Kitab Tentang Pernikahan Dalam Islam Untuk Rumah Tangga

kitab tentang pernikahan diatas mulai Fathul Izar, Qurrotul Uyun dan Uquduljain., dapat kalian pelajari jika ingin membangun hubungan sakinah mawaddah

Kitab Tentang Pernikahan sudah mulai menjadi pilihan anak pemuda yang ingin memulai kehidupan baru atau sudah menjadi pasangan suami istri.

Di Indonesia sendiri, angka penduduk yang menikah sudah mencapai jutaan lebih jiwa. Akan tetapi, ada sebagai besar yang belum mengetahui apa saja yang harus dilakukan setelah ijab qabul.

Sebenarnya, sebelum kalian serius untuk melangsungakan hubungan yang sakral, ada beberapa hal yang harus di persiapkan agar hubungan tetap harmonis hingga kelak nanti.

Sehingga kitab atau buku-buku yang berbicara tentang hukum perkawinan sangat dibutuhkan sekali apalagi untuk kalian yang sedang pemula dalam hal ini.

Kitab Pernikahan Terbaru Yang Rekomended Untuk Dipelajari

Kitab Tentang Pernikahan Dalam Islam Untuk Rumah Tangga

Pernikahan merupakan hubungan antara seorang laki-laki dan perempuan yang sudah menjadi halal atau menjadi satu mahram dengan adanya suatu ikatan ijab qabul. selain itu, pernikahan merupakan sunnah nabi yang sangat di anjurkan.

Ilmu tentang pernikahan memang menjadi puncak dalam hubungan. supaya nantinya ketika suatu saat terjadi permasalah atau kesalahfahaman bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

Melihat dari beberapa kasus, banyak hubungan pernikahan yang berakhir karena kedua belah pihak tidak menemukan solusi dalam permasalahan sehingga terjadi suatu perceraian.

Untuk itu, dibawah ini penulis akan memberikan beberapa kitab tentang pernkihan yang bisa kalian baca atau pelajari ketika menjadi seorang suami maupun istri.

1.Kitab Fathul Izar

Kitab Fathul Izar

Kitab pertama yang banyak dipelajari yaitu Fathul Izar karena pembahasannya yang cukup ringkas dan mudah di pahami oleh seluruh kalangan.

Jika kalian ingin mempelajari tingkat seks yang paling mendalam dengan isi kajiannya, Fathul Izar merupakan kitab yang cocok untuk dikaji.

Banyak pembahasan yang akan kalian dapat mulai posisi kenikmatan, larangan suami istri, kewajiban rumah tangga dan lain sebagainya.

Fathul Izar merupakan kitab karangan dari ulama' Nusantara Indonesia yaitu KH Abdullah Fauzi yang memiliki keahlian syair-syair berbahasa arab.

Beliau merupakan ulama yang berasal dari provinsi Jawa Timur tepatnya di Kota Pasuruan yang memiliki ilmu yang tak diragukan lagi. 

2. Kitab Qurrotul Uyun

Kitab Qurrotul Uyun

Selanjutnya, Qurrotul Uyun kitab yang menjadi bahan pembelajaran baik santri atau masyarakat dalam membangun rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah.

Kitab Qurrotul merupakah karangan dari Syekh Qasim Bin Musa Bin Yamun dengan bentuk Syarah dari Nazham (Syair).

Dibeberapa pesantren khususnya di Negara Indonesia, Kitab Qurrotul Uyun banyak di pelajari oleh para santri-santri khususnya yang mau hendak melanjutkan ke pernikahan.

3. Kitab Uquduljain

Kitab Uquduljain

Kitab terakhir yang rekomended untuk dipelajari yaitu Uquduljain yang mempelajari hak suami dan istri sesuai syariah islam.

Syaikh Nawawi Al-Batani merupakan pengarang dari Kitab Uquduljain yang berasal dari ulama' besar Banten, Akan tetapi telah lama bermukim di Mekkah.

Sebenarnya, kitab ini memiliki judul lengkap Syarah 'Uqud Al-Lijain Fi Bayani Huquq Al-Zawjain dengan isi didalamnya mulai dari bab nikah, bab jima, bab rumah tangga dan lain sebagainya.

Dari beberapa kitab tentang pernikahan diatas mulai Fathul Izar, Qurrotul Uyun dan Uquduljain., dapat kalian pelajari jika ingin membangun hubungan sakinah mawaddah warahamah.

Baca Juga : Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan Yang Penuh Pahala

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini. semoga postingan diatas bermafaat bagi para pembaca.

Writing Illustration