5# Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan Yang Penuh Pahala

Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena keimanannya mengharap ridho allah, maka dosa-dosa yang pernah dilakukan sebelumnya...

Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan memang banyak sekali untuk kalian kerjakan supaya puasa yang di tunaikan pahala berlipat ganda.

Ramadhan adalah arti dari sebuah makna ar-ramad yang berarti kekeringan atau menghauskan dalam bahasa arabnya.

Puasa sendiri yaitu menahan diri mulai terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari seperti makanan, minuman dan lain sebagainya.

Lalu apa yang harus kalian lakukan untuk menyambut bulan puasa atau yang akrab di sebut dengan Ramadhan diantaranya seperti lebih mendekatkan diri kepada Allah S.W.T.

Sehingga banyak para masyarakat yang berlomba-lomba kebaikan untuk mendapatkan keberkahan pahala di kelak nanti.

Amalan di Bulan Ramadhan Selain Puasa

Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan Yang Penuh Pahala

Ditahun ini, Puasa di Bulan Ramadhan ini jatuh pada Maret 2023 yang sudah diperhitungkan oleh para ulama-ulama khususnya di Indonesia sendiri.

Sebelum lanjut, puasa ramadhan pertama kali dilakukan oleh Nabi Nuh AS setelah negeri kaumnya di hantam badai yang begitu dhasyat.

Sehingga ada hadist yang mengeluarkan dalil " Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena keimanannya mengharap ridho allah, maka dosa-dosa yang pernah dilakukan sebelumnya akan di ampuni " Diriwayatkan oleh Bukhori Muslim dan Abu Dawud.

Amalan yang terdapat dibeberapa sumber atau dalil memang banyak sekali untuk kalian kerjakan di bulan yang penuh berkah ini.

Untuk itu, berikut dibawah ini penulis akan memberikan beberapa amalan yang mungkin bermanfaat dan menambah pahala puasa kalian. diantaranya sebagai berikut :

1. Membaca Al-Qur'an

Amalan sunnah yang pertama dibulan Ramadhan yaitu membaca al-qur'an baik di siang atau malam hari meskipun hanya satu lembar saja.

Dengan membaca al-qur'an, puasa yang dijalankan pada bulan ramadhan akan lebih berkah dilaksanakan.

Untuk trik atau tips yang bisa kalian terapakan agar nantinya bisa hatmil qur'an bisa dilaksan sehari satu jus atau selesai sholat wajib 2 lembar.

2. Sedekah

Jika kalian ingin mendapatkan pahala yang luar biasa dan dilipat gandakan yaitu dengan bersedekah semampunya.

Bersedekah tak harus berupa uang saja, namun dengan cara menolong dan berdoa bentuk sedekah yang tidak diperlihatkan.

Memberi makan atau minuman untuk orang sedang melakukan puasa apalagi dibulan ramadhan, maka kalian akan mendapatkan pahala yang lebih diakhirar nanti.

3. Sholat Tarawih

Agar puasa ramadhan kalian bisa mendapatkan nilai plus yaitu berupa pahala, silahkan tunaikan sholat tarawih  karena pahalanya penuh melimpah.

Meskipun rakaatnya cukup berbeda dengan jenis sholat lainnya, kalian bisa menunaikan dengan cara berjamaah ataupun sendiri.

4. Sahur

Makan atau minum pada dini hari merupakan istilah sahur bagi orang yang berpuasa baik dibulan atau hari biasa sebelum menjelang fajarv atau waktu subuh tiba.

Untuk kalian yang sedang melaksanakan puasa dibulan ramadhan sangat disunnahkan sekali untuk sahur meskipun hanya segelas air putih.

5. Berbuka Dengan Yang Manis

Berbuka menjadi puncak bagi orang yang sedang menjalankan puasa setelah seharian penuh menahan diri dari berbagai macam jenis godaan.

Sebelum makan yang berat-berat seperti nasi, usahakan atau disunnahkan bagi yang berpuasa untuk berbuka yang mani-manis terlebih dahulu seperti kurm, juz, es campur dan sejenis lainnya.

Selain mendapatkan pahala untuk dijadikan amalan sunnah, berbuka puasa dengan manis dapat mengembalikan energi dalam tubuh menjadi semagat lagi.

Itulah beberapa amalan sunnah dibulan ramadhan yang penuh pahala selain puasa untuk kalian lakukan dengan niat ridho kepada Allah S.W.T

Baca Juga : Sejarah Walisongo Lengkap dan Singkat Dalam Menyebarkan Agama Islam

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah. semoga postingan diatas bermafaat bagi para pembaca.

Writing Illustration