Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca di Laptop

Penyebab hardisk eksternal tidak terbaca ketika di pasang laptop karena ada kesalah ada kabel, port usb yang kotor, program yang ada di laptop...

Hardisk Eksternal salah satu tempat atau alat penyimpanan yang sudah banyak digunakan untuk menyimpan data yang berupa file foto, video, dokumen dan beragam jenis lainnya hingga mencapai ukuran 1 tera lebih.

Kerusakan di hardisk menjadi masalah bagi pengguna karena dikhawatirkan data yang ada di dalamnya tidak terbaca lagi ketika dimasukkan pada laptop.

Hardisk sangat dibutuhkan sekali jika kalian ingin menyimpan tanpa menyimpan di dalam local disk laptop baik OS windows maupun macbook.

Penyebab hardisk eksternal tidak terbaca ketika di pasang laptop karena ada kesalah ada kabel, port usb yang kotor, program yang ada di laptop tidak dikenal, terkena benturan, casing yang terlepas, kapasitas ukuran yang sudah memenuhi batas maksimum dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Terhubung di Windows dan MacBook

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca di Laptop

Selain hardisk, para programing atau anak IT sering menyebutnya dengan HDD dalam istilahnya di dalam penyimpanan yang satu ini.

Memperbaiki hardisk eksternal atau tidak terbaca di BIOS laptop sebenarnya sangat mudah sekali tanpa harus membeli lagi.

Setiap perangkat HP maupun laptop memiliki tempat penyimpanan untuk menyimpan seluruh data dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan perangkat kalian sendiri.

Berikut dibawah ini penulis akan memberikan beberapa cara yang akan membantu kalian ketika ingin mengatasi atau memperbaiki hardisk yang tidak terbaca ketika dihubungkan pada laptop, diantaranya sebagai berikut : 

Baca Juga : Cara Memasang Internet Wifi Biznet Home Bagi Pemula Yang Lengkap

Mengganti Kabel USB

Kabel USB

Cara pertama untuk mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca di laptop yaitu dengan mengganti kabel usb yang terpasang dengan yang baru atau menggunakan kabel lain yang normal.

Sebelumnya, silahkan kalian coba di perangkat lain apakah hardisk eksternal belum bisa terbaca juga apabila dipindahkan.

Jika kabel USB yang kalian gunakan sudah mengalami kerusakan, maka secara otomatis hardisk eksternal tidak akan terhubung meskipun casing dalam keadaan baik-baik saja.

Dalam proses mengganti kabel USB, usahakan kalian menggunakan kabel yang ori dengan menyesuaikan merek yang digunakan pada hdd tersebut supaya lebih cepat menghubungkan ke perangkat laptop.

Membongkar Bagian Casing

Casing Hardisk

Selanjutnya, membongkar bagian casing di HDD merupakan cara yang paling ampuh untuk mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca di laptop.

Jika casing atau tempat hardisk eksternal terdapat kerusakan baik di bagian luar dan dalam akan membuat HDD tidak bisa terbaca pada laptop meskipun menggunakan kabel yang bagus.

Untuk itu, silahkan kalian jaga atau rawat hardisk di laptop kalian agar tidak terjatuh apalagi kemasukan air yang menyebabkan hardisk tidak terbaca.

Menggunakan Program Drive

Drive Hardisk

Langkah terakhir yang paling cocok untuk kalian ketika HDD eksternal tidak terbaca yaitu dengan menggunakan program drive untuk memancing pada saat memasukkan port.

Kalian cukup memasang atau mencari settingan di program drive laptop seperti low level format, disk management, command prompt, write zeros dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan bantuan drive yang ada di laptop, maka hardisk yang tidak terbaca tadi bisa terhubung dan mengenali HDD dengan mudah.

Dari beberapa trik dan tips cara diatas, dapat membantu kalian ketika ingin memperbaiki hardisk eksternal tidak dibaca di laptop tanpa harus membawa ke tempat servic.

Baca Juga : Cara Setting Konfigurasi STB IndiHome Telkom Yang Benar

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini. semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Writing Illustration