12 Tokoh Pengusaha Sukses Indonesia Yang Mengispirasi

Wirausahawan sukses ini banyak memulai karinya dengan berawal dari kehidupan yang dialami untuk bisa bangkit menjadi lebih baik...

Pengusaha Sukses Indonesia sudah banyak meninggalkan jejak kisah yang menginspirasi dan dijadikan contoh oleh para pemuda kekinian sekarang ini.

Melirik dunia usaha yang sudah berkembang dengan pesat, membuat para pekerja di perusahaan pindah haluan dengan melihat kisah pahit manis para tokoh besar Indonesia.

Kisah Pengusaha Sukses dan Inspiratif dari Nol di Indonesia

Tokoh Pengusaha Sukses Indonesia

Kisah pengusaha sukses dari nol tak hanya menikmati kekayaan saja. namun sebelum menjadi terkenal dan mengisnpirasi banyak orang, pengusaha sukses tersebut meninggalkan beberapa perjalanan hidup yang penuh perjuangan.

Wirausahawan sukses ini banyak memulai karinya dengan berawal dari kehidupan yang dialami untuk bisa bangkit menjadi lebih baik.

Nah, pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan beberapa dafat tokoh dan biografi pengusaha Indonesia yang sudah terkenal diberbagai wilayah hingga ke luar negeri.

Bob Sadino

Seorang pengusaha sukses indonesia yang telah meninggal pada tahun 2015 yang lalu. beliau akrab di panggil dengan sebutan Om Bob oleh masyrakat Indonesia.

Usaha yang dijalankan sehingga menjadi sukses yaitu bergerak di bidang perternakan dan pangan dengan jenis pakaian ciri khasnya yaitu kemeja dan kaos lengan pendek.

Bob Sadino

Dalama usia mudanya, Om Bob melakukan perjalanan luar negeri belanda sekitar kurang ebh 9 tahun. hingga akhirnya mendapatkan istri orang sana.

Dari sejarah yang ditangkapan Om Bob memulai bisnisnya ketika sedang tidak memiliki harta dan menerima musibah. sehingga punya inisiatif berbisnis telur ayam dan sampai sekarang masih terkenal diberbagai wilayah dan negara luar.

Chairul Tanjung

Seorang mahasiswa fakultas keodokteran gigi yang nasibnya menjadi pengusaha nasional yang sukses di berbagai bidang diantaranya adalah Bank Mega, Trans Corp dan Global Resource yang berada dibawah naungannya.

Chairul Tanjung

Dengan keadaan terpaksa beliau menjadi pembisnis sukses karena melihat keadaan ekonomi keluarganya yang jatuh miskin dan berusaha mencari uang disela-sela sedang belajar.

Sebelum menjadi sukses, beliau menjadi seoarang pekerja foto kopi, jual buku, tokok peralatan kedokteran dan bsinis sepatu. karena melihat bisnisnya sudah tersebar akhirnya memutuskan membangun lebih maju lagi.

Hingga akhirnya, choirul tanjung menjadi orang terkaya didunia yang masuk dalam deretan 900 san pada majalah forbes.

Ir. Ciputra

Pengusaha indonesia yang dikenal dengan sebutan Tjie Tjin Hoan dalam bahasa tiongkong. beliau terkenal dengan usaha properti yang sudah menyebar di bebagai wilayah seperti Metropilitan Group, Jaya Group dan Ciputra Group.

Ir Ciputra

Pengusaha yang meninggal pada tahun 2019 yang lalu meninggalkan jejak yang banyak mengubah pemikiran para pemudah untuk berjuang sukses dalam menjalani kehidupan.

Tak hanya itu saja, jasa beliau hingga mendirikan kampus universitas ciputra menjadi sayap yang melebar ke berbagai pemikiran masyarakat. karena melihat sebelumnya beliau sudah resmi mendapatkan gelar insiyur di kampu ITB bandung.

Ciputra dikenal dengan sebutan pengusaha yang sukses dengan bisnis yang dijalankannya tanpa modal. karena melihat dari sejarahnya yang dahulu ayahnya ditangkap oleh pasukan senjata dan semenjak itu tidak ada kabar lagi.

Alexander Tedja

Seorang pengusaha yang lahir pada hari kemerdekaan indonesia yaitu 1945 dikenal dengan usaha properti mall di kota surabaya yang bernama Pakuwon.

Alexander Tedja

Orang terkaya yang masuk dalam jajeran 20 an ini dengan angka kekayaan 17 triliun memiliki mall yang besara yaitu Tunjungan Plaza dan Gandarian City.

Tak hanya itu saja, pada tahun 1994 beliau mendirikan perumahan elit untuk hunian para warga Surabaya. 

Sebelum menjadi pengusaha sukses, awalnya alexander tedjo bergelut dibidang industri perfilman dan akhirnya membeli sebidang tanah yang luas di daerah jalan basuki rahmat surabaya.

Sudono Salim

Seorang konglomerat yang sukses di Indonesia ini memiliki nama asli Lim Sioe Lie. dalam usianya yang ke 15 tahun, beliau memutuskan berhenti melajutkan pendidikan dikarenakan keadaan ekonomi dan akhirnya membantu ayahnya menjual mie.

Sudono Salim

Siapa sangka seoarang yang dahulunya berhenti sekolah adalah memiliki perusahaan perbankan terbesar di Indonesia yaitu BCA (Bank Central Asia).

Tak hanya itu saja, beliau memiliki PT. Indofood, PT. Indosiar, PT. Indocement  yang masuk dalam group salim (Grup Bisnis Lim Sioe Liong).

Pengusaha penjual mie ini masuk kedalam deretan orang terkaya no 10 di Indonesia dan nomro 25 di kawasan Asia Tenggara dengan angka kekayaan yang mencapai sekitar 11 triliun rupiah.

Jhonny Andrean

Seorang pengusaha sukses yang berasal dari kalimantan barat wilayah singkawang ini memulai karirnya dibidang salon yang menata rambut terkemuka di Indonesia. hingga akhirnya membuka cabang diberbagai ratusan wilayah di Indonesia.

Jhonny Andrean

Bermula dari merantau pada tahun 70-an di jakarta dan pada akhirnya bisa pergi belajar ke negara besar yaitu eropa seperti London, Paris dan Amerika Serikat untuk mencari ilmu lebih dalam lagi dalam menata rambut yang lebih baik.

Setelah sukses bergelut dibidang salon, Jhonny Andrean beralih ke bisnis fooa and beverage. dimana pada tahun 2003, beliau membeli hak warlaba toko oti yang terkenal di singa pura.

Dalam kebiasaannya yang hidup di luar negeri, melihat di beberapa mall yang kurang memiliki kuliatas rasanya. hingga akhirnya beliau memutuskan untuk membuat donat yang enak dan pas di lidah orang Indonesia.

Setelah sekian lama kemudian, Jhonny Andrean membuka gerai yang mulai terkenal di berbagai wilayah hingga luar negeri yaitu J.CO Donuts & Coffee.

Soedomo Mergonoto

Siapa sangka gerai kopi terkenal di Indonesia yang bernama Excelso dan Kapal Api ini adalah pemilik asli surabaya dan merupakan Konsul Kehormatan yang tepercaya Republik Polandia.

Soedomo Margonto

Awal mulanya menjadi pengusaha sukses, melihat ayahnya yang menjajakan kopi dengan di panggul sampai ke pelabuhan perak surabaya. karena melihat pendapatannya yang masih kurang, beliau mencari tambahan hidup dengan mengerok ban-ban bekas yang ada di perusahaan vuklanisir.

Sekitar pada tahun 1987, beliau mencoba menjajakan dengan cara beriklan di siaran TV dan pada akhirnya bisa berinovasi dan berkembang pesat hingga sekarang ini.

Sampai akhirnya kedai kopi yang dirintisnya banyak yang mengira berasal dari luar negeri. karena excelso sudah banyak ditemukan di berbagai kota besar di luar negeri salah satunya di shanghai.

Nadiem Makarim

Sebelum menjadi pak menteri pendidikan dan kebudayaan sekarang ini, Nadiem Makarin salah satu pengusaha sukses Indonesia yang bergerak di Bidang transportasi bernama GO-JEK.

Nadiem Makarim

Karena akan kegigihan dan kesuksesannya dalam menjalankan apliaksi GO-JEK, membuat Nadiem Makarim dipercaya oleh pak presiden untuk menjadi mentri dan termasuk kederetan mentri termuda yang berumur 35 tahun.

Pengusaha yang pernah bekerja di Mckinsey dan Company sebagai konsultan ini sempat mengundurkan diri dan melanjutkan pendidikannya di Harvard Business School hingga akhirnya mendapat gelar MBA (Master Of Business Administration).

Tak hanya itu saja, beliau juga pernah menjadi managing director di Zalora Indonesia dan Chief Innovation Officer di Kartuku sebelum mendirikan GOJEK.

Awal Mula mendirikan GOJEK, disaat beliau tinggal di jakarta dan sering mengalami kemacetan. hingga akhirnya memutuskan naik kendaraan ojek. ketika sedang dalam perjalanan, beliau sempat bincang-bincang dengan ojek tersebut dan mengeluh akan waktu yang dibuang karena menunggu penumpang.

Sehingga, Nadiem Makarim ada keinginan untuk memudahkan para pekerja ojek untuk lebih mudah dalam mendapatkan penumpang dan akhirnya pada tahun 2014 beliau mendirikan PT. Karya Anak Bangsa yang dikenal dengan sebutan GOJEK dengan mengahabiskan miliyran rupiah.

Maka dari itu, Pak Menteri Pendidikan sekarang ini termasuk kederetan orang terkaya nomor 159 di Indonesia.

William Tanuwijaya

Untuk kalian sudah belanja online menggunakan toko pedia mungkin nama Wiliam Tanuwijaya sudah tak asing lagi. karean beliau lah pendiri platform e-commerce terkenal di Indonesia ini.

William Tanuwijaya

Memulai karirnya, dia hanya minta restu dari kedua orang tua  an bekerja kerasnya yang penuh semangat di sebuah perusahaan yang begerak di bidang software komputer yaitu PT Signet Pratama dan distulah menemukan ide untuk membangun perusahaan sendiri.

Dengan memiliki beragam pengalaman dan keahliannya, dengan diberi modal oleh atasannya pada tahun 2007 untuk membangun peusahaan yang bernama Tokopedia dan diresmikan pada awal tahun 2009.

Hingga akhirnya, beliau menjadi orang terkaya di uruta nomor 140 an di wilayah asia tenggara dengan nilai kekayaan 1,8 Triliun.

Noni Purnomo

Seorang pengusaha wanita yang memiliki nama asli DR Noni Asri Ayati Purnomo B.Eng., MBA yang dikenal dengan sebutan Noni Purnomo merupakan pengusaha pemiliki taransportasi terkenal Indonesia yaitu PT. Blue Bird Tbk.

Noni Purnomo

Beliau merupakan presiden Direktur dari generasi nomor tiga. keberhasilannya sebelum menjadi presiden, beliau telah melewati berbagai macam rintangan yang diberikan oleh pihak keluarganya.

Hingga kahirnya, Noni purnomo melanjutkan studi perkuliahannya di University Of Newcastle, Australia di jurusan teknik industri dan salah satu mahasiwi perempuan pertama di kampus tersebut.

Noni Purnomo menjadi pemimpin peusahaan ini karena terinspirasi dari seorang neneknya dengan falsafah warisan yang ditinggalkannya.

Nurhayati Subakat

Untuk para kaum wanita, nama Nurhayati Subakat mungkin sudah tidak asing lagi karena beliau adalah seorang pendiri perusahaan kosmetik ternama di Indonesia yaitu Wardah, Make Ober dan Perawatan Rambut Putri. dengan memiliki luas lahan pabrik 30hektar di perusahaan PT Paragon Technology.

Nurhayati Subakat

Sebelumnya, setelah lulu beliau bekerja di salah satu rumah sakit umum dipadang sebagai apoteker dan berpindah ke kawasaan ibu kota jakarta yang bekerja di Perusahaan Wella Cosmetic. hingga akhirnya beliua memulai awalnya bisnisnya menjual shampo bermerek putri.

Hingga saat ini kosemetik yang didirkan tersebut sudah menyebar diberbagai wilayah dengan bantuan modal dari hasil tabungan suaminya.

Catherine Hindra Sutjahyo

Perkembangan e-commerce di Indonesia memang sudah mulai banyak ditemukan dan berkembang pesat.  salah satunya adalah Zalora.

Catherine Hindra Sutjahyo

Pengusaha suskes wanita yang dikenal dengan sebutan Catherine ini mendirikan Zalora pada tahun 2012 yang lalu karena melihat pasar di Indonesia banyak dijadikan pembelanjaan online dan dunia digital sudah menjadikan alat teknologi yang super canggih.

Banyak yang terinsipirasi dengan perjalanan menjalankan usaha atau bisnis yang sedang dijalankan sekarang ini.

Sebelumnya, beliau bergabung  dengan konusultan kelas dunia MCkinsey dan pernah menjadi bos gofood di starup gojek yang berawal dari suara perempuan yang sedang membutuhkan makanan yang lebih instan dan efisien.

Penutup
Itulah daftar tokoh pengusaha Indonesua yang menginspirasi dengan meninggalkan beberapa jejak semangat para pemuda yang ingin berbisnis ke berbagai tempat.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan ke website ibnujacky - semoga postingan mengenai tokoh pengusaha sukses Indonesia bermanfaat bagi para pembaca.
Writing Illustration