Tempat Piknik Yang Menarik di Pantai Teluk Awur Jepara

Pantai teluk awur jepara merupakan obyek wisata yang masih favorit dan terkenal di jawa tengah. selain pantai kartini dan pulau karimun jawa. wisata tersebut masih ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Letak pantai teluk awur tak jauh dari pusat kota jepara, hanya membutuhkan perjalanan sekitar 10-15 menitan jarak yang ditempuh dan salah satu wisata yang paling dekat dengan kampus fpik undip jepara.

Jadi, jangan heran apabila disekitar wisata ini banyak menemukan mahasiswa yang berkeliaran atau sedang berlibur di pantai teluk awur.

Sebelumnya, saya telah mengulas secara singakt dan padat mengenai wisata pahlawan wanita di pantai kartini. nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahasa obyek wisata dijepara yang masih populer dan tetap menjadi idaman para wisatawan.

Info Pantai Teluk Awur Jepara

Pantai Teluk Awur Jepara 

Disini kalian akan menikmati beragam aktivitas selain menikmati pemandangan alamnya. salah satunya bersantai ria di sekitar area wisata ini.

Pada hari spesial, biasanya pantai ini diramaikan oleh festival tradisioanal budaya di jepara seperti sedekah laut, bakda kupat dan sejenis lainnya.

Suasana dan Sejarah Pantai Teluk Awur

Obyek wisata teluk awur merupakan destinasi liburan yang paling recomended ketika bersama keluarga, teman-teman ataupun sendirian.

Karena disini, kalian banyak kegiatan yang bisa dilakukan selain menikmati pemandangan alam yang masih fresh dan alami.

Sejarah pantai teluk awur yakni berasal dari nama bahasa jawa yang yang artinya teluk adalah "Takhluk" dan awur adalah "Ngawu". 

Kedua kata tersebut tersebut di ambil dari sebuah sejarah yang berkaitan dengan penyebar agama Islam yaitu Syeikh Abdul Aziz dengan istrinya yaitu Den Ayu Roro Kuning. Dimana pada zaman dahulu terjadi suatu kejadian dengan Raja Joko Wongso. 

suasana pantai teluk awur dari atas

Panorama yang terdapat di pantai teluk awur memiliki keindahan tersendiri, hamaparan pasir yang halus ini terbentang dari ombak laut yang memanjang. sehingga pemandangan yang ada disini nampak bagus dan alami. 

Suasana di Teluk Awur disini selalu ramai karena selain pemandangan pantai yang di nikmati terdapat beberapa macama perahu nelayan yang berjejeran. pengunjung bisa menyewa perahu tersebut untuk mengelilingi luasnya pantai ataupun memancing di pertengahan laut disini.

Tak hanya itu saja, para pengunjung bisa bermain dan berenang di pantai namun tetap menjaga keamanan apalagi ketika sedang membawa anak kecil. karena disini mah bebas untuk melakukan aktivitas sejenis apapun. namun sebaiknya melakukan izin terebih dahulu ke pihak wisata agar tidak hal-hal yang tak diinginkan.

Diarea sekitar pantai ini, banyak penjual yang berjejeran dengan beragam menu yang ditawarka seperti ikan bakar, ikan panggang, minuman dingin, minuman panas dan sejenis lainnya. ditambah dengan lokasinya yang berhadapan langsung ke selat laut jawa.

suasana nongkrong

Sehingga ketika kalian ingin berlama-lama di sini, akan merasa betah karena ditemani dengan suasana yang nyaman sambil menikmati hidangan.

suasana sunset

Untuk yang sunset dan sunrise, janga khawatir karena pemandangan dari dua kubu tersebut tetap terpesona dan menakjubkan sekali.

Fasilitas Wisata

Untuk fasilitas penunjang yang terdapat di area sekitar pantai ini yakni sebagai berikut:

nongkrong minum kopi
  • Tempat parkir
  • Tempat toilet
  • Tempat nongkrong atau ngopi
  • Tempat penginapan
  • Musholla

Lokasi Pantai Teluk Awur Jepara

Letak wisata pantai teluk awur kini berada di desa teluk awur, kecamatan tahunan, kabupaten jepara. atau klik saja maps dibawah ini, ketika masih belum mengathui lokasinya.


Berikut letak pantai teluk awur dari posisi penting di daerah kabupaten jepara:
  • 1KM dari kampus fpik undip
  • 5KM dari alun-alun jepara
  • 5KM dari stadion gelora bumi kartini
  • 4KM dari terminal jepara
  • 4KM dari pantai kartini

Harga Tiket Pantai Teluk Awur

Untuk tiket ke pantai teluk awur kini cukup murah meriah, yakni sebagai berikut:
  • Tiket Masuk : 5.000
  • Tiket Parkir : 2.000 - 5.000

Tempat Penginapan atau Hotel Dekat Pantai Teluk Awur

Jika kalian ada rencana untuk bermalam atau ingin menginap menikmati pantai teluk awur, berikut daftar hotel yang recomended dan tak jauh dengan posisi wisata tersebut:

hotel di pantai teluk awur
  • Ocean view residence hotel jepara
  • The gecho inn town
  • Jepara marina beach bungalows
  • Villa isabella putri b&b

Aktivitas di Pantai Teluk Awur

Disini pengujung bisa melakukan aktivitas yang nyaman dan bebas selain menikmati hamparan pasir yang halus dan ombak yang begitu tenang:

nongkrong di bagian selatan
  • Mengadakan event
  • Camping
  • Memancing
  • Bermain air
  • Bermain pasir
Pantai teluk awur memang wisata yang populer dan terhitz di kabupaten jepara. karena disini banyak sensasi baru sehingga banyak pengunjung yang terpikat dengan nuansa maupun suasananya.
Penutup
Itulah postingan mengenai tempat piknik yang menarik di pantai teluk awur jepara. karena disini tak hanya menikmati pemandangan alam saja. namun pengujung bisa melakukan pikini yang murah meriah diare sekitar wisata.

Sekian dan terima kasih atas kujungan ke website ibnujacky - semoga postingan mengenai pantai teluk awur jepara bermanfaat dan bisa singgah bagi yang belum singgah.
Writing Illustration