Paduan Investasi di Bibit Untuk Pemula Yang Lengkap

Bibit dari segi keamanan akun sudah diawasi oleh pihak OJK dan APERD...

Investasi di Bibit salah satu layanan reksadana yang di konsep dalam bentuk aplikasi secara online dengan mendapatkan keunggulan yang lebih optimal dalam tabungan masa depan. 

Untuk yang masih pemula terjun di dunia investasi saham, pasar modal dan obligasi, bibit merupakan jawaban untuk kalian yang masih bingung untuk memulainya dan sangat rekomended sekali di coba.

Didalam aplikasi bibit, tedapat fitur yang dapat mengatur dengan cara sendiri atau melihat resiko dan keuntungan dari setiap pembelian produk. 

Untuk para investor, melakukan investasi di bibit sangat cocok sekali karena sistem kerjanya yang sudah keren dan canggih dalam halaman aplikasi.

Bibit dari segi keamanan akun sudah diawasi oleh pihak otoritas jasa keuangan (OJK) dan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD). Sehingga ketika suatu saat ada masalah perihal pendanaan lebih mudah untuk di prosesnya. 

Untuk kalian yang masih pemula, tak perlu bingung dan khawatir bagaimana cara memulai investasi di aplikasi Bibit. Pada postingan kali ini penulis akan memberikan trik dan cara untuk memulai invesasti di bibit dengan mudah dan dijamin untung.

Trik dan Tips Berinvesatasi di Bibit Yang Terbaru

Investasi Bibit

Setiap orang akan memiliki cara pemikiran yang berbeda dalam melakukan investasi khususnya di tabungan masa depan.

Salah satunya lewat investasi di bibit yang dapat di atur kapan waktunya di jual atau di tarik ketika dana sudah memenuhi syarat.

Dengan menggunakan modern portofolio theory, aplikasi bibit pernah menjadi Novel Prize dalam penghargaannya. Sehingga untuk jenis produk yang terdapat di sini sudah tidak di ragukan lagi karena sudah jelas.

Dengan adanya indikator, finansial untuk keadaaan dan toleransi untuk sistemnya membuka bibit menjadi bagian dari teknologi digital yang canggih dan keren, bibit sudah 

Apa Itu Bibit?

Apa Itu Bibit

Bibit salah satu layanan investasi online yang dikonsep dalam bentuk aplikasi yang tujuan nya untuk mempermudah para nasabah yang bergabung. 

Platform trading saham bibit ini, sebenarnya sudah ada atau resmi diluncurkan pada tahun 2019 di bawah perusahaan Pat Bibit Tumbuh dan tetap berkembang hingga sekarang ini menjadi pilihan para investor dan pembisnis hingga seluruh masyarakat di Indonesia. 

Dengan sistem yang berbasis robo advisor, menjadi aplikasi ini menjadi wadah informasi layanan investasi masa depan yang sudah melakukan kerja sama dengan pihak GO-PAY dan Bank Jago. 

Sehingga aplikasi bibit ini sangat cocok sekali untuk dijadikan platform investasi dalam melakukan proses pembelian saham, pasar modal, obligasi dan sejenis reksa dana lainnya. 

Review dan Fitur Aplikasi Bibit

Review dan Fitur Bibit

Pada kesempatan kali, penulis akan memberikan review dan fitur apa saja yang terdapat di aplikasi bibit agar proses investasi kalian lebih semangat untuk menabung. di antaranya sebagai berikut :

  • Menu Home
    Pada halaman home ini merupakan beranda aplikasi yang menampilkan seluruh nilai portofolio, keuntungan, imbal hasil dan daftar jenis produk.

    Tak hanya itu saja, di menu bibit terdapat Promo yang akan di dapatkan oleh pengguna, Event yang akan tayang dapat kalian ikuti dengan secara gratis, Artikel yang memberikan informasi terhadap jenis produk ataupun seputar investasi, Tutorial yang di buat pihak aplikasi dalam penggunaanya aplikasi, Quiz Investasi yang dapat pengguna hadiahkan ke orang spesial dan Gabung Komunitas bibit di telegram yang harus memenuhi persyaratan yang telah di berikan sehingga nantinya akan mendapatkan pengetahuan ribuan dengan para investor

  • Menu Portofolio
    Pada halaman portofolio, kalian akan melihat nilai, keuntungan, imbal hasil, performa dan tabungan produk yang di pilih. Selain itu, di bagian pojok kanan atas kalian dapat membuat laman baru jenis investasi yang ingin di gunakan lagi.

  • Menu Transaksi
    Karena aplikasi bergerak di bidang keuangan, adanya menu transaksi sudah menjadi kewajiban supaya bisa melihat jenis order dan history pembelian yang di lakukan oleh pengguna Bibit.

  • Menu Support
    Untuk kalian yang ingin menyanyak seputar aplikasi dan memiliki keluhan dalam penggunaanya, menu support merupakan fitur yang dapat kalian gunakan untuk bisa mengoblor lewat chat tanpa harus mengirim ke alamat gmail.

    Akan tetapi, support yang ada di menu aplikasi bibit hanya bisa menjawab pertanyaan dengan jangka waktu 2 jam sehingga nantinya kamu harus menunggu.

  • Menu Profil
    Pada halaman profil bibit, kalian akan melihat jenis bank yang digunakan, mengubah data diri, setting aplikasi, e-statement, pilihan bibit syariah, smart login untuk membuat aku kemanan dalam membuka aplikasi dengan menggunak angka 6 digit dan sembunyikan nominal investasi di aplikasi.

    Selain itu, di sini kalian dapat memeberikan kode referral kepada pengguna yang ingin bergabung, kode promo kepada orang lain, voucher saya yanng dapat kalian miliki, nabung rutin, gift card, faqs seputar bibit, kamus investasi yang membantu kalian dapat mencari kata, komunitas ketika ingin bergabung, bantuan dalam menyelesaikan masalah dan fitur logout untuk membantu kalian dalam keluar dari aplikasi.
Dari beberapa fitur yang terdapat di aplikasi bibit, penulis menyimpulkan sudah layak di jadikan platform investasi karena sudah lengkap dengan adanya menu home, portofolio, transaksi, support dan profil.

Jenis Produk Investasi di Bibit

Produk Investasi Bibit

Di aplikasi bibit memang banyak sekali jenis inevstasi reksadana yang dapat kalian pilih untuk tabungan masa depan. di antaranya sebagai berikut:

  • Robo Advisor
    Fitur yang sangat keren ini membantu kalian dalam memilih jenis investasi yang cocok dengan data diri kalian karena robo advisor di bibit membantu merancangan jenis investasi sesuai dengan resiko yang berdasarkan umur, pekerjaan, pendapatan, umur, studi dan sebagainya.

    Proses tersebut tak hanya membuat seolah atau sembarang saja. Akan tetapi, pihak aplikasi sudah melakukan penelitian atau survey dengan sistem membagi aset apa yang cocok untuk di tabung.

    Dimana pada jenis Robo advisor Bibit melakukan pendekatan yang Modern Portfolio Theory dari riset Harry Markowitz yang merupakan eorang ekonom dari negara Amerika Serikat yang sering memenangkan penghargaan Nobel pada masanya..

    Sehingga dengan adanya fitur Robo Advisor, pengguna atau nasabah dapat memilih dengan mudah berdasarkan hasil keroscek pihak developer.

  • Bibit Syariah
    Unyuk kalian yang ingin melakukan investasi sesuai asas atau sistem syariah, di aplikasi Bibit juga sudah tersedia jenis produk yang dapat di pilih yang bernama Bibit Syariah.

    Dimana proses halaman yang di tampilkan pada aplikasi jenis reksadana Syariah dan untuk jenis produk konvensional tidak bisa dibeli atau bahkan di tampilkan.

    Untuk kalian yang ingin menggunakan Bibit Syariah di Bibit, Silahkan klik menu profil di halaman aplikasi > lalu, klik Bibit Syariah dengan cara menggeser toggle > selesai.

    Maka secara otomatis di halaman beranda aplikasi (home) akan muncul segala jenis produk perusahaan yang menggunakan akad dan teknis berdasarkan prinsip syariah.

  • Bibit Bareng
    Dengan adanya fitur jenis produk Bibit Bareng, membantu para pengguna dalam melakukan invesatasi dengan keluarga, teman dan orang lain dalam satu jenis invesatasi.

    Proses kinerja yang di lakukannya, pengguna nantinya dapat mengecek jenis kontribusi dari setiap masing-masing anggota yang sudah melakuakn-invite ke menu portofolio.

    Meskipun masih baru, jenis produk Bibit Bareng ini sudah banyak di gunakan oleh seluruh masyarkat khusunya Indonesia dan sangat cocok untuk di coba apalagi yang masih awem untuk melihat keuntungan yang akan didapatkan pada nantinya.

  • Nabung Rutin
    Untuk perihal konsisten atau rutin memang susah di terapkan apalagi masalah keuangan. Dengan begitu, Bibit meluncurkan aplikasi dengan jenis nama Nabung Rutin.

    Dimana pada nantinya pengguna dapat memilih tabungan mulai dari  harian, mingguan, atau bulanan dengan cara rutin sesuai dengan keinginan sendiri.

    Tak hanya itu saja, kalian dapat mengetahui berapa pendapatan yang aka di peroleh ketika memulai invesatasi dengan jumlah yang tabung. kalian dapat lakukan untuk tabungan pernikahan, bisnis, umroh, pendidikan, kesehatan, gadget, kendaraan, rumah, hiburan, liburan, perabot rumah tangga, fasion, pensiun dan sejenis lainnya.

    Jika di ibaratkan, jenis produk nabung rutin di aplikasi bibit ini seperti dana pensiunan yang akan di dapatkan pada masanya untuk penghasilan keuntungan.

    Untuk metode pembayaran yang dapat kalian pilih adalah jensi Jago Autodebit dan GoPay AutoPay

    Sehingga dana yang kalian gunakan nabung rutin akan masuk secara otomatis atau terpotong dari saldo di saat jadwal nabung tiba tanpa harus order manual.

    Namun, catatan saldo yang terdapat di Bank Jago dan GoPay wajib mencukupi dan nantinya kalian akan menerika nontifikasi saja di menu bar aplikasi dan alamat gmail yang di daftarkan.

  • Pasar Uang
    Jenis reksadan yang satu ini merupakan biya investasi yang di katakan lebih murah di bandingkan jenis lainnya dan untuk peroleh pendapatan tidak ada jauh bedanya karena dari permintaan dan penawaran yang ada sesuai dengan jangan waktu yang telah di sepakati pada sebelumnya.

    Untuk jenis perusahaan yang bergabung mulai dari BNI-AM Dana Likuid, Batavia Dana Kas Maxima, Eastpring Investments Cash Reserve Kelas ASucorinvest Sharia Money Market Fund, Majoris Pasar Uang Syariah Indonesia, Schroder Dana Likuid Syariah, Muanlife Dana Kas Syariah dan sejenis lainnya.

    Dimana pada fitur ini dapat melihat jenis year return, expense ration dan total AUM dari setiap perusahaannya.

  • Obligasi
    Untuk istilah pada umumnya, obligasi merupakan surat utang piutan yang berjangka menengah dengan di terbitkan oleh pihak yang memberikan hutang.

    Sehingga obligasi sendiri sudah terdaftar di Bursa Efek, Efek Berangun Aset, Investasi Real Estat dan Saham Indonesia.

    Diaplikasi Bibit, kalian akan menemukan jenis produk obligasi yang biaya di terapkan memiliki performa yang baik.

    Diantara jenis perusahaan yang terdafar mulai dari BNI AM Indeks IDX30, Sucorinvest Equity Fund, Eastpring Investments Value Doscovery Kelas A, Manualife Syariah Sektoral Amanah Kelas A, Schroder Dana Istimewa dan lainnya yang sudah di lengkapi year return, expense ration dan total AUM dari setiap perusahaannya.

  • Saham
    Jenis produk investasi yang satu ini memang menjadi pilihan banyak orang untuk memiliki tabungan masa depan yang lebih cerah lagi.

    Saham merupakan investasi yang masuk ke deretan tabungan jangka panjang atau jangka pendek dengan mengharapkan capital agai dari jumlah harga jual nantinya.

    Di aplikasi bibit, produk saham sudah banyak perusahaan yang mulai bergabung untuk dapat kalian beli sahamnya. mulai dari Batavia, Manualife, BNI, Eastspring, Sucorinvest, Bahana, Schroder, BNP paribas pesona, Simas, TRAM, Avrist Ada, Danareksa, Principal, Mandiri Investa, Majoris dan lain sebagainya.

  • SBN
    Produk Surat Berharga Negara atau yang lebih dikenal dengan sebuta SBN ini membantu kalian dapat memilih jenis investasi karena sudah di jamin oleh negara (terhindar dari gagal bayar dan investasinya dijamin negara), kontribusi pada negara (ikut membantu pembangunan infrastruktur negara) dan Imbal hasil yang menguntungkan (kupon lebih tinggi dari rata-rat tingkat bunga deposito bank BUMN.

    Selain itu, jenis inevestasi SBN di bibit ini sudah melakukan kerja sama atau powered by STOCKBIT yang sama-sama berjalan di sistem layanan tabungan online. sehingga ketika kalian ingin menggunakan jenis produk ini harus menjadi anggota stockbit terlebih dahulu dengan cara mendaftarkan diri.

    Jenis produk SBN di Bibit termasuk ke resiko relatif rendah dan sudah banyak perusahaan yang bergabung dalam Surat Berharga Negara di Bibit ini.

Dengan adanya beberapa pilihan diatas, membuat aplikasi bibit mempu menghadirkan UX yang akan muncul pada tahapan selanjutnya.

Syarat Pendaftaran di Bibit 

Syarat Pendaftran

Untuk kalian yang masih belum mengetahui apa syarat dan ketentuan cara daftar aplikasi bibit, berikut dibawah ini:

  • KTP
  • Nomor Handphone
  • Nomor Rekening
  • Email

Silahkan kalian lihat siapa yang ada pada foto di atas, Deddy Corbuzier dan Raditya Dika saja sudah bergabung dari bagian investasi menggunakan Bibit.

Jadi, untuk keraguan atau keamanan dari platform ini sudah tidak di ragukan lagi untuk kalian yang masih mempertanyakan.

Cara Daftar di Bibit

Cara Daftar di Bibit

Jika sudah, melengkapi syarat dan ketentuan diatas, silahkan kalian ikuti langkah langkah dibawah ini untuk daftar di bibit

  • Langkah pertama, silahkan unduh aplikasi Bibit lewat google play store atau app store.
  • Pada halaman pertama, silahkan klik register
  • Setelah itu, masukan alamat email dan nomor handphone. 
  • Setelah itu, masuk kode verifikasi yang  dikirmkan ke alamat email atau nomor telepon.
  • Setelah itu, masukkan kode keamanan demi penggunaan aplikasi selanjutnya.
  • Jika sudah, masukkan kode referral berikut ibnujacky supaya dalam proses pendaftaran lebih mudah di approve dsn akan mendapatkan bonus uang atau cashback sebesar 25.000 pada saat menjadi pengguna.
    Kode Referral Bibit

          Atau tinggal klik saja link berikut : http://bit.ly/bibitreferral1 supaya langsung melakukan proses registrasi formulir.
  • Silahkan tunggu nontifikasi di alamat email yang di daftarkan.
  • Selesai. 

Selanjutnya, silahkan kalian lengkapi data diri mulai dari nama, alamat, pekerjaan, pendapata, nomor rekening dan lainnya di menu icon profil pada bagian bawah 

Cara Membeli Investasi di Bibit

Cara Investasi Bibit

Langkah selanjutnya, berikut dibawah ini beberapa trik dan tips untuk memulai investasi di Bibit agar untung. Diantara nya sebagai berikut:

  • Langkah pertama, Silahkan top up saldo Bibit menggunakan akun bank yang di daftarkan.
  • Selanjutnya, pilih jenis produk invesatsi yang terdiri dari  saham, obligasi, pasar uang, syariah dan SBN di bagian portofolio.
  • Setelah itu, lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah ivestasi.
  • Tahapan konfirmasi
  • Klik lanjutkan apabila sudah fix. 
  • Selesai.
Untuk melihat pembelian investasi sukses tidak nya, kalian dapat melihat di menu transaksi aplikasi atau menunggu notifikasi di alamat email.

Untuk kalian yang ingin melihat keuntungan dalam proses investasi selama kedepannya, silahkan pilih jenis produk Tabungan Rutin dengan memasukan jumlah yang di inginkan.

Keuntungan dan Kelebihan Investasi di Bibit

Kelebihan Bibit

Dibawah ini penulis akan memberikan keuntungan ketika kalian investasi di bibit. Diantaranya sebagai berikut:

  • Free pembayaran biaya komisi yang sudah free (gratis). 
  • Pembelian dana investasi  mulai dari 10.000
  • Dapat di withdraw kapan saja. 
  • Menggunakan pendekatan teori modern portfolio.
  • Tidak terkena pajak atau biaya PPN
  • Sistem keamanan yang sudah diawasi otoritas jasa keuangan (OJK) dan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD).
  • Dalam melakukan ivestasi sesuai dengan profil risiko dengan data diri kalian.
  • Sistem rebalancing yang di rancang secara otomatis dan sesuai alokasi yang optimal.
  • Pendaftaran akun yang mudah.
  • Tersedia fitur tabungan rutin (1 bulan sekali) sesuai dengan jumlah keinginannya.
  • Untuk jenis produk investasi yang ditawarkan dapat di pilih.
  • Terdapat laman promo yang dapat di peroleh oleh pihak pengguna.
  • Adanya artikel untuk membantu dalam mencari informasi mengenai investasi yang lagi populer dan untung.
Mesikpun aplikasi bibit sudah memiliki kelebihan, namun tetap lakukan hal-hal yang baru dalam membuat investasi saham secar online lebih keren dan kekinian. 

Supaya pengguna nya setiap hari bisa mencapai target yang sesuai dengan di rencakan oleh pihak PT Ajaib Sekuritas.

Kekurangan Investasi di Bibit

Kekurangan Bibit

Di setiap ada kelebihan, maka untuk kekurangan dari aplikasi sudah menjadi hal yang wajar. Diantaranya sebagai berikut:

  • Jenis produk investasi yang ditawarkan ada yang bersistem terbatas, sehingga ada sebagian pengguna yang kurang puas.
  • Pihak developer dalam memeberikan resiko kepada pengguna atau nasabah belum maksimal mungkin.
  • Sistem pertanyaan mengenai aplikasi ada batas maksimalnya. 
  • Untuk jenis profil risiko hanya tersedia 10 yang dikelompokkan.
  • Pusata bantuan yang terdapat di menu support hanya bisa menjawab sekitar waktu 2 jam.
  • Tidak dapat memasang foto pribadi di menu profil.
Dari beberapa kelebihan dan kekurangan mengenai aplikasi bibit diatas, Semoga pihak aplikasi terus melakukan pembaharuan untuk kepuasan seluruh pengguna atau nasabah dalam melakukan proses investasi.

Baca Juga: Panduan Investasi di Ajaib Terbaru Untuk Pemula

Itulah panduan investasi di bibit untuk pemula agar untung dan sukses untuk dijadikan tabungan masa depan yang lebih cerah.

Terima kasih kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky - jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan klik komentar atau menghubungi kontak person di halaman utama dan semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Desain Seadanya