Cara Live Streaming di YouTube Tanpa Aplikasi (Update 2024)

Live Streaming di YouTube ini sudah menjadi metode atau fitur yang banyak dilakukan oleh para konten kreator dalam berbagi kepada pengguna...

Masih belum tau Cara Live Streaming di YouTube Tanpa Aplikasi ? Tenang dan khawatir khususnya bagi YouTubers pemula karena dibawah ini penulis akan memberikan penjelasan secara lengkap.

Ditahun 2024 ini, Live Streaming di YouTube ini sudah menjadi metode atau fitur yang banyak dilakukan oleh para konten kreator dalam berbagi kepada pengguna.

Cara Siaran Langsung di YouTube Terbaru 2024 ini tidak ada bedanya karena prosesnya bisa diakses lewat langsung perangkat HP Android ataupun iPhone.

Tak hanya itu saja, Cara Live Streaming di YouTube juga bisa pengguna akses lewat versi desktop seperti laptop maupun komputer tanpa harus menginstall aplikasi tambahan di perangkat.

Live Streaming di YouTube mulai diperkenalkan pada tahun 2011 yang merupakan fitur awalnya tersedia hanya untuk beberapa pengguna yang dipilih secara khusus, seperti mitra dan pemilik saluran yang besar.

Akan tetapi, sekarang ini Live Streaming YouTube atau Siaran Langsung bisa dilakukan dengan mudah oleh pengguna secara gratis baik meskipun masih akun baru. 

Cara Live Streaming di YouTube Lewat HP dan PC

Cara Live Streaming di YouTube Tanpa Aplikasi

YouTube salah satu aplikasi sosial media yang masih sangat populer karena konten yang dibagikan nantinya cepat trending.

Sehingga Cara Live Streaming di YouTube ini perlu kalian ketahui dan pahami apalagi yang bergerak di dunia teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Lalu, apa saja yang dibutuhkan untuk live streaming YouTube ? seperti pada umumnya, pengaturan streaming pada halaman dasar atau dashbord akan membutuhkan perangkat untuk streaming, kamera video atau webcam, mikrofon dan sejenis tripod (opsional).

Untuk menu Siaran Langsung di YouTube ini menjadi fitur yang keren dan mampu membuat pengguna semakin tertarik menggunakan platform sosial media yang berasal dari San Mateo California Amerika Serikat.

Apa Itu Live Streaming YouTube?

Apa Itu Live Streaming di YouTube

Live streaming YouTube adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyiar langsung video secara real-time di platform YouTube. Dengan live streaming, Anda dapat melakukan siaran langsung acara, pertunjukan, presentasi, atau aktivitas lainnya kepada audiens Anda di seluruh dunia.

Adanya Fitur ini memungkinkan interaksi langsung antara penyiar dan penonton melalui fitur komentar, chat, dan fitur lainnya yang tersedia selama siaran langsung baik di HP maupun PC.

Live streaming YouTube memberi kesempatan bagi individu, merek atau organisasi untuk berbagi konten secara instan dengan audiens mereka, memungkinkan interaksi langsung dan pengalaman yang lebih mendalam.

Kemudian, pada tahun yang sama, YouTube mulai meluncurkan live streaming secara lebih luas, memungkinkan lebih banyak pengguna untuk melakukan siaran langsung ke berbagai media.

Pada awalnya, live streaming YouTube lebih fokus pada acara-acara besar seperti konser, pertandingan olahraga, acara-acara khusus dan sekarang ini sebagai media bisnis yang menjanjikan.

Namun, seiring berjalannya waktu, fitur ini menjadi lebih mudah diakses oleh pengguna biasa, memungkinkan siapa pun untuk melakukan siaran langsung dari perangkat mereka sendiri.

Seiring perkembangan teknologi dan peningkatan akses internet di seluruh dunia, live streaming YouTube semakin populer. Banyak individu, merek, dan organisasi mulai memanfaatkannya untuk berbagai keperluan, mulai dari siaran langsung acara-acara khusus hingga tutorial, presentasi, dan konten-konten lainnya.

Hingga saat ini, live streaming YouTube tetap menjadi salah satu fitur yang paling diminati di platform tersebut, memungkinkan para pengguna untuk terhubung dengan audiens mereka secara langsung dan instan di seluruh dunia.

Manfaat Live Streaming di YouTube 2024

Manfaat Live Streaming di YouTube

Berikut beberapa Manfaat Siaran Langsung yang bisa kalian dapatkan nantinya, apalagi konten yang dikelola masih baru :

  • Memperkuat kebersamaan dengan pengikut atau penonton baru
  • terkoneksi antara brand ke pengguna internet untuk bisa menjangkau lebih banyak konsumen.
  • Lebih mudah mendapatkan banyak pengikut, like dan komentar.

Syarat Live Streaming di YouTube

Syarat Live Streaming di YouTube

Berikut beberapa persyaratan dan ketentuan yang bisa kalian persipakan, supaya nantinya tidak terjadi kendala pada saat menjalankan platform :

  • Memiliki minimal 50 subscriber
  • Membuat & menjadwalkan live streaming
  • Tidak memiliki pembatasan pada saat live streaming dalam 90 hari terakhir di channel yang kalian kelola
  • Mengaktifkan live streaming. yang nantinya akan mungkin harus menunggu 24 jam sebelum dapat memulai live stream pertama
  • Menggunakan perangkat yang rekomended

Tutorial Live Streaming dan Siaran Ulang di YouTube

Tutorial Live Streaming di YouTube

Berikut Cara Live Streaming di YouTube Tanpa Aplikasi yang bisa kalian coba dengan mudah lewat perangkat HP dan PC :

  • Pertama, untuk melakukan live streaming di YouTube kalian harus memiliki akun terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, silahkan cari pengikut atau subcriber minimal 50.
  • Jika sudah, silahakan buka web browser yang kalian gunakan di perangkat HP maupun PC.
  • Pada halaman utama, silahkan klik buat yang bericon video pada bagian pojok kanan atas.
  • Halaman YouTube Studio
  • Nantinya akan muncul menu dan pilih live streaming.
  • Halaman Buat
  • Secara otomatis akan di pindahkan ke halaman kelola studio youtube.
  • Silahkan kalian pilih sekarang atau nanti dan klik mulai apa jika sudah setuju.
  • Halaman Kelola YouTube Studio
  • Untuk memulai, silahkan pilih jenis live stream dan klik mulai apabila sudah.
  • Halaman Jenis Live Stream
  • Silahkan isi menu detail mulai dari judul, deskripsi,  jenis siaran untuk live streaming, kategori, thumbnail, playslist, audiens, pilihan untuk konten dan klik berikutnya pada bagian bawah berwarna biru.
  • Halaman Buat Streaming Detail
  • Selanjutnya, pada halaman menu penyesuaian contreng rekasi live dan contreng mode lambat dengan memilih jenis detik, menit ataupun jam.
  • Halaman Buat Streaming Penyesuaian
  • Dibagian menu visibilitas, silahkan pilih anatra pribadi, tidak publik, publik dan setting jadwal untuk memulainya. apabila sudah, silahkan klik selanjutnya dikotak warna biru.
  • Halaman Buat Streaming Visibilitas
  • Nantinya akan muncul halaman menu dibawah ini dan klik selesai apabila ingin logout, klik live streaming apabila ingin memulainya dan bagikan link ke platform sosial media lainnya.
  • Halaman Pratinjau Streaming
  • Silahkan kalian tunggu sesuai jadwal yang telah ditentukan dan apabila ingin memulainya silahkan kembali ke halaman studio dan pilih live streaming sehingga nantinya bisa dibagikan kepada pengguna akun YouTube lainnya.
  • Selesai.

Itulah langkah-langkah yang bisa kalian coba ketika ingin melakukan Siaran Langsung di YouTube dengan berbagai jenis konten. sehingga nantinya akun yang kalian kelola memiliki pengikut, like dan share yang banyak secara organik.

Adanya Live streaming do YouTube dijadikan sebagai alat promosi, pemasaran dan marketting penjualan karena memang memiliki banyak kelebihan untuk menarik perhatian konsumen. 

Baca Juga : Cara Mengatasi YouTube Tidak Kompatibel Tanpa Uinstall

Sekian dan Terima kasih kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan klik komentar atau menghubungi kontak person di halaman utama, semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Writing Illustration