Obyek Wisata Kawah Putih Bandung Yang Eksotika di Ciwidey

Tak hanya menyajikan panorama alam yang indah, kawah putih memiliki sejarah yang legendaris sebelum menjadi sebuh wisata populer di bandung.
Adanya kawah putih bandung berawal dari sebuah cerita yang memiliki nilai sejarah dalam dunia sebelum menjadi obyek wisata . tak hanya keindahan alamnya saja yang indah di sekitar, akan tetapi sekitar rest area terdapat peristiwa menjadi perbincangan olhe masyarkat sekitar.

Bandung merupakan kota jawa barat yang termasuk wilayah metropolitan terbesar ketiga setelah surabaya jawa timur. kota kembang, parijs van java, city of herritage merupakan julukan ibu kota provinsi jawa barat.

Penduduk kota bandung semakin bertambah dengan adanya peristiwa yang tercatat dengan sebutan long march siliwangi sekitar tahun 1950 dan pada tahun 1906 bandung resmi mendaptkan gelar atau status gemeente oleh Jendral J.B van Heuytsz.

Wisata Kawah Putih Bandung Ciwidey

Wisata Kawah Putih Bandung

Pada tahun 1800-an, bandung resmi menjadi sebuah wilayah yang paling aman di indonesia. tak hanya itu saja, bandung sebagian besar banyak dari suku sunda dan jawa merupakan suku yang minoritas di wilayah bandung.

Bandung sebagai ibu kota di provinsi jawa barat, tak akan ketinggalan berbicara masalah wisata yang menarik untuk di explore salah satunya adalah kawah putih.

Photo Gapura Kawah Putih - Instagram @kawahputih_official

Wisata bandung yang legendaris ini tak pernah sepi dari pengunjung hingga wisatawan mancanegara nekat ingin mengexplore bandung dengan tujuan ke kawah putih ciwidey karena view yang disajikan jangan ditanyakan lagi spotnya.

Berikut beberapa point penting yang mungkin membantu perjalanan kalian mulai dari sejarah, suasana, biaya, lokasi, fasilitas, tips dan paket di kawah putih bandung.

Sejarah kawah putih bandung

Tak hanya menyajikan panorama alam yang indah, kawah putih memiliki sejarah yang legendaris sebelum menjadi sebuh wisata populer di bandung. pada abat 10 telah terjadi sebuah letusan yang sangat heboh mendahsyatkan pada gunung patuha.

Photo Kawah Putih Dari Atas - Instagram @kawahputih_official

Akbat terjadi bencana tersebut, letusan menjadi sebuah kawah dan memiliki air berwarna putih dan bercampur dengan beberapa tanah sejenis lainnya. 

Sehingga banyak masyarakat sekitar menganggap kawah tersebut menjadi tempat yang angker karena kepercayaan yang terjadi sebelumnya yaitu musibah yang besar.

Pada tahun 1937, ada salah seorang yang ahli geologi berasal dari belanda yakni Dr. Franz Wilhem Junghuhn melakukan penelitan di kawasan gunung patuha pada puncak ketinggiannya menemukan beberapa potensi menjadi sebuah obyek wisata dan tidak menemukan bukti atau cerita yang mistis.

Sebelumnya, kawah putih ini dibangun sebuah perusahaan pabrik yang bergerak di bidang kapur karena potensi yang memadai di kawasan gunung patuha setelah terjadi sebuah letusan.

Photo Suasana Kabut - Instagram @khrisnadhimazp

Akan tetapi, dari beberapa cerita rakyat yang melegenda memang tempat ini sangat angker dan dianggap sangat sakral bagi sekitar masyarakat.

Ditambah dengan adanya beberapa makam keramat yang leluhur di atas puncak gunung patuha. leluhur  tersebut berada 7 makam yang disebut dengan julukan eyang diantaranya eyang baskom, eyang jambrong, eyang rangsa sadana, eyang jaga satru, eyang ngabai, eyang camat dan eyang barabak.

Dengan melihat kondisi yang dibuktikan dan kepercayaan masyarakat sekitar, sering kali tempat ini dijadikan ritual  oleh sebagian masyarakat di kawasan kawah putih.

Pada saat perang dunia II dahulu kala, kawah putih diambil alih para militer jepang setelah belanda kalah di tangan jepang dan memberi nama Kenzaka Yokoyo Ciwidey karena ada pabik kapur pada zaman penjajahan belanda,

Ada beberapa warga mengatakan, bahwa ketika ada hewa ada disini akan mati seperti halnya burung yang terbang melewati gunung patuha dan kawah putih.

Suasana wisata kawah putih bandung

Sejuk dan dingin akan kalian rasakan ketika berkunjung ke kawah putih, disekitar wisata ini di kelilingi oleh puluhan hingga ratusan pohon yang hijau. Selain itu, terdapat kebun teh yang terawat dan indah sehingga memambah view yang segar untuk dinikmati.

Liburan ke kawah putih seperti memasuki alam yang berbeda dengan wisata alam sebelumnya. Tebing-tebing yang putih kecoklatan mencapai sekitar 2.500 meter dari puncak gunung patuha dan danau berwarna pirus ini nampak ekstrim ketika dipandang.

Photo Suasana Sore Hari - Instagram @kawahputih_official

Suasana yang bisa dikatakan menghipnotis tempat angker menjadi tempat wisata sangat menakjubkan, tenang dan damai dengan kemegahan kawah putih.

Kawah yang berbentuk akibat dari sebuah musibah ledakan gunung patuha, tergenang dan bercampur air, tanah dan belerang sehingga baunya menyengatkan. 

Dari namanya saja kawah putih, memang kawah yang berada di gunung patuha ini tanah dan air nya berwarna putih dan alami hingga sampai berwarna putih yang jernih.

Pada akhir pekan liburan, kawah putih tak pernah sepi dari pengunjung selain alamnya yang bagus, obyek wisata favorit bandung ini membenamkan keindahan alam yang sangat mistis untuk dinikmati.

Keunikan lainnya yang terdapat di kawah putih selai warna air yang sering berubah yaitu terdapat hutan mati di area sekitar dan tidak bau atau membusuk sehingga sangat cocok untuk dijelajahi.

Pada rest area kawah putih juga banyak kalian temukan hammock yang bergantung, dan kuda yang membantu mengelilingi.

Panorama alam kawah putih dari jembatan skywalk sudah terlihat indah meskipun jarak yang tak cukup jauh. wilayah ciwidey kerap dijadikan sebuah obyek wisata yang primadona dan legendaris hingga sekarang ini.

Photo Dermaga Phonton - Instagram @kawahputih_official

Jadi, jangan hera dan dipungkri apabila kawah putih menjadi pilihan utama bandung yang masih mengasikkan. 

Belerang yang ada di kawah putih ini sangat berbeda sekali dengan belerang yanga ada di tangkuban perahu dari bentuknya yang berkuah berupa air.

Wisata kawah putih sangat indah sekali, seperti kalian liburan ke pantai madis yang berwarna biru yang kehijauan layaknya pantai yang memukau. kadang kala air ini putih seperti susu, hijau 

Bagi para wisatawan yang ingin mengabadikan moment yang bagus dan tidak pecah, jangan khawatir karena di rest area sudah banyak para fotografi bandung yang akan mengabdikan moment kalian dengan jepretan yang keren. cukup bayar sesuai banyak foto dan kirim berupa file atau media cetak.

Photo Skywalk Yang Segar - Instagram @kawahputih_official

Dermaga ponto merupakan obyek photospot yang banyak diminati oleh para pengunjng yang datang. meskipun wahananya berbayarakan tetapi obyek ini sangat hitz karena jembatan yang viewnya mengarah ke tengah kawah.

Alasan kenapa berbayar agar pengujung yang ingin menikmati obyek jembatan ponton bisa bergantian dengan maksimal 30 orang dan lebih mengamankan keselamatan untuk para pengunjung.

Photo Suasana Tampak Samping - Instagram @Ksf_landscape

Untuk merasakan sensasi yang lebih waw lagi, kalian menuju ke skywalk cantingi yang memberikan view point dari ketinggian dan akan kalian kenakan biaya juga karena dari jembatan kalian akan mengelilingin rimbun hutan.

Pada umumnya, memang benar suasana disini tak hanya menjayikan alamnya saja yang bagus akan tetapi banyak penemuan-penemuan baru yang akan dikenang setelah liburan ke kawah putih yang favorit ini.

Obyek wisata ini sangat didukung sekali oleh pemerintahan bandung, sehingga untuk fasilitas dan keamanan sangat di jaga dan prospek sekali.

Fasilitas di kawah putih

Setelah dikembangkan menjadi sebuah obyek wisata, kawah putih memiliki fasilitas yang akan membuat pengunjung lebih nyaman dan betah berlama-lama di kawah putih. Berikut beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola:
  • Tempat parkir yang luas s
  • Tempat ibadah yang layak untuk digunakan
  • Tempat makan dan minum
  • Tempat istirahat berupa gazebo 
  • Kamar mandi (toilet)  
  • Transportasi menuju ke gerbang
  • Wahana di rest area
Untuk wisatawa yang jauh-jauh datang k e kawah putih, tenang karena di sekitar wisata kawah putih ciwidey ada tempat istirahat yang murah meriah seperti hotel, home stay dan villa mulai dari 350.000 hingga 800.000 seperti: 
  • D' riam Riverside Resort Ciwidey
  • Sapadia Ciwidey
  • Patuha Resort
  • dll
Photo Patuha Resort - @kawahputih_official

Sehingga membuat liburan kalian bersama keluarga, kerabat dan teman lebih menyenangkan sambil menginap di area sekitar wisata. dan lebih leluasa mengelilingi wisata legendaris di bandung ini.

Biaya wisata kawah putih bandung

Berlibur ke wisata kawah putih ciwidey yang merupakan liburan terkenal di bandung akan menghabiskan biaya yang tak cukup banyak berikut tarif daftar tiket masuk, parkir dan transportasi kawah putih:
  • 20.000 tiket masuk wisatawan lokal
  • 50.000 tiket masuk wisatawan mancanegara
  • 05.000 tiket parkir motor
  • 10.000 tiket parkir mobil
  • 15.000 tiket transportasi menuju gerbang
  • 10.000 tiket wahana dermaga ponton
  • 10.000 tiket wahana skywalk cantigi
  • 10.000 tiket naik kuda
Untuk mempergenap biaya liburan ke kawah putih, sebaiknya kalian siapkan dana sekitar 150.000. agar menikmati kawah putih lebih leluasan tanpa memikirkan biaya karena fasilitas dan sarana prasana disini sangat lengkap seklai.

Dikhawatirkan, apabila membaw uang pas-pasan disini jauh dari pusat perkotaan sehingga untuk mengambil uang tidak bisa di internet banking.

Alamat dan rute menuju kawah putih

Untuk menuju ke obyek wisata ini, dari pusat kota bandung kalian mengarah ke selatan sekitar 45km atau 2jam  jarak yang kalian tempuh untuk tiba dilokasi.

Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi dari tol padaleunyi mengarah ke serang dan lurus hingga ke wilayah ciwidey lalu amabil jalur ke situ patungan. Jika masih kebingungan atau khawatir di maps juga tersedia yang berada di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Jika sudah sampai dilokasi atau gerbang, kalian tak langsung menikmati obyek wisata. akan tetapi, setelah parkir kendaraan kalian harus jalan kaki atau naik bus shuttle mini reguler sekitar 5 menit untuk turun wisata yang menanjak ke bawah ini.

Photo Jalan Menuju Kawah Putih - @sigotik91

Jangan khawatir, meskipun jalan berliku, ttikungan yang tajam dan berbelok ketika menuju ke kawah putih, kendaraan yang kalian supirnya sudah profesional

Jam Operasioanal wisata kawah putih bandung

Agar perjalanan liburan kalian tidak menunggu dan bisa santai untuk mengatur schedule ke kawah putih, berikut jam buka dan tutup (waktu setempat):

Photo Suasana Dari Atas Siang Hari - @kawahputih_official
  • 07:30 - 17:00 Senin
  • 07:30 - 17:00 Selasa 
  • 07:30 - 17:00 Rabu
  • 07:30 - 17:00 Kamis
  • 07:30 - 17:00 Jum'at
  • 07:30 - 17:00 Sabtu
  • 07:30 - 17:00 Minggu
Untuk keamanan dan kenyamanan para pengunjung, diusahakan sebelum jam 17:00 atau jam reader terakhir 16:00.

Tips liburan ke kawah putih bandung

Supaya liburan kalian lebih aman dan nyaman ketika ke kawah putih, berikut beberapa tips atau saran yang kalian lakukan sebelum tiba di lokasi:
  • Berpakaian baju dingin, karena udara yang ada dikawasan putih begitu dingin sehingga sengatan matahari menjauh di suhu ini.
  • Mengunnakan sunblock, karena baju saja tak cukup untuk menahan dinginnya.
  • Bawa masker, apabila kalian tidak kuat dengan bau belerang agar tidak terjadi hal yang tak di inginkan. apalagi kalia sedang punya penyakit asma dan jantung dikhawatirkan kambuh.
  • Jangan lama-lama, karena akan menggangu terhadap pernafasan.
  • Sebelum malam tiba, usahakan udah balik ke tempat parkiran karena suasana pada malam hari sedikit gelap.
Selain tips yang akan membuat kalian aman, jangan lupa saran yang penting yakni tetap menjaga tata tertib seperti membuang jangan sembarangan, menjaga ucapan agar tidak terjadi hal yang aneh-aneh.

Kegiatan di kawah putih

Tak hanya sekedar dijadikan obyek wisata, kawah putih sering kali dijadikan pilihan untuk beberapa jenis lainnya yang akan membuat aktivitas kalian lebih seru dan menyenangkan menikmati panorama di sekitar ciwidey:
  • Hunting foto yang keren
Untuk yang suka foto alam baik suasana dan background ekstrim, jangan lupa untuk mengabadikan moment di kawah putih seperti berswafoto di jembatan, danau dan gunung patuha. karena disini banyak wahana yang instagramable.

Photo Hunting - Instagram @r47natjan
  • Tempat prewedding bandung
Pesona alam yang mempesona ini, sering kali dijadikan obyek para fotografi untuk tempat prewedding bandung yang bagus. tak hanya itu saja, disini banyak para fotografi yang mengambil obyek foto landscape dengan spot yang memukau.

Spot foto kekinian membuat para pelaku seni, tergiyur-giyu untuk jepret pada area dengan kabut putih di tebing.

Photo Shoot Prewedding - Instagram @kawahputih_official
  • Tempat syuting film
Jika kalian masih ingat film 2015 yang sangat trending dan populer yakni "heart" yang diperankan oleh irwansyah, acha dan nirina zubir dengan aroma yang sangat romantis akan perannya. lokasi tersebut berada di kawah putih dan beberapa wahana lainnya.

Photo Dari Wahana Skywalk - Instagram@maslindu69

Selain itu, para artis band terkenal indonesia yaitu ungu dan st 12 pernah mengambil shoot video dengan panorama kawah putih untuk cover lagu yang dijadikan album.
  • Hiking ke gunug patuha
Meskipun jarak yang cukup jauh ini, jangan dilewatkan untuk mendaki sambil menikmati nuansa alam dari ketinggian gunung patuha.

Photo Hiking Gunung Patuha - Instagram @dwisl

Para advanture atau komunitas hiking, sering kali memilih gunung patuha untuk menjadi sasaran dengan para rombongan yang banyak agar bisa ramai-ramai.
  • Kebun teh ciwidey
Tempat yang sering dijadikan destinasi selanjutnya setelah capek mengelilingi dan menikmati suasana kawah putih. disini kalian bisa memetik dan membeli teh yang asli dari ciwidey.

Photo Suasana Dari Atas Kebun Teh - Instagram @kebuntehciwidey

Tak hanya rasanya yang enak dan alami. Akan tetapi, kebun teh ciwidey juga menyajikan view alam yang eksotis dengan berlatar daun-daun teh berjejeran rapi.

Sangat mempesona sekali, apabila kalian berkunjung pada pagi hari dengan beberapa air embun yang jatuh ke setiap daun-daun  teh ciwidey.
  • Menikmati kendaraan kabin (Ontang Anting)
Berupa kendaraan mobil (carry) berwarna orange. Tujuan nya akan mengantar kalian ke lokasi kawah putrih. Disepanjang perjalanan kalian akan bisa melihat langsung suasana kawah putiih dan gunung patuha dari ketinggian permukaan.

Photo Mobil Ontang Anting - Web @trianarepa.com

Pengunjung yang akan menaiki ontang anting ini akan di tunggu sampai selesai menikamti kawah putih.
  • Wisata kuliner bandung
Tak lengkap rasanya apalagi lidah pengunjung tidak mencicipi menu makanan dan minuman khas bandung di daerah ciwidey seperti batagor, bajigur dan wedang.

Photo Kuliner Batagor - Instagram @batagor-laksana-ciwidey

Disini, banyak puluhan warung yang berjejeran hingga restoran yang menawarkan beberapa menu yang lezat dan nikmat sambil memandang suasana yang menyejukkan.
  • Camping di Smart Camp Adavanture
Anak gunung sering kali memilih untuk camp yang bagus di bandung yakni di ranca upas atau smart camp karena suasana alamnya begitu sejuk dan meyegarkan sekali.

Photo Suasana Camping - Instagram @lensawisata.ciwidey

Jika kalian lupa tak membawa tenda, disini juga ada tempat penyewaan tenda dan sejenis alat pendukung lainnya seperti hammock, sepatu, dan alas.
  • Explore goa belanda
Zwavel ontgining nama pabrik pada zaman kolonial belanda, dahulu sebelum indonesia merdeka dijadikan tambang belerang dan sekarang membekas dan berlubang di sisi tebing dan sangat disarankan tidak masuk ke goa karena berbahaya.

Photo Pintu Goa - Web @advanturose
  • Belanja
Ketika kalian tak sempat belanja di kota bandung, jangan khawtir karena di area wisata ciwidey banyak kalian temukan oleh-oleh khas bandung seperti makanan, minuman, baju, kaos dan beberapa souvenir yang keren dan lucu-lucu dan yang terpenting murah meriah sekali.

Photo Kaos Bandung - Web @smartbisnis.co.id

Sangat disayangkan sekali, jika kalian berkunjung ke bandung tidak membawa oleh-oleh khas bandung yang menarik.

Paket Wisata Kawah Putih Bandung

Ingin liburan ga ribet ketika ke bandung. Jangan khawatir, karena di kota sate ini banyak para agen jasa travel khsuusnya dike kawah putih yang menyedikan paket wisata dengan tarif yang murah dan komplit mulai dari 150.000 - 500.00. mulai dari penjemputan, tour guide, tempat istirahat dan makan.

Photo Jembatan Skywalk Kabut - Instagram @kawahputih_official

Berikut beberapa daftar paket atau jasa liburan ke kawah putih yang recomended yang bisa kalian pilih:
  • Traveloka
  • Tour Bandung
  • Parkar Holiday
  • Jo Adventure
Photo Kabut Tebal di Gerbang Kawah Putih - Instagram @kawahputih_official

Nah dari beberapa ulasan yang terdapat di wisata kawah putih di atas, tak akan membuat kalian rugi dan kecewa baik dari obyek dan sarana prasana yang sangat sempurna. sehingga sangat recomended dan cocok sekali untuk dijadikan destinasi liburan di bandung.

Wisata kawah putih ciwidey sulit dipercaya menjadi sebuah obyek wisata. karena meilihat dari sejarah yang terjadi musibah ledakan gunung yang tinggi tempat ini mistis dan angker.

Akan tetapi, sekarang obyek wisata kawah putih keangkerannya mulai pudar dan tidak di beritakan kembali karena danau indah yang berwarna putih seperti susu dan bau berelang yang sangat menyengat.

Memang wisata kawah putih ciwidey ini sangat di anjurkan sekali untuk dikunjungi meskipun seumur hidup sekali dengan petualangan yang sangat bersejarah.
Writing Illustration