Pantai Grand Watudodol Banyuwangi, Wisata Alam Terbersih Indonesia Pada Ajang Tingkat ASEAN

Pantai Grand Watudodol

Perkembangan pariwisata Banyuwangi semakin berkembang dan melesat cepat, prosepek industri yang dimilikinya terdapat beberapa potensi dan menjadi daya tarik para wisatawan untuk mengunjunginya ke wilayah paling ujung jawa timur ini.

Secara geografis Banyuwangi masuk diantara 2 laut Selat Bali dengan Samudera Hindia yang dikelilingi oleh beberapa deretan pantai. Selain Gunung Kawah Ijen, Pantai Boom dan Pulau Merah yang sempat populer dan menjadi pusat perhatian masyarakat dan para wisatawan, 

Banyuwangi ternyata memiliki destinasi wisata yang membanggakan dan mengharumkan negara Indonesia yaitu Wisata Alam Pantai Grand Watudodol.

Baca Juga: Wisata Alam Pantai ibnujacky

Obyek, Suasana dan Fasilitas Pantai Grand Watudodol Banyuwangi

Pantai Grand Watudodol sering dikenal dengan sebutan Pantai GWD, sebuah destinasi alam yang sempat menjadi juara di tingkat ASEAN karena kebersihannya. Selain itu, obyek wisata  ini memilik potensi yang mengundang para wisatawan untuk berdatangan. Jumlah kunjungannya semakin marak dan tak pernah sepi.

Nama GWD (Grand Watudodol) ini diambil dari sebuah cerita rakyar yang berawal dari Bukit Batu (Watu) yang di Bongkar (Dodol) yang digunakan untuk membuat jalan.


Penataan dan pembangunan yang terdapat di pantai GWD ini dilakukan secara kebersamaan antara Pemerintahan Kabupaten dengan Masyarakat agar pesona keindahan alamnya terus berkilau dan tetap menjadi kebanggan bersama.

Melihat dahulu kala, pantai GWD begitu kotor, kumuh, rusak dan sangat tidak dirawat sama sekali. sehingga sekarang obyek wisata ini mulai tumbuh dan mendapat dorongan dari partisipasi masyarakat dengan pemerintah menjadi salah satu obyek wisata yang merakyat.

Obyek wisata ini memiliki luas sekitar 5 hektare dengan lingkungan yang nyaman, panorama alam yang enak di pandang dan penataan yang tertata rapi. 

Arsitek pembangunan mendesain dengan lantai panggung yang terbuat dari kayu luas di tepi pantai berpasir hitam legam membuat lanskap seperti pantai di Barcelona yang memanjang setinggi 5 meter, menjadi tempat wisatawan menikmati keindahan dari atas. 

Selain itu, arsitektur bangunan yang terdapat dibawah panggung ada taman dan wisatawan bisa langsung melihat jauh menyeberang Selat Bali.


Pada area sekitar wisata juga terdapat beberapa puluhan pohon kelapa dan pohon waru yang berjejeran, untuk  menjamin teduhnya suasana berwisata di Pantai GWD.


Suasana yang terdapat di pantai GWD ini begitu berkilau sekali, dengan view pantai yang menghadap langsung ke Selat Bali. pasir yang tak putih tapi kehitaman ini begitu nampak indah dengan perpanduan air laut yang jernih kebiruan. Sehingga panorama alam disini menyuguhkan view yang eksotis cantik.

Bagi yang suka foto-foto yang keren dan bagus, disini terdapat spot hunting yang akan mempercantik tampilan sosmed kalian dan bagi yang suka foto sunrise di pantai ini juga terdapat spot foto dengan moment matahari terbit yang begitu indah viewnya.

Pantai GWD ini tak hanya indah di daratan saja, Akan tetapi, juga melayani berbagai kegiatan wisata didalam laut seperti snorkeling  dengan pemandangan biota laut yang keren dengan menggunakan naik perahu boat. 

photo by_ (instagram @antoyo)

Selain itu, didalam bawah laut  terdapat terumbu karang dengan berabagai macam jenis,  rumah apung yang terdapat penangkaran anak hiu dengan arus air yang enak untuk diving, serta berbagai aktivitas laut lain yang menyenangkan para pengunjung seperti memancing atau mengelilingi dengan naik perahu.

Tak hanya menawarkan pesona keindahan pantainya saja, di area sekitar juga terdapat bangunan yang dilengkapi Ampliteater dan Dermaga Jetty yang bisa dipakai untuk fasilitas umum atau kegiatan kesenian, sosial dan budaya remaja, sebagai tempat taetaer pertunjukan yang digunakan untuk mengadakan atraksi event.

photo by_ (instagram @judypranata)

photo by_ (instagram @judypranata)

Pada bibir pantai GWD ini merupakan tempat meeting point atau brefing ketika melakukan penyeberangan ke Pulau Tabuhan dan Menjangan, karena lokasi di sini merupakan akses titik yang paling bagus untuk memulai penyebrangan. 

Disisi utara pantai ini terdapat puluhan warung-warung yang menyediakan kuliner makanan dan minuman khas Banyuwangi seperti Sego tempong, tahu walek, nasi campur dan aneka ragam minuman yang dijajakan.

Fasilitas umum lainnya yang ada disini membuat pengunjung semakin betah untuk berlama-lama, dengan adanya tempat ibadah yang layak digunakan, kamar mandi yang bisa digunakan untuk bersalin dan beberapa tempat penginapan di daerah pantai gwd seperti home stay dan hotel.

Tiket Masuk Pantai Grand Watudodol Banyuwangi

  • Kalian cukup membayar 5.000 perorang
  • Biaya parkir 2K untuk motor dan 5K untuk mobil
  • Bagi kalian yang ingin melakukan diving cukup membayar 250K yang sudah termasuk jasa pramuwisata, perlengkapan snorkling dan makan siang 

Sedangkan penyeberangan ke Pulau Menjangan bertarif Rp 200 ribu per orang

Jam Operasional Pantai Grand Watudodol Banyuwangi

  • 07:00- 17:00 Senin
  • 07:00- 17:00 Selasa
  • 07:00- 17:00 Rabu
  • 07:00- 17:00 Kamis
  • 07:00- 17:00 Jum'at
  • 07:00- 17:00 Sabtu
  • 07:00- 17:00 Minggu

Lokasi Pantai Grand Watudodol

Untuk menuju ke obyek wisata ini, kalian tinggal meluruskan dari arah situbondo menuju kota Banyuwangi, karena lokasinya berada di pinggir jalan raya.


Rest Area Grand Watudodol KM. 15, Jl. Raya Situbondo, Parasputih, Bangsring, Kec. Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68453

" Dengan pemugaran suasanan dan fasilitas yang terdapat di pantai ini dan diuji dalam ajang ASEAN Tourism Standart Award 2018, Pantai Grand Watudodol Banyuwangi meraih penghargaan sebagai kabupaten atau distrik wisata bersih dan sehat tingkat Asean. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Anas di Negara Thailand tepatnya di Chiang Mai "

Writing Illustration