Daya Tarik Pantai Kuta Bali Yang Masih Populer di Pulau Dewata

pantai kuta sekarang disulap menjadi sebuah obyek wisata kota denpasar yang keren.
Liburan ke pulau dewata rasanya kurang lengkap jika belum singgah ke pantai kuta bali yang masih menawan dan mempesona dengan keindahan alamnya.

Pada kesempatan kali ini, postingan yang akan dibahas pada website ibnujacky yakni mengulas wisata di bali yang menjadi tempat favorit yaitu panorama pantai kuta yang bersejarah.

Bali merupakan surga tropis indonesia yang masih ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga mancanegara.  sehingga tak heran apabila ikon wisata indonesia mulai banyak bermunculan di wilayah pulau dewata.

Secara geografis, bali masuk ke daftar provinsi kepulauan nusa tenggara yang ibu kotanya denpasar yang letaknya berada di antara pulau lombok dan pulau madura. bali dikenal dengan sebutan pulau dewata karena melihat dari angka penduduknya yang manyoritas pemeluk agama hindu.

Tempat Wisata Menarik 2022 di Pantai Kuta Bali

Daya Tarik Pantai Kuta Bali di Pulau Dewata

Terdapat beragam macam tempat wisata yang sangat cocok dan recomended untuk dijadikan destinasi liburan di indonesia. selain itu, keunikan lainnya seperti banyaknya seni-seni dan budaya yang masih terkenal.

Gambaran pantai kuta, apabila dilihat dari internet atau google memang bikin penasaran. sehingga banyak para wisatawan yang akan meluangkan waktunya untuk singgah meskipun hanya sekedar tatap muka.

photo by website @indonesiakaya

Tak hanya dari masyarakat luar saja yang datang.  obyek wisata pantai kuta tetap dijadikan tempat nongkrong dikala pagi menunggu sunset dan pada sore hari menjelang sunrise.

Dari hasil penelusuran, pantai kuta merupakan salah satu wisata yang menjadi simbol pariwisata yang terdapat di pulau dewata

Sehingga jangan heran, apabila di rest area pantai kuta banyak turis yang berjejeran dan berjemur di hamparan pasir yang halus sambil bermain air ombak yang mengarah ke daratan.

Sejarah Pantai Kuta Bali

Pada tahun 1900-an sekitar abad 17, pantai kuta dijadikan sebuah tempat perkampungan tradisional yang melakukan transaksi perdagangan. Akan tetapi, pantai kuta sekarang disulap menjadi sebuah obyek wisata kota denpasar yang keren.

Pelabuhan di reast area pantai kuta dijadikan pusat bisnis dan dagang yang sangat ramai dari luar wilayah hingga belahan dunia. salah satunya adalah mads lange, seorang pedagang asli denamrk yang pernah bertransaksi di wilayah ini.

Tak hanya itu saja, semenjak diirlisnya buku hugh mahbett yang berisi tentang informasi atau pendapat dalam mempersiapkan akomodasi yang cocok untuk dijadikan fasilitas, membuat warga sekitar dan pemkot meginspirasi yang cocok dijadikan sebuah destinasi wisata atau liburan.

photo by instagram @tikanovita

Banyak orang belum mengetahui, bahwa dahulu sebelum terkenal pantai kuta tempat habitat para penyu hijau dan sekarang inihewan tersebut sudah hampir punah sehingga keberadaannya di lindungi oleh pemerintah indonesia.

Di bali, penyu hijau tersebut dipindahkan ke daerah benoa bali tepatnya di pantai tanjung. apabila kalian ingin melihat hewan jenis dan model seperti silahkan datang ke lokasi. dengan catatan harus mengikuti ketentuan dan syarat seperti memakai glass bottom dengan sambil memberi makanan ikan dalam perjalanannya.

Obyek Wisata Pantai Kuta Bali

Wisata denpasar yang tak pernah sepi yaitu di pantai kuta. banyak wisatawan yang memburu sunset karena pemandangan matahari terbenam begitu indah untuk dipandang.

Dengan garis pantai yang membentang jauh sekitar kurang lebih 7 kilimoter, menjadikan suasana di area menjadi landai dari sudut bibir pantai, ditambah dengan hamparan pasir putih dan kekuningan membuat daya tarik para wisatawan untuk betah berlaman-lama.

photo by instargram @dieng_foto

Ombak yang cukup tenang dengan alus air yang tentram, membuat nuansa alam disini semakin adem untuk dijadikan obyek bersantai ria, sambil di temani dengan sejumlah pohon yang rimbun berwarna kehijauan sangatlah sejuk dalam pandangan.

Sehingga masih banyak wisatawan yang penasaran, ada apa dengan pantai kuta bali yang masih ramai dikunjungi. sedangkan dibali udah banyak destinasi yang udah mencapai ratusan tempat. mungkin salah satu alasannya karena memiliki sejarah dan kawasan yang keren dibali.

Lokasi dan Rute Pantai Kuta Bali

Untuk menuju ke pantai kuta bali, dari pulau dewata kalian ambil arah selatan menuju daerah kota denpasar karena lokasi berada di jantung tengah kota. tepatnya di desa adat kuta, badung, denpasar, bali.

 

Lokasi yang cukup strategis, dari bandara internasional ngurah rai berjarak sekitar 20 menit.pesona alam dari area pantai kuta berhadapan langsung dengan samudera hindia.

Kalian bisa akses menggunakan kendaraan, mulai sepeda  motor, mobil, taksi, kendaraan pribadi, becak dan kuda. Di sini juga banyak tersedia penyewaan motor, mobil, sepeda hingga suttle. jadi, jangan khawatir untuk masalah kendaraan ketika ingin menuju ke pantai kuta.

photo by @jejakdanangs

Disekitar are pantai kuta, juga banyak wisata lainnya. Akan tetapi, daya taik yang terdapat  di wisata ini masih menarik perhatian para pengujung. sehingga masih ramai di penuhi untuk liburan dan hanya bersantai ria saja.

Jarak tempuh pantai kuta ke destinasi terkenal lainnya yang ada dibali bisa di rangkum secara singkat di bawah ini:
  • 10km ke pantai jimbaran
  • 15km ke gwk sekitar
  • 20km ke tanjung benoa
  • 20km ke pantai pandawa
  • 25km ke tanah lot
  • 35km ke ubud
  • 55km ke bedugul
  • 75km ke kintamani
Dari beberapa wisata yang hitz diatas, merupakan jalan alternatif untuk liburan selanjutnya. yang bisa dijadikan refrensi ketika sedang kebingungan kemana yang akan dituju.

Fasilitas Pantai Kuta Bali

Di sekitar area wisata pantai kuta bali, banyak beragam fasilitas untuk membuat para wisatwan yang datang lebih berlama-lama. diantaranya sebagai berikut:

  • Tempat parkir
    Dengan adanya tempat parkir kendaraan yang ada di panta kuta, membuat para wisatwan lebih aman ketika ingin mengexplore wisata. tanpa memikirkan kendaraan yang dibawa. karena tenpat parkir disini kalian membayar buka hanya sekedar menitip saja.
  • Toilet
    Sangat layak untuk digunakan, kamar manndi disini tak hanya bersih saja, melainkan ada banyak tempat toilet yang dikhususkan ke para wisatawan.
  • Musholla
    Untuk urusan ibadah bagi muslim yang datang jangan khawatir, karena meskipun rata-rat masyarakat disini beragam hindu. akan tetapi, untuk tempat melakuka kewajiban masih tersedia baik di sekitar wisata maupun di luarnya.

  • Kuliner
    Ketika merasa lelah dan capek mengelilingi obyek wisata pantai kuta bali, ada banyak warung-warung hingga restoran yang menjual makanan dan minuman khas bali yang akan membantu kehausan dan kelapan kalian.

Dari beberapa fasilitas diatas, membuat pantai indah di bali dan eksotis sehingga tak asing lagi bagi para wisatwan dari local maupun mancanegera. ditambah sangat eksotik apabila mejelang siang hari mulai tiba.

photo by instagram @exytures

Fasilitas yang tersedia di pantai kuta, akan memanjakan kalian untuk menikmati secara keseluruhan tanpa ada batasan tertentu.

Tiket Masuk Pantai Kuta Bali

Tak nyangka dan heran, wisata favorit dibali ini ternyata masih menerapkan konsep lama. meskipun sudah terkenal hingga keluar negeri, obyek wisata pantai kini bisa diakses dengan secara gratis atau free. pengunjung cukup parkir kendaraan saja, ketempat yang tersedia yakni:
  • 2.000 roda dua
  • 5.000 roda empat
Bagi kalian yang sedang liburan diwaktu weekend atau hari nasional, banyak pengujung yang menitipkan kendaraan yang dibawa  ke lokasi yang cukup jauh dari pantai kuta.

Tapi tenang saja, ketika kalian sedang liburan tak membawa kendaraan untuk menuju ke pantai kuta. sudah banyak tersedia kedaraan atau trabsopr umum yang dipesan lewat online maupun offline.

Aktivitas di Pantai Kuta

Banyak beragam aktivitas yang akan kalian lakukan, tak hanya menikmati suasana keindahan pantai saja. disini kalian bisa menikmati beberapa fasilitas penunjung lainnya diantara:

  • Hunting Foto
    Tak mengabdikan moment di pantai kuta, membuat liburan kalian tidak kenang-kenangan untuk dilihat, ketika kembali ke kehidupan asalnya.

    photo by instagram @balifoto.official

    Banyak pengunjung yang hunting dengan berlatar belakang pantai yang indah nan pesona. tak hanya disiang hari saja. malam hari masih mempesonan sekali untuk mengabadikan moment.
  • Tempat prewedding
    Tak keren dan kekinian, bila mengatakan obyek yang terdapat di pantai kuta ini tidak memiliki nilai yang mahal. karena banyak pelaku seni fotografi mengambil moment di area wisata pantai kuta salah satunya prewedding bali.

  • Tempat syuting film
    Jika kalian pecinta film sctv, maka tempat pantai kuta tidak asing lagi, karena sering dijadikan obyek favorit untuk mengambil take video diwisata favorit bali.
  • Bermain air
    Sangat aman untuk kalian yang suka bermain air. karena di pantai kuta ombaknya cukup tenang apalagi ketika pagi hari sambil ditemani hawa dingin yang mengademkan.
  • Bermain pasir
    Ketika ingin tidur-tiduran di hamparan pasir yang harus dan bersih. kalian bisa menyewa tempat atau alas, sehingga tidak kotor atau melekat pada pakain yang sedang di pakai.

    photo by instagram @balikami

    Pasir yang masih dijaga oleh pegelola pantai kuta, sehingga para wisatwan akan merasa malu dan berpikir dua ketika mengotori pasir tersebut.

    Menjadikan aktivitas yang baru dan sering dilakukan oleh touris untuk berjemur dan tidur-tiduran di pasir pantai kuta.
  • Berselancar
    Berseru-seruan kini semakin terasa di pantai  dengan bermain selancar sampai ketengah laut sangat menakjubkan. ditambah dengan air yang begitu kebiruan dan bersih.

    photo by instagram @adebayuindra
    Sangat aman dan tenang ketika para wisatawan bermai selancar di ir lat pantai kuta. aplagi ketika menjelang sore tiba. lokasi di pantai kuta semakin ramai dengan wahana tersebut.
  • Menikmati sunrise
    Hawa yang cukup dingin akan terasa lebih sejuk ketika pagi menjelang matahari muncul dari arah timur pantai.

    photo by instagram @balikami

    Warna kuning yang keorangenan, menjadikan nuansa di pantai kuta semakin memukau dengan pancaran matahari yang berkilau.

    Banyak yang kagum akan keindahan sunset di pantai kuta. apalagi ditemani oleh kemera dan gear yang bagus untuk mengambil jepretan.
  • Menunggu sunset
    Menjelang matahari terbenam tampak indah dan sangat memuakau sekali. dari bibir pantai kuta bali yang mengarah kebarat daya. membuat suasana sunset lebih dramatis untuk nikmati.

    photo by instagram @photographsunset7

    Tak kalah keren dengan suasana sunrise, pantai kuta memiliki sunset yang eksotik untuk di abadikan paa file motret kalian.
  • Shopping atau belanja
    Jika terasa ingin membawa oleh-oleh khas bali berupa souvenir, pakaian dan kuliner. tenang, karena di area wisata pantai kuta sudah banyak orang-orang yang berjualan dan menjajakan kepada para wisatawan yang datang. dengan harga yang berkualitas dan cukup terjangkau.
  • Nongkrong
    Menatap pemandangan laut kuta, kini semakin nyaman dan sejuk dengan bersantai ria tidur-tiduran atau duduk dibawah gazebo sambil ditemani minumann kelap muda yang menyegarkan.

    photo by instagram @victoriatravel8

  • Olahraga
    Menikmai sunrise akan keindahan alam pantai kuta, kalian bisa jogging di garis tepi pantai. karena banyak yang melakukan olah raga berupa joging, senam yoga, volly dan sepak bola di area pantai.

    photo by instagram @nicetellingstory

Dari beberapa aktivitas yang bisa dilakukan pada area sekitar pantai kuta, membuat wisatwan tidak jenuh perihal apa yang dilakukan selain menikmati keindahaan alam yang mempesona.

Tempat Penginapan Pantai Kuta Bali

Jangan khawatir ketika kalian berkunjung pada malam hari, karena di sekitar pantai kuta bali banyak hotel, villa hingga home stay yang akan kalian temukan dengan harga yang cukup terjangkau. 

photo by instagram @irenench

Sehingga kalian sangat gampang ketika ingin melakukan check-in dan check-out yang tak jauh dari wisata di bali. berikut beberapa tempat penginapan di daerah wisata pantai kuta yang recomended dengan pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan :
  • Da'HouseTel
  • Indopure Joy Hostel
  • Bali Semesta Hotel
  • Bedbunker-BB
  • Captain Goose
  • Mirah Hostel
  • Kuta Beacj Hostel
  • Te Quiro
Dari beberapa tempat penginapa bali diatas, sangat recomended untuk dijadikan pilihan istirahat kalian. ketika sedang capek-capek nya mengelilingi luasnya pulau dewata.

Wisata Bali Dekat Pantai Kuta

Jika kalian merasa jenuh dan sudah puas mengexplore wisata favorit di bali. di sekitar pantai kuta, masih banyak destinasi yang akan membuat liburan kalian ke pulau dewata lebih berwarna dan mengesankan.

photo by instagram @paradise_bali_tours

Karena banyak tempat wisata yang dekat dengan pantai kuta yang bisa dijadikan destinasi selanjutnya setelah dari pantai kuta: 
  • Beachwalk shooping center
  • Discovery shopping mall kuta
  • Joger
  • Ground zero moment
  • Dream museum zone
  • Circus waterpark bali
  • 5gx bali reverse bungy
  • Pantai kelan
  • Ekowisata mangrove wanasari
  • Kampung langit

Liburan ke pulau dewata memang mengesankan ketika ke pantai kuta. akan tetapi lebih mengasikkan ketika menghabiskan ke wisata lainnya yang ada di bali. 

Paket Wisata Tour di Bali

Ketika ingin liburan dengan tenang dan bisa mengetahui silsilah atau tempat yang menakjubkan, di bali sudah banyak agen jasa travel yang akan menenamani liburan kalian. berikut daftar paket liburan bali 2021 yang akan dijamin murah dan lengkap :
  • Top bali citrawisata (BCW) Tours
  • Traveloka
  • Bai wisata travel
  • Rental mobil bali
  • Piranti travel
  • Happy tour
  • Raskita tour
  • Sahabat bali tour
  • Sanjaya tour
  • Water sport bali
Ada banyak paket yang ditawarkan dari beberapa paket tour diatas. mulai dari satndart, platinum dan premium yang sudah terverfikasi sesuai protokol tatanan kehidupan era baru oleh dinas pariwisata povinsi bali.

Wisata Favorit Pantai Kuta Bali di Pulau Dewata

Meskipun mulai banyak dan bermunculan wisata di bali yang keren dan kekinian untuk di kunjungi. Akan tetapi,  pantai kuta masih menjadi obyek sasaran para wisatawan ketika sedang mengexplore pulau dewata.

Akan banyak fasilitas penunjang lainnya yang akan kalian temukan di pantai kuta. karena pada setiap tahun di obyek wisata pantai sering kali dilakukan rehabilitas untuk kepuasan para wisatawan yang datang untuk liburan.

Pantai kuta bali masih tetap ramai dikunjungi para wisatawan. selain memiliki sejarah yang legendaris, pantai kuta masih tetap memiliki keindahan yang menjadi daya tarik ketika berada di kota badung.
Writing Illustration