Drs. KH. Jazuli Nur, Lc Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Amanah di Bangkalan

Drs. KH. Jazuli Nur, Lc atau yang akrab disebut dengan Kyai Jazuli merupakan tokoh ulama' di Bangkalan yang telah sukses mendirikan Pondok Pesantren..

Drs. KH. Jazuli Nur, Lc atau yang akrab disebut dengan Kyai Jazuli merupakan tokoh ulama' di Bangkalan yang telah sukses mendirikan Pondok Pesantren Nurul Amanah.

Perjalanan beliau tak lepas dari doa dan dukungan kedua orang tuanya yaitu H.Mohammad Nur dan HJ. Siti Zulaicha yang dulunya pernah nyantri di Pondok Pesantren Assomadiyah waktu pengasuh Al Marhum KH Makki Syarbini di Burneh.

Kyai Jazuli Lahir pada tahun 1952, beliau dulu menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Assomadiyah sambil mengabdi. setelah beberapa tahun belajar, kemudian dilanjutkan ke Pondok Pesantren Tebuireng Jombang.

Dengan kesungguhan beliau dalam belajar ilmu, akhirnya ada kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri yaitu di Al – Azhar University Cairo, Mesir selama beberap tahun.

Biografi dan Perjalanan Hidup Kh Jazuli Bangkalan Madura Yang Sukses

Drs. KH. Jazuli Nur, Lc Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Amanah di Bangkalan

Akhirnya, sekitar tahun 1981 beliau kembali ke tanah air Indonesia dan ada amanah untuk menikah dengan putri dari sang gurunya yaitu KH Makki Syarbini yang sekarang menjadi istrinya. beliau bernama Nyai  Hj. St. Ma’rifah Makki.

Setelah itu, beberapa tahun kemudian KH Jazuli dan Nyai HJ Ma'rifah mendapatkan dukungan dari Kedua Orang Tua, Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Assomadiyah dan Jajaran Dewan Asatid lainnya untuk membangun Yayasan Pendidikan sendiri.

KH Jazuli dan Nyai HJ Ma'rifah

Alhamdulillah pada tahun 1996, atas rahmat  Allah S.W.T dengan penuh tawakkal dan sabar akhirnya berdirilah Pondok Pesantren Nurul Amanah yang berada di Tanah  Merah Bangkalan Madura.

Bangunan yang sedang berdiri megah ini terbantu dari seorang Ustad Hasan Basri yang memberikan sebidang tanah wakaf seluas kurang lebih 600 m3.

Tujuan tak lain membangunan pondok pesantren mengharapkan ridho Allah S.W.T dan mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan, sosial, kemasyarakatan dan keagamaan.

Perkembangan Pondok Pesantren Nurul Amanah dari tahun ke tahun mengalami perubahan yang cukup pesat dengan berbagai macam perubahan hingga ditahun 2023 ini.

Unit Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Amanah

Pondok Pesantren Nurul Amanah

Tak hanya fokus di bidang keagamaaan saja yang membuka pendaftaran santri, namun di Pondok Pesantren Nurul Amanah juga tersedia Unit Pendidikan. diantaranya sebagai berikut :

  • Madrasah Diniyah Nurul Amanah
  • MTS Nurul Amanah ber Akreditasi B
  • SMP Nurul Amanah ber Akreditasi A
  • SMAS Nurul Amanah ber Akreditasi A
  • SMKS Nurul Amanah ber Akreditasi B

Dari beberapa unit pendidikan diatas terbuka untuk umum bagi seluruh masyarakat sekitar dan wilayah luar lainnya.

Jajaran Dewan Pengasuh di Pondok Pesantren Nurul Amanah

Keluarga Besar Pesantren Nurul Amanah

Dengan dukungan dari putra, putri dan para menantunya, Pondok Pesantren Nurul Amanah alhamdulillah tetap jaya dan aktif hingga sekrang ini. berikut nama-nama jajaran pengasuh di bawah Dr KH. Jazuli Nur, Lc dan Nyai  Hj. St. Ma’rifah Makki. diantaranya sebagai berikut :

Jajaran Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Amanah
Nama Gelar
H. Abd. Shomad, SH.I., M.Pd Kepala SMKS Nurul Amanah
Hj. Hanna Jz, S.Pd.I., M.Pd Kepala SMP Nurul Amanah
Hj. Siti Mutti'ah, S.Psi Kepala SMAS Nurul Amanah
Hj. Mudhiatus Sholihah, S.Pd Kepala Mts Nurul Amanah
Hj. Hasanah Putri Bungsu Pengasuh Nurul Amanah
H. M. Subhan Malik, Lc., M.Ag Kepala Bidang Kepesantrena Nurul Amanah
Dr. Dzikrullah, S.E.I., M.SEI Kepala Bidang Perekonomian Nurul Amanah
H. Ali Syabrowi Al-Haj Kepala Madin Nurul Amanah

Itulah daftar jajaran pengasuh Pondok Pesantren Nurul Amanah hingga sekarang ini yang menjadi pemimpin atau kepala hingga sekarang ini.

Program Unggulan Pondok Pesantren Nurul Amanah

Santri Pondok Pesantren Nurul Amanah

Perkembangan pesantren dari masa ke masa mengalami perubahan yang cukup pesat, sehingga para dewan pengasuh dengan bantuan dewan guru lainnya memiliki program unggulan (program pesantren) khususnya bagi santri dan santriwati. diantaranya sebagai berikut :

PROGRAM UNGGULAN
Pondok Pesantren Nurul Amanah
Tahfidzul Qur'an
Program Cepat Baca Kitab Al Miftah
Program Baca Al-Qur'an Metode Qur'ani
Program Unggulan Bahasa Asing
Kaligrafi
Santri Prenuere

Dari beberapa program unggulan yang terdapat di pondok pesantren Nurul Amanah diatas dapat dipilih sesuai dengan kriteria dan keahlian tersendiri.

Lokasi Pondok Pesantren Nurul Amanah Bangkalan

Gerbang Pondok Pesantren Nurul Amanah

Bagi yang ingin menuju ke Pondok Pesantrean, kalian bisa mengambil arah daerah Tanah Merah dengan jarak yang ditempuh sekitar kurang lebih 20menit dari pusat kota atau tinggal klik saja link dibawah ini :

Silahkan kalian klik saja maps diatas, jika ingin mengunjungi Pondok Pesantren Nurul Amanah dan ingin memondokkan putra putrinya tepatnya di Jl. Raya Tragah No. 09, Basanah Tanah Merah Bangkalan.

Menurut penulis sendiri yang pernah belajar disana kurang lebih 6 tahun merasakan barokah dan manfaatnya sehingga berpendapat bahwa Nurul  Amanah merupakan Pondok Pesantren di Bangkalan yang sangat rekomended untuk dijadikan tempat belajar ilmu agama dan pendidikan lainnya.

Sudah banyak Alumni yang sukses diluar sana, sehingga terbentuk suatu organisasi atau perkumpulan para santri yang bernama IANAH (Ikatan Alumni Nurul Amanah) dan HIMANURA (Himpunan Mahasiswa Nurul Amanah) yang sudah memiliki ratusan lebih anggota didalamnya.

Tujuan tak lain dari terbentuknya itu menjadikan wadah seluruh alumni agar tetap menjaga tali silaturrahmi bisa berkumpul setidaknya satu bulan sekali.

Baca Juga : 

Siapakah Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan ? Berikut Perjalanan Hidup Singkatnya  

Biografi Ra Lilur Waliyullah Jadab Yang Misterius di Bangkalan Madura

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini. semoga postingan diatas bermafaat bagi para pembaca.

Writing Illustration