7+ Jenis Desain Grafis Yang Lengkap Dengan Penjelasan dan Contohnya

desain grafis merupakan karya pemikiran seseorang yang digambarkan berupa gambar sehingga menciptakan elemen dari hasil tersebut...

Jenis Desain Grafis sebenarnya ada macam kriteria yang memiliki kesan dan pesan disetiap gambar yang dibuatnya.

Jika kalian seoarang desaigner dan masih belum mengetahui apa saja jenis design grafis yang banyak digunakan oleh orang luar sana, maka nantinya menjadi kurang profesional apalagi dijadikan pekerjaan.

Adanya Grapich Design dibidang keilmuan, sangat membantu sekali untuk perusahaan, usaha, website dan lain sebagainya yang mengarah ke hal promosi.

Untuk jenis desain grafis memang banyak macam dan karakteristiknya. dikarenakan yang didesain nantinya harus berupa penjelasan yang mengarah ke karya tersebut.

Jenis Grapich Design di Indonesia Yang Banyak Digunakan

Jenis Desain Grafis Yang Lengkap Dengan Penjelasan dan Contohnya

Selain dijadikan bahan promosi yang menarik, desain mampu meningkatkan kulaitas pada produk yang ingin dijual belikan.

Jadi, jangan heran apabila harga satu desain bisa mengalahkan gaji karyawan diperusahaan yang kerja satu bulan penuh karena bisa sampai 5juta lebih apalagi desain mengenai logo atau web.

Setiap desain yang di hasilkan oleh para desainer memiliki peran tersendiri untuk disampaikan yang sesuai dengan kreatif gambarnya.

Bagi penulis sendiri, desain grafis merupakan karya pemikiran seseorang yang digambarkan berupa gambar sehingga menciptakan elemen dari hasil tersebut.

Untuk itu, dibawah ini penulis akan memberikan beberapa jenis desain grafis yang lengkap dengan penjelasan dan contohnya. diantaranya sebagai berikut : 

1. Desain Grafis Ilustrasi

Contoh Desain Grafis Ilustrasi

Jenis desain grafis pertama yang mulai banyak digunnakan oleh perusahaan yaitu bernama desain ilustrator. sebuah karya yang lebih menampakkan komersial dalam tampilan  situs web, sosial media, sampul majalah dengan editorial yang keren.

Perkembangan desain grafis ilustrator mampu mendapatkan eskposur yang semakin populer terhadap karya yang dihasilkan oleh desaigner karena memiliki makna untuk menarik pandangan para konsumen.

2. Desain Grafis Branding atau Visual Identity

Contoh Desain Grafis Branding atau Visual Identity

Untuk jenis desain grafis branding atau visual identity ini mampu memberikan kesan yang mengarah ke sebuah organisasi atau wadah dalm suatu perkumpulan dalam hal ini memiliki satu tujuan visi misi.

Banyak orang yang mengira bahwa jenis desain grafis branding atau visual identity lebih mengarah pada sebuah logo.

Akan tetapi, untuk jenis desain yang satu ini lebih banyak melingkup ke hal yang lain seperti tipografi, palet warna dan elemen yang mencangkup dalam identitas tersebut.

3. Desain Grafis UI dan Web Design

Contoh Desain Grafis UI dan Web Design

Desain UI dan Web Design merupakan jenis desain lebih mengarah ke tampilan pada situs-situs atau web di penelusuran google.

Sehingga para desaigner yang terjun di karya ini setidaknya memiliki keahlian dalam membaca coding dan tentunya sangat mahal sekali dalam satu karyanya.

Dikarenakan, dari hasil karya desain grafis UI atau web design ini mampu bisa diterapakan kedalam versi desktop, seluler, landing page, interface dan hal lain yang berkaitan dengan website.

4. Desain Grafis Publikasi

Contoh Desain Grafis Publikasi

Sebelumnya, untuk jenis desain grafis publikasi ini hanya fokus ke media percetakan. namun melihat perkembangan dunia digital yang semakin pesat membuat desain ini menjadi pilihan banyak orang untuk memahami dari hasil gambar tersebut.

Desain grafis publikasi tak hanya melibatkan kepada desaigner saja, namun seperti ilustrator, editor, fotografer, penerbit menjadi satu wadah untuk menghasil karya yang semaksimal mungkin. 

Dikarenakan hasil dari desain grfais publikasi ini digunakan untuk gambar brosur, majalah, menu, koran, neon box, banner dan sejenis lainnya.

5. Desain Grafis Packaging

Contoh Desain Grafis Packaging

Salah satu jenis desain yang banyak diminati oleh seluruh kalangan pengusaha atau pembisnis karena hasil gambar desain grafis packaging ini tujuan utama untuk menarik pembeli dengan pandangan dari kemasannya.

Sehingga jenis desain grafis packaging ini harus memiliki pemikiran yang dapat membaca pemikiran konsumen agar tertarik membeli terhadap produk yang akan dijual belikan.

Jika packaging atau kemasan sudah menarik, maka semakin mudah untuk menarik pengunjung membeli produk tersebut.

6. Desain Grafis Environmental

Contoh Desain Grafis Environmental

Sebuah jenis desain yang memiliki kesan rumit dan skill yang lebar karena melibatkan para desaigner landscape, arsitektur, industrial yang nantinya mengarah ke bentuk navigasi seperti membangun ruangan yang menarik, rambu-rambu jalan umum.

Desain grafis environmental ini banyak memberikan tampilan interaktif dan informatif kepada pengguna.

Supaya nantinya ketika dilihat dari gambar karyanya tidak jauh dari unsur permintaan yang dilibatkan seperti pembangunan proyek.

7. Desain Grafis Motion Graphic

Contoh Desain Grafis Motion Graphic

Untuk jenis desain garfis di indonesia yang terakhir yaitu bernama motion grapich yang merupakan karya gambar untuk media TV atau berupa video yang nantinya ditampilkan dalam percakapan.

Sehingga jenis desain motion grapich yang satu ini harus memiliki jiwa-jiwa seniman yang mampu membuat animasi brand dalam perfilman ataupun kartun dalam sebuah cuplikan video.

Dari beberapa jenis desain garfis diatas mampu kalian pahami satu persatu. supaya dalam menilai sebuah gambar tidak hanya dilihat dari hasilnya saja namun arti dari makna karya tersebut.

Desain Grafis memang sebuah karya yang harus dipahami sedetail mungkin karena gambar yang dihasilkan harus mengarah kepada konsep atau tujuan dari pihak yang diinginkan.

Untuk itu, jangan heran apabila pelaku designer bisanya meminta anggaran yang lebih karena pemikiran yang digunakan harus mengarah dalam gambar supaya mudah dibaca oleh orang lain.

Baca Juga : Cara Menggunakan PicsArt Gratis Untuk Pemula

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini. semoga postingan diatas bermafaat bagi para pembaca.

Writing Illustration