Laptop Windows Error Recovery? Berikut 14 Cara Mengatasinya

Sebenarnya masalah pada laptop windows error recovery terjadi karena adanya kesalahan pada sistem OS yang sudah menjauh dari beberapa ketentuannya...

Jika kalian mengalami Laptop Windows Error Recovery ketika dinyalakan, tak perlu bingung ataupun khawatir karena hal tersebut sudah menjadi masalah booting yang bisa diatasi dengan mudah.

Melihat pengguna windows yang sudah mulai meningkat, dari versi windows 7 dan hingga sekarang sudah mencapai versi 11 pasti akan mengalami windows error recovery.

System error recovery windows membuat kinerja yang berbasis desktop menjadi terhambat karena tidak menggunakan laptop seperti pada umumnya.

Sebenarnya masalah pada laptop windows error recovery terjadi karena adanya kesalahan pada sistem OS yang sudah menjauh dari beberapa ketentuannya. sehingga bisa dikatakan tidak terjadi eror namun butuh perbaikan dalam sistem yang sedang bermasalah.

Tak hanya itu saja, eror yang terjadi di laptop windows memiliki beragam macam varian seperti layar booting, windows masuk bios, disk occured dan yang sering terjadi windows error recovery.

Cara Memperbaiki Windows Error Recovery di Layar Laptop Windows 7/8/10/11

Laptop Windows Error Recovery

Namun dari beberapa masalah yang terjadi pada tampilan windows, kalian harus tetap siap siaga dan cepat untuk mengatasinya.

Laptop windows error recovery akan tetap muncul dilayar hitam ataupun blue screen meskipun dilakukan restart atau shutdown.

Sehingga dari beberapa pengguna windows khususnya pemula akan menanggapi masalah error recovery menjadi hal yang serius.

Muncul windows error recovery menjadi penghambat para pengguna yang menampilkan layar berbeda dengan seperti biasanya.

Dengan windows error recovery failed tos start tidak akan pergi ke halaman desktop yang untuk membuka aplikasi atau menu tab folder.

Ketika masalah booting yang dialami pada windows datang secara terus menerus tanpa diperbaiki, maka akan menimbulkan laptop menjadi error loading system operation, auotomatic repair, missing operating system dan insccessible boot device.

Jika halaman error tersebut muncul tanpa berhenti, untuk kalian pengguna laptop windows silahkan simak postingan dibawah ini. karena penulis akan memberikan trik dan tips mengatasi laptop windows error recovery yang sukses:

Penyebab Laptop Windows Error Recovery

Sebelum lanjut untuk mengatasi windows error recovery, kalian perlu ketahui apa saja penyebab yang menyebabkan sehingga laptop windows mengalami eror tersebut.

Dibawah ini penulis akan memberikan beberapa penyebab yang menimbulkan error, sehingga perlu dijaga agar perangkat bisa digunakan secara normal kembali.

  • Data sistem corrupt
  • Laptop sering mati tiba-tiba
  • Laptop sering panas
  • Terkena virus
  • Penyimpanan drive full
  • RAM berukuran kecil
  • Hardisk terjadi kesalahan
  • File BCD hilang
Dari penyebab diatas, kalian perbaiki dengan cepat dan tanggap sehingga laptop windows yang digunakan bisa berjalan atau dijalankan dengan normal kembali.

Jika windows error recovery tetap muncul meskipun direstart atau dimatikan, silahkan kalian periksa apa saja yang sebelumnya terjadi pada software ataupun hardware.

Cara Mengatasi Laptop Windows Error Recovery Tanpa Install Ulang

Setelah mengetahui apa saja penyebab laptop windows error recovery, langkah selajutnya yaitu dengan memperbaiki atau mengatasi masalah yang merusak kinerja windows kalian:

Menggunakan 2 Kode Rahasia

Langkah pertama untuk mengatasi Windows Error Recovery di laptop yaitu menggunakan 2 kode rahasia di keyboard dengan menekan CTRL + ALT + DEL secara bersamaan dan cara ini bisa dikatakan mematikan laptop secara paksa.

Kode Rahasia

Jika ketika dihidupkan masih muncul, kalian bisa menekan tombol F5 secara terus menerus pada halaman yang muncul windows error recovery machine maupun di windows recovery anvironment eror yang fungsinya untuk merefresh sistem perangkat.

Melakukan Start Windows Normally

Memperbaiki windows error recovery selanjutnya yaitu dengan klik menu atau tulisan start windows normally yang ada di perintah layar hitam atau blue screen.

Menu Start Windows Normally

Setelah itu, kalian akan menemukan seperti halaman windows error recovery boot dan silahkan tunggu sampai prosesing selesai hingga muncul halaman desktop laptop windows.

Melakukan StarUp Repair

Windows error recovery cara mengatasi selanjutnya yaitu dengan melakukan metode starup repair yang terdapat di halaman utama eror layar.

Menu StarUp Repair

Untuk caranya, silahkan klik tulisan launch starup repair (recomended) yang terdapat di menu perintah > silahkan tunggu sampai proses perbaikan > ikuti intruksi yang mucul pada jendela WER > klik finish > selesai.

Jika sudah mengikuti cara diatas, laptop kalian akan mati dan restart secara otomatis. silahkan tunggu sampai muncul logo windows.

Menggunakan Restart System Restore

Mengatasi windows 7 error recovery blue screen bisa kalian gunakan restart system restore dengan menggunakan cara berikut.

Menu Restart System Restore

Silahkan hidupkan laptop kalian > lalu tekan F8 sampai muncul halaman booting > pilih repair your computer > tekan enter > pada halaman select a keyboard input method pilih US > klik next > selanjutnya pada halaman system recovery, klik system restore > ikuti perintah yang muncul di layar > selesai.

Dengan melakukan cara diatas kalian akan mengembalikan sistem perangkat yang terdapat di laptop windows secaa restart.

Menggunakan Safe Mode

Cara ini bisa kalian lakukan ketika mengalami windows error recovery bios dengan fitur safe mode yang dapat mengembalikan point sytem penyimpanan.

Menu Safe Mode

Untuk caranya yaitu dengan menekah F8 ketika layar hendak dihidupkan > pilih safe mode pada halaman windows error recovery alwayas showing > lalu klik menu run atau windows + r > klik cmd > tulis rstrui pada halaman perintah > klik enter > selesai.

Pada halaman command prompt akan menuju ke system restore dengan mengeklik fitur next saja pada perintahnya dan tunggu sampai proses booting windows error recovery selesai.

Menggunakan Last Know Good Configuration

Jika masalah berlanjut, kalian bisa menggunakan metode fitur windows error recovery black screen yang berada di halaman booting dengan klik last know good configuration (advanced).

Menu Last Know Good Configuration

Dengan menggunakan cara ini, kalian akan melakukan konfigurasi widnows yang terdapat didalamnya mulai dari data registry, data drive C dan D secara boot ulang.

Windows 10 recovery environment error juga bisa kalian perbaiki dengan fitur last know good configuration di halaman booting.

Menjalankan Fitur SFC dan Rebuild File BCD

Windows error recovery command prompt selanjutnya yaitu menggunakan fitur penyimpanan data konfigurasi boot atau yang dikenal dengan sebutan rebuild file BCD.

Menu Rebuild File BDC

Untuk caranya, silahakan kalian gunakan fitur CMD yang kemudian memasukan perintah bootrec/FixMbr dan bootrec/FixBoot pada halaman administrator command prompt.

Menggunakan Fitur CMD

Menonaktifkan atau mematikan fitur recovery windows dapat kalian lakukan dengan mudah supaya laptop bisa berjalan dengan normal kembali.

Fitur CMD

Untuk acaranya, silahkan nyalakan laptop > pada halaman bios klik windows setup > lalu pilih reapir your computer > pilih opsi troubleshooot > pilih advanced options >  klik CMD dan enter > selesai.

Setelah itu, silahkan kalian tunggu proses booting menonaktifkan fitur recovery selesai di menu halaman Command Prompt (CMD).

Menggunakan Fitur Configuration

Solution for windows error recovery selanjutnya yaitu dengan menggunakan fitur coonfiguration yang nantinya dapat mengakses seluruh data-data yang bermasalah.

Fitur Configuration

Untuk caranya, tekan F8 sampau muncul menu advanced boot options dengan memilih advanced pada halaman yang tampil.

Scan Perangkat

Memperbaiki windows error recovery tidak bisa enter yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi antivirus yang dapat di download lewat situs resmi antivirus.

Aplikasi Antivirus

Seperti antivirus smadav, avira, avast, avg, mc afee, f secure, nod32, ca2010, bit defender, microsfot security dan sejenis lainnya. 

Dengan menggunakan salah satu aplikasi diatas, maka laptop akan bisa digunakan secara normal dengan mengakses seluruh file tersembunyi pada windows error cannont select options tersebut.

Melepaskan Perangkat Keras

Dengan melakukan cara ini, laptop Windows Error Recovery yang terjadi akan bisa normal kembali dengan cepat.

Melepas Perangkat

Perangkat keras yang dilepaskan, terutama terletak pada RAM dengan cara membersihkan bagian ujung yang berwarna kuning dengan penghapus pensil. dikhawatirkan terkena debu yang kotor.

Melepaskan Baterai

Jika cara diatas masih belum bisa mengatasi Windows Error Recovery, kalian bisa mencabut atau melepaskan baterai laptop sekitar kurang ebih 30 menit.

Melepas Baterai

Jika sudah, coba kalian nyalakan laptop dengan keadaan di charger tanpa harus memasang baterai laptop ke perangkat. 

Membesihkan Keyboard

Untuk mengatasi laptop Windows Error Recovery dengan membersihkan keyboard yang terpasang pada keyboard.

Membersihkan Keyboard

Karena apabila ada salah satu tombol yang tidak berfungsi atau ada yang kotor dapat menyebabkan kesalahan sistem.

Untuk itu, kalian bisa menggunakan alat pembersih dan air pencair yang dapat membersihkan debu yang masuk pada ke sistem hardware.

Mematikan Laptop

Cara yang terakhir dan dijamin sukses untuk mengatasi laptop Windows Error Recovery yaitu dengan mematikan laptop sekitar 1-2 jam di suhu yang dingin.

Mematikan Laptop

Jika sudah mencapai batas waktu diatas, silahkan kalian buka atau nyalakan laptop dengan tidak menghidupkan jaringan wifi, membuka apikasi dan membuka menu tab yang banyak.

Dari trik dan tips yang diatas mengenai windows error recovery, terkadang ada beberapa cara yang tidak bisa dilakukan di jenis versi windows 7 dan 8 karena sistem yang terdapat didalamnya sedikit berbeda.

Faq Cara Mengatasi Laptop Windows Error Recovery

Dibawah ini akan penulis berikan kesimpulan beberapa faq atau orang juga bertanya yang muncul pada halama penelusuran google:

Apa penyebab windows error recovery?
Penyebab windows error recovery yang paling utama dan sering terjadi karena laptop sering mati mendadak karena keadaan panas atau ada yang menyebutnya overheat.

Sehingga seluruh sistem perangkat windows lebih mudah masuk atau terdeteksi virus yang pada akhirnya bisa merusakn sitem file.

Bagaimana cara mengatasi laptop yang startup repair terus?
Ketika kalian mengalami masalah windows error recovery starup repair yaitu menggunakan metode BIOS yang tampil pada halaman blue screen atau black screen.

Dengan menggunakan cara diatas, laptop atau komputer yang kalian akan melakukan restart secara otomatis untuk kembali ke halaman desktop
.
Apa yang dimaksud dengan error recovery?
Jika kalian belum mengetahui apa arti windows error recovery, maka untuk memperbaiki atau mengatasinya akan sedikit kebingungan.

Karena masalah windows error recovery ini kesalaha penangan error handling/recovery yang masuk dalam proses pemrograman datang secara tiba-tiba.

Kenapa tidak bisa masuk windows?
Laptop atau komputer yang kalian gunakan ketika tidak masuk windows karena terkena windows error recovery won't start pada sistem perangkat.

Dengan begitu, silahka coba satu persatu dari empat belas trik dan tips yang diatas sesuai dengan jenis versi windows kalian.

Selain itu, terkadang ada beberapa pengguna windows yang mengalami windows recovery error code 0xc00000e dan windows recovery error code 0xc00000f yang mucul pada halaman PC.

Sehingga windows error recovery windows did not shutdown successfully akan timbul pada windows error recovery enter key not working secara bersamaan dan membuat pengguna khawatir hilang pada penyimpanan laptop.
Penutup
Itulah cara mengatasi laptop windows error recovery yang muncul pada halaman layar laptop ketika sedang dinyalakan ataupun saat di jalankan dengan mudah.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan ke website ibnujacky - semoga postingan mengenai laptop windows error recovery bermanfaat bagi para pembaca.