Pantai Kutang Lamongan di Jawa Timur Yang Menggelitik Telinga

Lamongan sebuah kabupaten yang terdapat di Jawa Timur. Selain kuliner soto ayam dan nasi boranan yang banyak memanjakan lidah ternyata memiliki obyek wisata alam yang menarik untuk di kunjungi yaitu Pantai yang banyak heran dan mempertanyakan. 

Tak hanya dikenal dengan soto ayam nya saja yang merupakan Wisata Kuliner terkenal, namun ternyata terdapat Pantai Kutang Lamongan di Jawa Timur Yang Menggelitik Telinga para masyarakat yang mendengarnya.

Ketika berkunjung kesini, nantinya kalian bisa menemukan tempat yang berbeda dengan wisata pada umumnya apalagi berkunjung ramai-ramai.

Wisata Alam Pantai Kutang di Lamongan Jawa Timur

Pantai Kutang Lamongan di Jawa Timur Yang Menggelitik Telinga

Di tahun 2024 ini, Pantai Kutang Lamongan di Jawa Timur ini masih menjadi pilihan banyak orang untuk liburan baik sendirian, bersama teman-teman, pasangan hingga keluarga.

View alam yang diberikan kepada pengunjung memang estetik sekali dan berbagai jenis fasilitas atau wahana lainnya untuk di nikmati.

Obyek, Suasana dan Fasilitas Pantai Kutang Lamongan

Banyak yang beranggapan bahwa tempat ini mesum, karena dari namanya saja menggelitik telinga para pendengarnya karena namanya aja merupakan pakaian dalam wanita. Eittz ... 


Tetap tenang saja, Nama Kutang disini ketika di telisik dan diambil dari sebuah sejarahnya, jauh sebelum Pantai Kutang menjadi terkenal dan menjadi sebuah destinasi wisata, di tempat ini banyak sekali ditemukan kutang yang berserakan hingga membuatnya nampak kumuh dan kotor untuk di pandang. 

Hingga suatu ketika masyarakat setempat berinisiatif untuk melakukan bersih-bersih pantai dengan mengumpulkan sampah berupa kutang dan sampah-sampah lainnya untuk dibersihkan. Itulah awal mula dinamakannya pantai ini dengan nama Pantai Kutang.

Ada sumber lain yang mengatakan bahwasannya nama dari pantai diambi dari sebuah kejadian dahulu dijadikan tempat berkumpul kaum muda, entah dengan alasan yang tidak jelas, setiap pergi atau menjauh dari pantai, pasti meninggalkan sebuah jejak yang sangat berbeda biasanya yaitu pakaian dalam mereka. Sehingga masyarakat sekitar sering kali melihatnya yang tersangkut di area pantai yang diletakkan pada rantingr pohon mangrove, bakau, kajaran, dan Prapat. Oleh karenanya diberi nama pantai kutang.

Pemberian nama yang unik tersebut, menjadi daya tarik wisatawan yang lebih penasara akan seperti apa rupa dan keelokan dari pantai ini sehingga memiliki julukan yang mengengah sekali yang dikembangkan oleh tangan-tangan kreatif.



Pantai Kutang merupakan destinasi di Lamongan Jawa Timur dan sekitarnya yang populer dan unik dan tidak biasa di dengar, dengan daya tarik tersendiri dengan pesona yang dimilikinya. di area pantai ini menawarkan keindahan pantai berpasir putih yang halus dan lembut kekuningan. keadaan air yang surut, terlihat batu-batu karang yang diselimuti oleh beberapa lumut yang indah. ditambah dengan adanya jembatan kayu berwarna-warni yang kian mempercantik bangunanya. 

Jembatan tersebut dibangun dengan memanjang  sekitar krang lebih 500 meter sebagai penghubung antara lokasi parkir hingga lokasi pantai . Pengunjung bisa merasakan sensasi jalan-jalan santai di atas jembatan.



Suasana pantai ini sangat tenang dan bersih, sama sekali tidak terlihat ombak besar seperti halnya pantai selatan. disini kalian bia berswafoto ria yang keren dan kece dengan berlatar belakang pantai dan menjadi tempat favorit untuk spot foto terbaik pengunjung yaitu ada sebuah ayunan yang terletak di sebelah selatan daerah hutan mangrove yang kehijauan yang cukup lebat sejuk sekali dan pohon kelapa di pinggir pantai.

photo by_ (instagram @pantaikutanglamongan)

Selain berfoto di ayunan yang dijadikan obyek mengambil foto, kalian bisa tidur-tiduran di atas pepohon yang berdiri tegak layaknya sedang berada di atas hommock dan Background terbaik saat mengambil foto, kalain dapat bersantai ria untuk menutupi dari pancaran sinar matahari di langit yang  biru dengan tekstur yang halus,

photo by_ (instagram @livyah08)

Yang membuat kamu semakin menikmati suasana untuk berlama-lama di pantai ini datanglah saat sore hari ketika sunset mulai tiba dengan nuasa alam yang orange kemerahan akan lebih cantik panorama alamnya. 

photo by_ (instagram @syafiqarsalan)

photo by_ (instagram @syafiqarsalan)

Pesona yang tidak kalah keren  dan populer dengan kawasan pesisir pantai utara lainnya dapat dimiliki oleh Pantai Kutang, sehingga membuat para wisatawan penasaran dan ingin mengunjungi langsung suasana yang masih asri.

Di area sekitar Pantai Kutang sudah tersedia beberapa warung yang berdiri menjual beberapa menu yang akan memanjakan lidah kalian ketika sudang lelah dan capek mengelilingi obyek wisata.

Fasilitas penunjang lainnya seperti mushola dan toilet umum sudah tersedia. Jadi, Bagi kalian yang ingin bermain air dan berenang di are pantai jangan khawatir dab yang ingin melakukan ibadah disini juga tersedia tempat yang layak untuk digunakan.

Tiket Masuk Pantai Kutang Lamongan

Untuk memasuki Pantai Kutang pengunjung hanya diminta membayar Rp2.000/orang dan biaya parkir :
  • 3.000 Motor 
  • 5.000 Mobil

Jam Operasional Pantai Kutang Lamongan

  • 07:00 - 18:00 Senin
  • 07:00 - 18:00 Selasa
  • 07:00 - 18:00 Rabu
  • 07:00 - 18:00 Kamis
  • 07:00 - 18:00 Jum'at
  • 07:00 - 18:00 Sabtu
  • 07:00 - 18:00 Minggu

Lokasi dan Rute Pantai Kutang Lamongan

Ketika kalian memasuki wilayah ini, akan melewati lahan pertanian garam yang sangat luas dan perahu-perahu cantik para nelayan. tepatnya berada di Dusun Dukuh Kentong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan. 

Writing Illustration