KH. Makki Syarbini Pendiri Pondok Pesantren Asshomadiyah di Bangkalan

KH. Makki Syarbini atau yang akrab dikenal dengan sebutan Kyai Makki merupakan Ulama' di Bangkalan yang sukses mendirikan Pondok Pesantren Asshomadiya

KH. Makki Syarbini atau yang akrab dikenal dengan sebutan Kyai Makki merupakan Ulama' di Bangkalan yang sukses mendirikan Pondok Pesantren Asshomadiyah yang berada di kecamatan Burneh.

Pondok Pesantren Asshomadiyah sudah ada sejak tahun 1960 an dan alhamdulillah sekarang sudah terkenal dan memiliki banyak santri yang berdatangan dari desa sekitar dan wilayah lainnya.

Perjalanan Almarhum KH Makki tak lepas dari doa kedua orang tuanya dan para gurunya yang telah mencari ilmu diberbagi Nusantara dengan kegigihan dan kesabaranya, sehingga terbangunlah pesantren salafiyah dari beberapa puluhan pesantren lainnya yang ada di Bangkalan.

Sebenarnya, pesantren ini dulunya diawali oleh Abahnya yaitu Kiai Sarbini pada tahun 1950 yang berupa langgar atau lebih dikenal dengan sebutan Musholla. sehingga beliau melanjutkan kepada putranya yaitu KH Makki dengan memberi nama Pondok Pesantren Asshomadiyah.

Nama Assomadiyah diambil dari sebuah i'tibar dari seorang kakeknya yaitu Kiai Abdus Shomad yang merupakan santri dari Ulama Besar Syakhona Muhammad Kholil Bangkalan.

Sejarah Pondok Pesantren Asshomadiyah Burneh Bangkalan

KH. Makki Syarbini Pendiri Pondok Pesantren Asshomadiyah di Bangkalan

Pada zaman dahulu, komplek Pondok Pesantren Asshomadiyah hanyalah sebuah persawahan yang hanya ada langgar berbahan kayu untuk tempat mengaji KH Syarbini dan alhamdulillan tempat ini ekarang sudah menjadi masjid yang megah dan mewah sekali.

Di era pengasuh yang dipimpin KH Makki Sarbini, Pondok Pesantren Asshomadiyah membangun asrama khusus santri dan sntriwati yang menampung sekitar kurang lebih 200.

Seiring perkembangan pesantren yang cukup pesat, Alhamdulillah pada tahun 1965 Pondok Pesantren Asshomadiyah sudah memiliki jumlah santri sekitar kurang lebih 2000 dari berbagai wilayah.

Waktu itu, pengasuhnya adalah KH Muqaffi Makky yang dibantu oleh KH Mukhlis Yasin, KH Muzammil Imron, KH Masduqi Fadli dan KH Abdulbar Makky yang menjadi satu untuk memajukan Pondok Pesantren Asshomadiyah.

Untuk saat ini tepatnya di tahun 2023, Pondok Pesantren Asshomadiyah dipimpin atau diasuh oleh KH Muhaimin Makky dengan Nyai HJ Mudhi'ah Syafi'ah

Pendidikan di Pondok Pesantren Asshomadiyah

Suasana Pendidikan Pondok Pesantren Assomadiyah

Pondok Pesantren Asshomadiyah memiliki pendidikan formal sudah menghasilkan banyak lulusan terbaik. berikut dibawah ini pendidikan formal diantaranya sebagai berikut :

Pendidikan Formal
Pondok Pesantren Assomadiyah
Play Group
TK Alqur’an
SDIT
SMP
SMA
Ibtidaiyah
Tsanawiyah
Aliyah

Tak hanya itu saja, Pondok Pesantren Assomadiyah juga memiliki pendidikan non formal yang sudah tidak diragukan lagi. diantaranya sebagai berikut :

Pendidikan Non Formal
Pondok Pesantren Assomadiyah
Madrasah Diniyah
Tahfidzul Qur’an
Majelis Taklim
Khotmil Qur’an

Dari beberapa pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Assomadiyah diatas terbuka untuk umum bagi yang ingin belajar.

Lokasi Pondok Pesantren Asshomadiyah

Gerbang Pondok Pesantren Assomadiyah

Untuk kalian yang ingin menuju ke Pondok Pesantren Asshomadiyah silahkan datang ke wilayah Desa Morlorong, Kecamatan Burneh Kabupaten, Bangkalan atau tinggal klik saja maps dibawah ini.

Pondok Pesantren Asshomadiyah salah satu pilihan tempat belajar yang sangat rekomended sekali, karena banyak guru saya dan Almarhum abah sendiri pernah belajar di Pondok Pesantren Asshomadiyah sekitar kurang lebih 10 tahun.

Baca Juga : Drs. Kh Jazuli Nur, Lc Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Amanah

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini. semoga postingan diatas bermafaat bagi para pembaca.

Writing Illustration