Pantai Lon Malang Madura, Wisata Yang Lagi Viral di Sampang

Pantai lon malang mempesona - sebuah destinasi liburan yang bisa kalian jadikan pilihan ketika liburan ke pulau madura.

Banyak para wisatawan yang penasaran dan menarik perhatian untuk cepat-cepat singgah di obyek wisata sampang di daerah pantai utara madura atau yang dikenal dengan sebutan pantura.

Pada postingan sebelumnya, saya telah mengulas obyek wisata favorit madura di pantai camplong. nah, pembahasan kali ini akan mengulas secara singkat dan padat mengenai pantai lon malang yang indah di pinggir jalan raya.

Obyek Wisata Pantai Lon Malang Sampang Yang Sedang Hitz di Madura

Pantai Lon Malang

Pantai lon malang untuk tempatnya memang cukup luas, sehingga sangat menunjang sekali untuk kebutuhan masyarakat sekitar dan para wisatawan yang datang.

Tak hanya keindahan hamparan pasir yang halus saja, disini terdapat berbagai macam fasilitas dan wahana untuk mebuat para pengujung betah berlam-lama di pantai lon malang.

Sejarah dan Suasana Pantai Lon Malang Sampang

Sampang memang wilayah yang masih kalah luas dengan kabupaten lainnya di madura. namun untuk perihal wisata khususnya alam jangan diragukan lagi. karena disini masih menyimpan destinasi liburan yang cocok untuk keluarga maupun bersama teman-teman.

Jika di bagian selatan memiliki pantai favorit yakni di wisata pantai camplong. didaerah pantura atau utaranya memiliki keunikan dan daya tarik trsendiri untuk di singgah yaitu pantai lon malang.




Mengabadikan Moment di Dekat Bibir Pantai

Banyak yang mengira bahwa tempat wisata ini berada di Kabupaten Malang Jatwa Timur karena dari namanya saja terdapat kata malang. namun di Madura tempat ini merupakan sebuah objek wisata yang terdapat di Kabupaten Sampang.

Asal usul dari nama ini awalnya hanya sebuah kali yang sedang melintang ke hilirnya. dimana pada sebelumnya tempat sangat kumuh dan kotor. 

Setelah dilakukan penelitian atau riset oleh salah seorang mahasiswa, pantai ini disulap menjadi obyek wisata yang keren dan kekinian di pantura sampang. sehingga dikenal dengan sebutan lon malang karena aliran yang menghilir tersebut.

Obyek wisata ini baru diresmikan pada tahun 2017 lalu dan masih eksis dan trending hingga sekarang ini. setiap harinya apalagi dihari wekend, pantai lon malang tak pernah dari pengujung yang datang.

Sehingga tempat ini untuk perihal kebersihan dan fasilitas tetap dijaga oleh pejagan dan owner dari pihak wisata ini.

Panorama yang terdapat di pantai ini begitu eksotis dan memukau. selain pasir yang halus dan deraian ombak yang damai, di area wisata sekitar terdapat nuansa alam yang menawan keemasan yang berubah menjadi jingga ketika senja sore hari mulai tiba.

Suasana Sunset

Di sekeliling pantai terdapat puluhan pohon cemara berjejeran yang sejuk, sehingga membuat para pengunjung semakin betah berlama-lama untuk menikmati keindahan pantai lon malang.

Naik All Terrain Vehicle

Naik Car All Terrain Four Wheeled Off Road

Selain itu, terdapat aktivitas yang keren dan menantang yaitu naik all terrain vehicle dan car all terrain four wheeled off road yang dapat di sewa di lokasi tersebut. pengunjung bisa naik kendaraan mengelilingi pantai lon malang di hamparan pasir yang halus kekuningan.

Pada hari liburan sabtu dan minggu, pantai lon malang sering ada yang mengadakan event dan camping. biasanya para anak komunitas dan organisasi campus dengan mendirikan tenda di bibir pantai.

Untuk kalian yang suka dengan foto yang kece untuk mempercantik tampilan sosial media di pantai lon malang jangan khawatir, dikarenakan di sini banyak sekali spot-spot foto yang estetik untuk berswafoto seperti tulisan yang lucu.romantis, ayunan yang meyerukan, gazebo dan gubuk terbuat dari kayu dan fasilitas penunjang lainnya.

Lokasi Pantai Lon Malang Sampang

Untuk menuju ke obyek wisata pantai lon malang, silrute ke kawasan pesisir atau pantura sampang. tepatnya di jalan raya batu lenger timur, desa bira, kecamatan sokobanah, kabupaten sampang.


Perjalanan yang akan kalian tempuh untuk menuju pantai lon malang sekitar kurang lebih 30KM atau 1 jam lebih perjalanan dari pusat kota sampang.

Harga Tiket Masuk Pantai Lon Malang Sampang

  • Tiket Masuk : 5.000
  • Tiket Parkir : 2.000 untuk motor dan 5.000 untuk mobil
  • Sewa Kendaraan : 25.000 - 100.000

Fasilitas Pantai Lon Malang di Madura

Untuk fasilitas yang terdapat di pantai lon malang jangan diragukan atau ditanya lagi, karena di sini banyak sekali fasilitas penunjang untuk memanjakan para pengujung yang sedang liburan apalagi untuk mengabadikan moment.

Spot Foto di Pantai Lon Malang
  • Tempat Nongkrong
  • Tempat Parkir
  • Tempat Ibadah
  • Toilet
  • Camping

Tips Liburan Ke Pantai Lon Malang

Jika kalian masih baru travelling ke pulau madura, berikut penulis akan memberikan saran yang mungkin bermanfaat untuk liburan kalian:
  • Jangan datang pada sore hari
    Dikarenakan ketika datang sore hari, kalian tidak bisa menikmati suasana keindahan pantai ini dengan puas. meskipun cuaca di madura memang panas tapi gak apa-apa lah tahan sebentar untuk bersantai ria di pantai lon malang.

  • Jangan datang sendirian
    Hal yang diperhatikan selain keamanan, datang sendirian membuat kalian kurang puas untuk mengabadikan moment. karena di pantai lon malang banyak sekali spot-spot foto yang keren dan kekianian. dikhawatirkajn kewalahan apabila sedang trip sendirian.

  • Menjaga kebersihan
    Namanya obyek wisata, untuk perihal kebersihan memang di kedepankan. selain menjaga aturan dengan kebersihan yang terdapat diwisata membuat pengujung dan pihak pengelola sama-sama enak dan nyaman.

  • Membawa pakaian ganti
    Jika kalian suka bermain pasir, bermain air dan berenang hingga ke tengah laut. untuk urusan ini jangan ditanya lagi. seumpam masih lupa tidak membawa pakaian ganti, kalian bisa menyewa atau membeli langsung di warung area wisata disini.

  • Membawa kendaraan pribadi
    Jika ingin menikmati wisata tanpa memikirkan kendaraan, lebih-lebih tidak bermalam usahakan membawa kendaraan pribadi. dikarenakan pada malam hari untuk transportasi menuju kota sampang sedikit kesusahan atau menunggu agak lama.
Dengan keindahan dan fasilitas yang terdapat di pantai lon malang, jangan heran apabila dijadikan sebuah pengembangan tempat wisata menyambut visit pulau madura di situs website resmi sampangkan.go.id.

Camping di Pantai Lon Malang

Memang semenjak perjalanan menjadi obyek wisata, pantai lon malang banyak meninggalkan jejak sejarah yang di perjuangkan untuk menjadi sebuah obyek wisata yang keren.
Penutup
Itulah artikel pantai lon malang madura, wisata yang lagi viral di sampang hingga sekarang ini. tak hanya di lingkup madura saja. namun banyak pengujung yang dari luar wilayah seperti sby, sda, gresik dan kota-kota luar lainnya yang terpikat dengan obyek dan nunasa yang ditawarkan.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan ke website ibnujacky - semoga postingan mengenai pantai lon malang sampang bermanfaat dan bagi pembaca yang belum singgah semoga cepat singgah secepatnya.
Writing Illustration