Obyek Wisata Cinta Ratu Kidul di Pantai Parang Kusumo Jogja

Deskripsi Pantai Parangkusumo

Destinasi wisata alam di jogja banyak yang membuat para wisatawan lokar maupun luar daerah hingga ke mancanegara terpikat untuk mengujunginya. 


Mulai dari wisata alam, religi hingga sejarah yang tetap berkembang di daerah istimewa ini. 

Salah satunya pantai yang terletak di daerah Kawasan Pantai Parangtritis ini terdapat legenda sejarah yang menarik, mistis dan sakral karena Pantai Parangkusumo masih ada kaitannya dengan Ratu Pantai Selatan yaitu Roro Kidul. 

Konon Pantai ini tempat bertemu Ratu Kidul dengan Panembahan Senopati yang terjadi sebuah percintaan. 

Pantai Parangkusumo sering kali dijadikan tempat ritual karena dikawasan masih menyimpan aroma wewangian kembang yang dibakar di area sekitar. 


Pengunjung menempuhnya perjalan sekitar 30KM  atau 1.5 jam untuk sampai di Pantai Parang Kusumo. 

Obyek Pantai Parangkusumo

Keindahan Pantai Parangkusumo tak kalah cantik bila dengan Pantai Sebelahnya yaitu Parangritis. Obyek wisata alam ini tak pernah sepi pengunjung hingga pada akhir pekan pengunjung semakin ramai. 

Pantai Parangkusumo memiliki panorama alam yang cukup menawan pasir coklat kehitaman yang halus seolah membentang di sepanjang tepi pantai.


Pengunjung dengan leluasa untuk bermain pasir di pinggir deraian hamparan ombak besar yang memukau namun indah ketika dipandang. 


Bersantai menikmati kawasan Pantai Parangkusumo snagatla disarankan karena panorama di area disini begitu keren dan eksotis. 


Apalagi keetika menjelang senja akan disuguhkan pemandangan matahari tenggelam yang begitu istimewa dengan pesona yang bagus dan indah. 

Fasilitas Pantai Parangkusumo

Diarea obyek wisata ini terdapat beberapa macam tempat penginapan yang dapat di pilih dengan harga yang bervariasi. Selain itu, tempat disini juga terdapat tempat ngecamp yang luas. 

Jadi bagi para pengunjung yang ingin bermalam tanpa check-in di hotel bisa mendirikan tenda di Kawasan Pantai Parangkusumo. 

Terdapat toko-toko yang menjual berbagai oleh-oleh khas jogja dan warung kopi atau makan di sekitar lokasi pantai dengan harga yang terjangkau. 


Mengabadikan moment di kawasan ini jangan sampai ditinggalkan, obyek yang indah dan keren disini bisa kalian temukan di berbagai sudut yang disukai. 

Pantai Parangkusumo seakan menyimpan keindahan alam yang tidak terbatas dari jauhnya keramaian daerah istimewa yogyakarta. 

Kesimpulan

Lokasi : Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Tiket Masuk : 5K per-orang
Tiket Parkir : 2K untuk motor dan 5K untuk mobil
Fasilitas : Tempat parkir, tempat penginapan, tempat camp dan Kamar Mandi


Writing Illustration