Kota Lama Semarang, Wisata Sejarah Jawa Tengah Sejak Masa Kolonial Belanda

Deskripsi Wisata Kota Lama Semarang

Sebuah kawasan kuno yang mengingatkan atau kembali pada zaman penjajahan dahulu sebelum Indonesia merdeka, nuansa jadul dengan bangunan lama yang masih terawat dan tertata rapi di sepanjang jalan ini. 

Selain wisata alam yang banyak dikunjungi oleh para pengunjung terdapat wisata sejarah yang tak kalah keren kalian lewatkan di Ibu Kota Jawa Tengah ini yakni Wisata Kota Lama Semarang. 


Kota Lama Semarang merupakan jejak kolonial Belanda yang masih menyimpan saksi sejarah yang mulai ramai sejak abad ke 17. Dengan adanya puluhan bangunan yang terdapat di Kota Lama yang berdiri kokoh sehingga menjadi Landmark Kolonialisme di Semarang hingga sekarang. 

Keunikan lainnya yang terdapat di area Kota Lama selain meninggalkan jejak yang luar biasa, di sekitar area penuh dengan perkembangan perekonomian dan perdagangan Indonesia, China, Arab yang memenuhi Kota Semarang. 

Obyek dan Fasilitas Wisata Kota Lama Semarang

Untuk menunjang para pengunjung yang datang baik dari lokal maupun luar daerah terdapat beberapa fasilitas yang akan kalian temukan ketika berkunjung ke kota lama. 


Jejak Bangunan yang terdapat di Kota Lama Semarang masih sangat kental dengan bentuk arsitektur era kolonial Belanda sehingga bisa di sebut Herritage zaman penjajahan. 

Pesona di Kota Lama begitu mesuguhkan aroma-aroma penjajahan yang elok seperti hitam putih Indonesia. 

Banyak aktivitas yang dilalui ketika berkunjung ke tempat wisata ini yang tidak akan termakan oleh waktu diantaranya mengunjungi jejak sejarah, wisata religi dan kuliner. 


Sering kali dijadikan tempat rekomendasi untuk nongkrong, perkumpulan dan yang sedang mengadakan event di Kota Lama dengan nuasana seperti Tempo dulu yang asyik. 

Untuk menyusuri setiap sudut Kota Lama Semarang, Ketika setiap pagi akan dipenuhi oleh orang yang sedang naik sepeda dan olahraga pagi sambil berburu Sunrise dengan udara yang masih alami dan segar. 

Ketika pada sore hari meskipun masih banyak kendaraan yang lewat tempat ini masih layak untuk dikunjungi sambil menunggu Sunset tiba di jelang matahari terbenam. 

Ketika pada malam hari, kawasan area ini nampak lebih indah karena keramaian yang mengundang para pemuda maupun yang tua untuk bernostalgia di bangunan bersejarah.  

Baca juga : 

Tempat Wisata Malam Hari Semarang Selain Kota Lama. 

Setelah puas mengelilingi Kota Lama, di area wisata terdapat berbagai macam Cafe atau Restoran yang menyajikan berbagai macam kuliner ditengah penat nya perjalanan kalian. 

Sembari jalan-jalan mengelilingi Kota Lama, mengabadikan moment jangan sampai dilupakan karena terdapat berbagai macam spot foto dan angel view yang bagus di area kawasan ini. 


Berlatar belakang bangunan yang begitu keren dengan nuansa tempo doeloe dan seperti serasa berada Luar Negeri pada hasil jepretan kalian. 


Bagi yang ingin bermalam di area Kota Lama Semarang terdapat tempat penginapan atau hotel yang dekat dan letaknya tidak jauh dengan wisata ini.

Seperti DS Residence, Red Doorz Near, Horison Inn Alaska, Surya Boutique dan lain-lain. dengan fasilitas, pelayanan dan harga yang berkualitas dan Nyaman. 

Tiket Masuk Kota Lama Semarang

Untuk tiket masuk kota lama semarang tidak dipungut biaya (free). Hanya saja bagi kalian yang sedang bawa kendaraan bisa menitipkan di sebuah tempat parkir yang sudah ada penjaganya agar aman dan tidak kepikiran ketika menjelajahi kota lama. 

- Sekitar 2.000 untuk motor, 5.000 untuk mobil dan 10.000 untuk bisa. 
- Untuk yang ingin naik sepeda yang disewakan area lokasi disana juga tersedia sekitar biaya 20.000 - 50.000
- Untuk yang mengelilingi Kota Lama dengan naik becak bisa mengeluarkan biaya sekitar 25.000

Lokasi Kota Semarang

Jalan Letjen Suprapto, Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. 
Writing Illustration