Trackpad MacBook Tidak Berfungsi ? Berikut Cara Memperbaikinya

melakukan restart ulang, setel ulang NVRM dan membersihkan trackad di laptop macbook kalian dapat mengatasi masalah seperti tidak berfungsi....

Trackpad MacBook Tidak Berfungsi bisa terjadi dengan munculnya masalah seperti tak dapat di klik, di drag atau bahkan seperti bisa gerak sendiri yang berbeda dengan seperti pada umumnya.

Trackpad menjadi peranan penting untuk kalian yang sedang menjalankan perangkat lunak laptop yang salah satu fungsinya sebagai penggerak arah  kursor yang terletak dibagian bawah keyboard.

Sehingga ketika mengalami trackpad error maka proses menjalankan laptop macbook tidak bisa dilakukan secara normal sehingga alat sensor penunjuk arah dilayar terjadi terkondisikan.

Sebenarnya, Trackpad dengan mouse tidak jauh berbeda yang memiliki fungsi untuk menggerakkan laptop dalam menjalankan sistem seperti memperkecil, memperbesar, enter dan hal lain sebagainya

Baca Juga : Cara Membuka HP iPhone 6,7,8,X,11,12,13 Yang Lupa Kata Sandi

Cara Mengatasi Trackpad di Laptop MacBook Gerak Sendiri

Trackpad MacBook Tidak Berfungsi ? Berikut Cara Memperbaikinya

Tidak bisa klik atau tak berfugsi yang terjadi di trackpad macbook untuk jalan keluarnya bisa menggunakan mouse dalam menggerakan sistem yang terjadi di perangkat lunak built.

Meskipun telah menggunakan mouse bluetooth ataupun yang ada kabelnya, trackpad dilaptop macbook kalian akan tetap tidak berjalan sehingg butuh proses perbaikan secara manual.

Keberadaan trackpad di laptop macbook memang menjadi hal yang sangat penting sekali sehingga ketika terjadi kerusakan atau error menjadi terhalang proses menjalankan sistemnya.

Untuk itu, dibawah ini penulis akan memberikan beberapa trik dan tips untuk cara mengatasi trackpad tidak bisa befungsi, tak dapat bergerak atau bahkan jalan sendiri dengan mudah, diantaranya sebagai berikut :

Restart Laptop MacBook

Restart Laptop

Cara mengatasi trackpad macbook pro atau air dengan mudah dan cepat yaitu dengan melakukan proses restart atau setel ulang perangkat secara paksa dengan menekan tombol di keyboard kalian.

Dengan melakukan proses restart atau mulai ulang di laptop macbook kalian, maka bug yang terdapat didalam perangkat lunak kecil agar sistem bisa berjalan dengan normal kembali seperti pada umumnya.

Setelah melakukan proses restart, usahkan jangan gunakan laptop selama kurang lebih 5-15 menit tanpa membuka aplikasi, ngetik atau bahkan menggerakkan trackpad agar sistem bisa melakukan proses refresh terlebih dahulu.

Setel Ulang NVRAM

Keyboard MacBook

Selanjutnya, melakukan setel ulang NVRM dapat memperbaiki trackpad di laptop kalian dengan cara yang lebih fleksibel sekali karena fitur ini memiliki fungsi dalam pergerakan sistem perangkat laptop.

NVRAM atau Nonvolatile RAM merupakan wadah untuk menyimpan segala informasi di laptop macbook seperti speaker, layar, srat-up, zona waktu, dan lain sebagainya yang dapat diakses.

Berikut langkah-langkah untuk kalian yang ingin melakukan proses setel ulang NVRM, diamtaranya sebagai berikut :

  • Langkah pertama, silahkan matikan laptop macbook kalian.
  • Tunggu hingga laptop mati sekiar kurang lebih 3-5 menit.
  • Setelah itu, silahkan hidupkan kembali laptop macbook kalian.
  • Saat layar di laptop sudah menyala dan belum muncul logo silakan tekan command + options + R + P secara bersamaan di keyboard kalian.
  • Jika sudah, tekan selama kurang lebih 15-20 detik hingga nantinya muncul logo apple dua kali.
  • Selesai.

Dengan melakukan proses setel ulang NVRM diatas, maka trackpad di laptop macbook kalian bisa berjalan dengan normal kembali tanpa harus membawa ketempat service yang akan menghabiskan biaya yang cukup besar.

Membersihkan Trackpad

Trackpad

Langkah terakhir yang paling ampuh yaitu dengan membersihkan trackpad di laptop macbook kalian dengan menggunakan alat yang bersih dan lembut supaya tetap aman baik dibagian internal maupun eksternal.

Jika trackpad laptop macbook kalian terdapat kotoran debu atau ada yang longgar pada bagian perangkat, maka hal itu bisa menyebakan tidak berfungsi atau terjadi drag di fitur trackpad kalian.

Untuk itu, silahkan dijaga dan dirawat laptop macbook kalian agar trackpad tidak terjadi error yang dapat menyebabkan program sistem tidak berjalan dengan normal.

Dengan melakukan restart ulang, setel ulang NVRM dan membersihkan trackad di laptop macbook kalian dapat mengatasi masalah seperti tidak berfungsi, tak dapat bergerak dan kursor gerak sendiri dengan mudah.

Baca Juga : Baterai iPhone Harus Diganti ! Berikut Ciri-Ciri dan Waktunya

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini. semoga postingan diatas bermafaat bagi para pembaca.

Writing Illustration