Panduan Niat Shalat Taubat Yang Lengkap 2024

Untuk Niat Sholat Tubat 2 Rakaat ini sebenarnya tidak perbedaan dengan jenis shalat lainnya, sehingga beberapa para ulama mengajarkan agar ...

Panduan Niat Shalat Taubat Yang Lengkap 2024 - Sholat Taubat merupakan shalat sunnah yang sering dilakukan oleh para orang islam baik laki-laki maupun perempuan yang meminta ampunan.

Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang tidak luput dari dosa baik itu laki-laki maupun perempuan. sehingga Tata Cara, Doa dan Niat Shalat Tubat perlu kalian ketahui.

Untuk Niat Sholat Tubat 2 Rakaat ini sebenarnya tidak perbedaan dengan jenis shalat lainnya, sehingga beberapa para ulama mengajarkan agar ketika seseorang hendak bertaubat atas sebuah dosa dan kesalahan yang telah di perbuat terlebih dahulu melakukan shalat sunnah dua rakaat.

Umat Islam dapat lebih termotivasi untuk secara rutin melakukan salat taubat sebagai bagian dari upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan kualitas spiritualitas mereka salah satunya lewat Salat Taubat atau Tobat.

Banyak kaum muslim yang mengerjakan Sholat Taubat di Bulan yang pernuh berkah seperti Rajab, Sya'ban dan Ramadhan. dimana tujuan tak lain untuk memohon ampun kepada Allah S.W.T dari kesalahan yang di perbuat.

Untuk Pelaksanaan atau Tata Cara Niat Sholat Taubat secara konsisten dan ikhlas, diharapkan kita dapat mendapatkan ampunan dan rahmat Allah SWT serta meraih kedamaian dan keberkahan dalam hidup kita.

Niat, Doa, Waktu dan Tata Cara Sholat Taubat

Panduan Niat Shalat Taubat Yang Lengkap

Sholat taubat diajarkan memang bertujuan untuk meminta ampunan kepada Allah S.W.T atas dosa yang telah diperbuat sebelumnya baik yang di sengaja maupun tidak disengaja oleh kaum muslim.

Sehingga, Sholat taubat ini merupakan ibadah yang cukup penting untuk orang yang ingin sungguh-sungguh melakukan taubat baik laki-laki maupun perempuan yang melaksankannya.

Selalu ingatlah untuk menjaga kontinuitas dan konsistensi dalam melaksanakan sholat taubat dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan, serta jangan pernah putus asa dari rahmat dan ampunan Allah SWT.

Apa Itu Sholat Taubat?

Apa Itu Shalat Taubat

Sholat Taubat adalah salah satu bentuk ibadah dalam agama Islam yang dilakukan untuk memohon ampunan dan pengampunan dari Allah SWT atas dosa-dosa yang telah dilakukan oleh seorang muslim.

Selain itu, Sholat taubat disini memiliki keutamaan tersendiri karena merupakan wujud kesadaran seorang hamba akan kesalahannya dan upaya untuk bertaubat serta memperbaiki diri.

Sholat Taubat merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan oleh sebagian ulama. Namun, yang perlu dipahami oleh kalian bahwa tidak ada rujukan langsung dari Al-Qur'an atau Hadits yang secara spesifik menyebutkan tentang sholat taubat sebanyak 100 rakaat.

Biasanya, Sholat Taubat dilakukan dengan rakaat yang tidak ditentukan jumlahnya secara spesifik, Akan tetapi dilakukan dengan penuh kesungguhan dan kerendahan hati dalam memohon ampunan kepada Allah.

Sehingga Sholat Taubat ini bisa dilakukan kapan saja, baik di waktu-waktu sunnah maupun di waktu-waktu lain yang tidak diharamkan bagi kaum laki-laki maupun perempuan.

Adapun tujuan dari Sholat Taubat adalah untuk membersihkan hati dan jiwa dari dosa-dosa serta kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan. Dengan melakukan sholat taubat secara ikhlas, diharapkan seseorang dapat mendapatkan ampunan dan ridha Allah SWT serta memperoleh kebahagiaan dan kedamaian dalam hidupnya.

Untuk Perintah bertaubat tercantum dalam surah At Tahrim ayat 8, berikut bunyi ayat dan  artinya :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ تُوبُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّـَٔاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ يَوْمَ لَا يُخْزِى ٱللَّهُ ٱلنَّبِىَّ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مَعَهُۥ ۖ نُورُهُمْ يَسْعَىٰ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَٰنِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَآ أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَٱغْفِرْ لَنَآ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Artinya : "Wahai orang-orang yang beriman, bertobatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya. Mudah-mudahan Tuhanmu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersamanya. Cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanannya. Mereka berkata, "Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Selain melakukan sholat taubat, seseorang juga perlu memperbaiki perilaku dan menghindari perbuatan dosa agar taubatnya diterima oleh Allah SWT. Taubat yang sejati adalah taubat yang diiringi dengan perubahan perilaku yang lebih baik serta niat yang tulus untuk tidak mengulangi dosa-dosa di masa mendatang.

Keutamaan Salat Taubat

Keutamaan Shalat Taubat

Berikut dibawah ini beberapa Keutamaan Salat Taubat yang bisa kalian dapatkan baik pagi, siang, sore, malam maupun dini hari. diantaranya sebagai berikut :

Mendekatkan Diri kepada Allah

Pertama, Salat Taubat adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan melakukan salat taubat, seorang Muslim menunjukkan kerendahan hati dan kesungguhan dalam memohon ampunan dan rahmat Allah.

Pembersihan Diri dari Dosa

Keutamaan Salat Taubat membantu membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah dilakukan. Dengan ikhlas melakukan salat taubat, seseorang memperoleh kesempatan untuk menghapus dosa-dosa tersebut dari catatan amal buruknya.

Menyucikan Jiwa dan Hati

MEmbantu menyucikan jiwa dan hati dari kegelapan dosa. Dengan merenungkan kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan dan memohon ampunan kepada Allah, seseorang dapat merasa lebih tenang dan damai dalam batinnya.

Menjaga Konsistensi dalam Iman dan Taqwa

Melakukan salat taubat secara rutin membantu seseorang menjaga konsistensi dalam iman dan taqwa. Ini karena salat taubat mengingatkan kita akan keterbatasan dan kelemahan diri serta perlunya terus memperbaiki diri di hadapan Allah.

Menghapuskan Dosa-dosa Minor

Keutamaan Salat Taubat juga dapat menghapuskan dosa-dosa minor yang dilakukan seseorang. Meskipun dosa-dosa minor dapat dihapuskan dengan berbagai amalan kebaikan, salat taubat adalah salah satu cara yang sangat dianjurkan untuk membersihkan diri dari dosa-dosa tersebut.

Menyelamatkan dari Siksaan Akhirat

Terakhir, keutamaan besar salat taubat adalah menyelamatkan seseorang dari siksaan di akhirat. Dengan bertaubat secara sungguh-sungguh dan memperbaiki diri, seseorang berpeluang untuk mendapatkan ampunan Allah dan dihindarkan dari siksaan di hari kiamat kelak

Tata Cara Sholat Taubat

Tata Cara Sholat Taubat

Bagi kalian yang masih belum mengetahui bagaimana tata cara sholat taubat sehingga nantinya bisa dilakukan dirumah, kos, hotel dan sejenis lainnya. berikut langkah-langkahnya :

Niat

Mulailah dengan berniat untuk melakukan sholat taubat dengan sungguh-sungguh dan ikhlas, dengan tujuan untuk memohon ampunan dan bertaubat kepada Allah atas segala dosa yang telah dilakukan.

Wudhu

Bersihkan diri dengan melakukan wudhu sesuai dengan tata cara yang diajarkan dalam Islam. Pastikan wudhu dilakukan dengan sempurna agar sholat dapat diterima oleh Allah.

Tempat dan Waktu

Pilihlah tempat yang bersih dan suci untuk melaksanakan sholat taubat. Sebisa mungkin pilihlah waktu yang dianjurkan untuk sholat, seperti waktu-waktu sunnah atau waktu-waktu malam yang diberkahi.

Doa Awal

Sebelum memulai sholat, mulailah dengan membaca doa awal seperti "A'udhu billahi minasy syaithanirrajim" dan "Bismillahirrahmanirrahim".

Pelaksanaan Sholat

Lakukan sholat taubat seperti sholat pada umumnya, dimulai dengan takbiratul ihram, membaca Surat Al-Fatihah dan surat-surat pendek lainnya, ruku', sujud, dan tahiyat akhir.

Doa Taubat

Setelah selesai melakukan tahiyat akhir, luangkan waktu untuk berdoa dengan tulus memohon ampunan dan taubat kepada Allah SWT. Bicaralah dengan hati yang ikhlas dan rendah diri, mengakui segala kesalahan dan dosa yang telah dilakukan serta berjanji untuk memperbaiki diri di masa yang akan datang.

Doa Akhir

Sebelum mengakhiri sholat, bacalah doa akhir seperti "Astaghfirullahal 'adzim" atau doa-doa lain yang sesuai dengan situasi dan kebutuhan pribadi.

Dzikir dan Tadabbur

Setelah selesai sholat, luangkan waktu untuk berdzikir, berdoa, dan merenungkan makna dari taubat yang telah dilakukan. Perbanyaklah memohon ampunan kepada Allah dan berjanji untuk tidak mengulangi dosa-dosa yang sama di masa yang akan datang.

Niat Shalat Taubat

Niat Sholat Taubat

Berikut Niat Shalat Taubat yang bisa kalian coba dengan menggunakan bahasa latin, arab dan indonesia. diantaranya sebagai berikut :

أصلى سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Arab latin: "Ushalli sunnatat taubati rak'ataini lillaahi ta'aalaa."

Artinya: "Saya niat sholat taubat dua raka'at Lillahi Ta'aalaa."

Dengan mengucapkan niat sholat taubat diatas, maka nantinya kalian bisa memilih menggunakan bahasa apa saja yang pentinga niatnya sudah benar.

Doa Shalat Taubat

Doa Sholat Taubat

Berikut beberapa doa Sholat Taubat yang bisa kalian baca setelah melaksanakan dua rakaat di malam, pagi, siang, sore hingga dini hari. diantaranya sebagai berikut :

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَآتُوبُ إِلَيْهِ

Arab latin: "Astaghfirullaahal'adziim, alladzii laa Ilaaha illa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaiih."

Artinya: "Saya mohon kepada Allah Yang Maha Agung, Dzat yang tiada Tuhan melainkan hanya Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri Sendiri. Aku bertaubat kepada-Nya."

للهم انت ربي لا اله الا انتَ خَلَقْتَنِي وَأَنا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرَمَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَى وَابُوهُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا انْتَ

Arab latin: "Allaahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa ana'abduka wa ana'alaa 'ahdika wawa' dika mastatha'tu a'uudzubika min syarri maa shana'tu. abuu ulaka bini'matika 'alayya wa abuu u bidzanbi faghfirlii fa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta."

Artinya: "Wahai Tuhan, Engkau adalah Tuhanku, tiada yang patut disembah melainkan hanya Engkau, Engkaulah yang menjadikan aku dan aku adalah hamba-Mu, dan aku dalam ketentuan dan janji-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku dan aku mengakui dosaku, karena itulah ampunilah aku, sebab tidak ada yang dapat memberikan ampunan melainkan Engkau wahai Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan apa yang telah aku perbuat."

Itulah Panduan Niat Shalat Taubat Yang Lengkap 2024 yang bisa kalian coba sebagai umat muslim baik laki-laki maupun perempuan sehingga nantinya bisa di manfaatkan untuk kehidupan.

Apa saja doa sholat taubat?

Berikut doa atau niat shalat taubat : "Ushalli sunnatat taubati rak'ataini lillaahi ta'aalaa." Artinya: "Saya niat sholat taubat dua raka'at Lillahi Ta'aalaa."

Apa bacaan sholat taubat 2 rakaat?

Arab latin: "Astaghfirullaahal'adziim, alladzii laa Ilaaha illa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaiih." Artinya: "Saya mohon kepada Allah Yang Maha Agung, Dzat yang tiada Tuhan melainkan hanya Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri Sendiri. Aku bertaubat kepada-Nya."

Kapan waktu yang baik untuk melakukan sholat taubat?

Terdapat buku Panduan Shalat Rasulullah oleh Imam Abu Wafa, tidak ada waktu khusus untuk mengerjakan sholat taubat karena bisa dikerjakan kapan saja baik di siang hari atau malam hari.

Apakah boleh melakukan sholat taubat setiap hari?

Untuk tata cara sholat taubat merupakan sholat yang disarankan oleh Nabi Saw sebab perbuatan dosa yang telah dilakukan. Setiap kali kita melakukan dosa, maka dianjurkan menunaikan sholat taubat meskipun lebih dari satu kali dalam sehari.

Apa sholat taubat harus mandi taubat dulu?

Tidak wajib atau tidak perlu melakukan mandi taubat sebelum melaksanakan sholat taubat karena kedua amalan ini termasuk sunnah, yakni amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan, tetapi jika ditinggalkan tidak mendapat dosa.

Apakah boleh sholat taubat jam 3 siang?

Dalam melaksanakan sholat taubat bisa dikerjakan kapan saja baik siang maupun malam hari. Jadi tidak ada waktu spesifik dalam pelaksanaannya karena untuk memohon ampunan selalu terbuka untuk Allah S.W.T.

Baca Juga : Ilmu Tajwid Lengkap DOC, PDF dan APK Yang Terbaru

Sekian dan Terima kasih kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan klik komentar atau menghubungi kontak person di halaman utama, semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.