2# Cara Mengatasi Bluetooth Gagal Mengirim dan Menerima File di Windows

Untuk masalah penyebab bluetooth error biasanya karena file yang corrupt atau memang kesalahan dari sistem kedua perangkat karena settingannya...

Cara Mengatasi Bluetooth Gagal Mengirim dan Menerima File di Windows - Bluetooth merupakan alat perangkat media yang digunakan komunikasi dalam proses pengiriman file dengan perangkat lainnya seperti PC dan Hp.

Hadirnya bluetooth banyak memberikan manfaat yang sangat membantu pengguna dalam menyambungkan sistem layanan tanpa harus membuka perangkat.

Akan tetapi, ada beberapa pengguna yang mengalami bluetooth gagal mengirim dan menerima file di Laptop Windows sehingga menjadi bingung bagi para pengguna khusunya pemula.

Untuk cara mengatasi windows was unable to transfer some files memang tidak membutuhkan teknisi yang profesional karena pengguna dapat memperbaiki sendiri.

Adanya fitur bluetooth dapat memberikan kemudahan yang bermanfaat dalam kegitaan keseharian manusia. Akan tetapi, dibalik fitur yang keren ini yang sangat memudahkan transfer file, ada saja masalah yang akan mucul pada saat menggunakan.

Yang sering terjadi di laptop ataupun komputer mulai  bluetooth tidak bisa mengirim dan menerima file dan juga tidak bisa aktif sama sekali.

Untuk masalah penyebab bluetooth error biasanya karena file yang corrupt atau memang kesalahan dari sistem kedua perangkat karena settingannya.

Sehingga pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan Trik dan Cara Mengatasi Windows Was Unable to Transfer Some Files yang bisa kalian coba dengan mudah.

Transfer File Bluetooth Tidak Selesai adalah hal yang terjadi kepada pengguna yang mengirim dokumen yang banyak sehingga menjadi gak normal seperti pada umumnya.

Trik dan Tips Cara Mengatasi Windows Was Unable To Transfer Some Files

Mengatasi Bluetooth Gagal Mengirim dan Menerima File

Setiap hal pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Akan tetapi, kalian tak perlu kawatir karena dibawah ini penulis akan memberikan solusi untuk mengatasi bluetooth laptop yang tidak bisa digunakan untuk mengirim dan menerima file.

Ketika bluetooth di laptop windows error, biasanya akan muncul sebuah indikasi yang ditampilakan kepada user supaya mereka semua mengetahui apa langkah yang harus dilakukan.

Seperti tulisan This device is not configured correctly yang menyatakan perangkat belum terdapat driver bluetooth,  tulisan This device cannot start yang menyataka versi driver bluetooth pada laptop sudah tidak update atau menggunakan versi lama, tulisan Bluetooth device not found. Please verify that your Bluetooth menyatakan karena driver sedang mengalami built-in, tulisan Bluetooth file transfer not completed dikarenakan module service bluetooth tidak aktif atau berjalan di sistem perangkat Windows.

Tips agar Bluetooth tidak error dan tidak bermasalah bisa kalian lakukan dengan cara selalu update driver terbaru, Jangan install banyak driver, Hindari mengubah setelan services, Usahakan jangan mengirim file yang berukuran besar dan lain sebagainya.

Karena biasanya sering tidak muncul indikasi ketika bluetooth laptop error, maka kita harus melakukan beberapa langkah perbaikan agar bisa menggunakan bluetooth kembali.

Cara Mengatasi Windows was Unable to Transfer Some Files atau Tidak Dapat Mentransfer Beberapa File bisa terjadi kapanpun apalagi sistem mengalami kesalahan.

Berikut adalah langkah untuk mengatasi bluetooth gagal mengirim dan menerima file di windows tanpa hapus driver. diantaranya sebagai berikut :

Mengaktifkan Module Service

Mengaktifkan Module Services

Langkah pertama untuk kalian lakukan dengan mengaktifkan module service untuk mengtasi bluetooth gagal mengirim dan menerima file. untuk caranya sebagi berikut :

  • Langkah pertama, silahakn kembali ke halaman beranda atau utama desktop.
  • Setelah itu, Tekan tombol Windows+R untuk membuka Run.
  • Selanjutnya, tulis services.msc.
  • Kemudian tekan Enter.bluetooth di laptop yang tidak bisa mengirim file
  • Jika sudah, maka akan tampil banyak sekali services pada halama tersebut.
  • Silahkan cari Bluetooth Support Services.bluetooth.
  • Klik secara double klik untuk membuka module
  • Silhakan ganti Ubah startup type menjadi Automatic.
  • Kemudian, pilih Start.
  • Jika sudah, klik Apply
  • Klik Ok.
  • Selesai.

Fungsi dalam menjalankan bluetooth support service dan mengubah startup type menjadi automatic supaya  bluetooth dapat berjalan otomatis ketika perangkat dihidupkan.

Jadi wajar saja kalau saja bluetooth laptop tidak error ketika startup type dalam posisi manual apalagi disabled yang sedang kalian gunakan.

Setelah itu, sangat bahkan diwajibbkan untuk melakukan proses restart laptop terlebih dahulu agar perubahan segera diterapkan.

Jika sudah, silahkan lakukan atau mencoba transfer file, baik itu menerima maupun mengirim file dalam bentuk apapun

Melakukan Update Driver

Update Driver

Setiap versi driver, pasti akan memiliki fitur yang berbeda-beda. semakin baru versi driver, membuat  performanya menjadi lebih baik khususnya dalam mengirim dan menerima file.

Nah, bisa jadi penyebab bluetooth laptop tidak berfungsi atau error dikarenkan driver masih menggunakan versi lama alias belum update (pembaharui).

Untuk itu, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk update driver bluetooth yang sedang kalian gunakan. diantaranya sebagai berikut :

  • Silahkan kalian buka menu bar bluetooth dibagian kiri bawah.
  • Selanjutnya, klik kanan pada icon bluetooth.
  • Pilih setting.
  • Selanjutnya, kalian akan diarahkan ke halaman menu bluetooth.
  • Pilih device manager atau pengaturan beluetooth.
  • Setelah itu, klik bluetooth.
  • Klik kanan
  • Pilih update driver
  • Selesai.
Maka secara otomatis, kalian akan diarahakan ke halaman website yang sesuai dengan perangkat laptop yang digunakan.

Silahkan download  driver bluetooth terbaru dari laptop kalian dengan mencarinya di website resmi sesuai merk yang biasanya website resmi tersebut akan muncul di posisi paling atas. 

Setelah selesai mengunduhnya, jangan lupa untuk uninstall driver yang lama di perangkat laptop kalian supaya tidak terjadi kesalahan pada saat pemasangan.

Dari kedua cara diatas, bluetooth gagl mengirim dan menerima file akan bisa kembali normal kembali seperti pada umumnya.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 7, 8, 10, 11

Itulah Cara Mengatasi Bluetooth Gagal Mengirim dan Menerima File di Windows tanpa hapus driver yang bisa kalian coba ketika mengalami error.

Terima kasih kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan klik komentar atau menghubungi kontak person di halaman utama dan semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Desain Seadanya