantan tengah.
  • Pesawat adam air DHI-574 pada tahun 2007 yang sempat hilang saat transit dari jakarta-surabaya-manado.
  • Kapal mutiara indah yang sempat tenggelam pada tahun 2009.
  • Kapa mutiara sentosa yang mengalami kebakaran  ketika menuju perjalana menuju banjarmasin pada tahun 2017.

Obyek Wisata Pulau Masalembu

Tak hanya sejarah dan peristiwa saja yang menjadi pebincangan publik, masalembu memiliki panorama alam yang begitu menakjubkan untuk dikunjungi.

Perairan air yang masih dengan berwarna kebiruan, hamparan pasir yang kuning begitu halus ketika dihelaian tangan dan ribuan pohon kelapa yang menyejukan ketenangan.

Landscape Pulau Masalembu

Pantai Masna di Sore Hari

Pantai Masna di Pagi Hari

Terumbu karang yang ada di pulau masalembu kini masih terawat, meskipun sebagian besar hidup dari hasil tangkpa ikan. akan tetapi, warga setempat masih menjaga ekosistem terhadap terumbu karangnya.

Bagi kalian yang ingin bernuansa berbeda untuk liburan, masalembu merupakan tempat yang recomended untuk dijadikan destinasi.

Kuliner Pulau Masalembu

Jika kalian sedang liburan ke pulau masalembu, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya. karena disini beragam macam enaka cemilan dan makanan yang akan memanjakan lidah yakni:

Warung Cocong

Warung Kampung Baru

Warung SMA Masalembu

Kantin SMA Masalembu

Warung Masalima Masalembu

  • Cocong
  • Soto ikan
  • Gamber
  • Nasi jagung
  • Nasi pisang
  • Pentol ikan
  • Ladeh

Lokasi Pulau Masalembu


Secara geaografis, letak kepulauan masalembu mendekati posisi ekuatorial yang memiliki 4 desa dengan 3 pulau yang cukup kecil yakni masalima, suka jeruk, masa kambing dan karammian.

Dari keempat desa tersebut terdapat di 3 pulau yag dibagi sebagai berikut masalima dan suka jeruk masuk di pulau masalembu, masa kambing dan karammian mempunyai pulau tersendiri atau terpisah.

Tiket dan Perjalanan Ke Pulau Masalembu Sumenep

Bagi kalian yang ingin liburan atau singgah ke pulau masalembu, berikut rute yang bisa dippilih untuk bisa sampai:

Kapal Menuju Pulau Masalembu

  • Lewat pelabuhan Jamrud: sekitar perjalanan yang ditempuh sekitar 19 jam dengan tiket 25K - 40K perorang.
  • Lewat pelabuhan Kalianget: sekitar perjalanan yang ditemph sekitar 14jam dengan tiket 30K perorang.

Kedua penyebrangan tersebut menggunakan kapal yang lumayan besar, ditambah dengan adaanya fasilitas kasur atau tempat tidur dan AC untuk kenyamanan para penumpang.

Laut Lepas Masalembu

Jika kalian ingin membawa kendaraan bermotor biayanya menambah sekitar 150K dan 250K untuk kendaraan mobil.

Tips Liburan Ke Pulau Masalembu

  • Melihat keadaan cuaca
    Dengan letak yang cukup jauh dari pusat pelabuhan, sangat disarankan kalia berkunjung ketika cuaca sedang baik-baik saja. karena angin ketika menuju masalembu begitu kencang.

  • Mengetahui Jadwal adanya kapal
    Karena jadwal yang masih belum beraturan, sebaiknya kalian memiliki contact person yang terdapat di pelabuhan tersebut. agar mengetahui kapan jadwal penyebrangan.

  • Memilik teman yang asli orang masalembu
    Dengan memiliki teman yang asli disana, membuat perjalanan kalian akan begitu mengesankan dengan ditemani atau seperti tour guide.

Gambar Kepulauan Masalembu Kabupaten Sumenep

Liburan ke pulau masalembu kabupaten sumenep merupakan perjalanan yang sangat menarik untuk megexplore pulau madura. berikut beberapa documentasi selama saya ada di pulau masalembu.

Pelabuhan Masalembu

Pantai Suka Jeruk Masalembu

Puncak Masalembu

Pelabuhan Pabrik Jepang Belanda

Pengalaman saya pribadi setelah satu bulan lebih berada di pulau masalembu yakni mengambil pelajaran untuk selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan karena kehidupan di pulau Masalembu berbeda dengan kehidupan dengan wilayah perkotaan diantarnya adalah sebagai berikut:

  • Bahan pokok yang kadang terbatas dan stok meinipis ketika angin kencang
  • Jaringan listrik yang masih kebanyakan menggunakan tenaga surya
  • Sarana komunikasi yang masih menggunakan telkomsel degan jaringan yang prioritas 2G
  • Air bersi yang masih sebagian besar menggunakan sumur.

Jadi, sejarah pulau masalembu di sumenep ini dilihat dari jarak jauh dan dari atas berbentuk atau menyerupai seperti sapi.

Rumah Ilham

Rumah Inung

Selain itu, populasi hewan sapi yang terdapat disini tak pernah habis meskipun dikirim  ke antar kota. sehingga pulau ini dinamakan kepulauan masalembu.

Baca Juga: Makam Zimat Bangkalan Yang Masih Bersejarah

Penutup

Itukah sejarah, gambaran, misteri, lokasi, wisata dan tips ke pulau masalembu di kabupaten sumenep yang memiliki bergama cerita dan keunikan sendiri.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan ke website ibnujacky - semoga postingan mengenai pulau masalembu bermanfaat bagi para pembaca.

Writing Illustration