5+ Tips Membeli Laptop Bekas Yang Harus Dicek Agar Tidak Tertipu

mengecek bagian fisik, internal, sparepart, kelengkapan dan riwayat penggunaan menjadi tips ketika membeli laptop bekas atau second...

Membeli Laptop Bekas sudah banyak dilakukan oleh para mahasiswa, pelajar hingga sekelas perusahaan ketika budget tidak mencukupi dengan hal yang baru.

Tak hanya itu saja, membeli laptop bekas yang harus di cek agar tidak tertipu menjadi peranan penting supaya bisa bertahan bertahun-tahun.

Membeli laptop bekas secara online ataupun offline sebenarnya tidak ada perbedaan dalam proses pengecekan yang dilakukan oleh pembeli.

Mulai dari keadaan fisik bagian luarnya, perangkat lunak yang sudah terpasang, sparpart yang digunakan dan lain sebagainya.

Cara Cek Laptop Bekas atau Second Yang Bagus

Tips Membeli Laptop Bekas Yang Harus Dicek Agar Tidak Tertipu

Laptop bekas atau second ditahun 2023 ini memiliki harga yang relatif murah dengan menyesuaikan keinginan kalian sendiri.

Beli laptop bekas memang harus dilakukan secara jelas atau hati-hati agar tidak tertipu ketika sedang meninggalkan dari penjualnya.

Bagi penulis sendiri, ketika kalian hendak membeli laptop bekas atau second usahakan dilakukan secara online agar bisa mengecek dibagian keseluruhannya.

Untuk itu, dibawah ini penulis akan memberikan beberapa trik dan tips cara membeli laptop bekas yang harus di cek agar tidask tertipu. diantaranya sebagai berikut :

Bagian Fisik

Bagian Fisik

Langkah pertama ketika membeli laptop bekas ataupun baru yaitu dengan mengecek pada bagian fisik karena menjadi hal yang wajib untuk kalian ketahui.

Jika bagian fisik saja sudah terlihat jelek, kemungkinan besar dalam penggunaan menjadi tidak dirawat oleh pemiliknya.

Akan tetapi, kalian juga jangan tertipu karena belum tentu bagian fisik bagus dibagian dalamnya baik dalam penggunaan.

Untuk itu, silahkan kalian cek pada bagian fisik laptop mulai dari layar, body, casing, lubang usb, baterai, baot, setiap sudut dan lain sebagainya secara teliti.

Sehingga kalian tidak menjadi kecewa atau menyesal ketika sudah sepakat membeli barang tersebut untuk digunakan bekerja ataupu  belajar.

Bagian Internal

Bagian Internal

Membeli laptop bekas berkualitas agar tidak tertipu yaitu dengan cara mengecek di bagian internal yang sudah terpasang.

Bagian internal dalam laptop ini meliputi atau cek mulai dari touchscreen, kursor, keyboard, penyimpanan, ram, suara atau speaker, wifi, lampu indikator, touchpad, driver, os yang digunakan dan lain sebagainya dengan cara santai.

Sehingga kalian bisa menggunakan laptop bekas ini secara bertahun-tahun dan tahan lama hingga tidak terjadi kerusakan.

Software cek laptop bekas yang harus kalian ketahui pada saat pembelian dengan penjual terkadang lupa ditanyakan apalagi ketika offline atau bertatap muka.

Sparepart

Sparepart

Selanjutnya, yg harus dilakukan saat beli laptop bekas yaitu dengan cara melihat sparepart yang digunakan pada laptop.

Mulai dari charger yang digunakan, keyboard, baterai yang terpasang, ram yang berjalan dan lain sebagainya dengan perinci.

Sparepart laptop bekas memang tak sebagus dengan versi terbarunya. akan tetapi, hal ini menjadi hal penting untuk di cek atau tanya ketika sedang membeli laptop bekas.

Kelengkapan

Kelengkapan

Laptop bekas atau second yang ingin kalian beli jangan lupa untuk menanyakan dibagian kelengkapan yang sudah ada.

Supaya nantinya ketika sedang bertemu (offline) dengan pembeli dan barang sudah datang (online) menjadi tidak kecewa.

Kelengkapan disini mulai dari dosbuk atau kardus, tas, alas, mouse, charger, colokan atau adaptop dan lain sebagainya dengan cara jelas.

Riwayat Penggunaan

Riwayat Penggunaan

Tips membeli laptop bekas online dan offline yang wajib untuk kalian ketahui yaitu dengan menanykan riwayat penggunaan kepada penjual dengan seksama.

Jika hal ini kalian tidak cek atau bertanya kepada penjual, maka kalian tidak bisa mengetahui tangan keberapa yang sudah digunakan, dapat dari mana, kerusakan apa yang sudah terjadi dan lain sebagainya.

Riwayat penggunaan dalam membeli laptop bekas terkadang menjadi hal yang spele bagi pembeli apalagi laptop dilakukan secara online.

Dari mengecek bagian fisik, internal, sparepart, kelengkapan dan riwayat penggunaan menjadi tips ketika membeli laptop bekas atau second, silahkan kalian lakukan secara berhati-hati agar bisa temukan pilihan yang pas dari merek yang di inginkan.

Baca Juga : Tips Membeli Kamera DLSR dan Mirrorless Bekas Yang Terbaik

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini. semoga postingan diatas bermafaat bagi para pembaca.

Writing Illustration