Tips, Jalur dan Biaya Pendakian Ke Gunung Werilang Jawa Tmur

nama Gunung Werilang sendiri diambil dari sebuah bahasa Jawa yang artinya "belerang" karena di puncak gunung ini di suguhkan dengan belerang yang masi

Travel dengan konsep pendakian salah satu perjalanan yang dijadikan pilihan oleh anak millenial zaman sekarang ini.

Di Jawa Timur sendiri memiliki banyak macam gunung yang sering dilakukan pendakian baik dari lokar hingga luar kota salah satunya ada Gunung Werilang dengan nuansa alam yang jangan diragukan lagi.

Info Pendakian Gunung Werilang Terkini

Gunung Werilang

Werilang sendiri memiliki perbedaan dengan gunung arjuno. namun masih dalam satu kawasan yang dapat diakses dari berbagai macam jalur.

Untuk info mengenai gunung werilang dapat kalian akses di web situs resmi pendakian. supaya dalam perjalanan tidak ada kendala.

Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan beberapa deskripsi mengenai gunung werliang mulai dari sejarah, suasana, tips, jalur dan biaya pendakian bersama team.

Sejarah Gunung Werilang

Werilang merupakan sebuah gunung yang memiliki ketinggian 3.156 mdpl dan secara administratif gunung ini terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur yang berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo

Sejarah nama Gunung Werilang sendiri diambil dari sebuah bahasa Jawa yang artinya "belerang" karena di puncak gunung ini di suguhkan dengan belerang yang masih aktif dengan panorama yang indah.

Suasana Gunung Werilang

Gunung yang berada di sebelah gunung arjuno memiliki panorama alam yang asik untuk dinikmati dari berbagai macam sudut.

Dengan nuansa gunung yang dikenal dengan esktrim akan werilangnya ini mampu menarik para hacking untuk bisa sampai dipuncak.

Jalur Pendakian Gunung Werilang

Terdapat berbagai macam rute atau titik pendakian yang cukup dikenal untuk nyampek puncak yaitu : 

Jalur pendakian melalui pintu masuk tretes yang cukup terkenal berat karena jalur pendakian yang menanjak dan berbatu. Jalur Tretes ini juga merupakan jalur pendakian Gunung Arjuno dari sisi utara.

Jalur pendakian melalui via manis rejo yang terletak di Claket, Pacet, Mojokerto. selama perjalanan melewati jalur ini akan disuguhi dengan panorama sekitar puncak hidup tumbuhan endemik.

Gunung Welirang di Jawa Timur menjadi salah satu gunung idaman para pendaki karena trek perjalanan yang tidak cukup menantang dan tidak memiliki kisah yang tak hampir sama  dengan gunung lainnya seperti gunung sebelahnya yaitu Gunung Arjuno.  

Tips Pendakian Gunung Werilang

Untuk bisa tetap terhindar dari beberapa pantangan selama perjalanan pendakian, kalian harus tetap mematuhi beberapa hal-hal yang berbau positif diantaranya sebagai berikut:

  • Usahakan berdoa sebelum berangkat dan sering sisipkan doa juga di setiap perjalanan
  • Menjaga ucapan atau kata-kata kotor.
  • Tidak boleh mendaki dengan rombongan berjumlah ganjil, solusi untuk menggenapkannya yaitu dengan cara satu orang membawa tongkat.
  • Tidak boleh membawa wanita haid saat pendakian.
  • Tidak boleh merusak area Gunung Arjuno

Hal-hal yang perlu dipersiapkan selama perjalanan pendakian, ,dibawah ini penulis akan berikan beberpa hal penting yang di matangkan. diantaranya sebagai berikut:

  • Siapkan Alat pendakian seperti tenda dan lain-lain
  • Usahakan memakai sepatu karena hawa yang sangat dingin
  • Membawa makanan yang ringan aja atau cemilan.
  • Air minum secukupnya karena selama perjalanan masih bisa menemukan mata air
  • Obat-obatan yang di perlukan
  • Kerja sama atau Kompak Tim

Biaya Gunung Werilang Jawa Timur

  • Untuk menuju ke kawasan puncak gunung ini kalian harus membeli tiket di pintu masuk mulai dari 25.000 - 35.000 perorang / perhari.
  • Untuk biaya parkir atau penitipan kendaraan yaitu: 05.000 perhari untuk motor dan 15.000 perhari untuk mobil
Bisa dikatakan metode pendaftaran atau ketentuan yang ada di gunung werilang ini tidak jauh dengan sistem pendakian gunung arjuno.

Alhamdulilah perjalanan selama pendakian Gunung Arjuno yang saya lewati bersama kelompok saya berjalan dengan lancar dan selamat sampai tujuan untuk mencapai puncak.

Meskipun memakan waktu yang lama akan tetapi terbayar lunas dengan panorama keindahan alam yang masih segar dan alami selama perjalanan k puncak Gunung Werilang.

Dari beberapa penjelasan diatas, kalian harus ketahui terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan pendakian ke gunung werilang dan bisa sampai dan pulang dengan selamat.

Penutup

Itulah tips, jalur dan biaya pendakian ke gunung werilang di jawa timur yang memberikan pengalaman yang berkesan dalam travelling hacking.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan ke website ibnujacky - semoga postingan mengenai gunung werilang bermanfaat bagi para pembaca.
Writing Illustration