Tutorial Mengatasi Storage Space Running Out di Android

Storage Space Running yang muncul terjadi ketika hendak membuka aplikasi, menginstall aplikasi dan membuka HP di Android...

Mengalami masalah yang muncul di layara dengan tulisan Storage Space Running Out Di HP Android dikarenakan memoery eksternal yang digunakan sedang error.

Dengan ruang penyimpanan internal di perangkat sudah full akan membuat proses kinerja perangkat menjadi terganggu ketika hendak menjalankan HP di Android.

Storage Space Running Out sebanrnya sudah jarang muncul di HP Android yang model versi sekarang ini karena ada beberapa smartphone yang sudah memiliki kapasitas penyimpanan yang mencapai angkat 100 - 250 GB.

Akan tetapi, smratphone yang masih versi lama biasanya akan muncul Storage Space Running Out ketika sudah melebihi batas pemakaian yang sudah tertera di perangkat.

Cara Mengatasi Storage Space Running Out di HP Android

Storage Space Running Out di Android

File yang masuk di perangkat android memang beragam jenis yang masuk baik lewat pengiriman, pemakaian aplikasi dan lain sebagainya.

Dikarenakan, smartphone sudah menjadi alat teknologi yang digunakan setiap hari baik untuk urusan pekerjaan, bisnis hingga sekolah untuk pelajar.

Sehingga masalah stroge space running out di HP android  sudah menjadi hal yang biasa muncul karena pemakaiannya terlalu berlebihan seperti foto, video, dokumen, aplikasi dan berbagai jenis lainnya. seperti dibawah ini.

Nontifikasi Storage Space Running Out di Android

Storage Space Running  yang muncul terjadi ketika hendak membuka aplikasi, menginstall aplikasi dan membuka HP di Android.

Untuk itu, dibawah ini penulis akan memberikan tutorial dan cara mengatasi Storage Space Running  di HP Android yang mudah dan gampang sekali. diantaranya sebagai berikut :

Membersihkan File Cadangan

Menu File Cadangan

Langkah pertama untuk mengatasi Storage Space Running Out di Android yaitu dengan membersihkan file cadangan. untuk caranya sebagai berikut :

  • Silahkan buka File Manager di HP android kalian.
  • Selanjutnya klik menu penyimpanan internal.
  • Silahkan cari folder android.
  • Lalu buka menu data base atau menu backup.
  • Silahkan hapus seluruh file yang terdapat di folder tersebut
  • Selesai.

File cadangan yang terdapat di Android biasanya memang tersimpan secara otomatis ketika sudah memasangkan ke perangkat HP.

Membersihkan Data Cache Aplikasi

Menu Data Cache

Mengatasi stroge space running out di HP Android  dengan membersihkan file cache aplikasi yang terpasang di perangkat. untuk caranya sebagai berikut :

  • Silahkan buka menu Pengaturan di HP Android kalian .
  • Kemudian, pilih menu aplikasi .
  • Klik menu kelola aplikasi.
  • Selanjutnya, pilih menu penyimpanan di halaman info aplikasi  yang muncul
  • Klik menu hapus data yang berada di bawah pengaturan.
  • Selesai.

Sebenarnya membersihkan data cache aplikasi dilakukan secara berkala supaya perangkat menjadi lebih ringan karena hstory penelusuran aplikasi yang kalian pasang akan tersimpan di dalam perangkat.

Meskipun ukurannya data cache cukup kecil yang tidak mencapai angka GB, namun efek untuk proses kinerja perankat menjadi teraganggu ketika sudah menumpuk.

Memindahkan File ke Cloud Android

iCloud

Cara terakhir yang paling mudah dan gampang mengatasi Mengatasi Storage Space Running Out di Android yaitu dengan memindahkan file ke cloud andorid.

Setiap merek ponsel salah satunya HP Android akan memiliki fitur atau menu penyimpanan cloud yang berbeda beda seperti samsung, xiaomi, vivo, oppo dan lain sebagainya.

Namun, ketika menyimpan file ke cloud kalian harus memiliki akun gmail dan passoword untuk keamanan dan jangan sampai lupa keduanya supaya nantinya bisa dibuka kembali.

Untuk cara yang paling simple, kalian dapat menyimpannya di beberap situs gratis seperti Google Drive, Dropbox, iCloud, dll.

Baca Juga : Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android

Itulah Tutorial Mengatasi Storage Space Running Out di Android tanpa harus menghapus aplikasi yang sedang bermasalah.

Terima kasih kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan klik komentar atau menghubungi kontak person di halaman utama dan semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Writing Illustration