Tips, Jalur dan Biaya Pendakian Ke Gunung Arjuno di Jawa Tmur

Nama Gunung Arjuno sendiri diambil dari nama salah satu tokoh pewayangan Mahabharata Jawa yang sangat melegenda yaitu Arjuna (Arjuno)

Jika kalian suka nonton wayang di jawa pasti akan mendengar yang namanya Arjuna atau Arjuno. Dengan begitu, nama Gunung ini diambil dari cerita yang tak lepas dari sejarah pulau jawa.

Selain itu, Gunung Arjuno memiliki keindahan alam yang tak diragukan lagi, ketika kalian singgah akan memilki cerita historis yang berbeda-beda.

Info Pendakian Gunung Arjuno Terbaru

Gunung Arjuno

Berdasarkan kemenetrian energi dan sumber daya (KESDM) dalam catatan magma indonesia ini masuk ke kategori level 1 gunung berapi yang kerucut.

Dimana pada ouncak gunung arjuno ini dikenal dengan sebatn puncak ogal agil degan asap putih yang tidak memiliki kawah.

Sejarah Gunung Arjuno Jawa Timur

Sebuah Gunung yang memiliki ketinggian 3.339 mdpl. Secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan. Gunung Arjuna berada dibawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. 

Nama Gunung Arjuno sendiri diambil dari nama salah satu tokoh pewayangan Mahabharata Jawa yang sangat melegenda yaitu Arjuna (Arjuno).

Gunung Arjuno memiliki kisahnya tersendiri atau pantangan yang hampir memiliki kesamaan dengan gunung lainnya yaitu:

  • Mata air Sungai Berantas Di kawasan lereng Gunung Arjuno 
  • Kisah mistis yang terjadi saat pendakian melewati Alas Lali Jiwo atau hutan lupa diri yang terkenal angkernya
  • Adanya pasar setan berupa kejadian transaksi yang dilakukan uang yang kemudian berubah menjadi daun
  • Suara gamelan malapetaka yang pernah terdengar untuk dinikahi oleh sosok gaib atau sering disebut dengan ngunduh mantu.

Suasana dan Daya Tarik Gunung Arjuno Jawa Timur

Selain memiliki sejarah yang bersejarah, Gunung arjuno untuk keindahan dan panorama alam yang ada disekitarnya sudah menjadi impian para pecinta pemandangan alam.

Untuk kalian yang sedang capek dan butuh istirahat selama diperjalanan, jangan khawatir karena disetiap perjalanan akan menemukan pos pendakian gunung arjuno.

Sehingga para pendaki bisa menikmati suasana alam yang segar dan alami untuk di nikmati bersama kawan-kawan.

Berikut dibawah ini, beberapa dokumentasi 

Jalur Pendakian Gunung Arjuno Jawa Timur

Terdapat berbagai macam rute pendakian untuk menuju ke gunung arjuno untuk bisa nyampek puncak diantarnya sebagai berikut : 

  • Arah utara jalur Tretes:
    jalur ini bisa di kategori berat karena jalur yang menanjak dan berbatu. Akan tetapi, jalur ini cukup mudah untuk di lewati karena melewati tempat wisata Tretes yang sangat terkenal yaitu air terjun Kakek Bodo. Perjalanan melalui jalur ini memakan waktu tempuh sekitar 7-8 jam yang cukup landai dan jalur ini juga rut untuk menuju puncak Gunung Welirang.

  • Arah timur jalur Lawang:
    jalur yang sangat praktis karena untuk menuju ke jalur ini harus luangkan waktu yang cukup lebih karena track yang lumayan panjang. Akan tetapi, selama perjalanan melewati jalur ini akan disuguhi dengan panorama pemandangan yang bagus yaitu wisata kebun teh, bumi perkemahan Oro-Oro Ombo dan Alas Lali Jiwo.

  • Arah barat jalur Batu:
    jalur terbaik untuk menuju ke puncak Gunung Arjuno karena akan melewati keindahan panorama alam yang ada di Kota Batu. perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 10 jam.

  • Arah selatan jalur Purwosari:
    jalur yang termasuk cukup menantang setelah karena jalur ini akan melewati beberapa tempat mulai dari Gua Abiyasa, Petilasan Eyang Abiyasa dan Situs Eyang Saktri. Perjalanan jalur ini dimulai dari Desa Tambak Watu yang berjalan di sepanjang beberapa jalan setapak.

Tips Menuju Ke Gunung Arjuno Jawa Timur

Tenang dan jangan khawatir, berikut hal yang harus dilakukan agar terhindar dari beberapa pantangan diatas agar perjalanan pendakian tetap selamat dan berjalan seperti yang diharapkan para pendaki:

  • Usahakan berdoa sebelum berangkat dan sering sisipkan doa juga di setiap perjalanan
  • Menjaga ucapan atau kata-kata kotor.
  • Tidak boleh mendaki dengan rombongan berjumlah ganjil, solusi untuk menggenapkannya yaitu dengan cara satu orang membawa tongkat.
  • Tidak boleh memakai pakaian yang berwarna merah.
  • Tidak boleh membawa wanita haid saat pendakian.
  • Tidak boleh merusak area Gunung Arjuno. 

Selain itu, kalian harus di pesiapkan sebelum melakukan  perjalanan pendakian menuju gunung arjuno. diantaranya sebagai berikut :

  • Alat pendakian seprti tenda dan lain-lain. 
  • Usahakan memakai sepatu karena hawa yang sangat dingin. 
  • Membawa makanan yang ringan aja atau cemilan.
  • Air minum secukupnya karena selama perjalanan masih bisa menemukan mata air. 
  • Obat-obatan yang di perlukan. 
  • Kerja sama atau Kompak Tim. 

Biaya Gunung Arjuno Jawa Timur

  • Untuk menuju ke kawasan puncak gunung ini kalian harus membeli tiket di pintu masuk mulai dari 25.000 - 35.000 perorang / perhari.
  • Untuk biaya parkir atau penitipan kendaraan yaitu: 05.000 perhari untuk motor dan 15.000 perhari untuk mobil
Alhamdulilah perjalanan selama pendakian Gunung Arjuno yang saya dengan team berjalan dengan lancar dan selamat sampai tujuan untuk mencapai puncak.

Meskipun memakan waktu yang agak lama,  akan tetapi terbayar lunas dengan panorama keindahan alam yang disajikan selama dalam perjalanan.

Dari beberapa diatas, kalian bisa mengetahui sebelum melakukan pendakian ke puncak arjuno di daerah jawa timur ini.


Itulah tips, jalur  dan biaya pendakian ke gunung arjuno yang termasuk kedereatan gunung tertinggi nomor dua di jawa timur.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan ke website ibnujacky - semoga postingan mengenai gunung arjuno bermanfaat bagi para pembaca.