4# Cara Mengatasi MacBook Pro dan Air Black Screen di Layar

masalah error seperti MacBook pro dan air black screen di layar yang datang secara tiba-tiba pasti ada solusi untuk memperbaikinya...

Mengatasi MacBook Pro dan Air Black Screen di Layar dapat kalian lakukan dengan mudah tanpa harus membawa ketempat services yang akan menghabiskan biaya yang cukup besar.

Perkembangan Apple di dunia digital seperti sekarang ini tak pernah berhenti menghadirkan alat yang membuat pengguna semakin nyaman dan setia terhadap produknya.

Sehingga ketika terjadi masalah error seperti MacBook pro dan air black screen di layar yang datang secara tiba-tiba pasti ada solusi untuk memperbaikinya salah satu dengan menegecek pada bagian OS yang digunakan.

MacBook Pro dan Air merupakan produk laptop apple yang banyak menghadirkan versi terbarunya dengan tampilan MacOS Big Sur atau Chips yang tak diragukan lagi.

Penyebab dan Cara Memperbaiki MacBook Nyala Tapi Layar Blank Hitam

Cara Mengatasi MacBook Pro dan Air Black Screen di Layar

Ada Banyak Penyebab sehingga MacBook yang kalian gunakan untuk mengerjakan tugas hingga dunia pekerjaan terjadi nyala tapi layar blank hitam seperti terkena benturan yang keras.

Tak hanya itu saja, Macbook pro atau air yang layar gelap juga bisa disebabkan karena pengguna versi OS nya sudah lama yang harus membutuhkan versi terbaru.

Sehingga ketkika kalian hendak menyalakan atau menghidupan laptop MacBook hanya muncul logo apple saja atau bahkan hanya ayar hitam saja yang disebut dengan black screen.

Untuk itu, dibawah ini penulis akan memberikan cara yang ampuh dan mudah sekali untuk mengatasi laptop macbook yang error ketika datang pada saat dihidupkan atau di tengah menjalankan sistem. diantaranya sebagai berikut :

Melakukan Reboot

Tombol Power MacBook

Langkah pertama untuk mengatasi laptop macbook pro dan air black screen yaitu dengan melakukan reboot yang tujuan untuk mematikan perangkat dengan sistem force shutdown atau ada yang menyebutnya power cycling.

Untuk langkahnya yaitu dengan menekan atau menahan tombol daya power di laptop macbook pro atau air selama kurang lebih 10-15 detik sehingga muncul logo apple kembali.

Dimana fungsinya ini dapat melakukan proses refresh perangkat tanpa harus masuk ke bagian dalam menu untuk melakukan proses pembersihan kerja Operasi sistem.

Menggunakan Charger Lain

Charger MacBook

Selanjutnya, memperbaiki layar hitam atau black screen di MacBook yaitu dengan coba menggunakan charger lain untuk mengisi daya di perangkat laptop kalian.

Dikhawatirkan, layar yang hitam disebabkan karena kehabisan baterai atau fitur mengesave nya sudah habis sehingga laptop hanya bisa hidup sebentar saja. 

Membersihkan RAM

RAM MacBook

Jika masih berlanjut layar blank hitam, langkah selanjutnya yaitu dengan cara membersihkan RAM yang terdapat di laptop MacBook pro atau air dengan menggunakan penghapus pensil saja.

Untuk caranya, silahkan kalian buka bagian belakang laptop untuk mengambil RAM yang terdapat didalam perangkat, kemudian lepas dari tempatnya dan bersihkan secara satu arah dengan secara perlahan saja.

Metode ini cukup sederhana dan mudah sekali untuk kalian lakukan jika terjadi kesalahan error di macbook yang sedang digunakan tanpa diketahui penyebab sebelumnya.

Setel Ulang SMC

Keyaboard MacBook

Langkah terakhir untuk mengatasi black screen di laptop macbook pro dan air yang error yaitu dengan melakukan proses setel ulang SMC agar bisa normal kembali.

SMC atau Manajemen Sistem Mac merupakan fitur bagian pengontrolan perangkat yang terdapat di dalam laptop terutam pada bagian daya yang berbeda saat dihidupkan.

Untuk caranya, silahkan tekan tombol shift + control + option + power secara bersamaan dikeyboard laptop macbook kalian hingga beberapa detik sehingga mati secara sendirinya.

Dari beberapa langkah diatas, silahkan kalian lakukan ketika mengalami atau melihat layar hitam di MacBook Pro dan Air hingga blank ketika sedang menghidupkannya.

Baca Juga : Trackpad MacBook Tidak Berfungsi ? Berikut Cara Memperbaikinya

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini. semoga postingan diatas bermafaat bagi para pembaca.

Writing Illustration